Posted in TRAINING

UNDIAN PROMOSI


.

Promosi adalah upaya jangka pendek untuk meningkatkan pembelian atau merangsang pencobaan suatu produk / jasa.  Salah satu upaya promosi, yang sering dilakukan adalah melalui cara menyelenggarakan undian berhadiah.

Mari kita lihat contoh imajiner berikut ini …

Ada suatu produk Deterjen … sebut saja bermerek ”NH”.  Produk ini melakukan upaya promosi undian berhadiah …

Perhatikan caranya …

  1. Belanjalah produk deterjen NH, di supermarket X …
  2. Pembelian harus minimal seharga Rp. 100.000 dalam satu struk.
  3. Pembelian Deterjen ”NH” ini harus disertai juga dengan pembelian Produk Sabun ”NH”, Kecap ”NH” dan juga … Bedak ”NH”
  4. Kumpulkan struk-struk tersebut …
  5. Jika telah terkumpul 5 struk … tukarkanlah dengan satu lembar kupon undian.
  6. Kupon Undian dapat anda dapatkan di Radio NH.  Dengan alamat Jalan anu, nomer sekian.  Jakarta Utara.
  7. Isi lengkap Kupon undian tersebut.
  8. Kirimkan kupon undian tersebut ke PO BOX JKT-BDG PP 45000, dengan melampirkan fotocopy KTP dan fotokopi Kartu Keluarga …
  9. Kupon yang terkumpul akan di undi didepan notaris …

10. Akan diundi 3 orang pemenang … dan Pemenang yang beruntung masing-masing akan mendapatkan … 1 Paket Hadiah

Dan mau tau hadiahnya …

  • Paket hadiah terdiri dari 1 Topi cantik dan Gantungan Kunci … (eeeaaaalllaaahhh)

Huahahahaha …. Aaadddooohhh !!!

Hadiahnya ”cuma segitu” … tak sepadan dengan korbanannya (i.e 100 rebu kali 5 struk)

Jumlah pemenangnya pun cuma 3 orang …

Tapi tata cara mekanismenya ribet sangat … tiada terkira ???

So yang ingin saya sampaikan disini adalah

Kunci keberhasilan dari suatu upaya Promosi Undian Berhadiah adalah …

  • Mekanismenya harus sederhana … simple …
  • Tetapi tetap memerlukan usaha yang sedikit lebih dari Konsumen untuk mengikutinya.
  • Hadiahnya cukup ”mengundang” (a.k.a … ”bernilai”) dan disesuaikan dengan kebutuhan Target Market … (apa yang diidamkan oleh mereka …?)
  • Atur schedule waktu yang masuk akal … (dikumpulkan kapan, diundi kapan ?)
  • Jenis hadiah berjenjangnya cukup beragam dan …
  • Pemenang per jenjangnya pun cukup banyak …

Sehingga dengan demikian,

Konsumen akan tertarik untuk mengikutinya … dan juga tertarik untuk membeli produk tersebut dengan lebih banyak lagi … agar kemungkinan menang menjadi lebih besar …

Dan by the end of the day … tujuan dari upaya promosi ini pun bisa tercapai …

(diambil dari modul Marketing Communication, Sub Bab Marketing Communication Tool, Chapter : Consumer Promotion)
(by NH of cour
se …)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

35 thoughts on “UNDIAN PROMOSI

  1. entah kenapa, embel2 “berhadiah” gitu selalu bikin ngiler konsumen (baca: saya sendiri!). biar kata hadiahnya cuma peniti cantik (selalu diembel2i dg kata ‘cantik’. kenapa ya?)….

  2. Walah, ribet banget. Lebih baik hadiahnya langsung diundi di tempat, jadi gak repot. Walopun ternyata hadiahnya cuman 1 sachet softener hahahaha……

    Eh, tapi bener lho, Om. Emak2 seperti diriku ini paling seneng kalo ada iming-iming “hadiah”. Padahal gak pernah pake deterjen merek NH tapi nek ada hadiahnya bisa jadi beli lho…. Emak-emak sejati hahahaha…..

  3. setujuuu om..
    kadang2 kita emang harus sedikit jeli kalau mau ikut undian2 gitu
    tapi aku juga blm pernah ikutan sih om, rada2 males kalo di suruh ngirim2 gitu. Pengennya hadiahnya langsung hahahaha…..

  4. ….”3. Pembelian Deterjen ”NH” ini harus disertai juga dengan pembelian Produk Sabun ”NH”, Kecap ”NH” dan juga … Bedak ”NH”….

    variant produknya banyak bener, Om. Jarang-jarang sebuah company me-label dengan brand yg sama untuk produk yang kategorinya beda jauh (walopun masih consumer goods, sih)😀

    Saya pernah tuh menang undian Nutrisari waktu kecil, hadiahnya Barbie (Barbie asli lho!). Persyaratannya waktu itu cukup mudah, cuma kirim 20 sachet Nutrisari, and wala…!! Saya menang!😉

  5. Blogwalking….
    Undian promosi lah, undian berhadiah lah, apalah, taulah…pada bo’ong gt…

    Udah dapet undianna eh ditelepon malahan batas waktuna udah abiz hadah tape dech -_-! apaan tuh? dasar dech kurang kerjaan aja!!

    udah jangan pd percaya dach klo ada gt2an, banyak bo’ongna itu mah…

    salam sayank pakde

  6. Wadoooh, berat ni pembahasannya om, yg jelas dr sisi perusahaan sebenernya banyak kecurangannya, contoh: kl undian di **** biasanya udah ada kesepakatan dengan nasabahnya berani nabung berapa untuk mendapatkan apa….

  7. Ciehh si om lagi bagi bagi ilmu🙂

    Entah kenapa aku kok suka dengan gaya hadiah langsung. Misalnya, pake sabun tertentu…ada hadiah uang di dalamnya sebesar Rp 100.000. Gak ribet..pasti…dan ya..bermanfaat🙂

  8. kalo udah jelimet begitu sih siapa aja juga ogah om…apalagi nih hadiahnya cuman gantungan kunci…hehehehe…

    ilmu marketingnya oke nih om NH…ajarin dunk ponakan yg satu ini…

  9. dari dulu kok saya jarang banget tertarik ikut undian ya? jadi biarpun hadiahnya rumah gedong, saya malas ikut. kadang kalaupun ikut undian itu, cuma iseng saja. mottonya: iseng2 berhadiah. jadi sama sekali tidak pernah berharap. rasanya promosi yang pas buat saya adalah promosi yang jujur, yang menunjukkan sebenarnya produk itu apa dan apa gunanya. apa kelebihannya dibanding produk lain. konsumen spt saya sih nggak peduli ada hadiah/undiannya atau tidak.

  10. Hmmm…. sabun NH…. Kecap NH…. bedak NH…. *menduga-duga jangan-jangan Om NH beneran mau launchin produk nih*

    Ilmu yang bermanfaat Om… mudah-mudahan anak buah rentenir Bang Beni bagian promosi memperhatikan masukan dari Om NH ini, soalnya tak jarang saya menganggap aktivitas promosi Bang Beni kebanyakan tidak tepat sasaran dan kurang greget…🙂

  11. hihihi…aku tertawa sendiri waktu baca “bedak NH” kalau ada aku mau beli ah, mungkin aja aku jadi secantik Lun* May* hihihi…*ngimpi..

    Aku kok nggak terlalu berminat sama undian yang prosedurnya ribet gitu ya Om…apalagi endingnya: pajak ditanggung pemenang, walah…mending hadiah langsung aja deh..
    Tapi aku juga nggak suka yang berhadiah piring/mangkok/gelas, karena ingat pasti ribet punya pecah belah terlalu banyak, repot kalau pindahan…*curcol…🙂

  12. Wah…saya pernah ditelpon sebuah perusahaan katanya anda menang hadiah dari perusahaan tersebut..gratis ngga perlu bayar…datang aja kekantornya. Kebetulan iseng datanglah kesana he..he..ternyata dapat jam dinding dan minta mengambil kupon undian lagi..tapi yang satu ini harus dibeli apa pun hadiahnya. Kaburlah saya dengan berbagai alasan..! sampai dirumah hmmm ternyata jam dindingnya rusak..wkwkkwkw…!

  13. namanya strategi pemasaran, apa saja diusahakan agar memarik minat konsumen utk membeli.
    dan, yg paling sebal adalah ketika sebuah produk diiklankan, lalu ada tambahan embel2 kata : ” selama persediaan masih ada”
    wah, kalau saya sih, mending nggak ikut deh undian2 apapun.
    nunggu dikirimin bedak merk ”NH’ saja deh…………….he……he………
    siapa tahu bisa berubah jadi cantik jelita ………………..
    salam.

  14. tapi terkadang kan produsen juga punya limit terhadap budget yang bisa dikeluarkan untuk marketing. klo boleh tanya, bagaimana cara menyelaraskan budget yang tersedia hingga menjadi sebuah promosi yang efektif dan tetap menjaring banyak pembeli? biar kedua tujuan itu bisa didapat secara bersamaan…

  15. wkwkwkwkwkwkwk…

    paling ngakak pas nyampe di bagian hadiah topi cantik ealaaaaahh…😆😆

    ahahahahahahahkh…

    udah berbusa2 bikin persyaratan ini itu… ternyata cuman segitu beuh…😆

  16. * Hayo, hayo….para marketing segera baca MODUL Marketing Communication pada CHAPTER Consumer Promotion….Biar kita yang jadi konsumen tinggal nunggu AKTUALISASInya saja.

    * Undian promosinya mending yg instan2 saja, biasanya para ibu2 yg demen tuh…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s