Posted in VOLUNTEERING

KIB 2 : SDN SITU GEDE 1


Judul lengkapnya adalah : KELAS INSPIRASI BOGOR 2 : SDN SITU GEDE 1

Beberapa waktu yang lalu saya memberanikan diri mendaftar untuk menjadi relawan pengajar di Gerakan Indonesia Mengajar, melalui program khusus yang bertajuk “Kelas Inspirasi”.  Kebetulan lokasi yang tersedia saat itu adalah untuk wilayah Kotamadya dan Kabupaten Bogor angkatan ke 2.  Sehingga disebut Kelas Inspirasi Bogor 2. (untuk selanjutnya disingkat KIB 2).

Program Kelas Inspirasi ini pada hakikatnya adalah suatu gerakan yang mengajak masyarakat umum, terutama para profesional, untuk turun ke sekolah dasar (SD) selama satu hari untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja, sekaligus memberi motivasi kepada para murid SD.  Harapannya adalah agar anak-anak dapat terinspirasi dari profesi-profesi yang diceritakan oleh para inspirator, dan mereka dapat bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka.

Sifat dan sikap dasar dari gerakan ini adalah sukarela, bebas kepentingan, siap belajar, terjun langsung, siap bersilaturahmi dan tulus.  Yang terpenting adalah ini semua dilakukan tanpa dana.  Kalaupun ada biaya, itu hanyalah iuran kecil saja dari para relawan untuk sekedar membeli snack atau perlengkapan mengajar.

Alhamdulillah permohonan saya dikabulkan dan saya pun bergabung bersama 300-an orang relawan untuk mengajar di 25 SD yang tersebar di seluruh Kotamadya dan Kabupaten Bogor.  Kami dibagi menjadi beberapa kelompok.  Saya tergabung dalam kelompok 20, yang beranggotakan delapan orang.  Kami mendapat tugas untuk mengajar di SDN Situ Gede 1.

SDN Situ Gede 1 terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kotamadya Bogor.  Sekitar satu kilometer dari terminal bis Bubulak.  Ada 7 rombongan belajar di sekolah ini.  Kelas 1 sampai dengan kelas 6.  Kelas lima ada paralel 2 kelas, 5A dan 5B.  Rata-rata murid dalam satu kelas antara 20 – 35 orang murid.  Menurut kepala sekolah, sebagian murid berasal dari keluarga dengan mata pencaharian buruh serabutan dan berpenghasilan tidak tetap.

Berikut adalah gambaran kurang lebih kondisi fisik bangunan SDN Situ Gede tempat kami mengajar :

KI1
(photo by @nh18)

.

SD ini terletak di tengah perumahan penduduk yang relatif padat.  Jarak sekolah dengan rumah penduduk hanya selebar gang saja.

KI2
(photo by @nh18)
KI2b
(photo by @nh18)

.

Dapat dilihat dalam foto berikut pintu gerbang masuk sekolah :

KI2c
(photo by Fanny, KIB 2 Kel 20)

.

Foto-foto berikut adalah situasi kelas dan ruang guru …
(FYI : ruang kelas hanya ada 3 lokal saja, dibagi penggunaannya untuk 7 rombongan belajar.  Sehingga mau tidak mau ada kelas yang masuk siang hari).

KI3
(photo by @nh18)
KI4
(photo by @nh18)
KI4b
(photo by Fanny, Kel 20 KIB 2)
KI5
(photo by @nh18)

(Lihat meja di bagian ujung koridor ? … itu adalah kantinnya !)

.

Ini adalah kondisi toiletnya …

KI6
(photo by @nh18)

Jadi begitulah sodara-sodara sekalian …
Beberapa foto yang menggambarkan kurang lebih kondisi sekolah dasar, tempat dimana kami akan mengajar.
(Catatan : Ini lokasinya di Kotamadya Bogor, hanya 30 menit saja dari Ibukota Negara )

Bagaimana persiapan dan juga situasi kelas pada saat hari Inspirasi 9 September 2014.

Akan saya tuliskan di bagian berikutnya !

Tet teret tereeeetttt … Wuuuuzzzzz !!!

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.Bagian 2 : KIB 2 : Hari Inspirasi (coming soon)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

31 thoughts on “KIB 2 : SDN SITU GEDE 1

  1. Lokasinya prihatin juga ya, Om. Sekalipun begitu saya berharap dari sekolah ini akan lahir pemimpin dan anggota masyarakat yang mengujudkan mimpinya penuh keberanian. Amin

  2. Ide KIB ini bagus banget untuk kedua belah pihak.
    Kreasi seperti ini patut dicontog oleh anak-aak muda yang lain
    Salut kepada Om Nh
    Terima kasih artikelnya yang informatif
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Masih ada SD yang kondisinya seperti ini ya, Om. Semoga ayang melangkahkan kaki sebagai sukarelawan diberi pahala dan rezeki yang besar. Moga2 anak2 Indonesiaa makin cerdas dan berkarakter. Salam KIB!🙂

  4. aduh ini yang pengen saya lakukan dari dulu , spertinya akan bahagia bisa share berbagai macam pengalaman kita untuk anak sd ,dan dapat memotivasi mereka. jika mau daftar apakah ada alamat website / email atau organisasinya?

  5. Waaahhh, Bogor kan daerah sayaaa😀
    Pengen banget bisa ngajar gitu, tapi mungkin nantilah setelah kedua malaikatku dewasa. Saat ini msh blm bisa bagi waktu.

    Sukses ya, Om, semoga semua berjalan lancar.

    (Btw, HBD, Om…klao gak salah😛 )

  6. Dengan kondisi fisik sekolah yang seperti itu, semoga tidak mengurangi esensi belajar-mengajar ya Om… Tentunya dengan kehadiran Om dkk di situ, dapat mengungkit semangat anak-anak untuk terus belajar demi masa depan yang cerah ceria…:)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s