EXPIRY DATE


.
Atau lengkapnya … Expiration Date … Tanggal Kadaluwarsa.  Dalam kamus bahasa Indonesia disebut Kedaluwarsa.  Ada yang bilang juga ini Shelf Life. 

Expiry Date adalah suatu batas tanggal … dimana makanan / minuman tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.  Dan sudah harus ditarik dari pasaran.

.

Apakah anda sering lihat tanggal kedaluwarsa ketika membeli produk ?

Terus terang kami selalu menyempatkan memeriksanya … walaupun untuk produk-produk fast moving yang laku … di supermarket besarpun … kami tetap selalu berusaha melihat tanggal kedaluwarsa di kemasannya.

Nah studi kasus nih …
Anggap saja sekarang adalah tanggal 1 Mei 2011.  Pura-puranya Anda sedang belanja di suatu Supermarket / Hypermarket besar.  Anda ingin membeli beberapa jenis produk … yaitu SUSU FORMULA – ICE CREAM – MIE INSTANT – CHICKEN NUGGET – BISKUIT KERING dan COKLAT

Dan (pura-puranya) ternyata semuanya tertera … Expiry Datenya adalah 12 Mei 2011 
(i.e kira-kira 10 hari lagi expired )

— 

Believe it or not …
Walaupun semuanya tertera tanggal 12 Mei 2011 … yang artinya masih ada 10 hari lagi sebelum expired … dan secara teknis ilmu pangan masih layak untuk dikonsumsi …  Tetapi ternyata … 
Konsumen secara tidak sadar mempunyai kecenderungan untuk berperilaku berbeda-beda satu sama lainnya. 

Ada TIGA jenis reaksi perilaku konsumen …

1. No … Case Closed.
Ada yang bersikap … : NO !!! … Tidak jadi beli … habis perkara …  !!!  Tanggal Kedaluarsanya sudah mefet.

– 

2. Think and Select
Ada juga yang berfikir-fikir dulu sebelum membeli semua produk tersebut … Kemungkinan tidak semua jenis Produk tersebut akan jadi dibeli oleh konsumen.  Jadi konsumen jenis ini akan melihat-lihat dan memilah-milah dulu jenis produknya … ada yang masih bisa dibeli … ada yang tidak bisa dibeli lagi … (meskipun sama-sama expiry datenya 12 May 2011)

3. Just Buy All
Ada juga yang tidak peduli dengan hal ini … as long as tanggalnya belum expired … yang penting belum kedaluwarsa … hajar saja … Tetap Beli !!!

— 

Naaahh sekarang …
Jika anda dihadapkan pada situasi diatas … Hari ini tanggal 1 Mei 2011.  Sedang belanja di Supermarket Besar. 
Dari keenam jenis makanan tersebut ?
(yaitu : SUSU FORMULA – BISKUIT KERING – ICE CREAM – MIE INSTANT – CHICKEN NUGGET dan COKLAT)(yang sama-sama expired tgl 12 Mei 2011 itu )

Manakah yang tetap anda beli … ? … Manakah yang tidak jadi anda beli ?
atau
Apakah Anda tetap membeli semuanya ..?  toh masih dalam batas sebelum Expiry date ?
atau 
Mungkin Anda malah tidak beli semua ? … soalnya udah mepet tanggalnya

Dan Mengapa anda mengambil langkah tersebut ?

Boleh sharing ?

56 thoughts on “EXPIRY DATE

  1. Sepertinya, tidak akan saya beli semua. Karena produk kering begitu, biasanya antara manufacturing date dan expire date nya lama..tahunan (susu formula hanya satu tahun). Jadi kalau sudah mefet seperti itu tidak akan saya beli. Sudah terlalu lama ngendon di rak toko.

    Dan ya..saya selalu memperhatikan expire date itu…dan Mnfg date juga (kalau ada). Jadi bisa dikira-kira, sudah berapa lama barang ini tersimpan.

    Kalau di toko langganan saya, selalu ada sale untuk barang yang beberapa bulan lagi expire…kalau begini, akan saya pertimbangkan untuk beli. Tapi kalau gaada sale..ya mending beli yang masih lama kadaluarsanya.

  2. Kecuali susu formula akan aku beli. Krn susu formula (tergantung kaleng dan ada tidaknya persediaan di rumah) untuk bayi/balita yang sensitif, lebih baik tidak beli.
    BISKUIT KERING masih bisa dimakan meskipun lewat tglnya
    ICE CREAM sebetulnya tidak ada tgl kadaluwarsa (aku tahu dari TV Jepang, tapi hari di freezer terus ya)
    MIE INSTANT – CHICKEN NUGGET dan COKLAT biasanya akan habis dalam waktu 12 hari. Pengalaman punya anak tukang makan pasti habis deh, apalagi coklat bisa dimakan saat itu juga.

    Chicken nugget jika di frozen juga masih bisa lewat tgl kadaluwarsanya.
    BTW di Jepang kadang ada dua tgl,
    1. Tanggal ENAK DIKONSUMSI = s/d tgl itu masih enak utk dikonsumsi, sesudah itu mungkin berubah rasanya
    2. Tanggal batas konsumsi = lewat tgl itu tidak disarankan utk dikonsumsi. Jika tetap dikonsumsi itu urusan masing-masing.

    Untuk bahan mentah spt ikan, produk susu dan tahu/tempe yg melalui fermentasi, aku TIDAK BERANI makan jika sudah lewat tglnya. Tapi utk produk lain, aku masih memakai nalar, apa bisa dikonsumsi atau tidak.

    Mungkin karena itu keluarga kami jarang sakit perut (krn terbiasa hidup jorok kali ya hehehe)

    Begitulah mas menurut saya loh🙂

    EM

  3. saya termasuk yang tipe 1. Beli yang tanggal expiry-nya lebih panjang. menghindari kemungkinan lupa sih, tau-tau udah abis aja expiry date-nya, kan rugi:mrgreen:

  4. Kita termasuk yg selalu ngecek exp date sebelum beli.

    Tentang pertanyaan om, tergantung sikon om. Biasa kita akan mengira2 dulu. Kira2 barang2 itu bakal bisa kita habiskan kan sebelum tgl kadaluawarsanya. Misalnya itu adalah sesuatu yg kita makan tiap hari atau yg sekali makan abis. Kalo emang kira2 bakal abis ya gpp dibeli. Tp kalo kira2 kita gak akan bisa ngabisin sebelum tgl kadaluwarsa, ya gak jd beli.

  5. kalo saya mungkin beli es krimnya aja Om, karena makanan jenis itu pasti langsung habis, maksimal 3 hari dah ludes di freezer😀
    kalo yang lain ga saya beli karena kemungkinan untuk dipake masih lama, minimal sebulan baru habis..

  6. Es krim + coklat aja yg tetap dibeli Om, coz pasti langsung di makan hari itu jg hihihihi… Kalo yg lain lebih suka nyari yg masa lama kadaluwarsanya🙂

  7. kayaknya, saya gak beli deh Om, itu makanan semua, masuk perut semua, kuatir kenapa-napa. Saya lebih memilih pindah toko saja. Hee…

  8. Kalau sy om, cari amannya aja, kalau sudah mau expired ya Case Closed. Yang namana kesehatan itu gak bisa ditawar-tawar. And no excuse, expired is expired… hehehe..

  9. Kalo saya ngga jadi beli semuanya…krna itu berarti produknya udah lamaaa bangett….mending beli yang baru aja dechh (yg tanggal kadaluarsanya masih lama) …kalo di supermarket itu ngga ada…yach cari di supermarket lain ehhehe…….

  10. es krim , nugget dan coklat , masih aku beli,Mas.
    karena barang2 ini pasti akan langsung habis atau paling gak sehari dua lah bertahan di rumah.
    jadi, gak keburu kekejar dgn tanggal kadaluwrasanya yg tinggal 10 hari lagi🙂
    untuk barang yg lainnya , mending gak usah diambil/dibeli, krn gak yakin, bisa langsung habis apa gak ?🙂
    salam

  11. kalo susu mending nyari yang lain aja yg lebih baru, kalo kue kering dan es krim gpp kan langsung di makan. lagi pula ada jenis makanan kemasan yang sebenarnya masih toleran sebulan setelah tgl kadaluwarsa..

  12. kalo saya ga jadi beli semua deh…cari ke toko lain atau cari barang penggantinya…

    *meski kata adekku, kalo tgl kadaluwarsa itu di Ind sebenarnya msh ada ambang batasnya sampai sebulan atau bahkan lebih, tergantung barang kering atau cair* (entah bener apa ga hehehe)

  13. kalau harus membeli, saya cuma akan beli es krim, karena itu ga samapai tgl 2 Mei juga bakal ludes, jadi ga perlu nunggu tgl 12 Mei,
    yang lainnya, susu formula kalau di rumah ga punya stok,beli kemasan paling keciiiiill, jadi tetap akan habis sebelum tglnya, begitulah pilihan dan kenapanya Om.

  14. Kalo coklat dan es krim beli ajaaa, karena lom sampe tgl kadaluwarsa juga dah abis😳

    Biskuit kering masih okelah, kan saya dan anak-anak jago ngemil😛

    Untuk susu, mie instan dan nugget hmmm…. cari yang masih panjang aja deh. Krn mie bisa berubah rasanya, susu takut ada bakterinya, nugget takut bahaya😛

    Gitu, Ooomm😀

  15. saya tipikal pertama, pak…

    lah wong yang masa exp.date nya sebulan aja.. kadang saia gak mau beli… he.. he…😀

    barangkali kl udah ngider2 cari barang tsb.. misalnya ice cream.. trus di tempat lain gak ada….kemudian pengin banget makan.. kayaknya bakal diembat jug tu ice cream yg exp datenya tinggal 10 hari…*soale khan bisa cepat habis.. 😀

  16. Aha…saya termasuk tipe 1 om…lihat expirenya yang masih lama agar tetap aman bila lupa dimakan.
    Maklum om, biasanya yang kontrol makanan anak2 di rumah pengasuh.

    Wah kalau saya lupa & pengasuhnya juga lupa, terus termakan oleh anak2 saya bisa repot…anak2 bisa2 sakit…duh…nggak mau ambil resiko…

    Ok, om sekian dulu sharingnya…selamat melihat2 tgl expire yach, hahaha 🙂

    Best regard,
    Bintang

  17. saya akan cari disupermarket lain saja om, yang expired datenya lebih lama.
    Pernah membeli coklat expired datenya masih 2 / 3 bulan saja sudah rusak

  18. ngga jadi beli semua OM, walaupun belum kadaluarsa kadang rasanya udah agak berubah apek gitu. kalo kayak yoghurt memang expire datenya mepet soalnya ngga tahan lama kan, tapi cepet ganti barangnya.

  19. Selain liat ED, liat MD juga dan kemasan. Warna kemasan berubah berarti udah lama terpapar sinar matahari, kemungkinan makanan udah rusak meski ED masih lama. Kaleng penyok juga merusak isinya, krn udah teroksidasi.

  20. Kalau saya lebih memilih tidak membeli semuanya Om. Hal ini berdasarkan cerita salah satu ponakan yang pernah bekerja di minimarket bahwa di tempat ia bekerja produk makanan terlebih minuman yang ED nya kurang satu hingga dua bulan, biasanya sudah direturn ke pihak distributor. Benar bahwa masih ada tenggang waktu cukup lama ( menurut pemikiran kita yang awam ) namun sebenarnya ( kalau dilihat dari kebijakan manajemen tempat ponakan saya bekerja ) produk tersebut sudah kurang bagus untuk dikonsumsi.

    Pernah satu kali saya tertarik dengan promosi produk minuman di supermarket G***T, harganya fantastis murah, saya cek ED nya masih kurang satu bulan. Pas sampai rumah,barulah tahu mengapa pihak manajemen berani menjual dengan harga murah, ya karena itu tadi sebenarnya produk ini sudah kurang layak untuk dikonsumsi.

    Jadi, jangan ambil resiko. Lebih baik berpindah ke supermarket lain, toh sekarang bertebaran minimarket sampai ke pelosok.

    Maaf Om, jarang datang dan berkomentar, sekalinya komentar langsung panjang kali lebar.

    Salam untuk sahabat semua, mohon maaf apabila sampai saat ini saya belum bisa mengoptimalkan blogwalking.

    1. Abi …
      Sama sekali tidak apa-apa Abi berkomentar panjang …
      justru disinilah seninya … bagi saya komentar dari Sahabat adalah bagian dari postingan itu sendiri …
      Dari sini Para pembaca yang lain bisa mendapatkan khasanah pengetahuan baru …
      atau paling tidak … sangat patut untuk difikirkan

      Terima kasih Abi …

  21. kalau saya gak mau beli semuanya, selain udah mepet ED-nya, saya juga bingung karena lagi gak punya uang…:mrgreen:

  22. kalau saya pilih tidak jadi beli semuanya..dah mepet.. Di minimarket ato toko kecil biasanya saya lebih waspada dlm meneliti tgl kadaluarsa..beda kalo di supermarket agak besar dan laris..barang2 tertentu yg benar2 diteliti kadaluarsanya..

  23. waduh tamparan buatku nih.aku termasuk yg kadang suka lupa cek expired dateny;(

    cuma kalo menurutku yg paling mungkin tetap dibeli adalah coklat dan ice cream.ga butuh waktu berhari2 untuk menghabiskan:p

    kalo yg lainnya ga mau ambil resiko.apalagi susu formula.big no no kalo itu.apalagi kalo sufor buat si kecil.haram hukumny:D
    Mending cari ke supermarket lainnya:p

  24. kayanya yang bakal aku beli cuma coklat,chicken nugget,ice cream..
    karena bakal habis dikonsumsi sblum tgl kadaluarsanya om..kalo susu formula pasti lama tuh habisnya..jd bakal kebuang deh..🙂

  25. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

  26. Tergantung produknya fast atau slow moving (masuk perutnya). Kalau fast moving (sekali emplok) sih gapapa dibeli. Tapi kalau bakal lama habisnya ya tentu diurungkan belinya.

    Oh iya, tingkat urgensi jg mempengaruhi. Kalau hrs beli ya dibeli.

    Salam hangat

  27. Tergantung yang penting sekali Om.
    Kalau memang harus beli, ya saya akan ambil mie instant. Dengan alasan, mie itu kan akan direbus juga, jadi kemungkinan keracunan kecil (mudah2an…).
    Tapi kalau ada banyak toko lain, pasti pindah toko dulu… cari yg terjauh exp datenya.

  28. Saya beli Mie Instant aja Om,
    khusus untuk saya aja.
    sementara anak-anak biar saya belikan yang lebih fresh, tapi tunggu …
    itu juga kalau harganya didiskon.
    mestinya kan emang didiskon biar ada yang beli, ketimbang rugi?
    ya kan? .. ya kan? hehehe

  29. Saya akan memilih biskuit kering saja karena relatif aman tapi langsung dikonsumsi..kalau yang lain saya gak berani nyoba2.Takut jadi korban sakit perut euy..hehe

  30. tidak mau beresiko dengan membeli barang yg mepet tgl kadaluwarsanya…masih banyak janda-janda kaya lain yang bisa dipilih dan dibeli…atau bisa dicoba tapi khusus untuk diberikan sebagai kado untuk orang yang tidak kita sukai sebagai kelinci percobaan..gitu….
    ….^__^….senangnya bisa lepas..

  31. Saya milih nggak beli semua Om… mending cari yg ED-nya masih lama… lebih aman apalagi kalau harus disimpan di kulkas,, kadang bisa lupa sampai beberapa waktu…
    begitu bersih2 kulkas baru ngeh kalau bahan makanan tertentu udah deket ED-nya… 🙂

  32. hmm lama gak kemari *tengok kanan kiri*😀 (semoga om NH masih inget saya, merapal doa)
    kalo saya liat produknya dulu om, kondisi secara fisiknya gimana *kalo kelihatan* , lagian biasanya kalo expired yg beneran biasanya masih eatable , kalo cuma roti tawar mah gak sampe 10 hari juga udah abis diperut :)) *itu mah dasar rakus*

  33. dari kesemuanya, jika memang terpaksa, sosok itu lebih memilih chicken nugget saja karena makanan basah (apalagi dimasukkan ke dalam pendingin) cenderung memiliki expire date yang pendek (sama halnya dengan roti). jadi, waktu dua minggu kurang masih dianggap wajar. sangat berbeda dengan yang lain adalah merupakan produk makanan kering. kalau susu formula cukup riskan karena konsumsinya biasanya anak2 yang belum kuat zat imunnya. begitu juga dengan es krim. begitu, om … ^_^

  34. SUSU FORMULA – BISKUIT KERING – ICE CREAM – COKLAT———> ga jadi beli, soalnya waktunya dah mepet. biasanya untuk mengonsumsi barang2 tersebut agak lama waktunya
    chicken nugget—–> boleh lah dibeli🙂
    MIE INSTANT—–> ga beli bukan alasan expiry date, tp lg menghindari konsumsi mie instan jadi sebisa mungkin ga beli/ga stok

  35. kalo aku beli aja biskuit kering,coklat dan mie instan.
    nah yang ga di beli susu,nugget dan es krim..

    Kenapa..?
    Karena aku tau dan pernah kerja di suatu produk sebenarnya,tanggal ED yang di cantumkan adalah tanggal batas waktu di jual di supermarket,kalo ga salah masih ada 1 apa 3 bulan tergantung produknya Om dari tanggal tsb.Dan masih layak di konsumsi..
    Hiks..soalnya dulu aku paling sering makan dan icip2 produk yang mendekati ED,alhamdulullah gpp,sekarang masih hidup..qeqeqeq..

  36. Nah kalo susu.es krim dan nugget..
    biasanya kalo susu agak riskan di konsumsi,masih takut,sebenarnya sama sih tanggal ED masih ada jarak 1 bulan lah tandanya masih layak di konsumsi..
    Tapi ga mau ambil resiko,apalagi makanan yang di taro di frozen gitu,takut ahh..

  37. Aku pribadi tidak akan memilih atau membeli kesemuanya. Kalau ada produk yang tanggal kadaluwarsanya lebih panjang, kenapa mesti memilih yang tinggal 10 hari lagi. Kepepet? Butuh sangat? Kan masih ada tempat lain. Soal kemanan aja sih…

  38. Nah ini dia nih Om…
    Aku tuh kalo belanja suka grasa grus dan suka main jeblos jeblosin ajah…
    dan tugas abah lah yang meriksa meriksain kayak gituan nya…hihihi…
    jadi aku mah biasanya..terserah abah ajaaaa…hihihi…
    *emak emak gak bertanggung jawab!!!*

    1. hahahah! kontradiksi nih sama namanya : Bibi Titi TELITI! hihihi..😆

      tp sama Bi, aku juga ga pernah merhatiin, hihihi..

      kalo harus berandai2, aku beli coklat dan ice cream, karena YAKIN akan habis dalam waktu beberapa hari saja..

  39. Saya hanya akan membeli coklat. Mengapa, karena sewaktu di Denhaag saya bersama teman2 wanita semua mborong coklat kadaluwarsa. Gak tanggung2 bos, belinya kiloan dan bungkusnya masih bagus.
    Referensi kami waktu itu hanya si pedagangnya, ketika saya tanya ” gak apa2 nich?”. Penjual menjawab : ” Belum ada manusia yang meninggal dunia karena coklat kedaluwarsa “.
    Alhamdulillah saya sekeluarga dan yang saya oleh-olehi masih seger semuanya.

    Kalau susu formula ya beli yang masih gress ach.

    Salam susu formula dari Surabaya

  40. saya hanya beli ice cream.. yg lainnya engga. saya cari produk serupa yang taggalnya masih lebih dari sepuluh hari.. dasar saya anak kosan, saya beli aja semuanya.. klo ngga gitu kelaparan saya.. wohohoho..

    apa kabar, pak nh?
    salam hangat dari surabaya..😀

  41. ane kagak pernah perhatiin expire pada setiap makanan yang ane beli,heheh
    soal’a ane biasa’a beli bakso,somay,gado-gado dll
    malas makan2an yang kemasan karena banyak bahan kimia yang merusak kinerja sel tubuh

  42. yang gk saya beli susu formula, Om. Yg lain masih bisa sy beli, soalnya itu ice cream, coklat, mie instant, nuget, cepet habisnya kalo buat sy. Hehe…

    Sy kalo beli2 ndilalahnya selalu lihat tanggal kedaluwarsanya, Om. Nah, kalo beli roti tawar terutama, biasanya kedaluwarsanya mepet dan di toko cara nata rotinya yang udah hampir kedaluwarsa ditaruh depan dan yang kedaluwarsanya lebih panjang ditaruh di lebih belakang. Sy seringnya ambil yang di belakang bawah, lebih panjang waktu sampai kedaluwarsanya, hehe…

    Salam, Om. Maaf lama ndak bw, inet error Om, HP gk bs inet kec fb & email.

  43. kayanya kalo yang agak2 basah gt om, malah serem… apalagi yang bisa disimpen/di konsumsi lama, medingan gak jadi beli…

    jadi kalo aku, aku beli biskuit dan coklat, es krim (asal langsung habis)
    Batal beli: susu, mie, apalagi nugget. serem kalo ntar kelamaan disimpen…😦

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s