HALAMAN


.
Masih tentang serba-serbi nge-blog.

Tentang Halaman.
Pada awal saya ngeblog dulu, saya kira ini seperti buku, sehingga setiap halaman itu berisi postingan-postingan kita yang telah lalu.  Mirip seperti halaman buku diary itu.  Namun saya salah.  Kata halaman disini ini, ternyata fungsinya lebih mirip seperti Folder.

Halaman utama / Beranda / Home … akan berisi postingan-postingan anda.  Sementara halaman-halaman tambahan yang lain, bisa kita sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan kita.  Saya tidak tau bagaimana platform yang lain mengatur ini semua.  Namun kalau di platform gratisan yang saya pakai.  Halaman-halaman tambahan ini hanya akan berisi satu lembar saja atau satu postingan saja.

Jika anda lihat … maka halaman yang saya create dan saya tampilkan di muka … selain beranda/home adalah :

1. U WRITE :
Halaman ini (sebetulnya) saya peruntukkan untuk mereka, para pengunjung blog ini … yang ingin menulis sesuatu.  Biasanya berupa komentar-komentar perdana … yang berisi perkenalan awal.  Khususnya bagi mereka yang baru pertama kali datang kesini.  Namun kenyataannya … halaman ini sekarang jarang ada yang memakainya. Pengunjung baru, ternyata lebih suka menulis komentar perkenalannya … langsung di kolom komentar postingan saya.

.

2. I’VE MET :
Sesuai dengan judulnya … halaman ini … khusus saya buat untuk menuliskan dan mencatat siapa-siapa saja para nara Blog yang pernah bertemu dengan saya.  Alias yang pernah kopdar pis tu pis dengan saya.  Halaman ini akan saya update ketika ada teman blogger baru yang baru saya temui.

.

3. MY PLAY :
Halaman ini adalah halaman “etalase” (hehehehe).  Showcase.  Halaman ini khusus memuat video yucup jika saya sedang kumat narcisnya.  Isinya tentu video berisi tingkah saya memainkan lagu-lagu daerah atau lagu anak-anak dengan menggunakan alat musik Yamaha Clavinova saya.  (Jujur belum semua saya unggah … saya takut memberatkan beban halaman blog ini).  Sehingga membuat lama loadingnya.

.

4. THEY CONTRIBUTE :
Kalau halaman yang ini … di dalamnya khusus memuat daftar nara blog yang telah berkenan untuk menjadi penulis tamu di Blog saya.  Saya sudah dua tiga kali mengundang para blogger untuk menjadi penulis tamu disini.  Yang terakhir adalah perhelatan KARSINI (Karya siapa ini)
Sengaja saya dedikasikan halaman ini untuk para penulis tamu tersebut, sebab … saya merasa tersanjung sekali mereka mau menulis untuk blog saya.  Bahkan ada yang dua tiga kali mengirimkan naskah tulisannya.  Mereka berasal dari seluruh Indonesia.  Mulai dari Medan sampai Kendari.  Dari Samarinda sampai Kupang.  Bahkan ada pula yang tinggal di luar negeri : dari Jepang, Miri, Taiwan dan juga Los Angeles USA.

5. MELAMAR KERJA :
Halaman ini adalah halaman pengantar … yang isinya kurang lebih mendeskripsikan proses rekrutmen yang harus dilalui oleh para pelamar kerja.  Halaman ini sudah lama.  Awalnya memang saya banyak menulis mengenai serba-serbi proses seleksi karyawan.

.

6.  ME AND MY FAM :
Kalau ini adalah semacam halaman perkenalan diri saya.  About Me.  Disana saya tuliskan sedikit mengenai siapa saya, apa pekerjaan saya, keluarga saya dan juga beberapa sifat / personality saya.

Jadi demikianlah sodara-sodara.
Halaman-halaman yang ada di Blog ini.

Mungkin ini bukan struktur pengaturan halaman / folder yang ideal …
Namun … paling tidak … saya mencoba untuk selalu berusaha membuat blog saya ini informatif dan mudah “dikendarai” oleh para pembaca … (ojeeeekkk kaleee …)

Bagaimana dengan halaman-halaman yang ada di Blog anda ???

Salam saya

.

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

49 tanggapan untuk “HALAMAN”

  1. iya Om, bisa lebih rapi dan mudah pemetaannya. Kalau pake label..kan bisa lebih mudah ya Om, jd kita batasi label postingan gak usah bnyk nama label..

    Eh, punya saya belum bisa set up TAb header kayak punya Om NH sih..#Plakkkk

  2. Menurut saya, saat kita memutuskan untuk membuat suatu halaman, berarti kita memang ingin menaruh informasi khusus/penting di situ. Jadi pengunjung tak perlu mengobrak-abrik blog kita. Hehe…

  3. lbog saya belum ada halamannya baru ada rumah induknya saja om 🙂 waktu saya pertama disini juga komen langsung di postingan bukan di u write

  4. dulu saya pikir halaman itu isinya bisa berhalaman-halaman. tapi ternyata cuma selembar doang. kuciwa hehe. tapi mungkin saya bisa mempergunakannya dengan lebih eylekhan kali ya om. biar sehalaman kalau dimanfaatkan, pasti berguna. cuma belum dapat ide nih 🙂

    1. Sama kris … saya juga berpikiran demikian awalnya …
      jadi seperti Tab dalam folder gitu …
      kita bisa memisah-misahkan postingan berdasarkan topik halamannya
      tetapi ternyata bukan itu fungsinya

  5. aku punya 4 halaman..
    daftar ocehan : memuat daftar isi,,
    tentang usagi : perkenalan kayak about me gitu,,dulu awalnya di bikin simple aja, tapi setahun terakhir udah di update supaya lebih informatif…
    nasihat buat usagi : kutipan-kutipan yang aku suka,,
    beranda : ini home page, halaman awal,,

    aku jarang ngupdate halaman,, selain daftar isi sama beranda yang terupdate otomatis,,

  6. Keliatan orang rapi sama ngak, kalau niar mah belum rapi banget blog nya om 😀

    Belum pernah kopdar sama om NH pis to pis, masuk daftar gag yaa niar om 😀
    Eeh om uplud video nya yang nyanyi afgan ada gag yaa 😀

  7. Awal ngeblog saya gak tau sama sekali ttg halaman Om
    Setelah liat sana sini, penasaran kok bisa buat seperti itu
    Karena gaptek, sampai2 saya tanya dan akhirnya minta tolong sama teman haha

    Saya punya 4 halaman di rumah saya, rencana mau nambah lagi, biar keren kayak Om Nh hahaha

  8. Halaman atau page itu kayaknya sama untuk platform apa saja Om
    Di Blogspot juga begitu.
    Saat awal punya blog, saya lebih parah lagi. Karena belajar secara otodidak, maka ya grothal-grathul. Saya belum tau kalau ada “halaman”.
    Jadi saya punya blog utama, lalu halaman2nya bikin blog lain lagi dan dikasih link.
    Bikin posting juga gitu, 1 posting 1 blog
    Bisa dibayangkan berapa banyak blog saya saat itu
    Ibarat pakai jaket tapi kayak pakai pampers, sekali pakai langsung buang

  9. Halaman-halaman itu untuk melengkapi kehadiran kita dalam satu blog ya Om..Kalau cuma baca posting orang cuma tahu sepotong pemikiran kita. Tapi kalau dilengkapi tentang about me, kegiatan kita atau apa saja yg kita beri ruang, sesama blogger relatif lebih utuh mengetahui siapa kita..Begitu ya Om?

    1. betul bu Evi …
      jadi menurut saya paling tidak … tiap blog itu punya dua halaman …
      satu halaman beranda utama
      satu lagi … paling tidak … halaman yang memuat tentang informasi tentang diri kita

  10. wah keren banget nih meamgn blognya kok om…. saya sudah baca semua halamannya blog om ini… jadi bisa kenal banyak mengenai penulis blog keren ini.

    masih butuh belajar banyak dari om mengenai blog ini.. akan selalu menyimak tipsnya..

  11. btw om.. soal halaman kan bisa dibuat induk dan anaknya gitu.. jadi satu menu bisa membuat beberapa halaman gitu..

    kalau aku isinya cuma home, about, sajak dungu yg berisi puisi2 yg aku buat, dengan tulisanku (kalau gak salah ingat, :p ) yg memberikan link untuk mengunduh novel yg pernah aku tulis.. eh sama cerpen ding 😀

  12. Om, maaf baru sempat mampir…

    Selamat Idul Fitri 1433 H, Mohon maaf lahir dan bathin ya om…

    Kalo di rumah saya ada 3 halaman…eh kalo ‘home’ itu diitung halaman ga? kalo dihitung ada 4 om.

    1. Home
    2. Catatan Dapur Kami, ceritanya buat berbagi resep dan pengaturan belanja RT, tapi yang resepnya hampir ga ada…karena jarang masak hihihi (malu euy)
    3. Catatan Kuliner , untuk berbagi info tempat2 makan
    4. Kami, untuk mengenalkan saya, Hanif dan bapaknya.

    Blog Om mah rapi…punya saya belum rapi om…hehehe 🙂

    1. Kan tinggal di klik “Page/Halaman” lalu “add new”, buat judul halaman misalnya ” Galeri” atau ” Video Clipku”. isi artikel atau fotonya, lalu klik “publish”. Jadi deh.

  13. Halaman sifatnya statis oom sehingga isinya tak akan naik turun seperti postingan biasa. Makanya ada sahabat ada yang membuat Buku Tamu pada halaman/page ini sehingga semua yang mengisi Buku tamu akan terlihat terus.

    Ada juga blogger yang menjadikan halaman sebagai landing page sehingga jika ada blogger lain yang meng-klik url blog maka dia akan masuk ke halaman, bukan ke postingan.

    Ini bisa diatur pada tombol ” reading” di tombol setting. Ijka yang kita centang “page” atau “halaman” maka pengunjung akan masuk melalui halaman itu, misalnya ” About”, sebaliknya jika yang kita centang “post” atau”last post” maka pengunjung akan langsung melihat artikel yang kita terbitkan.

    Salam hangat dari Surabaya.

    1. Terima kasih infonya Pak De …
      Sengaja landingnya saya arahkan ke Beranda …
      khususnya ke postingan terakhir …
      baru dari situ harapannya sih …. pembaca baru mengisi di Halaman You Write …

      salam juga Pak De

  14. Om.. di blogku gak ada pengaturan spt itu.. karena aku gak bisa hehehe #malu
    Oke, aku termasuk salah satu yg menuliskan perkenalan langsung di kotak komentar dan bukannya di U Write.
    Aku juga termasuk salah satu yg belum pernah kopdar pis tu pis dengan Om ya?
    Termasuk.. aku juga belum menjadi salah satu penulis tamu di sini… soalnya blog sendiri aja terlantar sekian lama heheheh…
    BTW, salut deh… blog Om rapi banget 🙂

  15. Waktu berkunjung pertama kali ke Blog Om NH, saya juga langsung komen di pstingannya.
    Btw, salut lihat Om NH, adaaaa saja ide kreatif untuk menulis (seperti postingan ini)…. 🙂
    Salam untuk keluarga ya Om

  16. Halaman saya isinya dobosan semua, Om 😀

    Dulu malah saya kira tiap halaman itu bisa berfungsi seperti beranda. Ternyata hanya bisa memuat satu tulisan/post saja hehehehe….

  17. Ooom…maafkan baru berkunjung lg. Walopun telat, mohon maaf lahir dan batin yaa… *sungkem*

    Halaman? cuma home dan about me Om, dua yg lain seperti bu Cho isinya dobosan hihihi…

any comments sodara-sodara ?