ONE DAY, TEN BLOGS


Tentu para blogger sekalian sering mendengar program yang namanya one day, one post.  Atau program 30 hari menulis non stop.  Sebuah program yang menantang para pesertanya untuk memposting tulisan baru setiap harinya.  Satu hari satu postingan baru.

Program ini sangat saya pujikan.  Ini memerlukan komitmen dan endurance yang kuat dari para blogger yang mengikutinya, untuk bisa menulis dan mengembangkan ide secara terus menerus.  Setiap hari.  Yang mengikuti program ini saya lihat, lumayan cukup banyak.

Di dalam hati kecil saya, saya berfikir.  Jika semua nanti menulis satu postingan setiap hari ?  Siapa yang akan membaca ya ?  Saya takut karena energi dan waktu teman-teman sudah habis untuk menulis, maka tak ada lagi waktu dan energi yang tersisa untuk membaca postingan temannya.  (mudah-mudahan sih masih akan selalu ada tersisa waktu untuk blog walking ya …?)

Harus ada pihak yang mengkhususkan diri untuk membaca.  Untuk itu, biarlah saya bagian yang membaca saja ya (hahaha). 

King Arthur, pernah berkata : “In serving each other … we become free” (the Knight’s of the Round Table).

Saya mencanangkan dalam hati, saya bertekad akan membaca paling tidak sepuluh blog milik sepuluh teman-teman maya saya.  One day ten blogs.  Setiap hari saya akan berusaha untuk “blog walking” berkunjung ke sepuluh blog teman-teman dan membaca postingan mereka dengan seksama.  Jika saya mengerti topiknya, maka saya akan berusaha memberikan komentar disana.

Asumsi saya jika koneksi internet bagus, maka paling tidak saya membutuhkan waktu untuk membaca satu postingan rata-rata antara 2 – 3 menit.  Jika ditambah dengan memberikan komentar ya kurang lebih 5 – 6 menit lah.  (mudah-mudahan tidak banyak cap cay)(kalo ada cap cay bisa lebih lama lagi nih).  Sehingga total waktu yang saya dedikasikan untuk blog walking menjadi 10 x 6 menit = 60 menit.  Satu jam, saya rasa waktu yang reasonable didedikasikan untuk membaca karya teman-teman.  Ini minimal nih.

Sekali lagi jika semuanya bertekad menulis ? saya takut tidak ada yang sempat membaca karya temannya ?  Maka perkenankan saya mengambil peran sebagai pihak yang membaca postingan teman-teman …

So Nang …

Satu hari membaca sepuluh blog … !  Ok ?
dimulai dari … Sekarang !!!

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

(saya mohon izin … jika ternyata saya sudah membaca blog teman-teman dan saya tidak memberikan komentar … maka saya akan memberikan tanda-tanda tertentu di kolom komentar teman)(entah tanda “read” atau “sudah dibaca” atau “NH18 sudah kesini”)

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

102 tanggapan untuk “ONE DAY, TEN BLOGS”

  1. …bener juga ya om. kalau semuanya menulis, siapa yang baca? sama seperti kalau semuanya jualan, siapa yang beli? 🙂
    tapi saya selalu sediakan waktu untuk nulis. Juga blogwalking kalau ada waktu senggang~ 😀

  2. Betul Om
    Kalau pensiunan bertani, artis bertani, pengusaha bertani ,lalu petani jadi apa ?
    (Jadi banyaaaak)
    Blogger ya menulis ya membaca ya Om
    Bagi To, bagi rata
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Program yg mantap banget nih Oom. Sementara ini saya baru mencanangkan 1 post per 1 hari. Januari sudah terlewati dgn baik. Tetap mencoba konsisten di Februari.

    Tentang target mengunjungj blog perhari, ini belum terpikir. Saya masih mencari bagaimana caranya krn saya menggunakan hp android. Kalo blog yang platform wordpress, itu mudah. Karena pd aplikasi wp for android ada readernya. Jadi blog2 yg saya follow akan muncul postingan barunya di reader.

    Unt blog yg berplatform blogspot, ini yg agak sulit karena tidak muncul di reader.

    Saat ini saya sedang mencoba aplikasi feedly untuk membaca blog2 yg non wp. Belum familiar sampai sekarang.

    Hormat saya dari Bekasi.

  4. Kalau saya belum bisa one day on post, Om. Dan saya pun berada dibelakang Om Nh. Sebagai pembaca. :mrgreen:

    Kalau BW, paling tidak ya sehari dapat lima pengetahuan baru. 🙂

  5. kalo Liga Blogger Indonesia yang diselenggarakan sama @dotsemarang beda om. Seminggu cuma 3 postingan aja dg 1 tema ditentukan panitia, 2 tema terserah peserta. Di sana wajib blogwalking dan meninggalkan komentar juga. Ada juga tema yg mewajibkan membaca. Komplit deh. [promosi] 😀

  6. saya ikutan Mas eNHa saja, ikutan membaca
    dan……………….bewe ke blog ini adalah kewajiban buat saya…
    ( kalau belum inguk inguk kesini, rasanya gimanaaaa gitzuuu………… : )
    walau gak selalu tulis komentar…. 🙂

    salam

    1. Oh tentu bagus itu …
      lebih banyak lebih baik …
      teman-teman pasti suka

      Saya juga inginnya bisa lebih dari sepuluh …

      salam saya Mas Edi

  7. Kalau saya nih Oom NH, setiap ada komentar di artikel saya, insyaalloh saya akan bw balik. Tentu saja sambil membaca artikel yang menarik dan meninggalkan jejak. Jika sehari ada 20 komen, berarti minimall bw 20 kali plus 20 kali komen balik. 🙂

  8. Mampir oom mampiiir ke “rumah” sayaaah sambil denger Antonios Song nya kang Michael Frank hehe
    Aah tapinya malu dikunjungi Om mah, maklum masih abal-abal 😀

    Kaya Pramuka Oom berhituuung…..mulaiiii…!!! 😀

  9. Saya pujikan niat Om yang mulia. Membaca 10 Pos tiap hari sama sulitnya dengan menulis 1 pos tiap hari. Dua2nya memerlukan komitmen yang kuat..Selamat untuk semangatnya ya Om…

  10. iya, dulu2 saya cuma terfokus utk bisa nulis dan ngepost aja, eh tapi ternyata blogwalking juga penting. apalagi dengan membaca 10 post blogger lainnya bisa menjadi inspirasi kita juga.
    dan inspirasi om juga jd inspirasi sy untuk bisa berkelana ke blog temen2 lainnya.
    semangat om 😀
    salam kenal 🙂

  11. Saya ikut om saja yah, hihi. kalau tiap hari memposting setidaknya satu saja, wadu saya belum mampu. baca-baca dulu untuk ngumpulkan amunisi dan ngikuti jejak om tuk BW, memang gak ada ruginya, bisa nambah wawasan dan pemahaman baru yang terpenting 🙂

  12. Salam kenal Oom.

    Rasanya saya baru pertama mampir ke blog Oom ini. Tertarik dari lonk di BlogCamp dgn program yg unik ini…
    Luar biasa sampai sudah dihitung budget waktu yang diperlukan. Salut dgn program yg unik ini Oom.

    Salam,

    1. Tidak ada alasan khusus mengapa mesti Sepuluh …
      saya hanya memperhitungkan waktu yang bisa saya commit dedikasikan untuk blog walking yaitu sekitar satu jam perhari …
      satu jam itu … kalau dihitung kira-kira bisa mengunjungi 10 blog …

      Begitu ceritanya Rip …
      Salam saya Arif

    1. Barusan saya datang kesana …
      dan memberikan komentar … dengan nama the ordinary one … (itu sebetulnya saya … saya tadi lupa mengubahnya …)(maaf ya …)

      Salam saya Mbak Ida

  13. Saya setujuu dan ngikut om NH juga, saya lebih suka membaca daripada disuruh posting tulisan tiap hari 😀 . Sebenarnya banyak sekali topik yg bisa saja dibuat tulisan, cuma saya pusing klo nulis tiap hari, lebih baik BW aja 😉 .

  14. saya gak pernah ngehiting sehari baca berapa.blog sih om.
    soalnya gak nyediain waktu khusus juga. paling kalo.lg jam istirahat, jelang tidur, lagi nunggu, lagi bosen sama dunia nyata, hehehe

  15. sama dong om.. kalu ada satu postingan sehari, semua ikutan, sapa yang dong yang tepuk tangan? ku sih mau yang jadi tepuk tangan saja menyemangati ya.. sembari membaca.. walo emang ga ninggalin jejak.. tapi dibaca kog..

  16. hahaha si om ini paling bisa dah… 🙂
    bener sih ya om. lha kalo semua nulis, siapa yang baca ya… hahahaha.

    sebenernya juga pengen ikutan temen2 bikin 31days challenge gitu, tapi kayaknya gak bisa dah. huahaha. menyerah sebelum berperang. 😛 soalnya ya itu saya selain suka nulis, juga suka baca2. kalo tiap hari kudu posting doang, pasti gak sempet baca2 blog temen2… 😀

  17. semangaaat Om….saya juga suka nyicil..atay nyolong-nyolong tepatnya…saat antri transjakarta, istirahat siang, nunggu bajaj, atau ke toilet hihihi…memang temannya harus koneksi internet yang super duper bersahabat, alas…kita bakal pegel nungguinnya…suksees ya om…hari ini aku baru 4 btw :D…

  18. Salut dengan teman2 yang bisa sehari 1 artikel, saya saja seminggu 2 artikel :”(. Gara2 koneksi sering lambat dkk.

    Ide Om bagus, nih. Sehari membaca 10 blog. Saya tiru juga, deh 😀

  19. saya sendiri adalah pelaku blog walking, terutama mencari artikel yang bisa dijadikan inspirasi, setelah itu tentu saja memberikan komentar.

    saya juga memiliki blog dan ingin sekali menulis minimal one day one article, tetapi rasanya belum bisa seperti itu, yah jadinya menulis dikala ada ide, oleh karena itu dengan banyak membaca mudah2an saya bisa lebih banyak menulis di blog. semoga!

  20. saya sendiri adalah pelaku blog walking, terutama mencari artikel yang bisa dijadikan inspirasi, setelah itu tentu saja memberikan komentar.

    saya juga memiliki blog dan ingin sekali menulis minimal one day one article, tetapi rasanya belum bisa seperti itu, yah jadinya menulis dikala ada ide, oleh karena itu dengan banyak membaca mudah2an saya bisa lebih banyak menulis di blog.

    semoga!

  21. kalau aku malah kadang-kadang bisa lebih dari sepuluh ngebaca postingan pak. hehehe
    soal nya pas lagi dijalan gak ada kerjaan, ya pastinya baca postingan blog yang aku tahu. hehe

  22. wah ini baru beda jadi gak nulis aja ya pah? aku juga pengen ahh tapi one day berapa blog ya sanggupnya kalo dulu 50 blog juga aku sanggup lhoo dan bukan fastreader lagi

    by the way 5/2: limabelas itu apaan pah?
    salam saya papah

  23. kalau semua menulis, maka mungkin tidak ada yang sempat membaca,
    namun kalau semua membaca, apakah mungkin juga tidak ada yang sempat menulis ya…
    selamat ber-BW ria dech kalau begitu….salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan 🙂

  24. bagi newbie blogger macam saya pak, baik one day one post maupun one day ten Blogs banyak sekali manfaatnya untuk melatih konsistensi kita dalam menulis.. dan saya sedang berusaha untuk itu, meskipun godaan malas sering melanda..

    salam kenal pak 🙂

  25. Gagasan brilian pak NH, saya tiap hari membaca postingan blog, jmlhnya lumayan banyak. Apa yg selalu saya baca adl yg muncul di rss reader dan google now

  26. Ihihihi, kalau ODOP kayaknya eike ga sanggup om.
    Kalau baca sih insyallah lebih dari 10 tiap hari… cuma ya lewat hape. Buat selingan kalau di kereta atau nunggu sesuatu. Jadi engga komen XD XD baca tok~

  27. Saya jadi inget jawaban seorang teman atas pertanyaan saya, kenapa nda menulis lagi? jawabannya sama dengan Om Nh, kalau semua menulis, siapa yang akan membaca, biarkan saya jadi pembaca saja.
    Satu hari sepuluh blog, aha! ini tips layak dicoba mengingat berkurangnya kegiatan blogwalking saya, awalnya karena sibuk lama-lama keterusan.

  28. Bener banget om… Nge post tiap hari bagus banget… Tapi… Kapan waktu buat blogwalking… Jalan jalan sambil mampir ke blog temen kan seru bangettt 🙂

    Salam hangat om…

  29. Program bagus pak. kalau saya pribadi serba tidak tentu, nih. kalau sedang senggang ya bisa 30-an blog, terbagi selama seharian. kalau sedang sibuk ya 0 blog perhari. Hiks…. (Ngono kok ngaku blogger, ya)
    yg jelas saya pernah jadi bagian 0ne day 0ne post, hasilnya memang jumlah blogwalking saya tak bisa maksimal, bahkan sering tak bisa 10 per hari.

  30. Pilihan bijaksana yang sangat terpuji, Om! Jadi menambahkan di dalam agenda, utk luangkan wkt 1 jam utk BW ah. Kayak Om NH. *Ngekoooor 😀
    Btw, ditunggu kunjungannya di rumah saya ya, Ooom! 🙂
    Salam. Al.

    1. Tidak ada Tin …
      Saya jalan sekehendak saya saja. Bisa dimulai dari komen yang masuk, atau lewat feedly
      Blog apapun saya baca. (kecuali yang berbau teknis dan politis biasanya saya jarang kesana)

      Salam saya Tina

  31. Wah pak, aku nek bar makaryo selalu nyempetin blogwalking. Lhawong kalau enggak blogwalking itu feedly ku terkumpul buanyaaak.. Hari ini aja PR baca blogku ada 40 postingan.

    Iya aku sepemikiran sama pak NH nih. Jadi blogger jangan cuma posting tok til, juga harus blogwalking, karena blog itu web 2.0 alias ada interaksi. Jadi kalau mau diinteraksi, ya harus berinteraksi.

    Nggih nopo nggih.. Haha..

  32. Om Nh kalo komen memang benar2 sesuai dengan topik tulisan, gak pernah ngasal 🙂

    Kalo sy kepinginnya menulis satu tulisan dalam satu hari tapi susah terlaksananya. Soalnya sering dapat ide tiba2, sayang kalo tidak ditulis. Kalo ada tantangan nulis 30 hari saya belum pernah ngambil karena takut tidak bisa konsisten. Kalo ngeblog suka2 bisa saja saya nulis satu hari, kalo lagi ada waktu dan kebanyakan ide malah bisa nulis 3 (pernah 4) tulisan dalam satu hari. Tapi kalo lagi banyak halangan yaa … bisa nulis 1 tulisan dalam 3 hari sudah bersyukur … 🙂

  33. Setuju banget Pak, memang sebelum menulis sebaiknya kita banyak-banyakin membaca. apa yang akan kita tulis jika kita jarang membaca.hehe

  34. keliatannya ideal banget om, bikin 1 tulisan 1 hari.. tapi ga apa ini bisa saya jadikan sebagai motivasi.. saya baru sanggup bikin artikel di blog cuman sekali dua 2 hari, dan itu jarang sekali punya kesempatan blogwalking… susah banget bagi waktu dengan dunia nyata om..

  35. saya sehari bisa sampai posting 20-an, soalnya blog saya tentang lirik lagu 😀

    hebat om, betul banget.
    jangan terlalu sibuk menulis sehingga tulisan teman tidak ada yang membaca.
    saya hadir untuk membaca tulisan om yang bagus ini.
    salam kenal om, newbie blogger.
    blogwalking,

    lirikmagz.blogspot.com

  36. ita menargetkan satu tulisan per hari. kalau ada ide untuk ditulis, nulis dulu setelah itu baru blogwalking. tetapi kalau tidak ada ide tulisan, bisa blogwalking dulu baru posting, hehehe…

  37. Waduhh…dulu rajin blogwalking, sekarang kepontalan (hayoo artinya apa om?)

    Dulu, punya janji pada diri sendiri, menulis seminggu sekali….belakangan nggak sanggup lagi, karena pekerjaan saya mengharuskan membuat modul seminggu sekali…dan untuk buat modul, baca bermacam buku, artikel, browsing seminggu penuh, baru menghasilkan satu modul. Jadi blog saya makin ringan2 isinya, itupun akhirnya target nya hanya sebulan sekali.

    Ditambah, si sulung suami isteri kerja, jadi cucu dititipkan di rumah…wahh senengnya, pulang kerja main sama cucu…..
    Sebenarnya semua cuma alasan om, mungkin saya kurang disiplin…dan faktor “U’ juga berpengaruh pula.

  38. BW emang menyenangkan Om, sekalian bisa silaturahmi secara maya dengan teman-teman. Kalau ide menulis memang harus dari hati, pikiran yang jernih, serta suasana yang nyaman,,,pastinya ide segar untuk menulis pantas diacungi jempol,,,

any comments sodara-sodara ?