Posted in NGEBLOG

READ CYCLE


.

Atau Reading Pattern.  Pola membaca. Call Cycle … Pola Kunjungan.   

Bagaimana cara anda blog walking ???

Apakah ada patternnya, routingnya atau polanya … or just walk’n click ???

Bagaimana dengan si Trainer ini ???

Untuk mengefektifkan waktuku … biasanya aku mempunyai READ CYCLE atau reading pattern .. pola kunjungan ke blog-blog temanku … Pertama buka blog, liat Blog sendiri dulu … lalu ke tempat si A, lalu ke si B, lalu ke si C dst …

Pola kunjungan itu ada yang Harian, ada yang Dua Harian, ada pula yang Seminggu sekali. 

Banyak juga yang tak berpola, semauku saja … (Ini termasuk teman-teman yang baru pertama kali menuliskan komentarnya di Blog ku … jika ada linknya … aku berusaha untuk mengunjungi balik blog mereka …)

Aku selalu melakukan kunjungan harian ke beberapa blog favoritku …

(Dan … supaya tidak saling iri dan besar kepala … aku sengaja tidak menyebutkan … blog – blog mana saja yang merupakan daftar kunjungan harianku …).

Hahaha … dasar orang Marketing Training …

Nge Blog pun ada routing, mapping dan jadwal kunjungannya … macam salesman, med-rep dan merchandiser saja layaknya … hehehe …

So …???

Bagaimana cara anda blog walking ???

.

(FYI ini draft postingan lama … sayang untuk dibuang …)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

32 thoughts on “READ CYCLE

  1. kalau saya kok sering ikutan group yang semauku saja paka. karena biasanya simales nggak mau di tinggalin

    salam kenal mas

  2. Terus terang, makin lama semakin sulit untuk BW.
    Dan banyak kehilangan teman-teman lama, yang dulu rajin saling berkunjung. Di satu sisi banyak mendapat kunjungan teman baru
    Akhirnya saya memprioritaskan menghargai kunjungan balik ke teman yang memberikan komentar, namun ada beberapa blog yang memang isinya saya sukai, walau empunya jarang (atau saya tak tahu) berkunjung ke blog ku.

  3. Masuk ke blog sendiri, liat mangroll, BW deh dari sana. Kalau blog yg dikunjungi ada widget penanda dari mana datang, biasanya diriku dicatat datang dari Mega, Jawa Tengah. Gatau di mana tuh. Aneh, padahal kan gw di Jakarta.

  4. Klo saya selalu berlangganan blog2 must read via google reader.. trus juga kunjungan balasan dari yang komentar di blog saya (untuk yang blognya belum ada di google reader saya)

  5. Rasanya tak jauh berbeda, Om. Dulu awalnya punya kunjungan rutin di setiap harinya. Namun lama-lama pola itu tak selamanya efektif. Terutama soal ketersediaan waktu kita sendiri.

    Sehingga yang paling praktis serta fair dan sering kulakukan adalah mengunjungi blog yang baru saja berkomen di blog sendiri.

    Tapi untuk blog tertentu, dia udah komen atau belum komen, dengan suka hati aku meninggalkan komen di sana. Mungkin semacam ada perjanjian tak tertulis ya. Hehe.

  6. kita hampir sama deh BW nya
    buka blog ndiri… trus kunjungi yg uda coment, ato temen2 lama.. kadang acak dari temen ke temen hehe…
    tapi intinya buka blog ndiri dulu doong😀

  7. dulu sih waktu internet melimpah, sayapun begitu pak. Belakangan ini udah mulai berubah. jadi jarang blogwalking lagi..hanya alakadarnya aja..😆

  8. dah ngga ada pola nya lagi sekarang Om,
    sibuk banget di pabrik, jadi sekarang sesempet-sempetnya .. yang penting bertahan ngeblog aja buat refreshing , termasuk blogwaking ke sini hehehe..

  9. Polanya ?
    Blog sendiri, trus langsung ke blogroll … gak musti nunggu mereka leave comment dulu ..
    Kalo suka blognya, masuk ke agenda rutin BW ..
    naa,, bukan mau nyari muka ni Om, tapi rumah ini ni, The Ordinary Trainer Writes ini .. termasuk yang wajib🙂

    Masalahnya,, BW itu saking asiknya bisa bikin lupa waktu, dan .. banyak urusan lain jadi lupaa ..🙂
    Gimanakah cara menyiasatinya ..??
    *nah loh balik nanya*

  10. Kalo aku bikin posting dulu lalu lirik blogroll mulai BW, keterusan deh sampai antah berantah. Kalo mata belum pedes ato urusan lain, rasanya waktu tak berujung.

  11. kalo saya, senang mengunjungi blog2 yang tulisannya saya sukai. Saya akan membaca setiap tulisannya, mulai dari postingan terakhir sampai postingan pertama. Kalo gak gitu, gak puas rasanya. Utk blog ini, saya sudah membacanya sampai postingan pertama pak….Keren….Bahkan memberi ide kepada saya untuk menuliskan cerita jama dulu.

    Saya juga memperluas pencarian blog bagus,dengan mengklik link2 di blog2 yang saya anggap bagus

  12. hmmmh… biasanya saya buka blog sendiri dulu, baru blogwalking ke blog-blog lain… dan iya, saya punya beberapa blog langganan koq… kalau enggak, ya asal blogwalking kayaq gini

    *sudah alam nggak ke sini… dulu padahal sering banget ke sini :mrgreen:*

    jadwalnya? saya hampir tiap malam on-line, tapi ndak tiap malam agresif BW-nya… lepas dari masalah reply sama trackback atau kunjungan balik, yang paling penting bagi saya adalah membaca postingan pemilik blog dari awal sampai akhir, karena itulah cara saya menghormati tulisan mereka…

  13. Makin banyak teman makin ribet BW. Apalagi dengan tingkat kepadatan kerja yang nyaris menyita banyak waktu untuk BW.

    Pola yang saya pakai. Saya memperlakukan semua pembaca sama. Tanpa memandang status mereka. makelar apa koruptor (ada gitu koruptor nge blog?) Siapa tahu mereka mau ngeblog. bagi2 ilmu…lalu di maki oleh bloger lainnya ha ha ha ha..tapi nampaknya sulit terealisasi…lah koq jadi ngawur. New Bie atau blogger ulung…bagi saya sama. Isi tulisan yang membedakan.

    Siapapun yang berkunjung ke Blog saya…saya PASTI melakukan kunjungan Balik sebagai bentuk penghormatan tulus saya tanpa ada pretensi macem2.

    Saya hanya meninggalkan Jejak jika YBS meninggalkan jejak ditempat saya dalam bentuk comments. Pola simbiosis ini yang saya pakai untuk meningkatkan jumlah pembaca dan jumlah teman ngeblog.

    Pola kedua yang saya pakai adalah RASA KANGEN.
    Artinya kalau saya bikin tulisan, biasanya kan selalu muncul tuh sikangen dengan lebaynya menulis kan sesutu di blog saya, jika suatu saat dia tiba2 nggak muncul (karena tulisan saya nggak mutu, atau karena kesibukannya padat sangat) ya…saya kunjungi blognya..update apa nggak..kalau update saya comment. Urusan dia mau ngunjungin balik apa nggak…saya serahkan pada yang kangen apakah dia punya pola “simbiosis kangen” apa tidak.

    Pola ketiga. Saya menetapkan beberapa blog Favorite.
    Tulisannya enak untuk di cela saya bikin comment cela. Tulisannya enak untuk di maki2…saya bikin tulisan makian yang friendly. kalau terlalu berat untuk di komentarin, saya cukup baca…besok lusa setelah menemukan comment yang pas baru saya tinggalkan comment.

    Pola ke4 saya melihat Timing…dan sekarang lagi perang sama FB nih… sedang mencoba jadi seleb FB…jiahahahahh.

  14. 1. Liat blog sendiri
    2. BW ke blogs yg ada di RSS Feed
    3. BW ke blog-nya komentator..

    No. 2 dan 3 kalo ada waktu, skrng waktunya agak terbats soalnya..

  15. 1. liat blog sendiri
    2. blogwalking ke blog-nya yang kasih komentar
    3. blogwalking ga jelas alias suka2 ajah….

    n tahu ga om, seberapa sering aku kunjung ke blog om? jangan GR ya om, heuheuheuheu……

  16. semacam snow ball gitu ya, om?
    ah, sekarang saya sedang tak punya cukup waktu buat bw, jadi mengunjungi blog-blog yang biasanya rutin setelah beberapa tulisan mereka numpuk, seperti di rumah ini.
    ada juga pola kangen seperti cara pakde.
    walaupun seperti kata DM, ada perjanjian tak tertulis dengan blog-blog tertentu untuk dikunjungi biar buka laptopnya hanya sebentar.

    selebihnya tergantung ketersediaan waktu saja.

  17. boleh juga tuh …..bikin pola agar lebih banyak yang bisa di

    kunjungi dan banyak juga tulisan yang meng inspirasi…..

  18. BW? Dulu kemana-mana. Sekarang? Ke blognya trainer yang ordinary itu dulu aja. Selanjutnya? Kadang BW lagi, kadang nggak… Sumpah, lagi hilang sense of bloggingnya….😦

  19. kalo saya gak beraturan, karena saya orangnya abstract, gak jelas😀

    but thx to google reader yg selalu konfirmasi tiap ada postingan baru, jd ga perlu blogwalking dan kecewa krn tak da satu pun postingan baru😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s