Posted in GUEST WRITER

ORIGAMI


.

Pertama-tama, sy mengucapkan terimakasih kepada Om Nh yang sudah mengizinkan saya mengamankan ‘kapling penulis tamu’ dengan sedikit mewek😀.

Baiklah.. Yuk, kita main-main di blognya Om Trainer🙂

Main-main dengan kertas origami (lagi) yuk.  Ya, karna kita pernah juga main-main dengan kertas origami untuk membuat kubus. Yang belum nyoba, bisa tengok lagi di sini.

Sekarang kita main-main kertas origami untuk membuat bangun datar ya. Karena pada pembuatan kubus kita sudah bisa membuat persegi, sekarang kita buat segitiga sama sisi.

Sudah siap?!

Langkah-langkahnya:

Siapkan kertas origami. :

Lipat kertas menjadi dua seperti ini :

Lipat sehingga ujung bawah tepat di garis tengah :

Lipat ujung atasnya sehingga tepat di garis tengah :

Lipat sisanya, masukkan sisanya untuk mengunci :

Taraaa…..sudah jadi segitiga samasisi-nya…😀

Nah, dari dua segitiga sama sisi tadi, kita buka lagi liatannya dan kita bisa rangkai sehingga menjadi bidang 4 (limas segitiga) seperti ini.

Bagaimana hayoo caranya?😉

Hasil Karya Tt dan Ponakan

 

Ini adalah kiriman dari Penulis Tamu
Pemilik Blog celoteh4ti
Dia adalah Titik Sutanti
Karyawati Abdi Negara
Dari Yogyakarta

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

61 thoughts on “ORIGAMI

    1. hihihi….iya Bu, ayo dicoba sama anak2…
      belajar bersama anak2… hehe….

      ya Bu, nti share ttg origami lainnya lagi deh…🙂

      (btw, boleh manggil ‘mbak’ aja ya, lbh terasa dekat…😀 )

  1. pertama, tebakan sy ttg inisial benar..😀 (apalagi inisial diri sendiri)
    kedua, terimakasih Om NH sudah menayangkan tulisan sy… (tutup muka #malu)
    ketiga, si Om ky Pakdhe juga, nemu aja foto2 yang ‘beda’.. Hehe….
    keempat, teman2 pengunjung blog Trainer, silakan mencoba…🙂

    salam.

    1. weks….😛 hihihi…..isin aku bro…gek item kurus pula tanganku…hihihi….
      itu cincin udah pernah takpamerin di satu postingan kok, jadi gpp lah di sini nongol lagi..hahaha….

      DIY donk bro, Do It Yourself…😛 *baru dpt istilah ini dr BunAff*

        1. kertas ketiga….

          Berhasil!

          *selamat saya masih berbakat😛

          Ada struktur yang missing pada gambar sehingga saya bingung, ckckcckckck…. *mulai menyalahkan orang lain…

          Mbak, di akhir ada bagian segitiga kecil yang diselipkan di ujung bukan? buat ngunci?

          1. hiyaaaa…..selamat Primaaa….
            kamu memang murid yang pantang menyerah…😀

            Iya Prima (dan teman2 yg mencoba), setelah gambar ke-5 kita lipat sisanya, kemudian kita masukkan sisanya itu ke dalam segitiga. Makanya hasil di gambar ke-6 yang tampak adalah segitiga yang rapi (bukan tertumpuk lipatan sisa). Nah, yang untuk mengunci adalah segiempat yang mirip trapesium itu (Prima menyebutnya segitiga kecil).

            Good Prim! Sengaja gk kujelaskan banget, supaya dengan melihat gambar bisa terpancing kreativitasnya untuk menemukan ‘langkah yang hilang’…😉

      1. hihi…jangan lupa kertas sisa print’nya dibuat jadi persegi dulu ya…
        Di bagian2 akhir memang ada yang sy ‘sengaja’ gk kasih liat caranya, tapi dari gambarnya pasti bisa ketahuan langkah yg tdk disebutkan…

        Good Hanif!😀

  2. ha….ha…ha..ha.ha.
    hari ini postingann tamu nya susah semua..
    pertama bli budi..ngajak main sepeda..lah aku kan gak bisa naek sepeda

    nah sekarang dirimu,,,yang ngajak belajar kesenian..😀😀😀😀
    sama,,,nilai keseniannya minus,,,

    gak ada pelajarang ngitung duit yakkk

    1. mananya yg susah Put? Cuma lipat-lipat doang kok…
      Masa kalah sama Prima sih.. Dah berhasil tu dia..
      Bu Monda n mas Hanif juga udah berhasil…
      Gk percaya ah kalo Putri gk bisa mainan ini… ^^

  3. Waaa…boleh di coba nih, dan dipelajari…buat ngajari cucu nanti…hehehe….lha cucunya baru umur seminggu.
    Btw, mainan seperti ini membuat anak kreatif, daripada mainan yang sudah jadi.

    1. wah… Bu En punya cucu baru ya?
      Selamat ya Bu Enn…. Duh, senangnya…

      Iya Bu, ini salah satu rekreasi matematika. Membuat bentuk-bentuk geometri dengan origami. Bermain sekaligus belajar..🙂

    1. iya mb…burung, katak, pesawat, dll…
      sy mencoba origami untuk bangun datar dan bangun ruang seperti persegi, segitiga, kubus, dan limas ini…
      lain kali bisa mencoba origami yg lain juga deh, hehe..🙂

      salam.

  4. Origami..hmm aku jagonya kalo bikin,tapi yang burung,pesawat,binatang hihi..
    soalnya seneng banget otak atik kertas lipat,ampe waktu itu pernah tetanggaku malem2 ketok pintu,mau di bikinin PR origami buat besok pagi,.. haha..lucu banget..
    huree..aku berhasil ngikutin langkah2 di atas,kalo yang ini mah baru bisa sekarang,makasih ya Mba Titik infonya..

    1. hihihihi…..menyenangkan ya Nchie mainan kertas lipat…
      aku juga suka.. jaman TK dulu banyak yg diajari bu guru, tapi sekarang dah banyak yg lupa juga. Haha…
      Btw, boleh donk minta kerjain PR juga… Hehe…😛

      Sama2 Nchie, makasih juga. Senang bisa berbagi🙂

  5. Inyiakkkk yang pe-er aku,,itu di tendangnya ke satu orang aja yaakkk,,
    Jangan tiga ntar bumilnya ngamuk
    Kalau aku khilaff,, terlanjur,,
    Kebiasaan gak baca peraturan (^o^)

  6. langsung ikutan nyoba nih ,Tt……..🙂

    waaaa….. kok aku punya jadinya gak semulus ituh😦
    gak kayak digambar, ini kok meletat meletot siiiiihhh……😦
    emang aku gak bakat kali ya tt …
    salam

    1. waaa…..mb anna bisa aja…
      yuk bikin lagi…
      origami bukan hanya buat anak2 aja kok…
      kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengajak adik2 kita belajar matematika dgn melipat… hehe..

  7. we…..sory baru koment nih
    wah ini mesti krn srg ngajar origami pas lg ada tamu kunjungan yo tik?
    snengnya bs kerja sambil dolanan gini…mau aku je
    btw foto ini…asli nih pas msh polos2nya waktu itu kan?hehe ….om nih jeli bgt ya
    ssttt…slamat yo tik muncul tulisanmu…bs makin tenar nih…hehe

    1. iya betul…hehe…
      ttg foto, iya, waktu masih polos, selesai kuliah awal2 masuk kerja..akhir 2006 awal 2007…
      trimakasih, mb.. Ah, bukan untuk terkenal kok, sekedar ingin berbagi..
      salam🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s