Posted in ARTIKEL, NGEBLOG

BLOGGER CINTA INDONESIA


17 Agustus 2014

Ini cerita tentang menulis buku. 

Saya yakin banyak dari teman-teman blogger berkeinginan untuk menerbitkan buku.  Beberapa bahkan ada yang sudah berhasil menerbitkan buku karya tulisannya.  Jujur saja, awalnya menulis buku itu sama sekali diluar angan impian saya.  Namun karena aktifitas “ngeblog” lah akhirnya saya bisa juga menerbitkan buku, bersama teman-teman blogger lainnya.  

Ini biasa disebut Buku Antologi, buku yang berisi kumpulan tulisan dari beberapa orang.

Alhamdulillah (tidak terasa) sudah ada TIGA buah buku yang memuat tulisan saya di dalamnya.

Yang pertama adalah …

BLOGCAMP : THE BLOG OF LEADERSHIP

BlogCamp The Blog of Leadership_web

Terbit Mei 2013.  Penerbit Leutikaprio, Yogyakarta.
Ini adalah kumpulan tulisan dari 48 blogger, yang berisi kesan-kesan mereka terhadap sosok Pak De Cholik.  Buku ini memang sengaja diterbitkan dalam rangka memperingati tiga tahun berdirinya BlogCamp.  Blog yang dikelola oleh Pak De Cholik.  Bagi saya pribadi buku ini terasa istimewa.  Buka saja karena buku ini merupakan buku pertama saya, namun juga karena tulisan saya dijadikan sebagai judul buku oleh Pak De.

.

Yang kedua adalah :

11 WARNA PELANGI CINTA

Buku 2

Terbit Maret 2014.  Penerbit Sixmidad, Bogor
Buku ini adalah kumpulan tulisan 11 orang Blogger, yang dipilih sebagai pemenang dalam hajatan Kontes Unggulan Proyek Monumental 2014 di BlogCamp.  Sedikit ceritanya sudah saya tuliskan
disini.  Saya menulis bersama  Elis ShofiyatinMuna Sungkar, Tanti Neng Amelia,  Darto Iwan SetiawanIndah Nuria Savitri, Edi Padmono, Fenny Ferawati,  Siti AisahSri Sugiarti,  dan Mechta Deera. Buku ini kurang lebih berisi tulisan mengenai pengertian dan pengejawantahan cinta yang monumental menurut sudut pandang kami masing-masing.

.

Yang ketiga adalah :

BLOGGER CINTA INDONESIA

7071_10204446858596213_6486548895346542606_n

Terbit Agustus 2014, Penerbit Sixmidad, Bogor
Buku ini berisi kumpulan tulisan dari sebelas orang Blogger.  Pada hakikatnya buku ini adalah kumpulan tulisan-tulisan dari beberapa orang blogger yang berhasil memenangkan sebuah kontes yang bertajuk “Aku dan Indonesia”.  Kontes tersebut (kembali) digagas oleh BlogCamp.  Di buku tersebut para blogger mencoba menulis pengalaman, ide dan pemikiran, sesuai dengan latar belakang dan minat kami masing-masing. Tentang seni, sejarah, ekonomi kreatif, wira usaha, budaya, pariwisata, bahasa, kesehatan, diplomasi luar negeri, penanggulangan bencana, pendidikan usia sekolah dasar bahkan pendidikan luar biasa untuk siswa berkebutuhan khusus.  Para blogger tersebut melakukan semua ini secara NYATA, sesuai dengan kemampuannya masing-masing !” Bukan angan. Bukan wacana.  Saya menulis bersama : Hastira Soekardi, Indah Nuria Savitri, Grace Melia, Liswanti Pertiwi, Fauzul Andim, Sukadi, Irowati, Muna Sungkar, Harie Khairiah dan Chela Ribut Firmawati

Jadi demikianlah,

Sekali lagi, menerbitkan buku pada awalnya memang bukan merupakan passion atau impian saya.  Namun saya harus jujur mengatakan bahwa : “Memang sungguh berbeda rasanya … jika kita memegang dan membaca sebuah buku yang di dalamnya ada nama kita, tertera sebagai penulis”  Sungguh berbeda rasanya !

Tidak percaya ?
Coba saja !!!

(dan catat … ini baru Buku Antologi, di Penerbit Indie)
(bagaimana kalau Buku karangan sendiri, di Penerbit Mayor pula … aaahhh bisa terbang mungkin !!!)

DIRGAHAYU INDONESIA … MERDEKA !!!

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 thoughts on “BLOGGER CINTA INDONESIA

  1. Selamat ya Om untuk buku ketiga-nya..
    Pas sekali nih antara tema buku ketiga itu dengan peringatan kemerdekaan negera kita hari ini..

    Salut yang luar biasa buat semangat Pakde Cholik dalam menulis dan terutama dalam “mengompori” kita untuk menerbitkan buku.. Energi positif yang beliau tularkan, patut diteladani.

  2. Selamat ya Dhimas untuk buku barunya.
    ikut merasakan guyubnya ngeblog, setiap kita ‘ditulari’ menulis buku oleh Pakdhe Cholik.
    Tak lama lagi menikmati buku karangan NH18 sendiri, di Penerbit Mayor pula.
    Salam

  3. Om NhHer, saya benar-benar tersanjung bisa bergabung di dua buku antologi bersama om Trainer kita yang kondang ini. Truly an incredible experience! Makasih buat Pakde dan kompor mbledugnya yang anti padam :)…semoga upaya kita apapun bentunya, bisa bermanfaat untuk merah putih tercinta, cheeeers et Merdekaaaa…

  4. Yippi Om NHHer sudah punya buku antologi, hebat-hebat…salut deh. semua ini berkat Pakdhe Cholik sbg kompor gasnya yang meleduk2…sayapun meski jarang menang di kontes BlogCamp, tapi akhirnya saya juga bisa nulis bareng Pakdhe hihihi…jadi pengen bikin review buku antologi ketiga saya yang berjudul “Buka-bukaan Ala Blogger Kondang (an)”…ngikut aja hehehe

  5. Menginspirasi, Om…saya sudha pernah menyiapkan dan matang sekali persiapan eh, kemalingan laptop digondol pula setelah itu kegiatan dan keadaan menjadi calon ibu membuat malas dan rasanya tidak siap memulai dari awal. Sukses terus Om….

    Saya cuma sekali sih, pernah bikin buku bareng-bareng teman blogdetik dulu banget…xixixixi
    Saya malu kalau tulisan saya itu dibaca soalnya kan dari kisah nyata😀

  6. wah seruuu….

    pengeeenn ikutaann >___< *kok saya ketinggalan info menulisnya ya,, hiks…

    semoga kalau ada event nulis buku bareng lagi bisa ikutan ^^ hehe…

  7. Buku-buku yang patut untuk dijadikan koleksi dan bacaan. Semoga buku inipun juga dapat memberi motivasi bagi blogger lainnya untuk terus menulis dan berkarya🙂

  8. wah, wah, wah … selamat yah om. sangat menginspirasi! saya juga berharap suatu saat nanti punya tulisan berbentuk buku. karena itu saya selalu coba untuk selalu menulis dengan baik🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s