CLICK SONG


.

Saya sadar …
Tidak semua pembaca senang musik.
Namun perkenankan … (untuk kesekian kalinya) saya bercerita mengenai musik …

Mari kita hubungkan dengan judul tulisan kali ini …”CLICK SONG” atau “LAGU KLIK”. 
No …. bukan … ini sama sekali bukan lagu “Klik” karangannya Dewiq yang dinyanyikan oleh Ussy Susilawati itu.

Saya hanya ingin bercerita …
Bahwa … Bagi para penikmat lagu … (dan juga mungkin para pembaca awam lainnya) … Ketika mendengarkan suatu lagu … maka sontak ingatannya langsung tertuju pada suatu suasana atau peristiwa tertentu dalam sejarah kehidupannya masing-masing.

Tentu saja yang paling sering adalah … LAGU CINTA … ketika pertama kali bertemu dengan pasangannya … ketika kencan pertama dengan pacarnya … ketika pertama kali nembak pasangan masing-masing dan sebagainya … Bahkan juga tidak jarang … ada LAGU tertentu justru mengingatkan waktu Putus dengan Pacar pertama … kedua atau ke sekian … dsb …

Sekali lagi … No … No … Saya juga tidak akan membahas hal-hal roman tersebut …

Saya akan membahas Lagu Klik yang lain … another CLICK SONG
Di dalam hidup si Trainer ini Ada banyak peristiwa yang terkait dengan lagu-lagu tertentu.  Sehingga jika lagu tersebut diperdengarkan maka lantas kita teringat akan suatu peristiwa tertentu di masa yang lalu …  Seolah rekaman peristiwa tersebut kembali diputar … terbayang – bayang … keton-ketonen … Dan akhirnya membuat kita tersenyum-senyum simpul sendiri …

Saya ambil 3 contoh ya …
1.  Lagu Baby-Baby (dari Amy Grant) …
Jika lagu ini diputar saya lantas klik … teringat kenangan waktu pertama kali saya pindah Kost dari Jln Jemur Handayani Surabaya ke Jalan Tambang Boyo, masih di Surabaya juga.
Waktu itu saya beres-beres kamar, bongkar-bongkar kardus … dengan ditemani lagu ini dari Radio Kesayangan … Jadi jika lagu ini diputar kembali … saya akan ingat masa-masa itu … Indekos di Jln Tambang Boyo, Surabaya.

2. Hati yang Luka (cipt Rinto Harahap, dinyanyikan secara mendayu-dayu oleh Betharia  Sonata)
Pulangkan Saja … aku pada ibuku … Masih ingat penggalan lagu itu ?
Ya … yang lucunya jika lagu ini diputar kembali … Langsung terbayang jelas dikepala saya … suasana waktu saya sekolah di SMA … (1980-an) (hahaha)(udah lama banget yak …)
Waktu itu saya kelas 1 IPA 14.  Kelas Saya giliran menempati lokal kelas Jauh di Jalan Bangka Jakarta selatan …(Sekolah kami aslinya ada di Bulungan).   Lagu ini, waktu itu diputar keras di Speker Toa cempreng … orang kawinan di sebelah sekolah … Diputar berulang-ulang.  Maklum lagu menye-menye ini lagi ngetop-ngetopnya jaman itu.   Jadi di kelas … ketika guru mengajar … ada backsoundnya … ya suara Betharia sonata … yang memakai … lihatlah tanda merah di pipi itu … (kita cekikian waktu itu …)(Lagu kok sadis begitu yak …)

3. O Sole Mio …
O sole mio adalah versi seriosa dari Lagu Elvis Presley, Its Now or Never.  Kalau tidak salah ini lagu dalam bahasa Italia.  Lagu ini meng-klik saya akan suatu peristiwa diantara tahun 1987 – 1990 … waktu saya bekerja di Yayasan pendidikan Musik Vokal di Jakarta …
Lagu ini sering dinyanyikan dengan indah … oleh Almarhum Bapak Pranadjaja secara solo dengan diiringi Paduan Suara Besar yang terdiri dari seluruh Murid Bina Vokalia … Bapak-bapak, Ibu-ibu, remaja juga anak-anak … Ini biasanya merupakan Grand Finale Pertunjukan pementasan setiap tanggal 11 Desember.  Hari itu adalah Hari Ulang Tahun Yayasan Pendidikan musik Vokal kami … Yang juga bertepatan dengan tanggal kelahiran Bapak Pranadjaja, sang pendiri.

So … jadi begitulah …
Lagu-lagu yang meng Klik ingatan saya akan situasi-situasi tertentu dalam kehidupan saya …

Bagaimana dengan Anda ?
Adakah Lagu yang meng Klik anda akan situasi tertentu ?
(BUKAN tentang cinta-cintaan dan yang sejenisnya lho ya …???)
Boleh Sharing kah ?

Salam Saya

.

 

 

(untuk sekedar trigger saja …
Lagu Klik Anda …
Waktu anda luntang-lantung cari kerja dulu mungkin ?,
Waktu mudik ke kampung halaman ?  Waktu wisata ke Bali ?
Waktu hidup di Asrama ?
Waktu dulu badung-badungnya bolos sekolah ?

Waktu dimarahin Bapak-Ibu ?
Waktu bekerja di tempat tertentu ?
Waktu kemping naik gunung ? waktu nongkrong di tempat favorit bersama geng anda ?
Waktu pindahan rumah/kos ? Waktu Menunggu Kelahiran Anak ? Waktu pergi ke Ancol ? Waktu Demo ? dan sebagainya … dan sebagainya …

.

.

51 thoughts on “CLICK SONG

  1. iya om… emang begitu ya… jadi emang kehidupan kita itu ada soundtracknya. hehehe. ya lagu2 yang pas kita dengerin pas moment2 itu. dan kalo kita denger lagi lagu itu dikemudian hari, kita jadi teringat ama moment itu…🙂

    saya baru kemaren ini juga nulis mirip2 tentang begini…🙂

  2. Benar sekali om, waktu saya SMA sekolah saya juga punya lagu marsnya, dan itu selalu membuat sangat mengenang waktu sekolah dulu.

    Dengan Mengatasi Permasalahan Yang Kecil; Maka Kita Dapat Mengatasi Permasalahan Yang Besar.

    Sukses selalu Om

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  3. di akhir 80-an aku dan abang tinggal dengan nenek,
    abangku selalu puter MJ sekitar jam 10-an (kami sama2 sekolah siang)
    Nah, setiap one day in your life mengalun biasanya tukang es cendol lewat di depan rumah membunyikan kentongannya yang khas.

    jadi klo skrg denger lagu tsb.. aku ingat kentongannya tukang cendol.. dan semua wangi cendol dan bau udara saat itu akan muncul kembali. **kenangan selalu indah.

  4. Kalau mendengar 4 lagunya Ruth Sahanaya, “Astaga”, “Amburadul”, “Tak Kuduga” dan “Bawa daku pergi” selalu mengingatkan jaman menjadi DJ Radio, karena 4 lagu ini selalu kupakai sebagai lagu pembuka program “Gita Indonesia”.

    EM

  5. lagu “kasihku embun malam’-nya deddy dores mengingatkan kejadian menyanyikan lagu tsb di dpn kelas bersama teman sebangku saya, di smp klas 2.
    **guru fisika suka membuat murid2nya nyantai sejenak, dng intermeso menyuruh muridnya nyanyi di depan kelas dng lagu kesukaannya masing2.

  6. Lagu everlasting saya O Tano Batak..lagu ini kek lagu kebangsaan Orang2 Batak, saya Bataknya cuman separo, Inangboru saya dulu getol banget ngajarin lagu ini. Seingat saya, jauh sebelum saya niru2 Bondan Prakoso nyanyi Batman dan Si Lumba2, saya sudah hapal lagu O Tano Batak ini dan lagu2 kek Inang, Butet, Lisoi dkk

  7. Di jaman saya kuliah dulu, di Padang lagi ngetopnya lagu “Kutang Barendo” (maaf Om ini rada saru judulnya).
    Setiap dua minggu sekali, di akhir pekan, saya pulang ke Bukittinggi, menengok nenek sekaligus ambil beras untuk bekal makan di Padang, hehehe…
    Karena saking banyaknya mahasiswa yang pulang ke Bukittingi dan Payakumbuh setiap akhir pekan itu, maka terjadi rebutan kendaraan. Masih teringat dengan jelas perjuangan mendapatkan bis ketika itu.
    Nah, di dalam bis itu, selalu diputar lagu ini.
    Entah kenapa, setiap kali mendengarkan kembali lagu ini, di saat sekarang ini, angan saya selalu melambung ke suasana rebutan bis dulu itu…
    Aih… jadi taragak pulang kampuang nih Om…😦

  8. inyiak… (^_^) lagu yang saya suka..

    a) Laskar Pelangi, => itu lagu wajib kita, kalau karokean, dan waktu kerja di tempat yang lama, kita punya geng namanya LASKAR KWI (^_^) kalao lagi iseng kita selalu puter lagu itu…🙂 lagu yang ngajarin manusia buat berjuang..

    b)lagu padang yang judulnya “dibatu tagak” (*kalau gak salah ya..
    he…he…he..kalau saya lagi bandel mama selalu puterin lagu itu…katanya biar tobat, tapi lagu nya emang sedih sich lagu kerinduan seorang anak sama ibunya yang gak mampu pulang kampung..

    c) lagu “ayah” rinto harahap,..selalu sedih kalau dengar lagu itu, jadi inget papa…

  9. Hahahaha seru juga ya mengingat masa lalu dengan lagu. Kalau dengar lagu theme song nya film Korea “Meteor Garden”, judulnya saya lupa😦 , itu tuh yang F4, saya inget saat2 indah rame-rame jalan2 ke bdg bareng temen kos. Seru!

  10. Saya mungkin agak aneh, ketika sedang PDKT sama dia lagu yang populer kok ” Kungfu Fighting ” dan”Love Hurt “, tho ya.
    Untung selama 35 tahun gak pernah fighting kecuali di tempat khusus ha ha ha ha.

    Salam hangat dari Surabaya

  11. ada lagu yang selalu meng-klik-kan aku pas bulan ramadhan tahun 1999 di medan waktu itu aku, alm ayah, kakakku dan adikku sedang otw ke thamrin plaza dan di mobil lagu yang diputer adalah lagu SANTERIA – sublime
    sampe hari ini setiap denger lagu itu selalu kembali pada suasana itu

    papah i miss u
    aku sudah pulang ke rumah dan will get recovery very soon

    salam saya pah

  12. Saya selalu nangis kalo denger lagunya Andra n the backbond “Sempurna”
    inget jaman susah makan di kosan engkong Rohim yang sebulan cuma 180 ribu ituhhhhhhh,,,, hiks..hiks….😦

  13. ada….. waktu QK masih SMA… hehe…
    entah berasal dari kelas yang mana… ketika sang guru sibuk berceloteh memberikan penjelasan… eh sayup-sayup tapi jelas wewterdengar lagu sewu kutho-nya didi kempot di mainkan… qkkqkq…
    jadi gag konsen tapi malah cekakak cekikik dech … hehe

    HIDUP!!! ^_^

  14. “Aku Ingin”, musikalisasi puisinya Sapardi… Dinyanyikan di balkon sekretariat PMK di kampus dulu. Setiap dengar lagu itu jadi ingat masa2 dulu & teman2 saat itu.

    “Kesepian Kita” miliknya Pas Band. Sy dan sahabat sy sering menyanyikan itu ketika kita sama2 punya beban cukup berat.

    “Segala Rasa Cintaku” by Frida, langsung membawa sy pada ingatan masa SMA saat sy menuliskan lirik lagu ini di suatu kertas dan ada selarik nama kk kelas di sana. (hmm…someone with ‘yus’ in his name so became yustha😀 )

  15. lagu peterpan “ada apa dg mu” jadi inget masa-masa ospek di awal kuliah dulu..naek bus kota rame-rame..

    Lagunya d’masiv “jangan menyerah” aq selalu dengerin lagu ini saat lagi down n pengen menyerah..biar semangat bangkit lagi..

  16. Hmmm kayaknya kalau saya tidak ada lagu yang benar2 ngeklik selamanya. Sedikit2 saja… alias begitu sudah lewat ya sudah.
    Tapi lagu Betharia Sonata itu memang ngetop banget dulu ya. Dan menurut saya sih sampai sekarang masih ngetop juga….

  17. inget almarhum bokap kalau ada lagu daerah tapanuli, selalu beliau nyanyikan dalam perjalanan pulang kampung,

    lagu2nya manis manja group seperti Mas Joko ngingetin pas lagi masa2 kerja di bengkulu, nontonnya TVRI mulu soalnya

    kalau lagu spesial dari si doi, ada deh…..

  18. sama lagunya Mariah Carey,
    judulnya lupa ya tapi klipnya tentang atlit paralympic ,
    ada kata2nya “there’s a hero lies in you” , selalu bisa membangkitkan semangat meskipun dengarnya sambil mata berkaca2

  19. lagu Bunda mengingatkan saya semasa masih jadi anak perempuan satu-satunya yang super manja sama mama dan Bapak

    lagu Stingky yang judulnya ‘Mungkinkah’ mengingatkan saya kenangan pertama kali nyanyi di depan bupati dan pejabat semasa SMP,. nyanyiin lagu itu

    lagunya ‘Tears in Heaven’ buat saya rindu paman saya karena lagu itu lagu pertama yang buat saya jatuh cinta sama ‘cerita’ alias ‘kisah nyata’

    banyak sih…lagu yg buat saya klik sama kenangan2 lama

  20. ikutan shared..

    kalo clik song saya Carrie Underwood yang I’ll stand by you..
    jadi inget jaman kuliah harus pacaran jarak jauh,, kao si do’i nangis tiba2 ada masalah, rasanya pengen nyanyi lagu ini.. huhuhuhu

  21. kalau denger lagu ‘Love of my life’ nya Queen, inget waktu naik gunung gede, kita2 nyanyiin lagu ini, aku gak bakal lupa krn sempet nyasar ke padang edelweis………
    nyasar tapi happy…😀😀

    ada lagu yang sampai sekarang bikin aku inget masa kecil, setiap mau tidur ayah selalu menyanyikan lagu ‘ Timang2 anakku sayang’ nya Said Effendi.

    dan……….satu lagi lagu yang gak akan lupa ”Ballade puor Adeleine’ lagu ini , pertama kali belajar piano, dan cuma bisa lagu ini dowang, akhirnya sampai sekarang malah main pianonya gak pernah bisa, dulu juga gak lulus2, hahaha……….maksa banget sih emakku, anaknya yg gak bakat tetep disuruh les piano .. hiks…….😦

    salam

  22. cat Steven dan john lennon ..
    dimana saya sedang OTW diatas bus menuju jogja, saat liburan SD dan diradio hape saya tiba2 muncul lagu itu..
    ketika sedang terbit matahari dan sawah yang berkabut,.
    sebuah paduan yang teramat sangat menyejukkan hati🙂

  23. Kutunggu isyarat matamu…
    adakah perhatianmu?
    Sementara hati ini tlah bicara
    menanti saat
    Ketika senyummu hadir…
    ketika hati bicara, dan saling memandang mesra di dalam cintamu…

    waduh… lagu ini Om… meski udah nggak pernah diputer lagi.. tapi lagu ini bikin aku ingat saat jatuh gedubrak bin dung dung pret dengan anak STM, aku masih kelas 1 SMP…hedeh…. judulnya kalau nggak salah Ketika Senyummu Hadir by Tika Bisono.. bener nggak Om?
    pokoknya lagu ini hmmm…. bikin ingat saat itu, walau hampir 20 tahun lewat…

  24. Setiap kali mendengar lagu “Terlalu manis” nya SLANK…
    yang tergambar dalam ingatan adalah saat-saat SMP, duduk-duduk di kantin, pada saat jam istirahat. Salah seorang teman akan memainkan gitar, dan bernyanyilah kita semua.

    Terlalu manisss
    untuk di lupakannnnn🙂

  25. kalau lagu klik buat aku itu lagunya “kemesraan” yang dinyanyikan kolaborasi dengan banyak artis jaman dulu itu loh om. Duh entah kenapa kalo denger lagu itu jadi terharu.

    lalu ada lagunya “jogjakarta” kla project…duhhh kalo itu langsung melow….

    nah…jaman sekarang yg aku suka lagunya “Lucky” Jazon Miras, “It’s not easy to be me” Five for Fighting dan lagu terbaru yg tak pasang di wall FB “Karena ku cinta Kau”nya Bunga Citra Lestari.

    hehehehe banyak kan?😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s