Diposkan pada ARTIKEL

IPUNG


Hari Sabtu minggu lalu, 15 Maret 2008.  Seperti sabtu yang sudah-sudah, aku melakukan kunjungan “semi wajib” ke kios buku Batu Bara. Sebuah kios buku kecil di kompleks perumahan suatu Universitas Islam negeri di Jakarta selatan (sekali). (Bang Hery Azwan http://heryazwan.wordpress.com pasti tau dimana letak kios ini)

Aku lama membalik-balik dan memilih-milih buku.  Belum ketemu yang Pas.  Melihat kebingunganku mbak penjaga kios itu berujar …”Pak buku ini sekarang sedang banyak yang cari nih “ (sambil menyodorkan sebuah buku novel).  Aku lihat judulnya : IPUNG, oleh PRIE GS.  Seorang budayawan, kartunis dan motivator yang banyak mengisi acara di beberapa radio terkenal di Jakarta dan Jawa Tengah.  Design covernya dibuat mirip-mirip Trilogi Andrea Hirata …  ada siluet-siluetnya gitu deh.  Aku tertarik dengan promosi si Mbak tadi … maka aku beli juga buku itu.

Sampai rumah langsung aku baca lembar demi lembar buku itu … Hah … ternyata ini novel ABG nih … mirip-mirip Teenlit lah … (he3x ada om-om baca novel ABG nih …) dalam hati aku ingin menyalahkan si Mbak yang telah dengan PD nya mempromosikan Novel ini tanpa melihat siapa target marketnya.  Tapi urung … karena memang si Mbak itu masih ABG (sepertinya mahasiswi yang magang) dan dia pun mungkin benar … bahwa novel ini banyak dicari.  Karena lingkungan disana ada Sekolah Tsanawiyah dan Aliyah plus juga sentra Mahasiswa .. terang saja buku itu mungkin banyak dicari … banyak dicari oleh anak-anak ABG maksudnya … bukan oleh om-om seumuran aku … 🙂

Namun entah kenapa novel ini berhasil memaku diriku untuk tetap terus membaca … dan dalam waktu yang relatif singkat … aku berhasil menuntaskannya.  Sebuah Novel (remaja) yang sanggup membius Om-om seperti saya.  Sangat menarik.

Jika membaca judulnya ingatan ku langsung lari ke tokoh novelette serupa jaman aku SMA dulu tahun 80-an yaitu … IMUNG … oleh Arswendo Atmowiloto … Membandingkan dua tokoh rekaan itu … IMUNG vs IPUNG … terasa ada kemiripan.  Mereka berdua jauh dari sosok idaman remaja seperti disinetron ABG masa kini … mereka berpenampilan berantakan, kucel, kerempeng, dan bahkan Imung itu korengan akut kalau tak salah.  Tetapi kedua-duanya punya karakter khas yang kuat … tak acuh, smart, cerdas dan berani (plus agak sedikit arogan).

Aku sependapat dengan Kang Abik yang menulis Prolog di Novel Ipung itu.  Kang Habiburrahman el Shirazy mengkritik PRI GS sahabatnya ini dengan kata-kata seperti ini … “Ipung yang kelewat cerdas dan heroik untuk ukuran seusianya, membuat saya curiga, jangan-jangan tokoh Ipung adalah representasi dari Mas Prie sebagai Narator”.  Hmm … ini kritik tajam yang aku sangat setuju sekali … PRIE GS tidak terlalu sukses untuk menjaga jarak dengan tokoh lakon rekaannya … terasa PRIE is IPUNG, IPUNG is PRIE.  Seorang Budayawan-Motivator handal yang seolah sedang menyaru bersekolah di bangku SMA.

Namun diluar itu semua … novel ini sangat menarik.  Secara pribadi aku dibawa bernostalgia ke alam SMA  … Aku berusaha keras untuk menemukan … adakah sosok IPUNG diantara teman-temanku waktu itu ? … Wah seperti nya tidak ada … or tepatnya … tidak ada yang se “hebat” itu  … pada usia segitu … bahkan Ketua OSIS sekalipun.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

16 tanggapan untuk “IPUNG

  1. Ipung novel ringaaan tapi kereeenn n dalem bangetttt..nyentuh dengan segala kepinterannya.. tangguh dengan segala keberaniaannya dan Jatuh Cinta dengan segala pesonanya. Pokonya dua jempol untuk Prie GS… jujur aku ga tau tentang Prie Gs.. tapi setelah IPUNG..aku tau.. n suka dengan karya2 dia.
    jadi mendambakan IPUNG di dunia nYata.. berharap banget memang ada yang seperti Ipung.. dengan segala kelebihan dan kekurangannya… pokonya Sukseessss teruss Prie Gs.. aku tunggu Ipung 2 dan Ipung2 yang lainnya

  2. jujur aku ga bs komentarin ipung!!!!(terlalu sempurna novel ini buat ku) tp hanya ini yg bs ku katakan…………..
    dulu aku orgnya ga pe de an,tp pas baca novel ipung skrng aku bs lbh pede,,(thanks ya pung) ….
    jujur ipung skrng jd idola ku,,,mas kapan ipung 2 keluar?????
    aku ga sbr nich pengen baca!!!!!!!!(di tunggu”in nich)
    kbr nya paul ( eh pauline) sory lin!!!!!marjikun,,,(n bnyak lg yg ga bs di sebutin atu atu)gmna mas????

    salam buat keluarga ya mas!!!

  3. nama saya ipung……..asli bukan buatan…….asli pemberian ortu saya………..
    saya belum baca novel ipung itu…..
    iseng2 cos penasaran saya cari tentang novel ipung di internet…………kemaren temen saya, mengiming-imingi saya untuk meminjamkannya, tapi belom dikasihin ampek hari ini………..mungkin saya penasaran cos judulnya sama seperti nama saya………..saya berharap tokoh ipung dalam novel itu adalah manusia berbudi luhur yang menjunjung tinggi norma agama..tepatnya beragama islam seperti saya………….karena bila kebalikannya maka nama baik sayalah yang dipertaruhkan…….sudah pasti teman2 saya akan menghina saya habis2an bila tabiat ipung dalam novel itu ‘BURUK’……………oh,ya siapa kira2 yang mau meminjamkan novel ipung itu pada saya, cos kalo mo beli blom da uang…………

  4. ipunk!!!
    i love u…
    aku g jd ke singapura!!!
    ke singosari aja!!
    hhe

    tu katanya bujel..

    tapi kata qwu

    sbgai pak dal

    qqwu mau k singapura!!pngen tapi \g pnya duit!!!!

    KAPAN IPUNK 3 NYA??

  5. terus terang buku ipung dirumah gue udah setahunan mendem tanpa pernah tak baca, kemarin dikarenakan gue ada diklat n butuh bacaan dipesawat tak cari deh buku yang agak tipis n ringan (gue hobi baca jd banyak beli buku n ternyata kerjaan gue nyita hobu gue). so gitu gue baca, penyesalan luar biasa kenapa buku sekeren ini baru gue baca. ipung ipung
    komen gue buku ini diciptakan mas prie karena pada diri kita selalu ada ipunjangan cari ipung kemana mana atau mendambakan sosok ipung. kita bisa kok menjadig

  6. ipung ada didiri kita masing masing so jangan cari ipung diluar diri kita. hanya saja mungkin kita terlalul takut mengexplorenya atau tidak mau mengakui karena. mas prie menciptakan sosok ipung agar kita bisa sadar bahwa sperti itulah seorang manusia yang mempunyai harga diri dan rasa percaya diri.ciptakan kareakter ipung didiri kita dan yakinlah bumi bakal tunduk dengan sifat murni manusia yang bisa saling mengharagi dan rasa kasih yang tulus.

  7. ipunk tu cerita na bgus tp trlalu lebay masak anak kls 1 sma udh sgtu pinter na
    tp w ska secara nvel ni tu anak muda bgt wkwkwwwkkwk

  8. Q kagum bgt ma tokoh IPUNG, q membaca novel IPUNG 1 cm 2 hri..tokoh yg smart, cerdik, lucu jg, sampe ketawa sndri membacanya…hehehehe…skrg lgi nyari buku IPUNG 2 pa dah terbit ya???….

  9. saya senang mengikuti siaran smart fm jika Kang Pri CS yang membawakannya bersama pasanganya yang pas betul. Enak celoteh2nya.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s