Posted in ARTIKEL, MUSIK

1980 DAN 2000


Lirik  Lagu Tahun 80 an …

Ratih dewi
Citra khayalku prana
Dalam hidupku
Yang haus akan asmara
Hmm… nikmatnya bercinta

Andika dewa
Sirna duli sang asmara
Merasuk sukma,
Menyita heningnya cipta
Oh… Resahku jadinya

(cuplikan lagu “Smaradhana”, cipt : Guruh Soekarnoputra)

 

Lirik  Lagu Tahun 2000 an …

Nggak boleh begini, nggak boleh begitu
Harus apalagi? Harus apalagi?
Kau ngomongnya ini, ku ngomongnya itu
nggak nyambung lagi, nggak nyambung lagi

BeTe, BeTe, BeTe, BeTe, BeTe, BeTe aah..
BeTe, BeTe aah..
BeTe, BeTe aah..

basi, basi, basi, basi, basi, basi lhoh
Lama-lama aku bisa jadi gila
baby aku inginkan putus

(cuplikan lagu “Be Te”, cipt : Dewiq)

 

Lirik  Lagu Tahun 1980 an …

Mengering sudah bunga di pelukan
Merpati putih berarak pulang
terbang menerjang badai
Tinggi di awan,
menghilang di langit yang hitam

S’lamat berpisah kenangan bercinta
Sampai kapankah jadinya
aku harus menunggu
Hari bahagia seperti dulu

(cuplikan lagu “Merpati Putih”, dipopulerkan oleh Chrisye)

 

Lirik  Lagu Tahun 2000 an …

kamu suruh datang, mau
kamu suruh pergi, mau
kamu suruh diam, mau
mau maunya

diciumi kamu, mau
diduain juga, mau
dicuekin juga, mau
mau maunya

(cuplikan lagu “Hipnotis”, dipopulerkan oleh Indah Dewi Pertiwi)

 

SO … ????

.

.

I think … it’s all about … “Taste”

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

48 thoughts on “1980 DAN 2000

  1. Merpati putihnya Chrisye saya suka Om.
    Eh kalo lagu hipnotis penyanyinya jelek rupa, saya rasa gag akan ada yg ngelirik. Percaya gag Om ?

  2. ahahahhahaha.. lirik lagu mencerminkan karakter generasi, atau pergeseran budaya atau bagaimana yaah oom..
    jelas berbeda.
    eh begitu bukan maksudnya?

    oh iyaaa!kalau membandingkan empat lirik diatas, rasa-rasanya lirik 80an itu lebih manis dan tidak selugas lirik 2000an🙂

    you know me so weeeelllllll
    [hahahahahhaha…

  3. Kalo lirik lagu tahun 80’an saya sih kurang tau😀
    Lahirnya aja tahun ’89, hihihihi…😀
    Jadi ya, sama sekali gak ngerti lagu tahun 80’an😀

  4. Dua-duanya lagu Guruh dan alm Chrisye kesukaan saya, tapi kalau lagu-lagu produksi 2000an apalagi lagu di atas saya tidak suka.
    Mungkin beda generasi ya Om…

  5. Jaman dulu memang puitis sekali. Saya juga suka lagu2 jaman dulu. Lebih everlasting. Kalau lagu jaman sekarang easy listening. Ngga perlu mikir, liriknya gampang. Tapi lagu sekarang musiknya rancak & kaya (lebih kreatif & inovatif). Mungkin jaman sekarang sudah kehabisan kata-kata. hehehe…

    Salam hangat dari Makassar

  6. Lagu zaman dulu puitis ya Om, suka jg dg lagu2nya Chrisye, termasuk yg Merpati Putih itu.

    (mungkin) zaman 2000an semuanya serba cepat, praktis dan to the point Om, termasuk urusan lirik lagu hihihihi

  7. Keempat lagu mempunyai benang merah yang sama yaitu tentang sebuah hubungan dua manusia.
    Perbedaannya mungkin seperti ini :

    tahun 1980
    Menyertakan rasa bahasa
    Memahami kata-katanya perlu perenungan
    Pilihan kata yang kuat sehingga tahan lama dalam pikiran

    tahun 2000
    Mengungkapkan bahasa emosi lugas
    Kata-katanya mudah dicerna
    Mudah diingat begitu juga mudah dilupakan

  8. Itulah Om, anak sekarang lebih blak blakan kalo mengungkapkan perasaan. Nek jaman dulu belak-belok dulu baru nyampe ke tujuan:mrgreen:

    Tapi tergantung pencipta dan segmen pasar, Om. Masih ada kok lagu-lagu sekarang yang cukup puitis (contohnya apa ya?😳 ). Yang pasti saya suka lagu2nya Chrisye… e tapi lagunya Mas Guruh itu kok saya lom pernah denger ya?

    Coba mainkan, Om😛

  9. Gak ada satupun yang kenal je lagu2 diatas..
    maklum saya generasi 74…jaman Koes Plus, Panbers, de Mercys, de Favorites Group, lagunya full kata ” sayaaaaaaaaaaang…sayaaaaaaaang…sayaaaaaaaaangggggg”

    Kayaknya ini postingan khas orang sakit gigi ya oom

    Salam hangat dari Surabaya

  10. Ha Ha Ha

    #Ngakak

    Intinya? Anak jaman sekarang emang terlampau blak-blakan dalam melampiaskan emosinya, langsung aja bilang “Bt, Bt” kalau jaman dulu, nangis dulu, ngumpet di kamar… (sok tahu :P)

    Ini emang penggambaran😀

  11. Lagu2 di tahun 80-90an lebih berasa syairnya om
    enak dinikmati.

    klo thn 2000an lebih ekpresif, bebas begitu🙂

    aku sih lebih suka lagu2 thn 90an😀
    chrisye salah satu favoriteku *eh ini mah tahun 80an yah?
    tp rasanya semua generasi suka deh

  12. Yak..aq ngaku deh,krn casing nya jadul,taste nya jg yg jadul..haha.. Etapi tergantung penyanyi & beat jg ding..utk agnes yg beat nya slow aq jg sukaaa..haha..

  13. Baca lirik lagu smaradhana & merpati putih jadi kangen sama Chrisye, Legend yang tak tergantikan pokoknya is the best lah.
    Rasanya lagu-lagu sekarang liriknya sudah tidak ada yang bobotnya sama dengan yang dulu…

    1. Atau lagu melly Goeslaw …
      I just wanna say I love you … !!!

      (mus mujiono keren lageeee !!!)
      (du du du du … sya bida bi du …)

  14. mungkin pengaruh reformasi Om, jadi kebebasan berekspresi kadang dilampiaskan dengan berlebihan…

    nurut saya lagu jaman dulu tuh di dengar ampe kapan pun terasa enak. beda dengan lagu sekarang, yang cuma booming dalam sekejap kemudian hilang tak berkesan

  15. koq saya ngak kenal dengan lirik lagu thn 80an itu yaaa
    *ya iyaalah lahirnya thn brpa ?😀

    pengaruh makanan om, jadi anak jaman sekarang lebih ceplas ceplos hehehe

  16. Saya baru berdiskusi sm suami juga masalah syair lagu ini Om….lagu2 tahun 80-an lebih sopan bahasanya, lebih puitis syairnya, kalo jaman sekarang serba nyablak heheheh…

  17. hahaha… si Om ini bisa aja..🙂

    kira-kira Om tahu gak, di era 80-an lagu apa yang syairnya rada mirip dengan “yu no mi so weh”?😀

  18. yang pasti itu beda generasi Om,
    seperti juga komentnya, yang generasi 2000 bakal sulit memahami kata2 80-an, kelamaan, pakai kiasan segala,
    yang jadul, 2000an generasi serba instan😀

  19. hanya ada satu cinta, dgn bumbu rindu selaluuuu
    hanya ada satu rindu, tanpa ragu tanpa cemburu

    hanya ada satu cinta, bukan tujuh bukan seribu

    ACI aku cinta Indonesia…

    ***
    hayoooo siapa yang senyum baca liriknya???(entah senyum masam, kecut, geli, ato inget jaman dulu, jaman kejayaan atau apalah…)

    Kalo saya sih, dulu sampai pengennya ngikutin semua yang ada di tokoh ‘Cici’ potongan rambut, jepit, seragam, tas, sepatu….hahaha…dah gitu kalo sinetron ini diputer, seisi rumah lengkap lengkip nonton semua…

    ***

    ommm, coba deh lagu agnes monica atau padi🙂

  20. Mungkin karena trend skrg disesuaikan dgn kebutuhan nada dering yg cuma beberapa detik saja lirik lagu juga di buat sesimple mungkin.
    Beberapa tahun lalu band Letto lirik2 puitis, tp skrg belum keluar lagi.

  21. Merpati putih itu lagu indah banget aku suka banget banget…lagu guruh itu mengingatkan aku nari sama teman-teman…malah lagu tahun 2000-an yg Om tulis itu malah ngga ngeh lagu siapa dan lagunya kayak apa, ngga pernah denger dan kayaknya ngga suka…he..he…ketahuan ya Om angkatanku…xixixi…tapi kayak lagu The Massive, Nidji, Kotak, Letto aku suka Om. Kata-katanya bagus juga kayak Jangan menyerah, Laskar Pelangi, Masih Cinta.

  22. Setiap musik atau lagu memang punya jaman keemasan sendiri ya Om. Dulu waktu saya kecil juga sering dan suka dengar lagu Betharia Sonata, dan kemarin2 juga suka dgn lagu BeTe-BeTe Ah itu hehee…
    Ketika pasar malam di taman depan muter lagu Betharia Sonata, saya jd kekeh2 sendiri, mikir….. haruskah saya bernostalgia? Hehee…

  23. Sekarang ..lebih to the point…..
    Lebih bisa mengekspresikan diri dengan lebih bebas..
    Kalau dulu harus ada kiasan nya, tak boleh terang-terangan…..ada lagu yang termehek-mehak dan diblokir dari TV.

  24. hahaha…

    iya juga sih..
    lagu2 sekarang itu lebih lugas.. to the point gitu maksudnya..

    kalo lagu2 dulupenuh dgn perumpamaan.. kadang sulit dipahami.. tapi justru itu melatih kepekaan sastra ato simplenya kepekaan bahasa…

    hehe.. si om jeli bgt nih..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s