DI BILIK ATM


.
Bagi mereka yang sering mengambil uang atau bertransaksi lewat ATM, mungkin tidak asing lagi dengan beberapa “pemandangan” yang didemonstrasikan oleh para pengguna mesin ajaib ini.

Mari kita fokuskan pada jenis ATM yang mempunyai bilik, yang berdinding kaca itu.

Maafkan keusilan saya, namun jujur saja, saya suka kepo memperhatikan apa yang mereka lakukan di dalam sana.  Dan berikut ini adalah tiga perilaku “antik” yang sempat saya perhatikan

.

1. Telpon-an dan/atau SMS-an
Ini yang paling sering saya jumpai.  Saya bisa mengerti, mungkin mereka ingin mengkonfirmasi terlebih dahulu pada mitra bisnisnya,  ingin bertanya mengenai nomer rekening dari lawan bicaranya atau yang semacamnya.  Tapi mbok ya o hal ini dipersiapkan sejak awal.  Sehingga ketika masuk bilik ATM, tinggal langsung eksekusi.  Nggak usah pake na na nu nu … telepon sana telepon sini.  SMS sana … sms sini … menyebalkan.  Yang lebih menyesakkan lagi adalah … kalau ternyata telfon atau SMSnya ini tidak ada hubungannya dengan transaksi.  Haha-hihi dulu lama di bilik ATM, nggak sadar antrian sudah bererot sampai panjang ke belakang …  (udah makan sayang … ? kamu lagi dimana … ? mis yu hanih … )(preeettt )

.

2. Merokok
Ini yang paling menyebalkan.  Tadi waktu di luar mengantri, dia tenang-tenang saja.  Tetapi ketika masuk ke bilik ATM.  Rogoh saku, keluarkan sebatang rokok.  Dan menyalakannya dengan sempurna.  Sebel banget.  Rasanya pengen menampar saja.  Bolak-balik.  Side A – side B.  Ini ruang tertutup Bung.  Sempit dan pakai AC lagi.  Anda tidak mikir … gimana nanti nasib orang setelah anda.  Dan lagi … elu kate bilik ATM ini warteg apah ?  Bisa ngerokok seenaknya ???
Atau ente stres ya ketemu ATM ? kok pake ngerokok segala ?

.

3. Nyisir …
Ini yang paling konyol.  Ya … nyisir dan merapikan rambut.  Sama  seperti yang merokok tadi,  waktu mengantri di luar bilik dia tenang-tenang saja.  Tapi ketika giliran dia masuk ke bilik ATM.  Yang dilakukan pertama kali itu, justru bukan mengambil kartu ATMnya.  Bukan mempersiapkan data-data transferannya.  Tapi malah ambil sisir … lantas cengar-cengir kemayu … nyisir.  Aaarrgghhh … entahlah apa yang dipikirkannya.  Mungkin mereka berprinsip tak ada cermin … Layar ATM pun jadiii …
Dan herannya kenapa mesti nyisir dulu segala coba.  Emang ente mau kencan dengan mesin ATM.  (Kenapa nggak touch up aja sekalian  ???)

.

So jadi demikianlah …
Mudah-mudahan kita semua terhindar dari dampak perilaku ajaib di bilik ATM ini.
Dan mudah-mudahan juga kita semua selalu ingat bahwa menggunakan bilik ATM ini juga ada ungguh-ungguh etikanya.  Paling tidak … jangan sampai tindakan kita tersebut mengganggu kelancaran semuanya.

.

Apa teman-teman ada yang sempat memperhatikan perilaku “aneh” bin “menyebalkan” para pengguna bilik ATM ?  Ada lagi contoh yang lain tak ?

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

91 thoughts on “DI BILIK ATM

  1. wakakaka
    ada aja Om investigasinya. Saya sering lihat kasus pertama. Kalau merokok jelas menjengkelkan Om, toyor aja tuh ga menghormati ruang publik agar nyaman dipakai bersama. Yang nyisir juga aneh bin janggal–sempet2nya ya beradegan gitu sebelum ber-ATM ria, haha. Saya sih termasuk pengguna ATM yang cepat, karena cek saldo doang lalu, “Hiks…” keluar dengan wajah lunglai😦

  2. Yang merokok dan sisiran belum pernah saya lihat Om.
    Yang sering saya lihat ya sms atau tilpon, mungkin mau transfer trus noreknya salah, atau kartunya tertelan mesin sehingga dia menghubungi call center.
    Kalau ada dua orang dalam satu bilik biasanya rame,ceikikkan atau udreg-udregan.

    Beberapa kali saya disalip oleh orang lain (remaja). Lho, saya berdiri dalam antrian dikiranya minta sumbangan tah ? Yang satu pernah saya pegang pundaknya lalu saya bilang:”Kamu antri ya lain kali, jangan main srobot saja”

    Salam hangat dari Surabaya

    .

    1. Kalau saya jadi oknum itu …
      saya pasti gemeteran … pundaknya dipegang pak de …
      (rasak no …)

      Suka sebal dengan orang yang nyelak antrian …

      Salam saya Pak De

  3. Tentang perilaku merokok, menurut saya tu orang gak bisa baca, Om.. Lha wong sudah jelas-jelas di pintu masuk bilik ATM terpampang nyata tulisan dilarang merokok.. Perilaku seperti ini juga sama dg orang yg tetap pakai kacamata hitam dan helm ketika “berkencan” dg mesin ATM.. Kalau orang seperti ini, bukan digampar bolak-balik lagi deh Om, tapi dimasukan ke panti rehabilitasi…😀 #emosijiwa

    Yg pernah saya temukan adalah orang yg fota-foto di depan mesin ATM.. Kayaknya dia mau upload status di Facebook dg kalimat lebih kurang, “Mau belanja bulanan.. Ambil duit dulu cyiiinn.. Silahkan yg mau ngerampok eiykeh…”😀

    salam,
    http://www.hardivizon.com

    1. aduuuhh untung saya enggak sebilik atm sama Uda, pasti langsung digampar dan dikirim ke panti rehabilitasi, hiiyyy ngeriiiii. suka buru2 turun dari motor dan ambil selembar saja buat beli bensin. saking buru2nya pasti tuh helm nggak dilepas. ampun Udaaaa😉

  4. Pak Nh, saya paling gemes kalau orang yang di bilik ATM melakukan transaksi berkali-kali sampe luamaaaa banget!
    Mbok ya cukup 2 kali, keluar dulu, biarkan orang yang dibelakangnya melakukan transaksi.
    Setelah itu dia bisa masuk lagi…

    Oya, tentang orang yang merokok dan nyisir di bilik ATM, Alhamdulillah saya belum pernah lihat. Mudah-mudahan jangan deh, pasti ngegemesin banget soalnya…hehe, lihat yang telpon-telpon aja saya suka sebel kok, apalagi pake nyisir dan ngerokok segala…arrrgghhhh😦

    1. Itulah Bu …
      Saya benci banget dengan perilaku itu …
      ruangannya kan sempit … apa nggak eungap … plepegen ya Bu ngerokok di dalam situ

      Salam saya Bu …

  5. hahahaha….beneran ajaib Om perilakunya qiqiqi, hebat ih Om memperhatikan hal-hal kecil seperti itu. Orin pernah nemuin ada pasangan (entah kekasih atw suami istri) yg berantem di bilik ATM Om, ga maksud kepo, tapi kedengeran smp keluar suaranya qiqiqiqiqi

  6. sy blm pernah melihat 3 kejadian itu tapi tiga2nya ngeselin. Dan untuk yg nomor 3 mungkin karena narsis juga. Biasanya di bilik ATM itu kan ada cctv. Berharap terekam dan dikenal kali hehehe

    Kl sy yg suka nyebelin saat antri ATM adlh melihat org yg bayar tagihan atau transfer segepok. Krn buat sy ATM itu hrsnya utk transaksi cpt (kl di supermarket ada yg namanya kasir cepat utk yg belanjanya sdkt). Jd kl banyak bgt yg harus ditransfer atau di bayar mending ke bank aja atau pakai e-banking.😀

        1. kalo sampe setumpuk sih emang ngeselin Mbak, saya pernah juga cuma beberapa kali transfer aja udah bikin kita bete. Kasih kesempatan yg lain dulu napa ya…

  7. curcolan si om diterima, soalnya saya juga suka kesel sama perilaku para pengguna ATM kaya miliknya sendiri aja, dan pernah juga ketika akhir bulan yang mana ATM itu ngantri panjang eh ada yang menarik tunai sebesar 10 jt sementara ATM 50 ribuan kebayang kan berapa kali dia narik….? tidak hanya itu saja dia lanjutkan mentransfer dan membayar tagihan-tagihannya …..ampyun deh ngantri selama satu jam di ATM.

  8. Halo Om, salam kenal, ikutan koment buat postingan ini, abiss lucuuu😀
    Bener banget tuh kalau lama2 di ATM ngeselin, makanya kalau saya sebisa mungkin nyelesain semua transaksi melalui internet banking dan ke ATM itu cuma buat ambil duit atau transfer yang tiba2.
    lucu banget sampai ada yang ke ATM buat nyisir hahaha.. Yang paling ngeselin yg saya temuin itu adalah bercanda di depan atm. jd ntah sama pacar atau temen, tapi bukannya buru2 nyelesain transaksi, malah becanda dulu, gemeeeeeessss >.<

  9. paling sebal kalo diintip dari belakang om, mau ngintip salo mungkin ya hehehe di agak tau kalau saldo numpang lewat aja.
    oh ya sering sekali di atm orang tidak melihat situasi kalau antri asyik transaksi berlama-lama padahal kalau untuk transfer kan ada ATM Non tunai

    1. komen mbak lidya ini senada dengan komen kak monda …
      ada banyak orang yang kepo noleh-noleh ngintip layar monitor …
      pengen ngecheck saldo kita kali ya ?
      hehehe

    1. Iya … ada …
      Mungkin karena lokasi ATM yang suka saya datengin itu adanya di pinggiran kota kali ya … jadi mungkin kesadaran masyarakatnya masih kurang

  10. Wah saya type orang yang suka lama-lama di ATM, sambel ngadem soalnya..😀 meski cuman transfer dan cek saldo doank,,,

    Pasti bnyak yang ngintip dari luar dan sebel banget kalau yang antri banyak😀

  11. Kalau yang nelepon sih pernah lihat. Yang ngerokok dan nyisir belum pernah.
    Tapi kalau sekali-kali Om lihat ada yang iseng dadah-dadah ke kamera cctv, atau nggak ambil duit sama sekali cuma ngadem doang….. nah itu mungkin saya…..😀
    Tapi itu juga kalo nggak ada orang lain antri di luar kok….

  12. hahahaha… aseli Om saya ngakak sambil guling2 *untung ada tiker hahaha* apalagi yg bagian nyisisir uhuyy…
    Saya sih, sebetulnya belum pernah (jangan sampe deh) nemuin ketiga jenis/tipe manusia unik seperti yg Om ceritakan diatas.

  13. aku suka ke ATM yg sepi Om kadang suka alay sendiri memandang kearah CCTV terus pose alay kayak anak ABG pipi digembungin…bibir dimonyongin mata dijulingin….he..he…untung OM NH ngga ngantri dibelakang aku, kalau iya…. bakal kena side A side B direwind lagi kale….kabuuuuuur

  14. Eh?
    aku merasa pengalaman hidupku inih sangat minim sekali setelah membaca postingan inih om!’
    Sepertinya aku belum cukup merasakan pahit manisnya hidup di dunia yang fana inih, karena aku belum pernah ngalamin hal tersebut diatas kalo ngantri di ATM lho…hihihi…

    1. Wah bener ini …
      banyak dan … udah gitu mencet tombolnya pelan-pelan
      pencet satu … liat kertas … pencet satulagi … liat kertas lagi ,., diem dulu … pencet … dst
      (cape bener ngeliatnya)

  15. kalo di sini malah dilarang memakai telepon di ATM, karena takut “dihipnotis” memasukkan ke rekening lain (kasus penipuan). lalu dibatasi penggunaan hanya untuk 2-3 kali transaksi, kalau lebih harap antri lagi.
    Tapi di sini memang kebanyakan tidak berbilik sih

  16. perilaku 1 sering pakde. sering lihat, kadang melakukan jika transfer – sekedar ricek no yg diransfer. -g kedua da ketiga belum pernah ketemu. ada perilaku menyebalkan lain di jepara, yaitu bertransaksi brkali2 dgn ambil uang ATM dalam jumlah banyak. antrian bank di jepara jika hari Rabu – Kamis memang luar biasa banyak sapai melimpah keluar. jadi antrian di ATM juga banyak karena ambil cashh sampai 15 jutaan. paling sebel jika barengan istri, mereka tukeran atm bergantian seperti milik sendiri krn ambil puluhan juta. nah, yg ini sering. gajiannya kan kamis dan sabtu.

  17. Yang paling sebel sih Om, sebagai pengantri kalau liat yang di dalam itu entah apa aja yang di pencet, sepertinya dia nyoba semua tombol di sana gitu sampai lama banget padahal uang yang diambil cuman 200rb, hak dia sih…tapi kok egois banget gitu lho. Harusnya dia kan faham step awal di ATM seperti check saldo baru ambil uang itu kalau ambil kalau mau transfer, siapin dulu nomer rek tujuan dan juga data lengkapnya.
    Biasanya sih, kalau Hani udah BT nunggu lama langsung aja gedor dan tanya udah belom.
    Pernah sih, ternyata yang di dalam ternyata bapak2 gak bisa tarik uang maka Hani ajarin jadi di dalam cuma bingung, masukin kartu, pencet pin tapi cuman diliatin sampai out of time😀

  18. Wah amatan Dhimas NH menghasilkan aneka gaya nyebelin di ATM nih
    Beberapa kali ketemunya pyayi sepuh yang minta tolong diambilkan uangnya dengan menunjukkan PINnya, semoga lain kali beliau dikawal oleh keluarganya, khawatir juga beliau diusilin orang.
    Salam

  19. Hahhaaa..bhuahaaa..Ngakak guling2 di siang harii..
    iyee bener om..menyebalkan tuuh..

    lagian si Om kekih banget sama yang Nyisir tuuh..

    maka dari itu eike kalo ke ATM suka buru2 berasa di kejar2 setan< setannya yang antri :p
    karena pasti di perhatiin orang lain

  20. Saya juga suka sebel kepada orang yang melakukan banyak transakti di atm. Pernah kejadian, saya nungguin satu orang sampai tujuh menit, antrian sampai bererot. Rupanya dia transfer (mungkin gaji) ke banyak rekening. Keluar dari mesin atm dia kebagian sumpah serapah.

  21. Saya sering menjumpai hal2 di atas Om hehehe….dan memang sebaiknya kalau mau konfirmasi apa pun sebaiknya dilakukan sebelum memasuki bilik ATM agar tidak mengganggu yang lain yang sama2 ingin bertransaksi.

  22. Errr.. kalo masuk bilik atm, saya biasanya buka dompet + HP, yang mana info no rekening maupun kode transfer saya simpan di hape.

    Jangan2 ada yang mikir saya transaksi sambil sms an juga ya.. waduh *tepok jidat

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s