Posted in ARTIKEL, RENUNGAN

PERNAK-PERNIK


– 

Bagi mereka yang bekerja di kantoran, biasanya mempunyai meja kerja. 

Di atas meja kerja biasanya ada peralatan standart … Tempat surat, file tray, stationary, kalender meja, memo pad, Post It, desk top, tempelan kertas yang berisi nomer telfon penting, telpon meja, dudukan HP … juga gelas minum.  Pendek kata segala sesuatu pernak-pernik yang berhubungan langsung dengan pekerjaan kita.

Nah … pertanyaan selanjutnya adalah …
Apakah ada barang-barang lain … yang TIDAK ada hubungannya langsung dengan pekerjaan kita … tetapi kita letakkan juga di atas meja kerja kita ???.  

(Hehehe … ayo mari … mari … kita lihat meja masing-masing …)

Menurut pengamatan saya ada 3 kelompok pernak-pernik … yang sering di tempatkan di atas meja kerja kita … (Seperti biasa … Trainer ini memang suka usilan … i.e Meticulously Observant.  )


#1.  KELOMPOK PIGURA – FRAME …
Ahhaaaa … hampir semua meja yang saya amati pasti ada pigura atau framenya. 
Yang paling banyak berisi foto.  Bisa foto yayangnya, foto keluarga, foto anaknya yang masih bayi atau bahkan juga foto diri.  Ada beberapa yang malah memajang foto Bintang Filem atau Penyanyi idamannya.  (Dari Shahrukh Khan … sampai Justin Bieber)

Selain foto … ada juga yang memajang frame bertuliskan Kalimat Religius.  Berupa Ayat-ayat Kitab Suci … Baik itu berupa kaligrafi maupun cuplikan ayat-ayat tertentu.  Termasuk disini adalah simbol-simbol keagamaan atau simbol spiritual yang lain.

Ada pula Pigura / Frame yang tidak berisi apa-apa … Why … ??? Karena Pigura tersebut adalah … CERMIN … agar setiap saat bisa ngaca … !!! (ini sekretaris sekalee …)

#2. KELOMPOK MEMORABILIA – FIGURINE MINIATUR
Yang saya maksud memorabilia adalah … beberapa barang souvenir kecil yang dipajang di atas meja.  Souvernir ini bisa didapat dari … hasil kunjungan yang bersangkutan ketika jalan-jalan ke suatu daerah/negara.  Atau ini oleh-oleh dari temannya ketika mereka berwisata.  Bisa juga Souvenir ini didapat dari kawinan salah satu karyawan.  Ada yang berbentuk miniatur landmark suatu negara, magnet, cawan, piring kecil, penjepit kertas, kerajinan tangan khas, pajangan dan sebagainya.

Ada pula yang memajang Figurine dari tokoh-tokoh kartun kesayangannya … (hah heran udah gede masih suka memajang figurine … dimeja kerja pula).  Mereka penggemar otomotif kadang memajang koleksi model Mobil / Motor dalam ukuran mini.

#3. KELOMPOK TOPLES – SNACK BOX
Ahaaaa … ini juga sering saya temui.  Isinya tentu saja seribu satu camilan … hehehe …
Kacang, Kripik, Krupuk, Biskuit, Chips, Snack Permen, Remah-remah dan lain sebagainya.

Pendek kata semua yang berhubungan dengan kunyah mengunyah ada disana.  Anda pasti sudah bisa meraba berjenis kelamin apa pemilik meja tersebut.   Dan meja ini biasanya secara tidak sadar akan menjadi seperti posko/tempat kongkow nongkrong tidak resmi … tempat para karyawan yang kelaparan mencari penawar. 

Jika mau kumplit … sebetulnya masih ada juga sih beberapa pernak-pernik yang lain … i.e … Speaker, Gadget Multy Media, Pot Bunga/Kaktus, Tungku kecil Aromatherapi … sampai … Akuarium Mini … (HAH !!!)

Sebetulnya untuk apa sih itu semua ?
Untuk apa hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan itu di taruh diatas meja.  Menuh-menuhin tempat ?

Maka Jawabannya biasanya adalah  …

Yang pertama : TO MAKE ME COMFORTABLE … !!! (biar enak aja … !)
Yang kedua : TRIGGERING MY CREATIVITY !
Yang ketiga : … IT’s ME … !!! (pengejawantahan ekspresi pribadi …)

So …

Ada apa di atas meja anda ??

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

53 thoughts on “PERNAK-PERNIK

  1. belum ada meja kerja pak, adanya loker ;D
    kalau meja pribadi di rumah isi ndak pentingnya adalah raket pembasmi nyamuk. Supaya pas nulis malem-malem, bisa disambi berburu nyamuk2 nakal. Seru!

    Ini kunjungan pertama saya, Pak. Jadi ijinkan saya ucapkan : Salam Kenal!🙂

  2. cuman buku-buku kek, terutama jurnal-jurnal, beuhhh…biasa kerjaannya mbikin proposal, ngolah data, seminar, publikasi, laporan, khas peneliti lah

    kalo ada tambahan paling makanan…xixixiixixixxi😀

    sama katalog sprei dan bedcover, sambil jualan soalnya…wkwkwkkwkwk😛

  3. tumpukan peraturan2 (yg ga pernah saya baca, krn mndingan dengerin temen njelasin), tumpukan kerjaan yg gatau lagi musti ke mana nyimpennya, sampe kalo mau makan aja susah naruh piring di meja…😦

    Selotip,
    jam standing kecil,
    kalender mini,
    tempat pensil,
    minyak kayu putih,
    head set (teman kala bete n males dengerin orang pada ngomong),
    post it….

  4. Hmm, coba dinget. Ada apa aja di atas meja kerja saya di ruang guru.
    Photo? Poto pacar aja gak ada apalagi poto artis… Kaca? Weleh…
    Miniatur? Duileh…. Gak
    Snack? Gak ada juga….

    Well, diatas meja kerja saya, dan kebanyakan meja kerjanya rekan-rekan saya cuma ada kertas (dari mulai kertas ulangan sampai kertas isinya gambar amburadul tapi manis bikinan anak-anak kita), buku betumpuk-tumpuk, sama lembaran kalender akademik yang ditempel ke atas meja pake lakban.

  5. hehehe.. bener juga ya om.. terakhir ngantor waktu di BSD kmrn, rekan kerja saya anak2 baru lulus akbid.. lagi ganjen2nya🙂 kadang di atas meja kerjanya saya liat ada cermin…

    kalo saya Om, cuma lappie, hp, buku sama tumpukan kertas2 yg hrs dikoreksi.. ada si cemilan tp diumpetin dalem lemari meja.. heheh.. (pelit ni yee.. )

  6. pak kebetulan dimeja saya hanya komputer, trus segelas air putih, trus seberkas kertas yg merupakan acuan saya dalam bekerja.selebihnya di laci saya pak hahahaa..😀

  7. di meja saya ada :
    Monitor, kalender meja, kertas – kertas gak jelas, tempe, cabinet, pulpen, gelas dan satu lagi Shuttlecock. Biar orang tahu kalau selain jadi mandor ternyata saya ngerangkep sebagai sales juga.

  8. Meja saya bersih Om.. gak ada apa pernak-pernik seperti yang tersebut di atas🙂
    Tambahannya palingan cuma buku-buku ringan yang saya bawa dari rumah..

  9. saya tipe 1 & 3
    yang jelas ada komputer, loker plastik kecil berisi macem2: staples, cutter, gunting, dll termasuk name tag, kaleng tempat bolpen, pensil, pasta gigi &sikat gigi (jangan heran, sy sering gosok gigi sehabis makan😀 ), kalender, cermin kecil, kertas2 tumpukan kerjaan, buku2, toples berisi roti kering, gelas minuman, tisuue, headset…. Kumplit kan😛

  10. saya mah standart aja, ada 3 :
    1. Asbak🙂
    2. Kalender Meja
    3. Cisco

    pengen banget naruh macem2 dimeja, kayak waktu dikalimantan
    tp kenapa saya gak naruh?
    karena SAYA JARANG DI.KANTOR INI🙂

  11. Meja Kerja di kamar, menempel ketat dgn rak buku yang tingginya lebih tinggi dari saya..
    di atas meja, ada jam standing kecil, kalender, corner box (tempat pinsil, pulpen, gunting, lem, kabel data, card reader, dan kartu nama plus info2 kecil..), toples permen, pigura foto saya dan pacar, notes kecil, botol spray berisi air untuk disemprotkan ke wajah, dan cooling pad + laptop kesayangan yang hampir ga pernah mati…😉

    termasuk tipe yg manakah saya? kalo toko, mungkin kelontong kali ya om? ;D

  12. Haduuuh, saya gak punya meja kerja pak maklum bkn orang kantoran.
    Tapi kl dimeja kamar saya / saat saya lagi ngenet yg selalu ada ntu cuma kopi, sebungkus rokok dan Hp yg selalu menemani.
    Eh gak nyambung ya pak. Ha ha. . Salam.

  13. meja saya isinya pasti ada buku-buku peraturan, kertas-kertas kerjaan, stationary, kalender, sama kadang-kadang snack box kalo lagi ada isinya, kalo nggak, boxnya masukin laci. hehehe, ndak mungkin ada frame2an dan sejenisnya, karena saya nggak doyan majang foto, sama nggak doyan ngaca, om.

  14. di mejaku ada 3 hal seperti om NH style:
    1. harus ada asbak, air minum dan rokok.
    2. komputer set (printer, kertas, scanner).
    3. cemilan crispy (keripik dan kerupuk)😀

  15. Untuk sementara ini saya tidak punya meja kerja di kantor, Om. Maklumlah, cuti panjang, hahaha…

    Nah, kalau meja kerja saya di rumah, isinya cuma laptop, printer, dan kipas angin kecil. Tapi, kalau poin yang ketiga, yaitu toples, itu pasti ada, hahaha… Karena di rumah, jadi gak perlu jaim…😀

    Pertanyaannya: ada apa di atas meja Om Nh?
    **menunggu jawaban dengan penuh khidmat**

  16. yup sama!!!
    ada frame…. malah kalo urusan foto ini ada banyak di meja saya. ada 2 frame, 5 magnet foto, 3 foto yang ditempel di pembatas cubicle, dan 1 foto anak saya di mouse pad. huahahaha…. tujuannya ya karena saya suka aja ngeliatin foto2 anak istri…😛

    ada memorabilia… tapi bukan figurine, melainkan hasil gambar anak saya. ada 3 ini di cubicle saya!😀

    dan ada makanan… tanpa toples emang. cuma sebungkus kue mari regal. buat kalo perut kriuk kriuk. hahaha.

    selain itu ada hand sanitizer dan sekotak tissue. kalo ini sih diwajibkan ama kantor. jadi semua meja disediain, biar bersih gitu.

  17. Seru dan unik juga postingannya pak🙂
    Oia yang ada di meja : PC, monitor, speaker, kalender (wajib ada nih hehe…) dan tempat map kertas supaya kertas gak berantakan🙂

  18. ehm..meja kerja say kecil pak…
    jdi isinya cuma laptop, kotak file, tempat pinsil, handphone..berkas-berkas..dan handphone..
    tapi kalau dinding cubicle saya baru rame..
    isinya..
    uang 4.000 rupiah..hasil taruhan perdana..
    jadwal kerja hari ini..
    daftar no tlpon..
    foto dan semua atribut lain..(^_^)

  19. setiap selesai kerja meja saya bersih ga ada apa2 di atasnya
    kecuali satu, sebuah papan berbentuk segi tiga yang ada tulisan “DIREKTUR”

  20. Hahahahaaaa…
    wah beneran mirip nih postingan kita om.
    Om, kalau saya sih tidak jelas nih masuk kemana, karena ada toples juga, ada figura foto juga, dan juga ada beberapa miniatur. But, semuanya secukupnya, hanya sbg profile diriku. Sekaligus menjaga kenangan yg ada dari teman2 dulu … krn foto2 itu jg bersama mereka, lalu pernak pernik jg ada yg oleh2 dari mereka, sementara klo toples kerupuk, itu hanya terisi seminggu sekali, krn saya ngemil hny klo benar2 kelaparan di waktu sore hehehhee…

  21. Di meja saya?

    Setumpukan dokumen dan surat
    Macbook
    Foto anak saya, damai

    Pertama, tentang pekerjaan
    Kedua, tentang kreativitas
    Ketiga, tentang sumber energi saya

  22. aku gak punya meja kerja di kantor dari dulu ( maklum gak pernah ngerasain jadi orang kantoran)😦

    meja kerjaku yg sekarang penuh dgn segala tetak bengek peralatan masak , aneka bumbu2 dapur plus aneka cemilan ( a.k.a dapur)😀😀
    salam

  23. tiga jenis pernak-pernik tsb ada di meja saya pak.
    barusan saya amati pernak-pernik sy yg agak aneh : minyak param/minyak tawon, 3 koin 25, pencil2 yg sdh tumpul🙂

  24. sebelum keadaan kantor se gak enak sekarang. Yessy termasuk yang di meja Yessy banyak figuranya, om. Secara narcis abis gituh kan? Segala poto dengan segala gaya, ada deh.
    Tapi sekarang. Di atas meja Yessy cuma ada kardus. Maksudnya biar cepet dan gak usah ribet beberes kalo udah dapet kerjaan baru, om🙂

  25. Di depan meja saya ada toplesnya Mr.Enha.

    Padahal, yang saya harapkan adalah isi toplesnya. Tapi karena ngisi-nya jarang2, jadi ya pajangan toplesnya aja. Toples jaman sekarang kan tidak selalu tembus pandang…

  26. dulu ada asbak mini, kenang2an dari mba yang saya gantiin pakdhe (mba nya perokok). sekarang sudah diungsikan, hehehehe…..diganti patung gajah mini dan tisu karena saya gampang terharu dan nangis kalo baca postingan or berita yang sdih, hiks..hiks….

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s