Diposkan pada MY FAMILY, Si Sulung

SIFAT SI SULUNG


(Its gonna be hattrick today …)(Ini tulisan pertama dari Tiga tulisan senada …)

 

Aku agak heran dengan sifat si Sulung.  Usianya kimi 14 tahun, kelas 9 Madrasah Tsanawiyah). Dia sama sekali bukan tipe anak-anak pra remaja yang konsumtif.  Dia juga tidak pernah terpengaruh oleh Mode … cenderung cuek … tidak memperhatikan penampilannya.  Tampil apa adanya.  Tapii … karena agak kebablasen cueknya,  kami malah jadi rada ”kuatir” juga jadinya.

 

Contoh #1 : Sepatu …

Sepatunya walaupun solnya sudah jebol dimana-mana … tapi dia tetep keukeuh sumerekeuh untuk memakainya ke Sekolah.  Dia bilang masih bisa dipake kok …

Dan akhirnya … ketika sepatunya sudah tidak tertolong lagi … dia menyerah … dia mau dibelikan sepatu … Tapi dia bilang … ”Yah model dan mereknya yang persis itu lagi yaaa …” (Halah …apa ndak bosen to mas …)

”Apa kamu nggak mau pake yang ”X”, atau ”Y” atau ”Z” ?”  aku menyebutkan beberapa merek …  Dan apa jawaban dia ..??

Dia jawab santai …” Ogah ah Yah … males … mahal sih … ” … (halah … trainer di skak)

 

Contoh #2 : Ihram …

Pernah suatu ketika … dia diminta oleh gurunya untuk mempersiapkan pakaian Ihram untuk praktek latihan manasik Ibadah haji di Sekolahnya …

Dan ketika kami akan membelikan pakaian tersebut di toko khusus yang menjual perangkat tersebut … dia malah meng sms kita …”Yah … bagaimana kalo Mas minjem Om Fib saja pakaian Ihramnya…” (Om Fib adalah Adik Iparku, suami adikku.)(Om Fib dan Tante NH sudah menunaikan ibadah haji tahun lalu …).

 

Dia tidak ingin merepotkan orang tuanya untuk membelikan pakaian ihram yang mungkin hanya dipakai satu kali saja itu …  Dia bilang Mubazir beli-beli lagi.  Sedangkan kami sebagai orang tua tentu bermaksud memberikan yang terbaik bagi anak-anak kami.  Apalagi ini untuk keperluan sekolah … dan alangkah ”teganya” kami jika musti meminjam juga untuk hal seperti ini.  (bahasa Jawanya … ”cik tego ne rek” …)(or : Tega amat sih)

 

Contoh #3 : HP

HP pun juga begitu … HP yang dia pakai … adalah HP yang sangat tradisional … HP sejuta umat.  Dan ini adalah hasil pengumpulan ”angpau” ketika dia disunat dulu.  3 tahun yang lalu … (Bayangkan 3 tahun yang lalu sodara-sodara …).   Modelnya pun sudah tidak keluar lagi.  Terus terang Ayah bundanya udah agak ”sepet” … melihat HPnya yang sudah bulukan ”dedel duwel” gak keruan … tuts nya pun sudah luntur bin pudar.  Tapi dia bilang … ”Ah masih bisa dipake kok …, kan cuma buat SMS dan nelpon aja …” … gak perlu yang macem-macem.

 

Coba itu … si Sulung …!!!

And yes … untuk beberapa kasus … Memang sepertinya … Ayah dan Bundanya harus belajar dari dia … ”Kalo masih bisa di pake … mengapa harus beli yang baru lagi …”

Go to hell with trend mode yang penting Fungsi … !!!  (begitu mungkin pikirnya …)

 

(Ah … Mas … mas … kamu itu …)

 

Ya ALLAH berikan kami petunjuk dan kekuatan untuk menjaga amanah MU ini ….

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

20 tanggapan untuk “SIFAT SI SULUNG

  1. sulung benar2 memperlihatkan
    jatidirinya sebagai putra tertua
    yang bisa menjadi teladan
    si bungsu dan si tengah
    serta tidak mau terlalu
    membebani orangtua……
    saluuut buat si sulung

  2. duh Oom.. kayanya anak-anak sekarang dah jarang yah ya punya sifat kaya si sulung. yang ada malah menggunakan sejuta alasan ke ortu biar bisa beli benda-benda baru atau mahal buat bergaya atau pamer ke temen-temen. he-eh..

    ck ck.. titip salam buat si sulung 😀

  3. Anak baik dan hemat, cocok buat jadi bendahara…

    (Jadi inget pas mahasiswa, sang ketua, milih mahasiswi yang pelit untuk bendahara)

  4. Wahhhh bahagia banget ya,om… 🙂
    Jarang banget khan anak sekarang punya sifat kayak si sulung….
    Sifat ini persis banget ma suami saya,om kebetulan dia juga sulung 4 bersaudara….
    Tapi….
    Koq dulu saya tidak begitu ya??? Padahal saya juga sulung 3 bersaudara… 😉 Malah adik saya yang tengah ya punya sifat kayak sulungnya om tapi adik saya,kalo kepepet ga minta langsung,om.
    Minta dengan cara sakit panas tinggi sampe berhari -hari… tapi begitu keinginanya terwujud sembuh dech…..:D

  5. Hehe, si Mas ini ngingetin aku sama My Highschool Sweet.. Yg super secret itu lho Om… Wajahnya, cueknya, sederhananya…
    Aduh, Lala jadi bingung nih mau pilih yang mana!

    Hahaha… Brasa tante2 girang deh…

  6. Untuk sifat aku lebih cocok sama Mas Sulung deh. (emangnya ada pemilihan apa? hehehe)

    Ntar gedenya dia mungkin pake uangnya untuk orang lain bukan untuk beli barang keperluan dia sendiri. (atau itu emang sifatnya anak sulung ya?)

    Salam untuk Pandawa Tiga
    EM

  7. Wah salute banget buat Sisulung. Seandainya semua anak remaja bisa bersifat seperti itu pasti kehidupan orang tua akan lebih indah dan tenang. Beruntunglah Mas Trainer dan Bunda. thanks

  8. Om harusnya bangga punya putra seperti si sulun….sebagian sifatnya mirip saya….termasuk prinsip: kalau masih bisa dipakai kenapa harus beli lagi….toh HP fungsinya buat sms dan telp bagaimanapun bentuknya….kecuali nanti dah butuh yg canggih buat urusan bisnis 😀

  9. Subhanallah… baru 14 thn tapi pikirannya sungguh dewasa. Sifat yang mungkin agak langka di jaman seperti sekarang ini…

    Om dan tante pasti bangga banget ama si Sulung ini.

    Titip salam buat si Sulung ya Om..:)

  10. Bos, swear…
    Karakter si sulung ini mirip dengaku…
    Aku tuh dulu kalau nggak dipaksa2 sama bokap, nggak bakalan beli baju baru…
    apalagi sepatu baru…
    yang penting bagiku sepatu saat ini masih bisa dipakai…
    Sampai sekarang aku sering dimarahi istriku karena nggak nurut kalau dibeliin baju baru.

  11. enak ya..punya anak kaya’ si sulung, hmmm sifat anak sulung bgt…pasti apa2 buat adik aja, gitu ya Om…tp, orang tua pasti malah suka pusing karena punya keinginan kasih yg terbaik dan pasrti ga’ enak disangka orang ga’ ngrumat anak..he..he..
    beda bgt sama aku lah…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s