Posted in HEADLINE NEWS

QUESTION


.

Saya sering kali bertanya dalam hati …

Ada lambang-lambang tertentu … gambar-gambar tertentu … yang berasosiasi pada suatu hal tertentu pula …

Dan sampai sekarang saya tidak tau mengapa kok Gambar tersebut yang dijadikan lambang … Apa latar belakangnya … ? Bagaimana sejarahnya ?

So … Singkat saja … Ada TIGA Lambang yang akan saya tanyakan …

1.  ULAR DAN GELAS ANGGUR …
Mengapa gambar ini selalu dijadikan lambang Apotik atau Toko Obat ??? Apa Latar Belakangnya ? Bagaimana Sejarahnya ?

2. BURUNG HANTU
Mengapa burung hantu selalu di identikkan dengan Ilmu pengetahuan ??? Apa Burung Hantu itu Pintar ???  Ada yang tau latar belakangnya ?

3. PITA MERAH
Mengapa lambang pita merah yang dijalin sedemikian rupa itu merupakan Lambang perlawanan / Peduli terhadap AIDS ? … Adakah Latar belakangnya ??

Sudah itu saja …

Saya penasaran kepingin tau …

Salam saya

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

34 thoughts on “QUESTION

  1. yang nomor 1 dan 3 sering lihat.. yang nomor 2 kira2 dimana ya?
    kalau ular kyknya jadi lambang Ikatan dokter juga kalau tidak salah.. terus kalau warna merah sering dipakai juga untuk lembaga2 sosial seperti Mer-C dll ..

    hihihi..bearti saya sama penasarannnya..

  2. Duh om pertanyaannya syuseh sekali… bentar aku cari dulu ya jawabannya, sepertinya aku pernah baca kenapa ular dan gelas anggur dijadikan lambang ukt dunia kedokteran. Kalo yang burung hantu dan pita merah nyerah deh om, hehehe

    1. sorry bukan nomor 2 tapi nomor 1 lambang ular dan wine. (wine sendiri variatif, ada yang pakai ada yang tidak, dan kalau dipikir memang wine bisa berguna untuk kesehatan, dan juga bisa memabukkan)

      EM

      1. Untuk burung hantu sebetulnya bukan pintarnya yang ditonjolkan, tapi bijaksananya. Dalam pemikiran modern dikatakan Owl = wisdom.
        Sekali lagi ini pemikiran ini berasal dari Yunani Kuno, yaitu pengikut dewi Athena bernama Minerva yang terkenal pandai sering digambarkan sebagai burung hantu. Padahal konon kepintaran burung hantu kalah dari burung Gagak. (cerita lengkap kurang jelas karena ada beberapa versi, sumber : wikipedia bahasa Jepang)

        Semoga bisa menjadi sedikit jawaban dari pertanyaan mas.

        EM

        (untuk pita merah sepertinya sejarahnya masih dangkal —AIDS kan juga penyakit baru — jadi mungkin yang lain lebih tahu)

  3. Saya jawab ya Om : tidak tahu tiga-tiganya …😀
    *hah, ini mah bukan jawaban*

    Oh ya, kalau nggak salah Ganesha (Pradnya Paramita?) juga dipakai sebagai lambang ilmu pengetahuan …

    1. Ganesha bukan Pradnya Paramitha,bu…jauh bedanya tuh…..Ganesha adalah Dewa Gajah yang memang menjadi simbol pengetahuan dimana belalainya selalu meminum air pengetahuan dari mangkok di tangan kirinya, sedangkan Pradnya Paramitha adalah Simbol Dewi Kecantikan dalam mitologi Hindu….Kalau tidak salah salah satu yang dipercaya sebagai penjelmaan dewi ini adalah Ken Dedes……..

  4. Ugh, what a question, Om.. heuheu😀

    Sepakat dengan Mba Ikkyu san. Pernah baca bahwa ular dan wine (walopun cuma gelasnya aja) bisa menyembuhkan sekaligus membahayakan, dijadikan simbol di banyak apotek (mungkin) sebagai reminder buat mereka untuk memberikan obat yg sesuai takaran.
    Burung hantu konon berusia panjang Om, (mungkin lagi) jadi simbol yang lebih lama hidup akan lebih tahu banyak hal a.k.a berpengetahuan luas.
    Pita merah? Hmm… kalo pita pink mungkin jadi terlalu girlie Om hihihihi…. *jawaban ngaco*

  5. salam om,,
    untuk pita merah awalnya bentuk kepedulian beberapa seniman peduli aids yg tergabung dalam visual aids ingin lakukan sesuatu untuk solidaritas bagi penderita aids yg terinspirasi dari tentara AS yg memberi dukungan rekan2nya yg tewas dalam perang teluk dengan pita kuning.
    dipilih warna merah karena seperti warna darah tempat penyakit aids bersarang.
    dipilih pita karena mudah dibuat dan sederhana.
    sumber http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/214/tentang-pita-merah-hivaids

  6. kalo lambang farmasi itu, asalnya dari patung yang menggambarkan dewi Yunani-Hygieia-sedang memegang mangkuk dengan ular jinak yang mengitarinya dan seolah minum dari mangkuk tersebut. Hygeia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi yang merupakan seorang anak dari Asclepius (Dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi yunani)

  7. Berdasarkan intuisi saya, ada 2 versi berkaitan dengan pertanyaan Om NH
    Versi I
    Itu cuman terbalik-balik ajah Om…
    Ini aslinya:
    #Lambang Ilmu Pengetahuan itu Ular & Gelas, karena kecerdikannyalah ular bisa mencapai gelas
    #Lambang Aids itu Burung Hantu karena menyeramkan
    #Lambang Apotik itu pita merah alias perban terkena betadin

    Versi II
    Knapa Lambang Apotik = Ular dan Gelas
    Karena kalau Gajah dan Gelas akan aneh dan terlalu nggak imbang

    Knapa Lambang Pengetahuan = Burung hantu?
    Karena kalau hantu betulan susah difoto dan pasti diragukan Roy Suryo

    Knapa lambang aids = pita merah
    Karena kalau pita pink nanti malah kayak kado

    Semoga jawaban saya ini menutup polemik.
    Atau jangan2 malah menimbulkan polemik baru?

  8. Burung hantu dikampung halamanku namanya “Manguni”, terkait mitos dan lain-lain …
    Pertanyaan buat Om NH … lambang gebukan kasur di logo kampusnya dulu apa maknanya?

  9. Kayanya sudah terjawab semua ya om… hihihiihhii…

    Kalo burung hantu, karena saya pikir emang dia kalo siang belajar terus kali ya… *padahal tidur!

    Kalo yang aids saya pikir seperti menggambarkan bahwa ada pita merah (benang merah), antara kita dengan pengidap hiv, yaitu darah yang sama… *ngarang

  10. ehm…
    tapi kenapa yaaa…
    untuk point 1 dan 2…aku cenderung jadi ingat sama dunia sihir…alias Harry Potter…hihihi….

    Mungkin karena Ular itu lambang menara nya Slytherin…
    dan burung hantu itu piaraan nya para wizard keren ituh sebagai gantinya merpati pos …

    Maap kalo gak nyambung ya Om🙂

  11. Ikutan jawab walaupun cuma asal nebak. Ular dan anggur sama-sama jadi racun dan bisa berbahaya. Begitu pun obat yang dijual di apotik sebenarnya adalah racun. hehe, Maaf ya, jawabannya gak akurat.

  12. begini nih kalau kurang wawasan,
    gak ada yg tau satupun jawabannya😦
    untung diatas sudah ada bbrp jawaban dr teman2 yg lain,
    jadi sekarang tau juga🙂
    terimakasih Mas Enha 🙂
    salam

  13. Ini pendapat saya om, maaf belum terbukti mungkin kebenarannya.

    Kenapa burung hantu itu dilambangkan pengetahuan karena coba lihat dan bandingkan di antara burung2 yang ada mana mata yang paling gede, pastinya ya burung hantu. Mata yang besar menandakan pandangan yang luas, tidak sempit dalam melihat sesuatu. Karena luas pandangan inilah yang menjadikan kita bijaksana dan banyak ilmu.

    Kenapa ular dan gelas dijadikan sebagai lambang representatif kesehatan, ini harus lihat dari sejarah yunani, seperti kata mbak ikyuu san. Menurut sejarah yunani, Gelas itu gelas Hegia. Hegia adalah anak dari dewa Aeculapius dan juga Dewi Kesehatan atau Kesembuhan. Mungkin gelas ini menyimpan air kehidupan atau obat yang menyembuhkan yang diberikan Dewi Hegia. Tapi tentang ular saya belum paham, kenapa ular ini meminum dari gelas Hegia.

    Tentang pita merah saya kurang tahu om..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s