Diposkan pada MUSIK, PERTUNJUKAN HARI INI

DUET …


Tadi malam aku menyaksikan pertunjukan di Trans TV … konser semi Unpluged – akustik dari Peterpan.  Disana Peterpan berduet dengan beberapa penyanyi wanita …  live … bertajuk “Eksklusif Peterpan Cinta Wanita”.

 

Saya tidak menyoroti relevansi tema “Cinta Wanita” dengan pertunjukan itu yang sepertinya dipaksa-paksakan.  Aku hanya ingin melihatnya sebagai suguhan musik saja.

Lagu yang dibawakan malam kemarin adalah lagu-lagu Peterpan … yang pada kesempatan itu dinyanyikan kembali secara duet oleh Ariel featuring beberapa penyanyi wanita … ada Tika Panggabean, Melly Goeslaw, Audy, Astrid, Sherina, dan Rebecca.

Lagu-lagu Peterpan sejatinya tidak di design untuk dinyanyikan duet antara pria dengan wanita … sehingga yang terjadi adalah … Peterpan sulit menentukan nada dasar yang PAS untuk dinyanyikan secara duet … Karena memang Ambitus nada Pria dewasa dengan Wanita Dewasa berbeda jauh … Belum lagi menyesuaikan warna suara Penyanyi wanita yang juga mempunyai ragam yang berbeda … ada Sopran, Mezzo Sopran dan ada pula Alto. 

(Ambitus adalah wilayah kekuasaan nada dari yang terendah sampai yang tertinggi yang bisa dinyanyikan seorang penyanyi)

Sehingga yang terjadi adalah Ariel menyanyi dengan nada ketinggian sementara pasangan wanitanya bernyanyi dengan nada yang agak kerendahan.  Atau Ariel bisa bernyanyi dengan pas … sementara penyanyi wanitanya akan full falsetto … karena ketinggian.  Kadang pula Penyanyi wanita bernyanyi dengan dasar nada yang pas … tetapi Ariel akan terkejang-kejang mengikuti … karena memang ambitus nada ariel terbatas.  Bisa juga Ariel pas menyanyikannya … sementara penyanyi wanitanya …”nggereng” karena kerendahan … Serba salah memang.

Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan memecah suara menjadi suara satu dan suara dua yang lebih rendah … ini pun tadi malam aku lihat tidak sepenuhnya bisa di jalankan … banyak yang harmonisasinya tidak pas … bahkan terdengar agak “out of pitch” alias sedikit “baling” or “fals”… Tayangan live pula … sehingga tidak bisa di re-take … Fals ya fals.  Untuk teknik 2 suara ini yang berhasil melakukannya adalah duet Ariel dengan Sherina untuk lagu “Tak Bisakah” … musikalitas Sherina cukup menolong keberhasilan keseluruhan lagu itu.

Sebetulnya ada satu lagi cara yang umum dilakukan untuk menyiasati kondisi duet seperti ini … yaitu dengan melakukan upaya “Modulasi” … mengganti dasar nada di tengah lagu … jadi bagian pertama dinyanyikan full oleh Ariel dangan dasar nada yang cocok dengannya … sementara di bait kedua di Modulasi (dinaikkan atau diturunkan dasar nadanya) disesuaikan dengan dasar nada yang pas untuk si Penyanyi wanita …. Melalui proses “bridging” yang smooth  … (Tapi sayangnya tadi malam upaya ini tidak dilakukan).

Sayang sekali … padahal Lagu Peterpan itu lumayan bagus-bagus lho …

So singkat kata … tidak semudah itu menyanyikan duet unison – monophonic atau duophonic lelaki dan wanita dewasa untuk sebuah lagu, yang memang tidak didesign untuk duet.  Karena ambitus penyanyi dewasa pria dan wanita berbeda.  Ambitus suatu lagu pun berbeda-beda, ada yang lebar ada yang sempit.

(Ini judulnya : Trainer sok-sok-an ngerti musik …) 🙂 

 

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

8 tanggapan untuk “DUET …

  1. bener kok mas….sulit untuk duet yang pas F&M. Tapi kalo pergi karaoke dengan temen cewe di sini trus pilih lagu My Endless Love, atau The Whole New World…. jadi deh saya nyanyi bagian cowo nya hehehe. Kalo yang cewe ngga nyampe, jadilah aku cewenya hahaha…maruk.

    nh18 to emy ..
    Wah ada emi nih … hehehe lucu juga ya … bagian cowok tapi dinyanyiin ce’
    (tapi pasti udah diutak-utik dasar nadanya entah dinaekin “#” ato di turunin “b”
    Nah kalo endless love itu memang lagu yang khusus di ciptain untuk duet ..
    Jadi biasanya persoalan ambitus kagak jadi ganjalan

  2. Wah ternyata pengamat musik juga toh.
    Untung aja saya ga tau gitu2an, jadi di telinga say mah penampilan semalem enak2 aja… Ini namanya: “yang bodoh yang menikmati” 😀

  3. He-he, mo koment sbg org awam yg ga bgitu tau musik juga.
    Kok aku malah menikmati suguhan yg ama Audy yah, enak dengernya …
    yg tersengal2 tuh teh Melly ?
    ga nonton keseluruhan sih tp bagian rebecca, tika, sherina audy ama teh melly sih nonton *emg cmn itu ya? 😀

    Aku juga acara make kasih surprise didatengiin Alea hihihi, aku dah ngira dan deg2an kalau2 mba Sarah yg dateng anterin, tp kliatannya yg mangku Alea bkn mb Saran.

    yang ak ga suka acara smlm cmn ……… Luna Maya kekekekkeke >:)

    nh18 to pluie …
    Iya aku cuma sok tau aja nih …
    tapi yang jelas lagu-lagu Peterpan tadi malam enak-enak kok …
    Cuma penyanyinya saja yang harus menyesuaikan suara dengan baik
    Ternyata lagu Peterpan lebih enak kalo dinyanyiin akustik ya …
    Tengkyu ya udah mampir
    Salam saya

  4. wuih…. ini baru mantan pelatih pranajaya….
    saya juga nonton tapi setengah-setengah, selain sedang ada kerjaan kantor juga zip zap dengan acara lainnya oleh istriku.
    Tapi emang betul duet dipaksakan…
    salut dengan ulasannya mas….BOTD deh…..

  5. bener banget, lagu-lagu yang tadinya diciptakan bukan untuk duet trus dipaksa untuk dinyanyiin berdua, rasa2nya yang ada malah suara yang kebanting2 ^_^
    Ga cuma Peter Pan aja. Slank juga. Padahal lagu-lagunya Slank oke2 semua. Pernah nyanyi bareng Agnes Monica, jadinya mbleset. Nyanyi bareng Nirina, mekso. Wis tha, ga ada enak2nya.
    Saran soal pecah suara… oke tuh. Sayangnya, kadang persiapannya sebentar tapi dituntut maksimal, ya gitu deh hasilnya. Jangan2 mereka latihannya seminggu sebelum tampil lagi (apa beberapa hari doang ya? hehe).
    Kalo untuk acara AFI, Indonesian Idol, KDI… mereka kan latihan intensif, jadi lagu asli non duet dibikin duet tetep asyik2 aja.
    Jadi kesimpulannya, lagu non duet asal latihan yang cukup, bisa jadi lagu duet yang bagus.
    Begitu Mas?

    nh18 to jeung lala …
    Bungkusss… !!!

  6. performancenya sih menurutku biasa aja.. tetapi tetep aja gak bisa pindah channel, kedua anakku langsung ‘blocking-time’ nonton ‘oom Ariel”

    salam

    nh18 to hedwigus …
    hehehe … ngalah nih sama anak-anak ya …
    Salam kenas Boss …

  7. Aku nonton juga lho….ariel lago top suaranya…terus luna maya waktu gendong alea..keliatan sayang banget ya…!! apa buat caper.. sama bapaknya alea..??? he..he…he, tapi emang kalo ariel jadian ama luna pas banget alias cocok…!! tapi aku sih setuju juga kalo sama audy..

    nh18 to ando …
    hehehe … untuk yang beginian … aku no comment …
    gak berani gua …
    hehehe
    Thanks Ando …

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s