Posted in HEADLINE NEWS, PERASAANKU HARI INI, TRAINING

BEST STUDENT VISIT 2011


.
13 Desember 2011

Saya rock and roll lagi.  Ini adalah tugas rutin saya setiap tahun. Tugas untuk memfasilitasi sebuah acara yang diselenggarakan oleh departemen CSR di perusahaan kami.  Acara tersebut pada intinya adalah mengumpulkan 69 orang mahasiswa-mahasiswi terbaik dari 23 universitas/institut terkemuka di Indonesia.  Selama 3 hari mereka akan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dirancang khusus untuk mereka. 

Setiap tahun beda-beda romantikanya.  Setiap tahun punya cerita sendiri-sendiri.  Cerita-cerita tersebut sempat juga saya ceritakan di blog ini  … Simak di …

Tahun 2008 : DISINI
Tahun 2009 : DISANA
Tahun 2010 : DISITCHU

Dan kini … 2011 …
Alhamdulillah saya masih tetap dipercaya untuk memimpin acara menantang ini.   Adrenalin saya selalu sontak menggelegak jika diminta untuk memfasilitasi session Ice Breaking semacam ini. 

Apa pasal ?
Sebab mereka … anak-anak muda ini … mahasiswa-mahasiswi pilihan ini … by nature … sangat enak untuk di fasilitasi … Mereka Pintar … Mereka Dinamis …  Mereka Kocak … Mereka Spontan … Mereka Berani … Mereka juga Santun. 

Bening ??? … Tampan ???  … oohhh itu sudah pasti bouw … “Ranum en Seger” punya weiceh … !!!  (hah)
Berada diantara mereka … saya seperti sedang bercanda dengan anak-anak saya sendiri.

.

So apa cerita tahun ini ?

1.  BERDUKA
Saya sempat terdiam lama.  Ketika seorang panitia bilang kepada saya bahwa ada salah satu peserta yang sedang berduka.  Dia wakil dari  Universitas Sriwijaya Palembang.  Ayahandanya baru saja meninggal dunia beberapa hari yang lalu.  Namun dia bertekat untuk tetap mengikuti acara ini.  Tetap datang memenuhi undangan kami.  Sungguh saya pujikan semangat anak muda ini.  Memang sekali-dua saya perhatikan dia tidak bisa menyembunyikan rasa sedihnya … namun teman-teman (baru) nya spontan memberi dukungan.  Entah dengan cara menepuk-nepuk punggung .  Atau sekedar mengajaknya bicara.  Pertemanan yang indah.

.

2. BATIK
Ada satu hal lain yang saya juga salut kepada anak-anak muda luar biasa ini.  Panitia mengumumkan bahwa akan ada acara makan malam bersama.  Dress code : mengenakan pakaian bebas – rapi. 

Dan mau tau apa yang terjadi ???
Malam itu saya terkesima sodara-sodara.  Sebab ada banyak sekali dari mereka yang mengenakan baju bermotif BATIK.  Padahal tidak ada kewajiban dari panitia untuk mengenakan batik.  Namun mereka … walaupun tidak janjian sebelumnya … Kompak memakai batik.  Nasionalisme mereka tak perlu dipertanyakan lagi.  Aahhh saya malu sama mereka.  Saya sendiri hanya mengenakan kemeja biasa malam itu.   Sementara mereka dengan bangga memakai Batik.  Warisan asli Indonesia.

Cakep-cakep … dan cantik-cantik.  Hawong bahan bakunya sudah bagus … dipakaikan baju Batik lagi … Tentu tambah “Kinclong” dan “Bersinar” mereka … 🙂

3. BE INSPIRED
Salah satu permainan yang saya berikan kemarin adalah … mereka secara berkelompok diminta untuk membuat prakarya.  Prakarya yang di buat dari bahan seadanya.  Dan saya minta mereka mempresentasikan sedikit latar belakang filosofi karyanya.  Hasilnya ?  Ada banyak kreatifitas yang mereka sajikan. 

Namun saya terkesan dengan karya salah satu kelompok.

Mau tau apa yang diperbuat oleh kelompok tersebut ?
Ini snapshotnya …

(Photo courtesy of "Voila")

(ternyata karya mereka jauh lebih ganteng dari aslinya …)(hahahha)

Kelompok ini berusaha (keras) membuat replika dua dimensi dari wajah saya.  Terbuat dari bahan serbuk kopi 3 in 1, korek api kayu, piring kertas, stik gagang eskrim,tissue, lem dan sebagainya.   Dalam presentasinya, mereka sempat bercerita bahwa pada awalnya mereka bingung akan membuat apa … namun … tiba-tiba saja mereka keluar dengan ide … bagaimana kalau membuat wajah Pak NH saja.  Sebab … katanya … saya menginspirasi mereka … (aaahhh saya tersipu malu, wajahpun bersemu merah). (halah).

Saya bilang pada mereka … “Wah … asik … Gigi saya masih terlihat kumplit yaaaa … ” 
(Padahal kan … ??? qiqiqi …)(Sssttt tapi ini diantara kita-kita saja ya … mereka kan tidak tau kalau gigi saya itu ..@#$%^)

So … Dave, Annisa, Firman, Ilham, Mellisa, Novami, Ronald dan Yuliana (ini nama sebenarnya)
From the bottom of my heart … Terima Kasih ya … Saya tersanjung !

.

So jadi demikianlah …
Anak-anak muda ini sungguh membuat hati saya optimis.  
Optimis bahwa … Indonesia kelak akan menjadi lebih baik … dan lebih baik lagi … di tangan mereka.

Anak-anak muda berkualitas … dari negeri tercinta ini …

Salam saya

.

.

Note :
Ada lagi surprise dari salah satu peserta, wakil dari Universitas Andalas.  Dia berkata pada saya …
“Pak … saya sempat baca blog bapak lho kemarin, waktu saya cari referensi mengenai acara ini …” 
(waaa … blog ekeh dibaca oleh salah satu dari mereka)(senangnya)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

36 thoughts on “BEST STUDENT VISIT 2011

  1. Membaca cerita dari om, saya jadi pengen ikut di dalam acara itu juga.. tapi apa daya, boro-boro menjadi mahasiswa terbaik di kampus, nama-nama pohon-pohon saja belum hafal (derita anak Kehutanan: menghafal😛 ). Semoga mereka sukses, semoga om sukses, dan jangan khawatir om, prakarya itu sama om tetap gantengan…

    …er… dua-duanya ganteng. Siiip. Terima kasih.😀

  2. Ikut terharu saat anak-anak yg luar biasa itu tanpa janjian mengenakan batik. Cubitan dari negara tetangga yg mengklaim bahwa batik adalah warisan budaya mereka ternyata ada juga hikmahnya. Sementara anak yg baru saja kehilangan ayah, semoga baik-baik saja. Ayahnya pasti bangga melihat dia berada di tempat pelatihan ini..

  3. hihhihii pas liat gambarnya udah mo komen soal gigi yang lengkap itu
    eh sama om trainer malah dibahas sendiri hahaha
    jadi saya ngakak 2x deh disini xixixi

    wah, sya ketemunya anak2 muda yang suka bolos, makanya jadi pesimis om hiks …

    1. kemarin saya lupa minta izin sama mereka …
      jadi saya nggak (belum) berani nampilin …

      kalau tahun-tahun sebelumnya saya sudah sempat minta izin

      salam saya kak

  4. Om Nh asik yaaaa bisa punya gambar 2 dimensi🙂 Lucu banget gambar nya… salut deh buat kakak2 yang ngebuat nya….
    Dah lama nih om saya engga berkunjung ke blog nya om… lagi sibuk nihh… UN Bentar lagi…huaaa… (haduh jadi curcol gini yah..ahahahha)

    apa kabar nih om?
    semoga baik ya…🙂

    salam hangat om…

  5. Bergaul dengan anak muda pasti sangat menyenangkan, apalagi anak muda pinter, santun…banyak yang dapat kita harapkan dari mereka, agar nantinya bisa lebih membantu membangun Indonesia ini.

    1. sepertinya sih ada beberapa blogger …
      tetapi sayangnya waktu kemarin itu saya belum kenal satupun dari mereka
      kita belum pernah berinteraksi sebelumnya di maya

      salam saya Nie

  6. Waduh BSV bergengsi ini segmen pengikutnya mahasiswa/i putra negara saja ya, smoga diperluas biar kebun kami bisa ikut gelar akbar yang difasilitatori Om Trainer. (Mohon ijin mengadopsi ‘anyaman-inspiratif’ nya ya Dhimas). Salam

  7. Waahh Om memang inspirasi setiap orang,..
    Mbayangin student2 yang ranum,bikin tambah smangat ya OOmm..qiqii…

    Perlu ada pengakuan yang sejujurnya dari hatiku ..
    Kalo memang karya mereka jauh lebih ganteng dari aslinya
    Coba yang aslinya senyum pepsodent kabuur..!!

  8. hihi…asyik ya pasti…sejak acara berlangsung om gak pernah bicara ttg blog ya? :d
    dia juga seorang blogger ya om?😀
    saya gak tau itu yang disensor, hihi… %&$(%*#@^

  9. healaaah.. kok aku gak dapet undangan iki..
    hehhehehe.. PD banget. tapi memang oom.. setuju banget sama penilaian soal adek-adek Mahasiswa (paham banget, yang pasti bukan kelompok mahasiswa kek aku, pastinya yang lebih mudaaa. hihihihihi) :

    Mereka Pintar … Mereka Dinamis … Mereka Kocak … Mereka Spontan … Mereka Berani … Mereka juga Santun.

    karena, di kampus kalau ketemu sama adek2 S1 ini seneng banget ngeliat energi mereka. dan setiap ngeliat mereka, aku kek dapet energi baru: mereka yang lebih muda saja bisa punya semangat.dan sama seperti oom, aku melihat energi mereka (aku keluar dulu deh dari lingkaran ini, hahahaha) aku ikut optimis. banyak kok mahasiswa-mahasiswa itu yang ga melulu mengeluh dan mengomel dan galau (duh).

  10. pasti menyenangkan kumpul dnegan mereka-mereka ini ya Oom..
    saya selalu merasakan hal yang sama, kalo kumpul sama adik2 Junior paskibraka..
    tapi, langsung berasa tua karena semua manggil kak, hahhaha…

    prakarya ituh,, manis sekali, segera di pigura Oom…

    salam sayang..

  11. Hahaa….
    Saya suka bacanya Om.
    Prakarya yang mereka buat itu, tentu akan jadi kenang2an tak terlupakan, bagi mereka dan bagi Om sendiri off course. Karena prakarya itu sebenarnya berartiiii…. mereka suka pada trainernya.🙂

  12. ….semoga anak-anak muda itu tetap bisa menjaga kesantunan dan idealismenya saat terjun ke dunia kerja….saat dipercaya mengambil peran dalam membangun bangsa… ( deuhh..serius amat..🙂 )

  13. Membaca tulisan ini aku terbius ikut optimis ya Omn sungguh…

    Andai aku masih mahasiswa saat ini, pasti aku akan cari mahasiswa asal Universitas Sriwijaya yg sedang berduka tersebut,mumpung sekampung, why? Untuk bertanya apa syaratnya untuk ikutan acara ini.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s