Posted in MASA KULIAH, TRAINER ABG

STUDIO ALAM


 

Cerita mahasiswa. 1982 – 1987.   Sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian di IPB Bogor … kami semua mempunyai mata kuliah wajib yang harus kami ikuti … yaitu Dasar-Dasar Agronomi.  Salah satu mekanisme pembelajarannya adalah dengan melakukan praktikum di kebun percobaan.  Sebuah ladang yang luas di daerah Darmaga … Kami praktikum menanam Jagung, Kedelai dan Kacang Tanah.

 

Praktikum dilakukan kalau tidak salah setiap hari Kamis Pagi …

Dulu kampus kami masih di Baranang Siang, yang di dekat Tugu kujang itu.  Sekarang mungkin telah berubah wujud menjadi Mall Botani Square.  Kita semua pagiiii sekali jam 06.00 sudah berkumpul di kampus.  Nyewa angkot bersama-sama untuk menuju Darmaga … (lumayan jauh pren …).  Maka pagi itu pun … kebun percobaan darmaga yang luas itu … seketika berubah menjadi ramai .. dipenuhi oleh celoteh “petani dadakan muda usia …”.

 

Minggu pertama pakaian kami masih biasa saja.  Bahkan ada yang salah kostum … memakai kemeja lengan panjang dan celana pantalon …(mau ngelamar kerjaan pak ?)… (hahaha).

 

Minggu-minggu selanjutnya … setelah tau situasi medannya.   Dasar anak muda … kami mulai melengkapi diri dengan kostum yang agak heboh sikit …  Mulailah kita memakai Kaos berbagai macam ragam … dari yang lengan panjang sampai yang tak berlengan …  memakai Caping … Topi lebar petani … Topi anyaman pandan … sarung tangan … handuk … pake Payung dsb …  Wardrobe Pakaian sudah disesuaikan dengan situasi medan …  Bahkan ada yang memakai kacamata hitam dan sepatu Boot selutut … macam mandor kebun lagi kebanjiran … wis tah … pokoke heboh …  Koyo yak yak o … norak sangat …

 

Waktu berjalan terus …

Bulan berikutnya … dimana pekerjaan lapangan sudah tidak begitu menguras tenaga lagi … hanya tinggal menyiangi, memupuk dan mengukur lebar – panjang daun dsb.  Aku mulai iseng membawa Kamera lengkap dengan lensa Telenya  (maklum hobby …).  Biasaaaa … moto-moto teman-teminku  especially The “Beningers” with their farmer’s alike wardrobe … dibawah sinar matahari pagi yang optimal … tanpa make up … ssoooo natural my pren … It’s just … Too cute to be missed …

 

Haiyah … Tambah Heboh pose sana – sini … pegang daun … pegang cangkul … pura-pura menyiangi … pura-pura menyeka peluh … pura-pura minum … nyengir senyum ciiss sambil pegang caping … kipas-kipas di pematang … pura-pura mencatat lembar observasi … dan sebagainya … Sumpah … permintaan mengalir dari sana-sini … (Kadang aku sendiri sampe lupa untuk menangani petak kebun percobaanku sendiri …)(Saking sibuknya memfoto …)

 

Sampai akhirnya waktu panen telah tiba … lebih heboh lagi … mereka dengan bangganya berpose-pose centil dengan hasil panenan masing-masing … Pose memetik Tongkol Jagung yang besar-besar, mengangkat seikat Kacang Tanah yang masih baru di cabut … action menimbang hasil panen … dan sebagainya …

 

Pokoknya mirip Petani Orde baru yang ber ha ha hi hi … memamerken daripada hasil panenannya kepada Petinggi daripada negeri yang berkenan berkunjung daripada ke desanya, yang mereka banggaken  

 

So begitulah sodara-sodara …

Kebun daripada Percobaan Agronomi di Darmaga … our “STUDIO (FOTO) ALAM” …

(dan hal ini terulang lagi untuk mata kuliah Tanaman Tahunan … di lokasi kebun percobaan yang lain lagi). 

(dengan aksi yang lebih heboh lagi …). 

(banyakan foto-fotonya daripada … kerja praktikumnya …)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

39 thoughts on “STUDIO ALAM

  1. keasikan motoin orang nanti jangan2 om NH sendiri ga ada fotonya. Soalnya saya sering gitu, paling semangat mau foto2, bawa kamera, eh malah saya jd tukang foto. Padahal kan hasrat diri ingin jd modelnya hehehe… 😆

    kok foto2nya ga dipasang di sini om? kan sekalian pengen liat om bergaya jd petani nih.

  2. memang sering kejadian begitu
    mau praktik…..tak taunya lbh asik foto2
    jadi pengen nih lihat fotonya mas NH
    pas masih ngganteng semasa mahasiswa dulu
    skrng abang jg keren kok
    *iri.com*

  3. Om….naro foto dimana sih om…upload juga donk…Penasaran nih pengen tahu hasiljepretannya Om…🙂

    Om tuh ya..idenya gila beneeeeeeeeeeerrr. Saya ketawa-ketawa sendiri om…baca kisahnya…Serasa ngingetin jaman dulu waktu mukim PKL di Ujung Kulon Jawabarat Om. 2 minggu hidup di alam bebas, ngikutin praktet biologi dari Sekolahan, Nama Group ku dulu AMOEBA om. Prakteknya ya…gitu…dari mulai ngumpulin binatang laut sampai bikin catatan khusus mengenai perubahan suhu air laut….belum lagi bikin koleksi binatang yang di formalinkan di toples…Aku sih…banyak tidurannya di Tenda ketimbang ikut praktek. Terlalu simple prakteknya (halah Belagu) belum panas nya itu wiiiiiiih kulit putih berseri jadi berubah coklat gosong kena sengatan matahari. (halah koq curhat gini)..

    Om Check e-mail ya…. Thanks Om!

  4. Kalau si Om tuh..
    benernya emang niat buat cari perhatian si Beningers aja… Cuman biar nggak ketauan, si Om berkedok sebagai juru photo aja…

    @Chichi:
    photo2nya tuh udah disebarin ke dukun2 terdekat Chi.. Buat nge-dukunin yang bening-bening itu.. wikikikik…

    Maaf Om…
    Lala tetep keponakan Om yang tersayang, kan? *merajuk manja*

  5. Eh iya..

    Biarpun Lala kuliahnya di Fakultas Pertanian juga, tapi nggak ada acara nanem-nanem begituan Om..
    Masuk Lab terus, dari pagi sampe malem..
    Makanya susah banget dapet jodoh pas kuliah dulu.
    Bau bahan kimia sih! hihihi…

  6. @Lala
    Emangnya si om suka ke dukun ya La?? hehehe….

    gawat tuh om…kok ketauan Lala?? Gak ati2 sih….bunda tau gak nih sejarah perdukunannya…hihihihi…

    (yg dimarahin Lala aja ya om….diriku kan hanya makmum saja….😆 )

  7. Huahahahaha….8x hadooh… komentarnya Pak Oem bikin gw ketawa ngakak….

    Serius loh, Soeharto itu keren, mana ada presiden di muka bumi ini yang bisa kumpul sama petani kek di acara kelompencapir.

    Sama kaya Lala, kalu gw, meskipun IPB ga pernah ke sawah/kebun, di lab terus. Lab komputer… Hihihi..8x

    Photonya aplot di Flickr dong Om!

  8. wessss…ommm…seru sangat acara di sawahnya om…hihi

    busyet dah jaman segitu dah punya lensa tele..
    bagi2 dunk om ilmu potograpinya…

    *yg lg semangat sangat belajar potograpi*

  9. Hahaha … ini kocak banget …
    kocak banget …

    Salam saya
    NH18
    (ya … saya om nh18 itu …)

    >>>>>>Hahaha…., senang atiku Om!.., dapat penjelasan langsung dari sumbernya.😀 Sebenarnya Daffa penasaran, tulisan Tante Imelda, abis… tulisannya nggak memberikan informasi yang lengkap ( tentang personal yang ikut dalam ceritanya ) bagi semua pembaca. Eiiit… Om NH 18!!!…, jangan bilang-bilang Tante Imel ya Om… ( Nte Imel jangan baca yang ini yaaaa…) hihihi..

  10. loh kok namaku disebut-sebut di sini sama Saddam? cerita apa sih?
    Saddam…NH18 itu dipanggil OM sama jeunglala, yessy dan cewe-cewe yang masih muda di sini.
    Kamu musti panggil tante lala, tante yessy kepada mereka….
    So, kamu musti panggil NH 18 dengan apa coba??? Kalo Saddam pinter pasti tahu jawabannya deh …

    (jawabannya bisik ke Kai dan Riku aja deh… nanti ada yang marah…. heehhehe)

    EM

  11. Mas Trainer jadi mengingatkan akan acara TVRI jaman dulu.. 😛 lucu. Pasti mengasyikkan praktek langsung seperti itu. Waktu mas Trainer memphoto teman-temin sempat punya photo diri tidak ya? Kalau ada pasti lucu.. 😛 thanks

  12. hahaha….
    lucu, mata kuliahnya ganti aja pak jangan dasar-dasar agronomi jadi dasar-dasar fose agronomi..
    cuma nggak ada fotonya..
    kalo ada fotonya pasti lebih ngakak.com lagi

  13. Karena yang dari asrama ada 3 orang, dulu teman-teman senang…karena kami bikin asinan, juga buat pincuk dan suru dari daun pisang…jadi makan asinannya pakai pincuk dan sendoknya suru…wah memang seru.

    Begitu mesti penelitian untuk bikin thesis dan sendirian…sedih deh…

    Saya kebayang gaya om trainer pakai caping lebar …hihihi

  14. weleh2…aku juga ikut mata kuliah ini om, sampe dibela2in punya baju khusus buat ke sawah.

    waktu itu aku panen kedelai om, jadi se-kost-an pesta kedelai rebus deh.

    foto2nya mana om, di-upload dunks…..

  15. mestinya ada foto fotonya pak enha…jadi tambah seruuu.
    kalo soal pamer hasil panenan dan me jeng….sekarang juga masih ada pak,,,yang salah wartawannya kali ya…kok ya dimuat terus foto narsis begitu..he..he…

  16. YA AMPUUUNN PAKDE…ANAK IPB JUGA TOH????
    HAHAHAAHA..iya iya..jd inget DASGRON ituuu..ternyata tiap angkatan sama yaa pakde..hihihi..
    aku angkatan 33, klo pakde?
    ya ampuunn…skrinsyut dong pakde..aku aja masih punya foto2 pake baju lapang n topi caping, abis panen kangkung n kacang kedele..huehehehe….

  17. YA AMPUUUNNNN PAKDE anak IPB juga toh??hahahaha..iya iya jd inget si DASGRON tea…seru ya pakde..ternyata tiap angkatan sama aja..
    skrinsyut dong pakde…hehe..aku aja punya deh foto wkt pake “baju lapang”, topi caping, n bawa kangkung ama kacang kedele hasil panenan..heheehehe…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s