Diposkan pada PERTUNJUKAN HARI INI

SULE


Sule atau Entis Sutisna adalah seorang komedian terkenal.
Dia muncul rutin (hampir) setiap hari di salah satu stasiun TV swasta.
Kariernya mulai menanjak sejak dia dan dua kawannya (Oni dan Ogi) yang tergabung dalam group SOS memenangkan Audisi pelawak API di stasiun TV yang lainnya.

Saya harus akui … Sule adalah komedian yang komplit.  Kemampuan melucunya jangan ditanya.  Kocak abis …

Yang membuat nilai SULE menjadi lebih tinggi dimata saya adalah : Dia juga seorang seniman yang relatif serba bisa.

Musikalitasnya tinggi.  Perbendaharaan lagunya banyak.
Baik yang tradisional maupun lagu masa kini.  Suaranya bagus dan tidak fales.  Selalu ”on pitch” dengan soul yang pas.  Tak peduli Dangdut, Rock, Pop, Keroncong atau campursari.  Yang saya dengar dia juga bisa memainkan alat musik Gendang dengan baik.

Ditambah lagi kemampuan olah tubuhnya dalam menari pun juga tidak bisa dikatakan sepele.  Kelenturan tubuhnya prima … Gerakannya rancak.  Sepertinya Sule menguasai dasar-dasar tari (terutama Sunda) dengan baik dan benar.

Yang saya pernah baca, Sule memang mempunyai pendidikan formal kejuruan dibidang kesenian.  Saya lupa apakah itu SMKI atau Sekolah Karawitan atau Sekolah Seni Tari gitu ?.  Yang jelas … SULE makan sekolahan dalam berkesenian.

Kecerdasan SULE dalam melawak juga bagus.  Terbukti dari kemampuannya dalam menangkap momentum … melempar umpan … juga memanfaatkan umpan yang diberikan lawan mainnya.

Kalaupun mau dicari sedikit kelemahannya … SULE masih sering ”out of plot”. Agak lebay … berlarut berkepanjangan.  Sehingga membuat pemanfaatan waktu menjadi tidak efektif.

Namun sekali lagi … dibalik kelebihan dan kekurangannya …

SULE itu multi talenta …

Seingat saya … jarang ada Pelawak kita yang mempunyai Kompetensi Seni Pertunjukan sekomplit dia.

Mampu Melawak … Menyanyi … Menari … dengan Sama Baiknya …

Semoga dia terus bisa berkreasi …
Bisa terus mengembangkan diri … dengan materi lawakan yang lebih baik …
Lawakan yang tidak melanggar norma susila dan norma agama …
di masa yang akan datang …

Mungkin para Pembaca ingat … siapa Pelawak kita yang lain, yang multi Talenta ???

Prikitiewww … !!!

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

66 tanggapan untuk “SULE

    1. itulah om kenapa saya ngusulin sule jadi pengganti sammy di kerispatih selain Ust. Jepry, Deddy dores sana Jason Mraz

  1. kemarin ada yg iseng bikin gosip, sule meninggal..
    **saya taunya pas liat tipi td pagi, sule sdh klarifikasi

    smg saja sule nggak kawin lagi, bisa2 ditinggalkan para penggemarnya 😛

  2. Selain Sule, si mantan Bintang cilikkkk jamannya dulu …. Si seksi OKY, kalau ini, humor OK, nge MC OK, Nyanyi Mantaps, Joget apalagi :D.

    Dawiah Juga… si seksi dawiah yang punya suara Ok dan humor OK

  3. kalo sule ngga tau deh
    kalo jadul selain benyamin, Bagio gimana?
    Ntah kenapa hari ini terbayang wajahnya Bagio

    (Aku ngga mau bilang soal Basofi Sudirman ahhhhh hihihi)

    EM

  4. Waktu baru ikutan API (Audisi Pelawak TPI), tim Sule dkk memang sudah jadi favoritku. Tapi coba mereka ber-3 tetap gabung yah, pasti tambah lucu.

  5. iya.. Sule memang multi talenta.. saya cukup sering menonton Sule sejak ada acara OVJ, saat iya memerankan Michael Jackson di acara tsb, ia juga ‘menari ala Jacko’ dengan cukup bagus.. hebat memang…

    pelawak yg punya kemampuan nari dan nyanyi yg lumayan, seingat saya adalah Yan Asmi, klo ga salah grupnya D’bodor ( mskp tingkat kelucuannya si kalah sama sule… )

      1. D’bodor sempat tampil minggu lalu di pas mantap TV One, in memoriam kang uyan (Yan Asmi)

        kalau mengingat pelawak Jadul..jadi ingat masa kecil, yang ga pernah absen aq saksikan walau sudah larut malam.. 😛

  6. Sule emang pinter nari Ya Om….sekarang lagi tenar dia, naik daun istilah kerennya. semoga kalau jadi makin terkenal, dia nggak jadi besar kepala dan takabur ya… 🙂

  7. Saya ga suka Sule pak Trener, sukanya sale pisang. Lagian kadang-kadang jengah kalo dia uda mulai main fisik. Maaf ya pak, kan orang sukanya beda-beda 🙂

    1. Benar Pak Sapril …
      Slap Stick Sule itu kadang sangat kasar dan agak kelewat batas dan lebay …
      itu sebabnya saya masukkan kedalam paragraf terakhir …
      Dia harus belajar untuk melawak lawakan yang baik …
      Lawakan yang tidak melanggar norma susila dan norma agama …

      Ma Kasih Bang Sapril …
      Salam saya Bang

  8. Kalo zaman dulu itu ada bing slamet, dia pelawak, penyanyi dan aktor film yg bagus. Termasuk Benjamin S yang lihai menciptakan lagu dan melesetin lagu..

    Saya juga suka sule, apalagi bila ia berubah menjadi Rhoma Irama.. sungguh terlalu… saya teringat waktu ia menyanyikan lagu stingky dan mendadak berubah jadi lagu Ebiet.. wah penggabungannya luar biasa.

    Nice post pak,

  9. hooo dia berasal dari API ya?
    baru kenal dia waktu ikut kontes nyanyi di indosiar dan jadi juara 1. hehe..
    iya, dia emang kocak banget, saking terkenalnya sampe digosipin meninggal segala

  10. Pelawak yang bisa menyanyi banyak Bos. Tapi kalau yang juga bisa menari emang dikit. Sule adalah salah satunya. Ibu2 sekarang mulai berubah tontonannya dari sinetron ke lawak. Baguslah. Daripada nonton sinetron terus yang nggak jelas abisnya kapan. Btw, kasian juga dengan teman mainnya di SOS.

  11. sy juga senang dengan lawakan SULE
    sy lagi mikir kira2 siapa teman2 blogger yang punya bakat lawak, kayaknya sih banyak juga 😀

    1. urutan bakat tertinggi ke terendah :
      1. om NH
      2. om NH
      3. om NH
      4. Abu Ghalib
      jarang-jarang ada pelawak yang wajahnya mirip John Cussack 😀

  12. I l()ve you ya om sulle…moga-moga om sule tambah pinter ngelawak lagi ya………….prikitew (‘o’)……!!!! WKaaakKaaKkkAkKWwwKkkaaa…

  13. Sekalian…om sule nambahh……istri aja………..!!!!!!!! Walaupun hidungnya pessseeek…but om sule khaaan.. Kalau..dipheratiin gggaaannnttteeennggg…Taaauuu…!! Prikkkitew………prikitew….!!!!and doble cikicew…!!!

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s