Posted in MY FAMILY, PERTUNJUKAN HARI INI

LEBARAN KEMANA OM ?


.
(sebuah catatan ringan saja)

Lebaran kemana aja Om ?

19 Agustus 2012
Hari pertama lebaran, setelah sholat Ied di kompleks perumahan kami, saya langsung bertolak menuju ke kota Jakarta.  Saya tidak mudik.  Tapi “ngota”.  Ketempat Ibu saya, di Patal Senayan, Jakarta Selatan.  Lebaran kali ini terasa sekali bedanya.  Ini adalah lebaran pertama kami, tanpa kehadiran Bapak.  Perasaan saya pun campur aduk.  Antara bersyukur, bahagia … namun juga sekaligus sedih, karena Bapak sudah tidak ada lagi.

.

20 Agustus 2012
Hari kedua … kami tidak kemana-mana.  Kami open house ceritanya.
Mau tau berapakah tamu yang datang ?  … Hanya satu keluarga, sodara-sodara … (2 dewasa, 3 anak-anak) … hahahaha

.

21 Agustus 2012
Acara hari ini adalah … kami ke makam Bapak di Tanah Kusir.  Sebetulnya kami berkeinginan untuk ziarah ke makam bapak pada hari pertama lebaran kemarin.  Namun ketika adik ipar saya memonitor situasi lalu lintas melalui twitter kepolisian,  disebutkan saat itu … tanah kusir macet berat.  Sehingga kami memutuskan untuk ke makam setelah situasi lalu lintas sepi saja.  Yaitu hari ini.  Dan memang betul … situasi relatif lebih sepi.  Walaupun masih tetap banyak juga mobil yang antri lalu lalang untuk masuk ke lokasi pemakaman tanah kusir.  Tapi relatif wajar lah.  Sehingga seluruh keluarga, Ibu, Keluarga saya dan Keluarga adik saya bisa berziarah dengan nyaman dan khusyu bersama-sama.

.

22 Agustus 2012
Acara hari ini adalah berkunjung ke rumah dinas keluarga adik saya di Bogor.  Kebetulan baru beberapa bulan ini Adik ipar saya dipindah tugaskan dari Semarang ke Bogor.  Ibu ingin berkunjung kesana.  Saya menjemput ibu di Patal lalu bersama pergi ke Bogor.  Sebetulnya niat untuk mengunjungi rumah adik saya sekeluarga ini sudah ada sejak dulu.  Ketika adik ipar saya bertugas di Balikpapan, ibu dan bapak (waktu itu masih ada) belum kesampaian menjenguk kesana, adik ipar saya sudah keburu dipindah ke Semarang.  Dan ketika bertugas di Semarang pun ibu dan bapak belum berkesempatan untuk menengok ke Semarang.   Nah … kini ketika bertugas di Bogor,  Adik saya sekeluarga kembali mengundang kami untuk berkunjung ke rumahnya.  Dan kamipun menyanggupinya.  Hitung-hitung sekalian mengajak jalan anak-anak juga.  Pulang dari rumah adik saya … kami berniat untuk mencari sekedar oleh-oleh khas Bogor.

Dan karena saya pernah 4.5 tahun kuliah di Bogor, saya juga mempergunakan kesempatan ini untuk memperlihatkan kepada anak-anak saya, tempat dimana saya pernah indekos dulu di Jalan Tangkuban Perahu.  Juga menunjukkan kepada mereka kampus Baranang siang, tempat saya kuliah dulu.  Kebetulan sekali waktu itu … sedang musim “salju kapuk”.  

Mengapa disebut salju kapuk ? 
Karena di halaman kampus kami itu banyak sekali tumbuh pohon Kapuk.  Dan kalau kapuk itu sedang berbuah … dan buahnya merekah … maka akan beterbanganlah kapuk-kapuk berwarna putih … seperti salju … tertiup angin sepoi-sepoi … Indah sekali sodara-sodara … (Bu Enny, Yu Prih, Mechta, dan kawan-kawan lain seperguruan … tentu tau sekali situasi yang khas dan nostalgis ini …).

.

Yang jelas … saya amati … kondisi lalu lintas di Bogor ini … Sepanjang jalan Gunung Gede … Pajajaran sampai dengan Sukasari … macetnya luar biasa.  Penuh mobil plat “B”.  Rupanya orang Jakarta tumplek blek ke Bogor semua … hahahaha.  Yang saya tau memang banyak kantor (termasuk kantor saya) sudah akan mulai masuk kerja esok hari tanggal 23 Agustus 2012.  Sehingga bisa dimengerti mengapa orang-orang Jakarta mempergunakan sisa waktu ini untuk berjalan-jalan ke Bogor, menghabiskan waktu liburannya.

Menurut pendapat saya … Kondisi lalu lintas Bogor … dan juga kondisi cuaca kota Bogor … sudah sangat berbeda dengan apa yang pernah saya rasakan dulu.

Jaman memang sudah berubah … !!!

SO ….
Lebaran kemarin pada kemana nih teman-teman ???

.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

21 thoughts on “LEBARAN KEMANA OM ?

  1. saya juga ke bogor tuh… eh bukan bogor itu ke jonggol tepatnya.. rencananya ke bogor tapi diurungkan karena masalah waktu…

    Memang disepanjang jalan banyak plat B yang menuju ke bogor dan bandung, sedangkan arus sebaliknya banyak juga yang ke Jakarta. Jadi di Mall itu banyak sekali plat mobil D dan F. Salam.

  2. Saya juga ga jauh dari Bogor Pak tepatnya Cipanas, karena kami sekeluarga tidak pulang kampung.
    Baru kembali ke Jakarta pagi ini (23/8) pukul 4, sehingga sebelum pukul 6 kami sudah sampai di Jakarta. Tapi masih sempat shalat Subuh di Rest Area pertam dari arah Ciawi.
    Salam ya Om utk semua keluarga…🙂

  3. Wah, full tuh acara lebarannya ya OM. Kalau saya stay cool di rumah, open house…hehehhee, berasa artis saja ya. Aslinya ya karena ortu saya anak sulung dan sdh gak ada embah lagi..

    hepi idhul fitri Buat Om Nh dan keluarga:)

  4. kl saya ke garut om, kebetulan ini pertama kalinya saya lebaran disana karena suami saya asli sana dan ini lebaran pertama yang kami lewati bersama.., seru juga lho lebaran disana, suasana lebaran benar2 terasa karena banyak tetangga yg datang untuk silaturahim..:)
    selamat lebaran ya untuk om treiner dan keluarga, semoga lebaran ini benar2 bisa menjadikan kita kembali fitri, amiin..:)

  5. saya baru dateng mudik dr kampuang om…ini msh di draft postingan crita mudiknya hihihii🙂
    msh sm kaya taon kemaren cuman bedanya taon ini bawa baby jd acara mudiknya ya silaturahmi kerumah sodara2 aja, minus jalan2 keliling2 tempat makan atau tempat wisata…

  6. Lebaran kali ini, kami juga hanya bersilaturahmi ke rumah oom di Tegal, lalu di hari ke2 sempat main di pantai bersama keponakan, selebihnya dirumah saja ngrumpi dengan kakak adik, hehe… waah…sempat menikmati lagi salju kapuk ya Pak… kangen lagiii… hehe…

  7. kami baru akan ziarah besok om.
    abis maren2 mantau lokasi penuh dengan penziarah lainnya
    berharap sih besok tak perlu berdesakan

    masih mending om ada tamu yang datang
    klo kami sih rame yg datang, tapi bukan buat lebaran hehehe

    met idulfitri ya om, maafkan khilas saya selama kita bertukar kata yah🙂

  8. 3 hal Om… :

    1. Jawaban pertanyaan
    Tadinya mau jawab pertanyaan Om yang di akhir tulisan di atas, tapi kayaknya terlalu panjang kalau di sini. So, saya bikinlah postingan khusus untuk itu.. Makasih ya Om, sudah menginspirasi..🙂

    2. Ngota
    Beberapa kawan saya yang tinggal di Jogja dan ortunya di Jakarta, juga ngota Om.. Bingung juga mencari istilah khusus buat yang pulang ke kota ya Om, hehe.. Tapi, yang pulang dari Jakarta ke Jogja bukannya ngota juga ya? haha..😀

    3. Pulkam
    Tahun depan kita lebaran di Sumbar yuk Om, hehe…

  9. Lebaran memang menjadi ajang bersilaturrahim. Bila pada hari biasa rumah sanak keluarga dianggap jauh, namun tidak di hari raya. Rela bermacet-macet ria, demi bisa bertemu dengan keluarga.
    #sedang membayangkan suasana salju kapuk…🙂

  10. Asyik ya oom anjangsana ke kerabat2.
    Saya lebaran benar2 di rumah karena harus mendampingi emak menerima tamu dari kerabat dan tetangga, maklum emak alumnus Stovia, jadi paling sepuh diantara kerabat dan tetangga sekitar.

    Datangnya byuuuuk..rombongan beserta anak cucu mereka..rame bang get

    Juga rombongan tamu dari luar kota keponakan dan cucunya Ipung..juga byuuuk.. ada yang renang nggak mau mentas sehingga bengok2 minta renang lagi.

    Tamu istimewa adalah mbak Yuni dan mbak Priiit bersama suaminya. Mereka menginap semalam-semalam. Serasa jadi anak saya saja mereka itu ha ha ha ha

    Salam hangat dari Jombang. Insya Allah habis Jum’atan kembali ke ibukota..Jawa Timur alias Surabaya

  11. Saya mondar-mandir ke RS, Om😀 Tapi sempat juga mengunjungi kerabat suami di Depok. Muacetnyaaaaaaaaaa….byuh…byuh….
    Liburan kali ini tidak kemana-mana, mungkin nanti akhir tahun saja🙂

  12. Libur lebaran (eh, gk ada libur lebaran ding😛 ), lebaran saya ngumpul bersama keluarga Indonesia di Tokushima, Om… Nanti saya bikin postingannya juga deh…

    Salju kapuk itu bikin batuk gk Om?

  13. saya baru kali ini lebaran tidak ke mana-mana. eh, tapi berkunjung ke rumah teman di cilebut, ding. tapi cuma itu aja. nggak ke rumah saudara. males kena macetnya itu lo. ternyata pinggiran jakarta kalau lebaran macet. jadi pengen santai di rumah saja.

  14. wah si om sama kayak suami saya…tanggal 23/8 udah masuk kantor……malah suami saya tanggal 19 /8 masih kerja….ajee gileee….bosnya mah udah pulang kampung…anak buahnya masih dsuruh lembur….enaknya jadi bos wkwkww…….

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s