Diposkan pada NGEBLOG

BLOG SALIENTNESS


Dalam ilmu marketing ada satu istilah yang disebut Brand Salientness.

Brand salientness adalah suatu derajat kemakluman konsumen akan suatu merek tertentu.  (Prominency … menonjol, dikenal, maklum dsb)

Saya mencoba menerapkan hal ini di aktifitas Blogging.  Kita sebut saja Blog Salientness.

“Seberapa kenalkah pembaca terhadap keberadaan Blog Kita ??”

Jika pembaca dihadapkan pada suatu pertanyaan …

“Bicara masalah Blogging … BLOG manakah / siapakah  yang anda kenal …???” “Sebutkan sebanyak mungkin … !!!”

Maka jawaban para pembaca akan bermacam-macam.  Blog yang mereka sebutkan tentu saja yang sesuai dengan minat, kesenangan, dan juga derajat kedekatan antara si Pembaca dengan Blog-blog langganannya … !!!

Derajat kedekatan itu bisa dibagi menjadi Empat …

1. TOP OF MIND
Adalah nama blog/penulis blog yang pertama kali dia sebutkan … !!! Ini adalah derajat kemakluman yang paling tinggi …
Untuk mengetahuinya mudah saja … yaitu … blog yang manakah yang dia kunjungi di menit pertama dia online membuka Blog.  (tentu setelah membuka blognya sendiri …)

2. SPONTANEOUS AWARENESS
Adalah nama blog-blog lain yang secara spontan disebutkan berikutnya … yang disebut kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.
BTW … memory manusia itu terbatas sehingga bisa dimaklumi jika yang dia sebutkan tentu hanya beberapa saja yang mereka ingat …
Ini adalah derajat kemakluman yang nomer dua.

3. AIDED AWARENESS
Adalah nama-nama blog-blog lain yang disebut oleh pembaca … namun tidak spontan.  Artinya mesti di beri clue dulu baru ingat. Misalnya diberi clue “Itu loh… blog milik seorang bapak yang berprofesi sebagai dosen di Bandung ??Nah akhirnya ybs ingat … setelah diberi clue … ini disebut sebagai Aided awareness…kenal tetapi setelah diberi bantuan clue … harus diingatkan dulu. Sekali lagi … ini bisa terjadi karena memory manusia itu terbatas …

4. UN AWARE
Ini derajat yang paling rendah …
Pembaca tidak mengenal Blog yang disebutkan … bahkan setelah dibantu clue sekalipun.  Mungkin memang dia tidak pernah mengunjunginya  atau memang Blog tersebut pernah dikunjugi namun sudah lupa sama sekali …

Jujur saja … secara logika …
Kita berharap para pembaca blog menempatkan Blog kita pada jajaran TOP of MIND mereka …atau paling tidak SPONTANEUS AWARENESS mereka …

Namun kita tidak bisa memaksa mereka untuk terus menerus ingat pada Blog kita …

Karena memory manusia terbatas … selera, minat dan interest masing-masing orang pun berbeda …
Sementara Blog-blog pun terus tumbuh berkembang bagai cendawan di musim hujan … menyajikan tulisan yang beragam … banyak yang menarik dan banyak yang unik pula … (dengan avatar 1001 macam gaya juga tentu …)

So … oleh karena itu … mari kita bina terus silaturahmi persahabatan blog kita …
Kita pelihara terus pertemanan kita …

Agar blog kita senantiasa berada pada derajat kemakluman Aided Awareness … Spontaneus Awareness … atau bahkan kalau bisa … syukur-syukur menjadi Top Of Mind dari para Pembaca …

Bukan Begitu Bukan ???

.


Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

37 tanggapan untuk “BLOG SALIENTNESS

  1. setuju om..
    itulah gunanya ada follower kalo di blogspot, dan karena memori saya terbatas, biasanya link blog2 yang saya sukai akan saya masukkan di blog saya.
    moga terus bersilaturahmi.. dan terus menulis.. 😀

    btw saya iseng ke bawah, scroll blognya si om, dan nama saya ada di bagian Rocks.. ahahaha, apapun artinya, makasih udah menempatkan link blog saya om.. 😀

  2. setuju om…
    cuma saya kayanya susah tuh kalo masuk TOP OF MIND atau SPONTANEUS AWARENESS….kalo bisa kesebut no.3 aja udah sukur hehehe…maklum blogger kurang gaul hahaha…

  3. Huh…
    Kalau aku sih, rasanya masih belum bisa mencapai yang kesatu itu deh om… Masih pemula soalnya…
    Namtn tetap berusaha eksis tentunya…

  4. terima kasih telah diingatkan ttg awareness Om Trainer…

    bener2 sdh mendarah daging neh ilmunya Om… sampai-sampai merambah dunia blog he..he…

    *ngacir… segera pasang BTL*

  5. 1. TOP OF MIND : OM NH (Jujur lho ini….*dalam ancaman*)
    2. SPONTANEOUS AWARENESS : Broneo
    3. AIDED AWARENESS : yang ada dalam blogroll’ku

    hihihihi…bener broneo, sudah mendarah daging nih.
    *segera create program BA sebanyak2nya untuk BP 2010*

  6. 1. TOP OF MIND: Surau Inyiak (Uda Vizon)
    2. SPONTANEOUS AWARENESS: DV (Donny Verdian)
    3. AIDED AWARENESS : NH 18 ( clue: itu lhoo…yang Om trainer yang rajin banget ng-update blognya… 😀 )

  7. Setujaaa…

    *tapi saya klo blogging ya membuka yg ada di dashboard saja Om, mulai dari update terbaru, sampe ke update sebelumnya, klo udah, ya sudah… heheheh

    *emang bener Om, ada blog yg kita tunggu” updetannya…

  8. aku ga pernah bikin urutannya, yang jelas blog Om NH bakal kebuka tiap update kadang diurutan pertama, kadang diurutan 7.. bervariasi om 🙂

    klo blog aku pasti diurutan 1001 deh bagi om NH 😛

  9. selera, minat dan interest masing-masing orang pun berbeda … Om ganteng benaaaar!!! Untuk menjadi Top Of Mind harus narsis dulu deh keknya… Narsis yang sarat prestasi… entah tulisan ataupun tampang, hahahhaa.

    Inget juga Kita bisa menjadi Pembaca yang TOP OF MIND, pembaca yang
    SPONTANEOUS AWARENESS, Pembaca yang AIDED AWARENESS dan pembaca yang UN AWARE.

    Mari sama2 bermain dengan taste dulu. Baru grade… gimana? (ngerti nggak maksud omongan om cakep?) hihihi

  10. yap om menjadi Top Of Mind dari razaq

    kenapa??? padahal kita kan baru kenal???
    itu karna blog om yang paling update sekarang ini, jadi blog om yang pertama razaq buka

    semoga om menjadi Top Of Mind bagi yang lainnya

  11. orang yang paling pandai menjaga silaturahim dengan sesama blogger dan kasih komen yang baik ke blog-blog orang, lalu menyambut ramah pengunjung blognya, kayaknya udah pasti deh, dialah si mr. top of mind. selamat ya, pak nh! 😀

  12. oh gitu….
    *manggut manggut*
    saya milih jadi yang ‘un-aware’ aja deh..
    🙂

    tapi blog Om no.1 lho di ‘mind’ (baca blogsurfer) saya …so, dapet hadiah gak?

  13. Alhamdulillah diingatkan kembali materi ICT, terima kasih Om..Begini Om Setelah membuka Laptop urutannya :
    1. TOM : Theordinarytrainer
    2. Spontaneous kadang Broneo, Kadang The Afdhal, kadang Bang Herry Azwan
    3. Aided, tidak ada Om.. karena rata-rata saya suka baca blog lainnya yang ada di link Om NH 18, seperti Pak Progo, Oemar Bakri, Uda Vizon, dll

    Salam saya

    Iwan

  14. doh menohok benar urutan blog diatas. Blog saya sudah nadka da arahnya algi sekarang. Pengennya berbicara khusus tentang itu tetapi sekarang malah melenceng kemana-mana

  15. Maunya sih yang nomer satu atau paling tidak nomer dua.
    Tetapi tidak akan pernah ngoyo karena saya sadar mana mungkin saya mengalahkan master-master blog yang sudah bangkotan. Paling banter saya hanya top of mind dilingkungan keluarga. *haallaaaaah*

  16. Salam,
    Hmm gimana ya, saya sering suka sesuatu yang baru bahkan tentang blog sekalipun *dan blognya Sir, sedang on fire dalam pikiran saya skg :)* , tapi itu terbentur dengan ke-moody-an saya, mungkin hari ini sedang ingin membaca ini, mungkin besok sedang membaca itu, tp semakin sering saling silaturahmi biasanya semakin lekat ingatan akan blog2 yang wajib dikunjungi, selain faktor2 tulisan2 yang memang saya suka, jadi meski ga dapat kunjungan balik saya tetap loyal membacanya
    begitulah kira-kira.. 🙂

  17. Menjadi TOP of MIND berarti ‘mengukur’ seberapa dekat si penulis blog itu dengan pembacanya [yang mungkin juga seorang blogger] 😀

    dan ‘ukuran’ itu yang menjadi ‘pemakluman’nya… 😀

  18. So … oleh karena itu … mari kita bina terus silaturahmi persahabatan blog kita …
    Kita pelihara terus pertemanan kita … —) serasa tertampar 😦

    sudah lama ngak blogwalking, jarang kasih komentar, betul-betul lost kontak, ah semoga teman-teman memaafkan diriku.

    Tapi saya berusaha menyempatkan membaca blog ini walau tak meninggalkan jejak. Satu diantara beberapa blog yang bikin kangen 😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s