THE GANK


Kali ini saya ajak para pembaca sekalian untuk sedikit bernostalgia,  Mengenang masa-masa SMP, SMA atau mungkin kuliah.

Begini …
Waktu dulu jaman anda Sekolah atau Kuliah.  Mungkin pembaca sekalian mengamati, atau bahkan mengalami adanya gejala yang disebut NGE-GANK, NGE GENG, NGE-GROUP, Berkelompok bersama teman dsb. 

Biasanya kita melakukan aktifitas dan kegiatan secara bersama-sama dengan karib-karib kita se geng atau se kelompok tersebut.  Kegiatan tersebut bisa Jalan Bareng, Olah Raga Bareng, Ngeceng Bareng, Maen Bareng, Bolos Bareng, Belajar bareng, makan-makan bareng, Cur-Hat, Kumpul-kumpul di rumah salah satu anggota tersebut dan sebagainya.  Pokoknya bersama-sama… (maklum anak muda bukan ?)

Dan hebatnya …
Kelompok tersebut biasanya ada namanya.  Kadang ada pula yang punya identitas tertentu.  Entah model pakaiannya, aksesoriesnya, tas sama atau jaket seragam dan yang sejenisnya.  Seru bukan ?🙂

Dan …
Bagi mereka yang merasa anak-anak gaul, sering kali mempunyai beberapa Gank yang berbeda-beda tergantung lingkungannya.  Contohnya di lingkungan teman Tetangga kiri kanan … Dia ikut Gank A, sementara di sekolah ikut Gank B, lalu di lingkungan les bahasa Inggris Dia punya Gank C,  dan masing-masing dengan teman-teman yang berbeda-beda.

Nah sodara-sodara sekalian …

Bolehkah saya bertanya …

  • Apakah dulu jaman SMP/SMA/Kuliah,  anda punya Gank – Geng – Group  ?
  • Jika punya … Apa nama Gank anda ? Artinya apa ?
  • Berapa jumlah Anggotanya ?
  • Adakah identitas khususnya ? (i.e sisiran rambut sama misalnya … hehehe)

Boleh Sharing ???
(Tapi dilarang senyum-senyum sendiri ya …)
(Sebab saya yakin beberapa diantara anda sekalian … mungkin sekarang ada yang sedang menertawakan kekonyolan dan ke-norak-an Nge Gank masa lalu …)(Hahahah ….)

🙂

.

.

.

.

.

49 thoughts on “THE GANK

  1. Punya teman akrab, tapi nggak punya gank.
    Kata teman saya jaman sekolah/kuliah, saya kutu loncat, di gank mana-mana.
    Eh, ternyata kutu loncatnya lanjut sampai sekarang, ada di mana-mana😀
    Kasihan ya😦

  2. Saya punya, Om. Tapi tidak ada kesepakatan tentang identitas. Hanya saja kami rantang-runtung bareng2 (ke sekolah, ke les, tempat nyanyi, juga ke gereja). Nama gengnya Ceriwis (secara anggotanya cewe2, Om). Anggotanya ada 5 orang. Laporan selesai, Om. Kalau Om NH punya geng tidak? cerita doong😀

  3. Heee saya punya om nama genknya Teruna 212 (bukan sedeng) tapi terobsesi dengan wiro sableng, kita semua lima orang semua pakai vespa p 150s menggunakan topi lontar (koboi) di cat warna putih, pakai pita merah.

    Hobinya : Nonton hiburan rakyat di Bali namanya Drama Gong heee (no alkohol, norokok, dan sejenisnya)

    Kegiatan : Olah raga Bela diri karena satu perguruan,

  4. ada om, jaman sma, namanya gaka da, 2 cowok, 3 cewek… karena ada yang cinta2an, terus putus, jadinya bubar, wkakakakaka….
    kalo sohib ada, si KaMay itu sohib saya waktu sma, 3 tahun sebangku mulu, bosen!😀

      1. Hahahaah… gak sangka kan om, saya dulu sma-nya jauh di timur jawa, di kampung pula😀
        Dulu kita sama-sama suka gambar, saya aliran komik, dia aliran cat air😛 Ntah kenapa dia sekarang jadi new Khalil Gibran, kesurupan apa ya? wkakakakakak…

  5. Gank yang paling mantep dan berkesan adalah ketika saat SMA…
    Bisa masuk sebagai anggota Gank yg paling disegani di kota saya…
    Anggotanya rata2 anaknya pejabat atau pengusaha.
    Knapa saya bisa masuk disitu?
    Karena kalau ada ulangan, mereka2 itu nyontek punyak saya.
    Tapi kebutuhan saya tercukupi.
    Saya nggak pernah beli buku dan alat tulis. Merekalah yg berebut membelikan.
    Makan dan nonton film ada yg bayari
    Saya modal “belajar” tiap kali mau ulangan…

  6. ehm…
    ada waktu SMP…
    Namanya Geng ZLEX *alay dari jelek maksudnya mah*

    Aku satu satunya anggota cewe disitu…
    dan dipaksa jadi bendahara…
    dan konyolnya…mereka gak pernah pada iuran,
    tapi sering minta ongkos pulang ama aku…hihihi…
    Indah nya masa muda🙂

  7. Punyaaaa…

    SD punya gank sepedaan & elektro. Belum punya nama. Dulu ngga merasa penting punya identitas gank.

    SMP gank sepedaan & nge-band. SMA gank trouble maker di kelas & tentu saja: nge-band.

    Kalau S1 gank anak2 kuper (hehehe) & nge-band. S2 gank… eh, tepatnya kelompok belajar. Hiks… kok kayaknya serius banget belajarnya? Pdhl banyak guyonnya juga. Xixixi

    Kalau sekarang… lebih sering nge-gank di dunia maya. Xixixi…

    Salam hangat dari Tangerang

  8. pas jaman kuliah. bertiga, yang lainnya cowok. kerjaan kami adalah nonton video bergiliran di tempat masing-masing, belajar bareng dan sering jalan-jalan bareng. pernah keluyuran di jakarta bertiga…

  9. Punya dong Mas Enha.
    sewaktu SMA , nama geng nya CC (cewe cantik)heheh…. 🙂
    anggotanya 4 orang, kemana2 selalu bareng2 (ke kantin, les sama2, jalan juga bareng2 , berendeng2 ber-4 kemana mana, kaos kaki dan tas sekolah juga kembaran)……
    pokoknya benar2 masa masa yang gak akan terlupakan.

    Setelah selesai SMA , kami ber-4 gak pernah ketemu lagi, masing2 sibuk dgn urusannya sendiri, sampai benar2 kehilangan jejak sama sekali.😦

    Untung, ada FB, disinilah kami berusaha utk saling mencari dan akhirnya bertemu, setelah 33thn berpisah……….. 😀
    luar biasa manfaat positif dr FB ini kami rasakan.

    sampai saya tuliskan di blog tentang pertemuan kami ber-4 setelah berpisah 33 th yg tanpa kabar berita itu.
    Mas Enha silakan baca disini http://bundadontworry.wordpress.com/2010/05/30/after-33-years.

    Pertemuan yg sangat luar biasa……..
    we’ll never forget this moment for the rest of our lives ,ever…….
    to tell you the truth, it’s just likes a miracle for us 🙂
    salam

  10. Saya ga punya gank om,, SMP/SMA punya beberapa teman, kalo ngelindur kemana-mana bareng,,, kalo Kul/jamannya nguli saya dibilang “aneh” sama yang punya gank secara asyik aja ke semua gank, ga mendewakan salah satu kelompok,,

  11. kalo gank sampe ada namanya sih gak pernah…
    tapi ya kalo kelompok2 temen sih ada. tapi saya sih dulu gak pernah mainnya cuma sama 1 kelompok doang. saya ikut di macem2 kelompok pertemenan. malah jadi asik. jadi banyak temennya….😀

  12. well, aku punya gank di SD, namanya TOMSCAT, gara-gara pemimpin ganknya namanya Cathrine dan dia suka cowo namanya Tom ;)) Anggotanya 5 orang, dan aku tidak tahu awalnya kenapa aku dimasukkan ke gank itu, karena aku aliiiim sekali. Baru tahu sesudahnya bahwa si Cat ini butuh aku untuk dicontekin hihihi. Sedari kecil emang sering dibullying nih aku. (Kakaknya si Cat malah duduk di sebelahku kelas 1 SD dan kerjaannya matahin penggaris aku😀 )

    Meskipun takut, ya kadang terpaksa ikut kegiatan genk itu. Misalnya satu kali mengejar cowok yang suka ngata-ngatain Cat, sampai dia masuk wc cowo😀. Kita berlima cewek tanpa takut masuk WC cowo, dan ntah kenapa waktu itu Cat bawa senapan air berisi air cabe…. hahahah mengerikan sekali waktu itu, kayak perang beneran. Aku sampai teriak-teriak, “Aduh Cat… kasian dong si Yadi itu, matanya kan pedes kalo kena air itu…” Untung ngga ketahuan kepsek, bisa-bisa dihukum kita.

    Sekarang sih bisa ketawa, tapi dulu aku takut sekali. Maklum murid teladan, tidak pernah nakal. SMP dan SMA tidak pernah lagi punya Gank karena SMP aku ketua kelas, SMA sie rohani OSIS hihihi.

    Waktu kuliah jurusanku terbagi 3, kelompok “borju” anggotanya 5 orang, kelompok “masyarakat awam” sekitar 11 orang, dan kelompok “Nerd” 3 orang ….. Aku masuk yang mana? …..tebak deh hihihihi

    maaf terlalu panjang
    tabik
    EM

  13. Saya cuma punya kelompok belajar…dan tak ada namanya. Juga kelompok menari…yang kadang diminta untuk menari di acara tertentu (rumah saya dulu jadi tempat kursus menari Jawa).

    Setelah SMA dan mahasiswa, kelompoknya juga kelompok belajar bersama aja…..garing ya?

  14. waktu smp & sma, kumpul sering tapi gak ada nama gangnya. dulu kegiatannya main bola, naik gunung, mandi bareng (kolam renang red), dll.

    duh, kangen euy…

  15. HAhahahaha….. punya Om, punyaa….

    Waktu SMP nama gank “RETINA” artinya Remaja Anti Narkoba. Sampe bikin kaos dan logo segala lho. Logonya gambar tengkorak trus kepalanya retak karena ditusuk jarum suntikan dari ubun-ubun nembus ampek bawah. Ck….ck…ck…

    Kerjaannya? Boro-boro kampanye anti narkoba, yang ada mah nonton rame-rame, ngerujak, ngerumpi, maklum anggota cewek semua hahahaha……. Apalagi klo lagi naksir cowok…halah…halah…. cum amikir gimana caranya supaya misi PDKT berhasil… ya ampyuuuuunnn…..

    (sekarang aku hanya bisa tersipu malu bila mengingatnya ihik….ihik….)

  16. Hmmm… entah mau disebut gank atau bukan, tapi angkatan kelulusanku dari pondok dulu diberi nama Classic’91. Sampai sekarang, nama itu menjadi identitas kami dan sangat melekat di sanubari. Beberapa postingan tentang “gank” itu sudah pernah kumuat di blog. Om tentu tahu bukan?🙂

    Nah, semasa kuliah, ada gank lain yang kumiliki. Namanya NADI MARTIR. Gank itu terbentuk setelah pementasan teater yang kami mainkan yang berjudul “martir”. Karena seringnya bertemu selama latihan, akhirnya kami memiliki jalinan emosi yang kuat. Apalagi kemudian pementasan itu mendapat apresiasi yang sangat bagus, sehingga kami tampil beberapa kali di tempat-tempat berbeda. Sampai sekarang kami masih terus berkomunikasi, dan yang hebatnya kami memanggil satu sama lain dengan nama perannya di pementasan tersebut, hehehe..🙂

  17. Kalo gank-gank gitu apalagi yang dikasih nama, gak punya Oom, saya senengnya gabung sama banyak temen, ikut nimbrung sama genk mana aja. malah lebih enak, bisa ikut kemana-mana, bisa gabung sama siapa aja, dan yang pasti saya selalu dapet gratisan, juga anehnya kok kalo gabung sama gank laen gitu saya malah yang jadi provokatornya alias pimpinan dadakan, haha….

  18. wah ini aja dah senyum2 sendiri ngebayangin narsisnya gank waktu masih sekolah Pak😀 jd pengen posting tentang gank di skul dulu

    paling seru sih klo nyeritain gank waktu SMP
    ada banyak gank soalnya ..hehe
    namanya S7S o yeaah (norak bgt yah pak) hehe

  19. waktu SMK aq punya Gank namanya top 10
    he…he..he..10 anak perempuan,,
    kemana,,mana bareng,,belajar bareng,,gila juga bareng,,,

    yang paling berkesan gank di kantor
    namanya LASKAR KWI,,,
    he…he…he. .itu keluarga kedua ku,
    berbagi semua hal bersama,,,

    aku lebih suka jadi orang independen,,
    bebas dan gak ada yang ngatur,,,
    ikut Gank ribet,,apalagi kalau gank perempuan,,
    kalo satu orang berantem,,yang lain kudu ikutan,,
    malay nian..😀😀😀

  20. jaman SMA dulu saya punya geng, tapi entah namanya apa…
    anggota geng saya syaratnya cuma 1, sebelum berangkat sekolah harus ke rumah saya dulu. bagi yg bawa motor, motore dititipkan dirumahku. habis itu, kita berangkat ke sekolah bareng2 jalan kaki.

    kita juga punya julukan sendiri2. syarat julukan juga cuma 1, harus diawali kata wong (ketika itu, kita lagi gandrung tokoh cina wong fei hung). kebetulan ketika itu julukan saya wong san te (karena saya yang paling santai di geng itu). adapun julukan temen2 saya, ada wong ken thir, wong bi ngung, wong ba gus, wong su gih, wong lu cu, dan masih ada lagi tapi sudah lupa masing2 julukannya.

    kita juga punya jabatan, dan jabatan itu berdasarkan tanggal lahir. kebetulan lagi, saya yang paling tua (kalo tidak salah). jadinya, saya juga dipanggil kakak pertama sama temen2 geng saya.

    dan aktivitas utama kita adalah……. main PS!!!!!😀
    (sumpah ini kisah nyata dan tak mengada2…)

    wah om… malah jadi pingin nulis tentang geng saya di artikel sendiri nih… hehehe

  21. Huahuahuahuahua, si om pinter dehhhh!

    Dulu jaman SMP, Yessy pernah punya gank, namanya Funny Girls. Berasa imut dan konyoll banget deh waktu ituh! wihihihi.

    Pas SMA yessy punya gank, namanya The Bawels. Keliatan kan dari namanya? Isinya perempuan bawel semuaaaa😛 LOL

    Identitas? Kita pake kalung samaan, yang tulisannya the bawels itu, om.
    Emang! najong banget kalo di nget! Wekekekekeke!

  22. Saya di SMP punya gank Oom

    1. Namanya : GaGGarp, singkatan Gang Anti Gadis-Gadis Adalah Racun Pelajar
    Ampyun ooom…gara-gara para gadis tahu singkatan itu kami di celathu habis-habisan. Saya tidak tahu siapa yang membocorkan singkatan itu.
    Tahu enggak Oom, salah salah satu gadis yang nyelathu itu sebenarnya yang saya taksir hua hua hua..sekarang ada di Purworejo…upssss…….
    (ini untuk kita saja oom)

    2. Kegiatannya memang untuk belajar saja-ngerjakan PR bareng.

    3. Tidak ada seragam oom-hanya pomade kami sama karena membuat sendiri. Kami beli vaselin di toko dan juga sebotol mungil biang minyak wangi. Vaselin digodok, lalu di crut..crut..crut minyak wangi. Setelah itu diaduk dan di tuang kedalam bekas kaleng minyak rambut merk Lampu itu lho…apa ya namanya.
    Setelah dingin, jadi deh..pomade made by GAG GaRp
    Lumayan oom, murah meriah tur baunya ya wangi juga.
    salam hangat dari Surabaya

  23. punya2, pak..
    Waktu SMP…kita punya nama fav…karena karakter2 kita mirip dengan salah satu anime di stasiun TV….sampai sekarang kita masih kontak2an..he..he..

  24. hahaha…
    baca komen2 di atas jadi ketawa ketiwi sendiri dah..

    hm kalo saya?
    kalo genk sih nggak ya.. tapi dulu waktu SMA, kelas saya kompak banget.. dan kami menamainya IGUANA. gak tau tuh.. dapet dari mana nama itu. hehe

  25. baca postingan ini jadi ingat masa2 jaman kuliah dulu, punya gank yang kompak bgt..pke baju samaan, beli apapun juga kudu samaan..wuih2…kl inget itu jadi ketawa sendiri deh..

  26. Waktu SMA, ada gengk anggotanya 5 orang, namanya: T’ZERRO crew, artinya: Thya, ZErlyn, Rhyzna, Rhya, & nOva.

    hobby: jalan bareng, gozip, boloss,,,, n sering lompat pagar,,,

    intinya seru dech,,

    a simple life of friendship

  27. Nabila..punya..
    Namanya pink longor.. smua suka warna pink dan orng.a longor2..beranggotakan
    4orang(nabila.tarisa.anggi.wanda)
    Klo kmana2 slalu bareng..
    Dan identitas.a
    Topi nya sama…
    Udh gk bsa jelasin lgi ..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s