KALAP bin MATI GAYA …


Libur very long weekend ini aku mati gaya. Di rumah saja tidak punya rencana kemana-mana. Sebagai kompensasinya aku menghabiskan waktu untuk membaca buku saja dirumah.

 

Uang “jajan” untuk beli buku mingguan tak ayal membatasi aku untuk hanya bisa membeli beberapa buah buku saja. Padahal … jika nafsu tidak ditahan … ingin rasanya memborong banyak buku untuk menemaniku menghabiskan waktu libur panjang itu dirumah … Itu gunanya “menteri keuangan” ku yang secara disiplin mengatur uang kenakalanku setiap minggunya … hehehe … jika tidak diatur … niscaya akan jebol … ketiga anakku dan dapur dirumah tidak kebagian apa-apa. Budget “jajan buku” seminggu hanya cukup untuk membeli 4 buah buku saja … maka aku harus pintar-pintar mengatur mana buku yang akan aku beli … (dari sekian banyak buku incaran) …

 

Libur panjang kemarin itu aku membeli buku di dua tempat … di Kios Batubara (seperti biasa) dan juga di Gramedia Cinere Mall …

Di Kios Buku Batubara … aku membeli …

  • The Great Spirit dari PRIE GS dan

  • Mereka Masih menyebutku kafir oleh Jarot Doso Purwanto

 

Di Gramedia Cinere … (setelah menimbang-nimbang dengan lama) akhirnya aku beli

  • The Kite Runner (Khaled Hosseini) dan …

  • Makrifat Cinta (Taufiqurrahman al Azizy)

 

The Great Spirit” sudah aku baca 80%… sebuah catatan-catatan kecil dari Prie GS yang sangat menarik. Pemikiran yang simple dan down to earth. Memukau … banyak kalimat-kalimat bijak … Seperti membaca postingan-postingan para Blogger-blogger kawakan.

 

Mereka masih menyebutku Kafir” dari Jarot sudah habis aku baca … isinya kumpulan cerpen yang hampir seluruhnya dilatarbelakangi oleh kezaliman politik masa orde baru. Ini semacam cerpen kritik yang mengemukakan beberapa kebijakan orde baru yang tidak demokratis dan bersifat otoriter. Membaca cerpen-cerpen itu … terasa sedang mendengar seorang demonstran yang berteriak lantang melakukan orasinya di bundaran HI lengkap dengan ungkapan-ungkapan heroik khas mahasiswa.

 

The Kite Runner” dari Khaled Hosseini penulis keturunan Afghanistan, sebuah novel best seller #1 New York Times, yang katanya sudah terjual lebih dari 8 juta copy di seluruh dunia. Aku belum selesai membacanya … sepertinya novel yang asik … (terus terang aku agak terlambat membaca buku ini … orang sudah heboh beberapa waktu yang lalu .. aku baru beli sekarang …)

 

Dan yang terakhir adalah “Makrifat Cinta” … dari Taufiqurrahman … masih diplastikin … belum aku buka sama sekali … covernya mirip-mirip ayat-ayat Cinta … dan tak lupa dibubuhi kata-kata Novel Spiritual Pembangunan Iman … plus cap bulat merah Nasional Best Seller. (Banyak sekali novel-novel Best Seller ya )

 

Sebetulnya ada beberapa buku waiting list lain … yang kalau saja propposal budget “jajan buku mingguan” dinaikkan oleh “menteri keuangan” ku … pasti akan aku sikat juga …

 

Buku yang sedang menunggu aku beli adalah … Ayah vs. Anak Lelakinya (Ida Purnomosigit Sidi). Buku psikologi … Pernah dibahas oleh Putri Suhendro ketika mewawancarai langsung sang ibu penulis di I Radio FM. Dari judulnya saja bagi saya sudah sangat mengundang. Aku punya 3 anak lelaki … siapa tau ada banyak pembelajaran yang bisa aku ambil. Buku itu disusun berdasarkan cerita nyata para pasien dibalik ruang konsultasi Ibu Ida … yang psycholog kondang itu.

 

Buku lain yang waiting list adalah Girls from Riyadh. Kalau ini aku tertarik setelah aku membaca resensinya di blog sahabat maya saya … abang Hery Azwan di http://heryazwan.wordpress.com (Bang… ente mesti tanggung jawab nih … hehehe)

 

Ada beberapa buku lainnya … yang siap aku beli minggu-minggu kedepan … ada “TAJ” … ada GAJAH MADA (episode Perang Bubat dan … beberapa episode lainnya) sebuah novel sejarah dan ada juga “MISTERY CINTA” … Yang terakhir ini adalah model-model “Ayat-ayat Cinta” gitu deh …

 

Ada lagi “BERANI KAYA, BERANI TAKWA” (Anif Sirsaeba) dan “HIDUP BUKAN HANYA URUSAN PERUT” (Prie GS) …

 

Ah kalau mau didaftar sebetulnya ada banyak lagi buku yang ingin aku beli … hanya tinggal menunggu waktu saja …

 

Ini judulnya “Trainer kalap … mati gaya … pingin melalap habis semua buku yang ada di toko… tapi apa daya budget kenakalan “jajan buku” tidak mencukupi”

 

 

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

10 tanggapan untuk “KALAP bin MATI GAYA …”

  1. Bos, tagnya kalap juga ya? Aku sepertinya tertarik dengan buku Prie GS. Kalau dengar doi di Smart FM, wah mantep kali suaranya, dan tentu saja isinya. Jeli sekali orang ini…
    Kalau yang mirip2 Ayat2 Cinta, capek deh…

  2. wah wah… senang punya temen kayak bpk…
    soale bukan cuma trainer yang sering kalap dan mati gaya melihat buku2 bergaya di tokonya….
    *apalagi saya masih mahasiswa.. lebih sering gigit jari 😦 *

    pak, punya referensi buku bagus g untuk saya baca?
    yang bagus buat kantong juga… he3…

    ouya pak, pernah denger buku Quantum Ikhlas g?
    saya kepengen bgt beli buku itu… tapi dicari kemana2 di solo n YK dah pada habis… kudu nunggu cetakan berikutnya, kah?
    *hukz*

  3. Quantum Ikhlas …
    (Erbe Sentanu ??)(Sok kenal …) Yang ada CDnya itu bukan ya ?
    Warna bukunya putih … trus ada gambar orangnya warna merah sepertinya bulan lalu aku masih liat di Gramedia tuh …
    Tapi di jakarta sih …
    Sementara baca disini dulu kali yee .. http://www.quantumikhlas.com/

  4. wahhh ngiri deh…aku di sini harus cukup puas dengan membaca reviewnya saja. Mau beli, ongkos kirimnya lebih mahal dari harga bukunya. Cuman bisa beli buku Indonesia setahun sekali pas mudik… hiks… itu pun kalo bugdet cukup, soalnya buku harus bersaing dengan bumbu instant +cabe.

    nh18 to emi ..
    Mangkanya sering-sering pulang Mi’ …
    Buku vs. Bumbu Instant dan Cabe …
    Aduh pusing juga ya …
    Ini urusan perut dan lidah masalahnya …

  5. samaaaaaaaaaaaaaaaa!
    neng juga suka kesetanan kalo lagi ditoko buku.
    tapi yang paling sering ya cuma gigit jari.
    tapi tadi neng beli buku lagi, chicken soup for the working woman’s soul.
    paling gak, nambah koleksi lagi……

    *kayanya, minta 1000 judul buku buat seserahan nikah ntar aja kali ya pak.
    hehhe, jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui*

    nh18 to neng …
    Setujuuuuuuu …
    BTW aku minta “ongkos dengar” ya … ya 10 buku cukuplah …
    hehehe
    Hai Neng apa kabar !!!

  6. kabar baik pak trainer.
    hehe…ongkos dengar?
    beres lah.
    mau buku tentang apa, pak?
    hehehe….

    nh18 to neng …
    Baik … baik banget …
    Hehehe … buku tentang apa ya ?
    Apa aja deh …

  7. Wah, kalo beli buku Quantum Ikhlas karya Erbe Sentanu ngak nyesel deh…karena selama seumur ini ( hehe…rahasia …) baru kali ini baca dan dapat mengerti seperti dapat limpahan Allah untuk pengertian shalat & ibadah kita selama ini.
    Beli deh ngak nyesel kok…..

    lope,
    zana

any comments sodara-sodara ?