Diposkan pada NGEBLOG

NGE-BLOG CARA TRAINER


 –

Aku mau sharing saja bagaimana cara aku nge BLOG.  “Ngeblog Konservatif Tradisionalis” cara Trainer.  Aku selalu menulis naskah dimalam hari … ketika leyeh-leyeh, istirahat sambil baca koran dan nonton TV di Rumah.  Aku mengetik dahulu tulisanku di Microsoft Word.  Aku baca berkali-kali … edit sana-edit sini.  Lalu Save.  Jika hari Sabtu-Minggu tiba … waktu menulisku menjadi lebih panjang.  Semua tulisan aku kumpulkan di satu file draft dokumen.  Dirumah tidak ada internet.  So always offline @ home.

 

Baru pagi harinya di kantor.  Aku pilih tulisan sesuai keinginanku.  Dan di copy paste kan ke Blog.  Aku tidak berlama-lama membuka Blogku di Kantor ….  Ndak enak juga sama Kantor kalo aku pake fasilitas itu untuk berlama-lama nge Blog. … (bbeeuhh)

 

Tidak semua draft tulisan di MS Wordku itu aku postingkan.  Aku pilih sesuai moodku saja. Draft naskah tulisan di MS word ini juga berfungsi sebagai Back Up Blogku.  Itu sebabnya kenapa setiap hari aku selalu bisa meng update blog ku dan memposting tulisan baru … Karena persediaan tulisan Alhamdulillah cukup.  (Mutu ???, gimana nanti saja …)(Yang penting prinsipnya adalah … NGGAK BOONG, NGGAK NYONTEK dan NGGAK JOROK).  And ONE PAGE ONLY  …  atau setara dengan  400 – 500 kata saja per tulisan …).

 

Selain mengup-load tulisan,  … dikantor aku juga melakukan kunjungan balasan ke Blog temanku atau mencari blog-blog baru lain yang menarik.   Sementara mencari ide, mengetik dan menyunting … itu murni kerjaan di rumah.

 

Bagaimana jika Ide itu tiba-tiba saja muncul ketika aku di Kantor ? … ya tetap saja sama … tulis di MS Word dulu … sunting sana-sunting sini … lalu simpan.  Jika merasa perlu untuk di posting … ya diposting langsung hari itu … jika tidak … ya tetap tersimpan di MS Word.

 

Aku tidak tau bagaimana sejatinya cara menulis atau cara nge BLOG yang baik itu … yang seperti apa …???.  Namun yang jelas … aku tidak akan berhenti belajar, terus mencari cara yang terbaik untuk ngeBLOG.   (Baik tekhnik menulis, Blog-etiket, maupun tekhnik memberi variasi blog-cosmetics).  Dari mana belajarnya ??? … Ya yang pasti dari BLOG-BLOG teman-teman blogger-bloggerku tentu … !!!

Tidak ada kata terlambat untuk Belajar …! … dari siapa saja … !!! ( bahkan dari anak SMP sekalipun).

 

(cuma sayangnya anak SMP – SMA jarang ada yang mau temenan ngeblog sama aku  )

(yyyaaa iyyyaaa llaaahhh )…. (Maaalllleeesss QQqaaallleeee …)

(Blognya Om-om sapa yang minat coba …)

 

(secara beda generasi gitu loh …) …  

.

.

 

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “NGE-BLOG CARA TRAINER

  1. aiiiish pengen Om… saya malah bisa menulisnya pas jam pulang kantor sebelum pulang ke rumah.. huhuhuhu
    kalo udah di rumah mah boro-boro pegang komputer deeeh.. hiks

  2. hm,, saya kalo da mood baru nulis…

    bisa dikelas waktu lagi ada dosen *jangan dituri ya ade-ade…*

    bisa dikantor pas bos gak ada,,, :mrgreen:

    atau pas gi liburan dirumah… *cuman ini yg bener*

    sip, jgn pernah berhenti buat belajar…

  3. (cuma sayangnya anak SMP – SMA jarang ada yang mau temenan ngeblog sama aku )

    (yyyaaa iyyyaaa llaaahhh )…. (Maaalllleeesss QQqaaallleeee …)

    (Blognya Om-om sapa yang minat coba …)….

    duh kok nyindir sih pak… tapi saya optimis lho hahahahahahaa

  4. Don’t worry Pak, bagaimanapun prosesnya yg penting hasilnya “renyah”, enak dinikmati, sering menghanyutkan baik dalam keharuan maupun dalam keterpingkalan … Keep writing and blogging, and most of all thanks for sharing (maaf sedang latah ikutan capres yg suka ngomong sedikit-sedikit campur pake bahasa inggris) …

  5. aku sudah baca berulang kali caramu ngeblog om..berulang kali 🙂

    konservativ? bangettt…:)
    Banyak pakemnya…yang sering kali aku langgar 🙂

    Belakangan aku lagi males bw om…kadang baca aja tapi gak komen…hihi..gak papa kan om…Eh eh ..kalo ketempatmu si aku …selalu 😛

  6. wow, salut dg sebegitu diseriusinya sang blog tersayang. kalo aku justru kebalikannya, om. di rumah gak mungkin ngapa2in lagi selain ngurus anak.

    nge-net dan nge-blog cuma bisa dilakuin di kantor, itu juga cuma kalo lagi gak ada kerjaan.

  7. Aku nggak bisa simpan tulisan, Om. I am explosive, seperti yang Om bilang. Dynamite.. remember?

    Tapi biarin aja,deh.. tiap orang punya cara masing2 untuk ngeblog, nggak perlu ikut2an.. Yang penting memenuhi tiga syarat itu, Om. Nggak Nyontek, Nggak Jorok, Nggak Boong. Cukup, lah… 🙂

  8. Satu lagi gaya nge-blog Om Trainer adalah dengan selalu menggunakan huruf kapital untuk judul tulisan, gak semua sih.. tapi hampir sebagian besar begitu.

    Itu kenapa ya Om? koq selalu pake huruf kapital?

  9. wah, kite sama dunk om. neng juga seringnya nulis dirumah. soalnya kalo nulis begitu mau ngeblog, gak bakalan ada yang keluar.
    btw, neng anak smp mau kok temenan ma om.
    *anak smp 11 taun yang lalu kaleeee*

  10. karyawan yang baek nih… gak mau ngeblog lama2 di kantor… 😛
    yah meskipun masih muda, saya masih mau kok berteman dengan om… (gak inget umur)

  11. Hohohoho saya mau sharing juga Pak….

    Cara menulis BLOG saya yakni ketika saya mempunyai ide dan ingin menulis, saya langsung menulis saja dan langsung dipublish waktu itu juga..
    Bisanya edit setelah saya publish dan saya baca sendiri di BLOG, ketika ada penulisan ejaan yang salah, ya saya betulkan, namun untuk isinya ya apa adanya itu..

    Hhmm…MUngkin jika Pak Trainer ada kesempatan bisa mengunjungi BLOG saya dan silahkan membaca tulisan-tulisan yang tanpa konsep, asli…

    Salam hangat Bocahbancar….

  12. wah…saya nggak punya sistem nih om….berantakan! chaos…..!!! makanya paling seminggu sekali baru bisa posting….

    pelan-pelan deh om…mencoba menemukan caranya 🙂

  13. Sumprit nih, Om, sumprit, dari awal hingga nyaris akhir tulisan ini aku membaca dengan senyum, kadang mengaggukkan kepala, menaikkan alis, sembari membayangkan wajah Om di setiap aktivitas yang di ceritakan di atas. Pokoknya serius puol.

    Tapi aku nggak bisa membendung ngakak begitu membaca ending tulisan yang tercetak warna biru itu. Hahahahahaha…!!!! Asem tenan! Orang udah serius manggut-manggut, mencermati, eh lha kok dikatamkan dengan kalimat dodol seperti itu. Hadooohhh… Ini aja masih belum berhenti ngakak aku. Whew!

    Tapi rasanya memang tidak ada pakem setepat-tepatnya dalam kenyamanan nge-blog, Om. Kukira setiap blogger punya ranah tersendiri dalam soal selera. Tapi lain soal kalau bicara tentang etika. Rasanya mesti ada kesepahaman juga. Bukan lagi soal selera itu.

    Rupanya itu kenapa setiap pagi selalu ada posting fresh di sini. Sampai aku selalu luput mengikuti (setiap hari je!).

    Tapi ada yang menarik rupanya. Sepertinya cara Om nge-blog jauh dari intervensi emosi atau suasana hati saat hari posting. Maksudku, Om sudah punya begitu banyak stok tulisan yang dapat diposting sesuai selera. Bukan berarti tidak ada emosi atau hati saat menulis. Karena banyak kan orang posting melulu tentang suasana emosi dan hati dia saat mau posting. Langsung tulis, langsung posting. Jadinya terbaca banget ritme atau atmosfer orang bersangkutan.

    Kalau Om, unpredictable. Misterius. Hehe. Saluir!

  14. Sudah ooom, tulisan mu ini sudah punya ciri khas, cemen tapi ok banget. pindah pakai COM gih…. biar gampang aksesnya.

    Cara nulis nggak usah ribet pakai aturan yang terlalu kaku, intinya yang ada di kepala tuangkan semua. udah gitu aja. Bedanyanya hanya lebih terkonsep. nggak seradak seruduk kek tulisanku. Cepet pasang internet di rumah Rindu chatting nih. wakakakak

  15. duh, aku gak punya cara tertentu deh. sepertinya harus belajar dari cara trainer ini nih… 🙂

    ssstt… mau dapat teman blogger anak sma? coba kunjungi blognya imoe, hehehe… 🙂

  16. ah…om bisa aja….
    kata siapa anak smp gak mau baca blognya om….
    kata siapa???? mana anak smp nya???
    wong diriku yang baru kelas 6 sd aja doyan kok….hihihihi….

  17. heheeh….ada kale om anak SMP/SMA yang baca blog ini, om aja yg ga tau 😀 . Saya juga selalu ngetik di MS Word sebelum di posting, cuma ga ada stock tulisan…on the spot ajah..ngetik trus posting

  18. Wahh om..agar anak SMP mau baca mesti berbaik-baik sama putranya nih…ada yang masih SMP kan?
    Lha pembaca blogku, usianya mengikuti usia si bungsu…maklum pembaca awalnya ya teman2nya….hehehe…

    Waduhh…pantas tulisannya banyak ya, lha leyeh2 kok ya bisa buat postingan. Lha kalau saya, leyeh2 ya bablas terus tidur….

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s