Posted in PERTUNJUKAN HARI INI

ANNOUNCER


 

Announcer dan Announcement …

Saya tidak tau apa nama sebenarnya.  Dan bagaimana anda menyebutnya.

Namun sejatinya saya hanya ingin sedikit cerita mengenai “Woro-woro” atau “Pengumuman” melalui pengeras suara yang biasanya ada di Mall, Supermarket atau Departement store besar

.

Apa anda pernah mendengarkan ?

Saya sering.  

Maklum kalau saya sedang kumat isengnya … apapun akan saya perhatikan … hal-hal ndak penting pun akan saya amati.  Bukan hanya diperhatikan dengan mata … tetapi juga didengarkan melalui kuping.

Jika saya dengarkan … banyak announcer-announcer di mall-mall yang empuk-empuk suaranya … mendayu-dayu …  memberikan informasi dan berita dengan cara yang jelas dan menarik.  Disertai dengan sedikit aksen-aksen pronounciation eksyen dan intonasi suara naik turun yang di stilasi sedemikian rupa … entah itu model-model “cincah wawah” maupun model-model infotainment di Televisi … Tak sedikit pula yang meniru MC di orgen tunggal kawinan-kawinan.

(Stop Press : Barusan … salah satu teman maya saya … ENNO, berkomentar bahwa … ungkapan yang mungkin lebih jelas menggambarkan hal ini adalah : … “LENJEH” …)(Thanks Enno)

.

Lalu apa sih yang biasa mereka woro-worokan ?

Paling tidak ada TIGA macam informasi yang sering didengungkan oleh Announcer melalui pengeras suara di Mall-mall …

1. PROGRAM PROMOSI

”kepadcha para pengunjhung Mall ina-inu yang tcerhormat … syelamat datang di bla-bla-bla … dapatskan harga menarik dari … dst-dst …” ”Tukarkan kupon belanchja anda dengan hadiah menarik di counter …”.  ”Dapatkan harga sypesyialh Susu XYZ Rp sekian-sekian hanya hari ini saja …” … “Cherima kasyih”

Banyak informasi promosi yang dikabar-kabari lewat announcer ini … dan saya pikir ini cukup effektif untuk merayu (sementara) konsumen.  Apalagi jika suara Announcer ini menggoda … Percayakah anda bahwa ada ”warna suara” yang menjual ???

2. BERITA KEHILANGAN

”Telah ditemukan sebuah dompet bergambar hello kitty bagi yang merasa kehilangan bla-bla-bla” atau …

”Telah diketemukan seorang anak perempuan, berusia kira-kira 3 tahun dengan ciri-ciri sebagai berikut …”

Suara ini pun bagi sementara orang bagaikan oase di padang tandus … karena informasi ini merupakan berita yang pasti ditunggu-tunggu bagi yang sedang kehilangan dengan penuh harap … dan ini juga bisa merupakan solusi bagi yang kehilangan anaknya dan sebagainya.   Suara sang Announcer bagaikan suara dari surga.

3. PANGGILAN !!!
Ini yang menurut saya rada menyebalkan
Announcement melalui woro-woro di Mall … kadang merupakan media yang efektif buat si banci narcis untuk menyalurkan hasratnya !!!

”Kepada Ibu Fulanita … Ibu Fulanita … ditunggu anaknya di pintu keluar segera … Kami ulangi kepada Ibu Fffff… ” (dan ini diulang-ulang)
”Bapak Fulan … Bapak Fulan … di tunggu istrinya di Kasir lima …” (Ini juga diulang-ulang)

Saya heran sangat …  padahalkan ada Hand Phone … kok masiiiiihhhh saja menggunakan jasa Announcer … !

Dan yang paling menyebalkan adalah … kalau ada announcement …

”Kepada pemilik kendaraan B sekian-sekian-sekian … mohon segera memindahkan mobilnya karena menutupi jalan dst dst … ” Aarrrggghhh please deh …

(Dan yang terakhir ini biasanya dipanggil berulang-ulang … karena pemilik kendaraan kadang tidak hafal nomer polisinya sendiri … jadi tidak sadar kalau itu adalah panggilan yang ditujukan untuk dia).  

Mobilnya menutupi jalan … dan atau … menutupi mobil lain … sementara rem tangan diangkat dan persneling tidak di prei kan.  (ini satu paket biasanya …)(komplit sudah !!!)

Bagaimana menurut pendapat Pembaca ?
Pernah anda memperhatikan hal tersebut ?
Anda suka ? tidak suka ?

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

71 thoughts on “ANNOUNCER

  1. PERTAMAX!!!
    errr..kalow saya sihhhhh… sedikit heran aja dengan nada mereka kok sepertinya seragam, apa emang ada settingannya supaya begitu ya Om???

    *kirain tadi mo promosi alat pengganti TOA🙄

  2. pernah secara tidak sengaja di supermarket sewaktu saya mau ambil barang, mbak2 suaranya biasa aja om, tapi pas memberikan pengumuman ke dalam kok suaranya jadi merdu dan bagus gitu ya. Apa karena faktor pengeras suaranya yang bagus hihihi.

    trus , kenapa suaranya seragam ya walaupun dibeda-beda tempat.

  3. Qiqiqi.. Bnr bgt om. Saya jg suka perhatikan,terutama yg kategori 1. Suara lembut mendayu2 cnderung lenjeh. Kdg2 ada announcer cowo yg berasa kyk penyiar radio, ngmongnya heboh trus ikutan nyanyi brg lagu yg dputar. Plis deh ah, bikin gerah.

    Kategori 2 memang perlu kali ya om. Kategori 3 hehe ga pny pulsa kali yaaaa…

    1. YES …

      LENJEH … that’s the term …

      Terima kasih Enno …
      dari tadi saya nyari-nyari … apaaaaa ya kata yang pas untuk mendeskripsikan hal ini …
      ternyata jawabannya adalah …

      LENJEH sudare-sudare

      hahahah

  4. saya sering om make fungsi yg nomer 3 itu.
    ada 2 faktor. yg pertama buat isengin temen dan yg kedua saya sering banget ga ngantongin hp, entah ditinggal di tas, dititipin temen *yg di halo2*, ato ketinggalan beneran di kontrakan.

    lumayan lah om, sekalian bilas mata krn biasanya yg ‘halo2’ itu cukup seger dipandang agak lama #abaikan
    😀

  5. ah untung isinya bukan seperti yang aku biasa bawakan lewat corong🙂

    Yang pasti aku selalu ingat suara KHAS dari Matahari Department store samping AHA di blok M dulu deh.Suaranya khas banget, sampai terngiang-ngiang sampai skr😀

    EM

    1. And believe it or not …

      Suara tersebut sampai sekarang ya seperti itu EM
      Entahlah … mungkin ini semacam default bagi para announcer … hehehe

      setipe semua
      (lihat komentar Bunda Mahes dan Mbak Lidya)

  6. Untuk yang nomor satu… seringnya dicuekin, pak…secara kurang minat ama promosi2an..

    Nomer dua..: itu emang penting, sih… Jadi kita yang denger juga ikutan waspada..ato ‘perduli’ kalo2 ngelihat anak hilang…
    soalnya pernah juga ngelihat.. ada orang tua yang gak nyadar kalo anaknya hilang… udah gitu ngelihatin si anak nangis2 mencari orang tuanya…

    nomer 3… paling sering dah, om…kalo yang ini biasanya emang kuping bener2 ditegakkan..khawatir jangan2 kendaraan kita yang diumumkan menghalangi jalan ato ada mobil yang mau keluar.. he…he…

  7. Lenjeh? bukan lenjer, ya? Hehe.. yang ini komentar ngaco. Hehe…
    Wajar juga jika intonasi mereka dibikin menarik seperti itu agar menarik minat pengunjung.

  8. Saya herang padahalkan ada Hand Phone … kok masiiiiihhhh saja menggunakan jasa Announcer

    keknya sih gara-gara batre hape nya habis, gak punya pulsa, atau gak.. tas nya kebawa suami yang mana handphone ada di dalem nya oom
    kali loh…
    hehehehehe

    1. Iya …
      Dan juga banyak juga yang model Ati Cancer dan Etty Sumiati … agak menyayat-nyayat gitu

      (atau … meniru suara … Kak Teddy Resmisari … masih ingat kak ?)

      Salam saya Kak

  9. hahahah! yang panggilan emang rada ganggu sih, apalagi kalau manggil supir buat jemput majikan ke lobby Mall, biasanya speaker nya kuenceeeng banget, cempreng pulak, bikin sakit kuping!

  10. whaaaa, aku paling sering yg no 3 sama 2…

    si abang tuh sukanya muter2 sak karepe dewe, ujung2nya, dia ke informasi nitip pesan panggilkan mamaku….😦

    terus…soal hp…ini nih, punya suami malas nge-cas hp jadi ya kadang kudu menempuh cara ini….🙂

  11. Anyway… apapun jenisnya, no. 1, 2 atau 3.. insya ALLAH semuanya berguna bagi beberapa orang..🙂
    Kalo gak berguna kan gak mungkin diumumin..🙂

  12. he…he…he…he..
    untuk bagian manggil orang itu,,
    biasanya emang karena hapenya susah di hubungi,,😀😀
    tapi saya paling suka sama pengumuman,,barang,,barang diskon,,,,
    lumayan,,bisa dapet diskonan..😀

  13. Yang paling gak penting adalah anonser yang isinya hanya kepentingan sendiri / kelompok sendiri padahal anonser itu berada di ranah publik.
    “Kepada SPG 334 harap menuju konter F5” atau “kepada teknisi FX3 segera menghadap BR5XZ”
    Ada pula anonser yang sering saya dengar dari apartemen-apartemen yang menurut saya gak menghargai yang punya nama dan punya kepentingan.
    “Pak man ada telpon! sekali lagi pak man ada telpon”
    “Bu ita, bu ita. ada tamu menunggu!”

  14. Hehehe…yang nomer tiga, soal nggak hafal nomor mobil, itu saya banget……syukurlah nggak pernah dipanggil gara-gara salah parkir. Tapi sering sekali dengan pede buka mobil orang, kok ga bisa…ternyata hanya sama warnanya…payah….:P

  15. saya suka ngedengerin pengumuman kayak gitu, om
    dan pengumuman yg terakhir emg menyebalkan. hahahahahaha mungkin orang2 pake jasa panggilan itu karena hpnya tiba2 mati ato kecemplung di aer, jadi ga bisa ngehubungin:mrgreen:

  16. Salam Takzim
    Baru tau makna woro-woro disini
    Saya sangka woro-woro itu perempuan perempuan
    Selamat pagi oom terima kasih atas kunjungan dan warnanya di blog saya, sukses selalu ya
    Salam Takzim Batavusqu

  17. kunjungan pagi…
    wah…kalau ga ada Announcer ga rame kali ya mas,
    dan untuk no.2 berita kehilangan, biasanya anak kecil kehilangan emaknya yang keasikan shoping apalagi lagi diskon besar-besaran, anak pun terlupakan hehehehe

  18. Sering banget Om..
    kadang pemberitahuan yang ga penting,di umumin,padahal lewat hp aja yah hmm..
    Apalagi suara yang lenjeh itu,wah menari perhatian kan,pas liat orangnya on no..masih cakepan akyu deh Om hahahha…

  19. yang nomor 1 dan 2 yang jadi dubbernya mbak-mbak bersuara serak-serak basah genit menggoda, yang terakhir mbak-mbak judes yang lagi PMS belum makan siang dan bakal dipecat ama bossnya kalo tidak ngumumumin😀

  20. hihihi saya juga sering perhatikan suara2 itu om, kayaknya malah ngga seru kalo di mall ngga ada suara mbak2 yg merdu tadi.

    kalo di ITC paling sering denger suara panggilan yg mobilnya parkir menghalangi jalan

  21. saya juga kurang suka pengumuman di bandara, kadang apa yg diumumkan menjadi tidak jelas karena suaranya dibuat-buat kayak di negeri sana gitzuuuu.

    Apalagi jika son- nya gak bagus.

    Salam hangat dari Surabaya

  22. Om.. klo Promosi saya suka dengerin, apalagi klo promo harga diskon..
    Tapi klo panggilan suruh mindahin mobil itu yang bikin sebel, bener juga yang Om bilang, kadang orang-orang itu gak hafap plat kendaraannya sendiri!

  23. Bicara soal announcement, di kantor sy juga ada announcement gitu Om. Karna sebelum baca pengumuman selalu didahului dengan bunyi ‘ting tong’ baru mulai bilang: “mohon perhatian..”, maka pengumuman di kantor disebut ‘TING TONG’. Nah, hal apa saja yang di-ting tong? Aih….rasanya perlu bikin postingan sendiri deh… Makasih ya Om sudah menginspirasi… Hehehe…😀

  24. kalo di mall ini mah biasa Om,,
    saya waktu kerja di manufaktur,, ada yang spesialisasi ini juga,, manggilin si Anu ditunggu di ruang B untuk Anu,, dan suaranya ya sama dengan yang kedengeran di mall2 itu😆
    # saya pernah nyobain krn sipetugas ga ada,, hasilnya cempreng:mrgreen:

  25. kalau Mas Enha ini bikin tulisan selalu khas,
    yang gak kepikiran sama kita,
    Mas Enha selalu perhatiin dan jadi bahan tulisan🙂
    ( okeh banggets weiceh)

    woro woro kehilangan aja kayaknya yg penting utk didengerin ya Mas
    yang lainnya sih cuma penuh2in kuping aja😦
    salam

  26. Hahaha soal gak apal nopol sendiri itu akuuuuu Oom😉
    eh tetapi yaaah aku kalo parkir pada tempatnya, jadi gak pernah dipanggil krn menghalangi jalan. Tapi pernah dipanggil krn aku parkir di kapling pejabat eselon II (lha kamu ini emangnya pejabat eselon ka?:mrgreen: dikepruk pak satpam) hihihi

  27. Empuk yang paling empuk memang suara announcer mal.
    Padahal bukan penyanyi atau pembawa acara, tapi suaranya jan empuk tenan.
    Amat jauh dengan suara pembawa acara infotainment di TV yg suaranya nggilani

  28. Suatu ketika (anak saya thalita masih berumur 3 atau 4 tahun) saya mendengar pengumuman tentang nama dan alamat saya di sebuah tempat perbelanjaan.
    Pertama dengar saya seperti tidak percaya, kemudian diumumkan lagi kepada bapak ……dengan alamat ….. mohon datang ke bagian informasi anaknya bernama thalita menunggu (terdengar suara thalita sedang menangis).
    Eh ternyata anak saya sedang menangis dibagian informasi, padahal jarak saya dengan tempat itu hanya sekitar 10 meter….

  29. hahaha…
    jarang memperhatikan sih Om..
    tapi yg jelas.. bener juga tuh kalo dibilang kadang2 agak lebay.. biar kayak penyiar radio
    (mantan penyiar radio nih Om.. )

  30. Ternyata banyak yang sepakat tidak suka😀
    Pernah juga om waktu di supermarket, promosi2 yang diperdengarkan di pengeras seperti bunyi nyamuk… .
    nguing nguing… gak kedengeran karena ada juga yang membacanya dengan cepat nada naik turun gak jelas… .

  31. Hhmmm…ya, kadang suara pengumuman begitu mengganggu banget..pernah saya dengerin Kalau suara perempuan agak2 lenjeh gitu, tapi ada jg suara laki-laki yg agak kemayu gitu, terlalu dibuat2 jadi malah bikin orang dahi orang berlipat hehehe…

    Salam hangat, Om..lama saya nggak mampir ke sini

  32. HUaaaaaaaaaaaaa….. kangen! *lebay
    gara-gara kesibukan dunia offline, ditambah internet lemot parah, acara BW jadi agak2 basi…😛

    Hi om, ini komennya:
    1. hihihiih… yang pertama aksennya kaya cinta laura gt ya… kebanyakan suara2 yang enak, yang mirip suara iklan, renyah tapi dalam *apa sih prim???
    2. kalo yang berita hilang, keseringannya denger yang ilang anak, jd mikir, ada gak ya yang kebalikannya, anak yang laporan, kalo dia hilang, hahaahha…
    3. ih kalo ini, prasangka baik aja om, mungkin yang dicari itu sudah uzur gak punya hape, pas belanja nyasar, katut ma rombongan keluarga lain, wkakakakaka…

    salam kangen

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s