Diposkan pada BAHASA

SEKEH-SEKEH


(tentang ungkapan bahasa Jawa … yang punya seribu makna)

.

Hati-hati membacanya … !!!

Cara melafalkan ”SEKEH” yang benar adalah …

SE … seperti pada kata SEorang …

KEH … seperti pada kata …tertawa terkeKEH

.

Ini bahasa Jawa … Dan uniknya … harus diucapkan dua kali … tidak bisa berdiri sendiri.

Sekeh-sekeh ini sulit sekali dicari padanannya dalam bahasa Indonesia apalagi bahasa Inggris … Ini agak mirip pengertiannya … dengan … ”jangan berlaku sia-sia” … menyia-nyiakan sesuatu … jangan berlebihan agar tidak mubazir. (mmm … sebetulnya agak kurang pas sih artinya).

Deskripsinya kira-kira begini …

Kita membeli buah jeruk …
Si penjual mewadahi jeruk tersebut dalam satu kantung plastik.

Lalu kita bermaksud untuk juga membeli buah apel …  tapi hanya dua butir saja.  Dan ketika si abang penjual ingin memasukkan Apel itu ke kantong plastik yang baru lainnya …

Maka kita akan berucap
Wis Pak … Ojo SEKEH-SEKEH … pake tas plastik yang ini saja … satu kan sama jeruknya …tasnya masih cukup besar kok … ”

Situasi yang lain … Anak kita bermaksud membuka kemasan shampo yang baru … padahal shampo yang lama masih ada.

Maka kita akan berujar … ”O alah Nak … Kok SEKEH-SEKEH toh … mbok ya shampo yang ada ini dihabiskan dulu … jangan buka yang baru …”

.

Begitulah …

That’s the meaning of Sekeh-sekeh

Yang tidak bisa berdiri sendiri itu …

Dan supaya tidak dibilang ini postingan iseng ..
Maka saya akhiri postingan ini dengan himbauan …
Himbauan terutama untuk diri sendiri …

Jangan Berlaku Sekeh-sekeh
Jangan Berlaku Mubazir

(hehehe … bukan postingan iseng kan ???)

(eh ada deng arti yang lain ….

(Sekeh itu artinya barang bekas ) (Itu Sekkeeennnn )

(Seken itu artinya berbadan sexy )(Itu sekeeeellll)

(Sekel itu benci bukan ??? …)(Ituuuu Sebelllll.…)

(Sebel itu ditiup kan ??? …)(Ituuuu sebuuuulllll...)

(Sebul itu kesenian Betawi kan ..???.) …(Itu ondel-ondeeellll )
(Jaaahh … jauh sangat yak …)(plesetan jayus …)


(Nah kalau yang ini memang beneran iseng … Trainer ndak ada kerjaan  …)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

28 tanggapan untuk “SEKEH-SEKEH

  1. sekeh itu ditulis sebagai 50 (itu sekettttt!!)
    seket itu incaran infotainment (itu selebbb)
    selep tuh obat koreng (itu saleppp)
    salep tuh kulit imitasi (itu mah kalep)
    kalep tuh coolll (itu kaleeeeemmmm!!!)

    *jiakakakak nemenin om NH terpleset pleset!!!*

    1. Sekeh tuh lima puluh (sekettt)
      seket tuh yang ditaruh depan pintu (keset)
      keset tuh yang diputar di.Tape (kaset)
      Kaset tuh bahasa sunda (kasep)
      kasep tuh kakaknya DekSep
      *BUBARRRRRRRRRRRRRRRRRRR*

  2. musim hujan po yho…kok dho kepleset2… 🙂

    sekeh-sekeh mungkin dari kata akeh-akeh ya…
    yang artinya banyak2..
    mungkin lho ya, wong sy juga malah baru denger ini ada istilah sekeh-sekeh…hehehehe….

  3. Hahaha… Asik..asik, postingan lucukreatip… Btw, emang aseli boso Jowo si Sekeh-sekeh tadi? Emang ada tha? *ragu banget, kuatir Om ngelindur hahahaha* peace..

  4. Wah abis baca postingan ini jadi ingat kalo ada kosakata sekeh dalam bahasa jawa,,, kata-kata itu udah mulai dilupakan om… aku aja kalo gak baca ini gak inget ada kata sekeh hehehe… mulai besok pake kosakata ini lagi ah :)hehehehe….

  5. ha….ha…kalau Mas enha isengnya tetap menyegarkan kok……….
    Jadi ngerti deh bahasa jawa, pokoknya sekeh-sekeh tuh secara garis besar, jangan mubazir gitu ya Mas.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  6. saya suka istilah2 jawa yang memiliki makna dan pembelajaran yang baik, namun kadang orang menganggap remeh istilah2 seperti itu.

  7. hahahaha…ngakak dulu baca plesetan…
    aku baru tau ada istilah sekeh-sekeh ini, Om… 🙂
    (hadoh, ke mana aja ya aku selama ini, lha wong jawir kok nggak tau ada istilah ini…hiks..

  8. Huahahahaha… bisa aja neh…
    BTW ini berasal dari Jawa bagian mana sih Om???
    Kok saya yg asli Jawa Tengah kagag pernah denger istilah bahasa Jawa yg pernah Om tulis. Dulu Juaji, sekarang sekeh-sekeh…
    Kalo Kampil tau nggak om artinya???

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s