Posted in ARTIKEL

ENJOY VS. HARUS


.
Mari kita bermain kuadran lagi. 
Ini adalah tentang serba serbi kegiatan atau pekerjaan kita.

Tentang Enjoy versus Harus.

Ada kegiatan atau pekerjaan yang kita enjoy menjalaninya … ada yang tidak.
Ada kegiatan atau pekerjaan yang kita harus melakukannya … ada yang tidak harus.

Berdasarkan dua dimensi itu … akan ada Empat kombinasi jenis kegiatan atau pekerjaan

 

1. Kuadran Hijau
.
Adalah kegiatan dan pekerjaan yang anda enjoy melakukannya dan anda harus melakukannya karena itu kewajiban anda sehari-hari.  Untuk kasus saya, saya bisa katakan bahwa menjadi Fasilitator / Trainer / Mengajar di depan kelas adalah suatu jenis pekerjaan yang saya sangat enjoy melakukannya … dan kebetulan saya harus melakukannya.   Karena memang pekerjaan saya sehari-hari adalah sebagai Karyawan yang bertugas di bagian Training and Development

2. Kuadran Putih
.
Kuadran putih adalah kegiatan-kegiatan yang sebetulnya tidak harus dilakukan tetapi anda sangat suka melakukannya.  Satu contoh sederhana untuk saya adalah … menyanyi.  Saya suka menyanyi-nyanyi atau bersenandung saat bekerja.  Saya enjoy.  Namun sebetulnya … saya tidak selalu harus menyanyi setiap bekerja.  Saya bisa melakukan pekerjaan saya tanpa bernyanyi.

.

3.  Kuadran Biru

Yang ini adalah jenis pekerjaan/kegiatan yang anda tidak harus mengerjakannya … dan kebetulan anda memang tidak begitu enjoy melakukannya.  Membuat analisa keuangan, neraca rugi laba adalah pekerjaan yang tidak saya suka … dan kebetulan pekerjaan saya sehari-hari tidak berhubungan dengan hal tersebut, sehingga saya tidak harus melakukannya.  Case Close.

.

4.  Kuadran Merah

Nah ini nih.  Ini … !!!
Ini adalah pekerjaan, aktifitas atau kegiatan yang anda Tidak suka dan tidak enjoy melakukannya.  Namun karena kewajiban, situasi tertentu dan lain sebagainya … celakanya … anda tidak punya pilihan … mau tidak mau anda harus melakukannya.  Misalnya Presentasi di depan Top Management.  Ini pekerjaan yang saya tidak suka, namun karena tugas hal ini mau tidak mau harus saya lakukan.   Contoh lain yang paling gampang adalah Setrika … Hahahaha (curcol).  Ini harus saya lakukan, sebab mbak sedang pulang kampung.  Jika saya tidak setrika … anak-anak dan saya pakai baju seragam kusut.

.

So What ???
Adalah sangat ideal dan indah hidup anda … jika ada banyak kegiatan, aktifitas dan pekerjaan yang terhimpun di kuadran Hijau.  Ini artinya anda sangat menikmati pekerjaan anda sehari-hari.  Anda harus melakukan pekerjaan yang anda enjoy melakukannya.  Kewajiban anda adalah kesenangan anda.  (asik bukan …)

Dan sebaliknya …
Anda harus berfikir … dua-tiga-empat-lima kali … jika ternyata anda, saat ini banyak sekali menemukan pekerjaan, aktifitas dan kegiatan di kuadran MERAH … Anda harus melakukan banyak pekerjaan tersebut … tetapi anda tidak enjoy sama sekali melakukannya …

Inilah saatnya untuk bertanya pada diri anda sendiri …
Is this the right job for me ???
(re) Think about it ???

(Hah … minggu-minggu kok ngomong serius sih trainer inih … !!!)

.
Salam saya


.

.

Daaaannn …

Nge Blog  … ternyata bagi saya ada di kuadran … PUTIH …
(tidak harus saya kerjakan … tetapi saya Enjoy melakukannya …)
(hahahahha)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

42 thoughts on “ENJOY VS. HARUS

  1. Secara garis besar, saya berada pada kuadran hijau, Om..
    Ada sih beberapa hal yang berkuadran merah, sehingga hasilnya kurang maksimal..😦

    Nah, saat ini saya baru saja menolak mengerjakan sesuatu yang merupakan kuadran biru, yakni menjadi tim sukses pemilihan Ketua (rektor) di kampus saya yang di Curup, hahaha..😀 mending saya ngeblog sajalah, karena itu merupakan kuadran putih bagi saya, sama seperti Om Nh..🙂

  2. Nge Blog … ternyata bagi saya ada di kuadran … PUTIH …
    (tidak harus saya kerjakan … tetapi saya Enjoy melakukannya …)

    Quoted For Truth!!:mrgreen:

  3. Jika berbicara tentang tugas, dalam hal saya, umumnya “Harus”, karena memang sudah teken kontrak. Ketika harus berangkat ke Kalimantan ya “harus”berangkat, dan disana selama 12 tahun. Awalnya kurang enjoy, lama2 menikmati. Demikian pula ketika harus ke India dan Namibia.

    Suatu ketika, saya merasa harus memohon kepada Allah Swt agar saya tidak lulus test untuk berangkat ke Afrika. tetapi Tuhan berkehendak lain. Saya lulus test dan memang “harus” berangkat kesana untuk waktu 9 bulan. Hasilnya memang luar bisa. Dapat pengalaman, dapat dua tanda penghargaan daaaaaaaaaaaaaaaaaaaan…..bisa membeli mobil. Bingo. Tuhan memang ngeTOP.

    Saya menyarankan kepada adik2 yang masih panjang langkahnya, jika itu menyangkut urusan tugas, mari kita laksanakan dengan ikhlas karena” mrengut” atau “senyum” toh harus tetap kita laksanakan.
    Kalau kita ikhlas Insya Allah yang berat menjadi enteng karena ada Tuhan yang membantu kita. Tetapi kalau kita mrengut, tanda tidak ikhlas maka pinggang akan terasa patah bho.

    Salam hangat dari Surabaya

  4. Aku lebih banyak beraktivitas pada kuadran putih..intinya suka dan enjoy… pekerjaan yang aku sukai akan menghasilkan suasana enjoy..

    **Suka, enjoy dan bisa, ngga ada di kuadran itu ya, om…😀

  5. Kuadran hijau saya adalah ketika harus ngamen, dan saya enjoy. Tapi tidak selamanya begitu. Kadang saya tiba tiba ada di kuadran merah. Alhamdulillah sekarang saya ngerti harus bagaimana, soalnya habis inguk inguk komentarnya Pak De Cholik hehe..

    Selamat hari minggu Om..

  6. hmm.. dominan di kuadran hijau om aplg kl pas cuap2 or pas kerja sambil jln2
    tp bs jd kuadran merah kl jln2nya brantai g’da jeda. cret..mencret om🙂

  7. hahahaha….morning Om Trainer…..:)

    Kayaknya saya setuju dgn komennya pakde Cholik….kalau menyangkut tugas…suka or nggak suka kudu dilaksanakan…dan yag terpenting harus IKHLAS agar yg diatas juga melancarkan segalanya🙂

    Kudran merah pasti setiap org ada yach om, qiqiqi….tapi nggaklah nggak boleh ngeluh harus ikhlas….kayak kata pakde Cholik hohohoho…..

    Note:
    Salam to all temen2 blogger…sdh agak lama nih nggak bw, hahaha…

    best regard,

    Bintang

  8. hm… kalo saya dulu pernah baca di buku tentang kuadran2 ini, tetapi redaksinya “penting/tidak penting dan mendesak/tidak mendesak”.

  9. ada beberapa tugas berada berada pada zona merah. Artinya orang tidak suka tapi harus dilakukan. Saya sering menemui itu bahkan memberikan tugas itu kepada anak-anak. Sebagai senjata saya adalah : Bahwa tugas ini baik bagimu, jika kamu selesai maka kemampuanmu akan meningkat.

  10. aku banyakan di zona merahnya Om.. hihi bagaimana ini..😛

    tapi kudu jalan terus, dengan prinsip.. sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi sesama,. semoga aku jadi orang berguna. amiiin.

  11. Ihiks, masih banyak di kuadran merah Om, dan sering berkhayal disuruh nulis dan bisa ‘hidup’, aaah senangnya. Tapi ya tetap dikerjakan sungguh2 dan berusaha ikhlas ya Om, spt kata Pakdhe Cholik, suatu saat mudah2an bisa sepenuhnya hijrah ke kuadran hijau😀

  12. Seperti yang pernah saya tulis “saya bukan kutu loncat” insyaAllah saya enjoy dengan kerjaan saya Oom..🙂

    hehhe…
    *muatan curhat tentang setrika,tetap harus ada ya Oom,, hehhehe..

    ngaburrrrrrr…

  13. so far, kegiatanku sehari-hari lebih banyak di quadran putih: enjoy dan gak harus. hahahhahaha… eh tapi ada beberapa hal yang quadran merah sih oom, tapi diusahakan dicari enaknya dulu. tiap hal kan bisa ditemukan sisi asiknya sebenarnya
    eh gitu bukan ya… jadi ragu

  14. sama Om, blogging bagi saya juga kuadran putih.. hehe…

    kalau bermain dan belajar sama anak itu kuadran hijau..😀

    dan kalau jalanin profesi sebenernya kalau lg nggak mood itu kuadran merah… tapi lama2 bisa enjoy juga,.. mungkin merahnya bisa jadi merah muda… hehehe

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s