Posted in PERASAANKU HARI INI, THE TRAINER

BEMO


 

Moda transportasi … sebuah kendaraan beroda tiga …

Kendaraan umum Khas di Bogor.  Jaman dulu …

Dulu ketika aku kuliah tahun delapan puluhan … aku akrab sekali dengan kendaraan umum yang amat romantis ini.  Saking romantisnya … sampai-sampai … jika kita naiknya pagi ini … niscaya kita baru akan sampai di tujuan besok malam … saking leletnya … Kalau ada tanjakan, … Mesinnya ”ngeden” menggeram … mengerang nggak keruan…  Belum lagi asapnya …

Penumpangnya didepan satu orang … di belakang 6 orang … Dempet-dempetan macam ikan sarden sodara-sodara …  Yang sengsara adalah … Jika kaki kita panjang … maka tak urung kita akan ”adu dengkul” dengan penumpang di depan kita …

Trainer termasuk tinggi … kakinya panjang … maka bisa dibayangkan bahwa … dia akan sangat tersiksa sekali jika naik Bemo … Kaki mesti di tekuk … setekuk-tekuknya … jika tidak … kita pasti akan dikemplang penumpang didepan kita.  Karena kaki kita ”belanja”.

And yes indeed … jika penumpang didepan kita itu wanita … maka … mau tidak mau dengkul kita akan bersentuhan dengan dengkulnya … mau gimana lagi coba … Anugrah nan tak terkira … (hah … kumat ganjen’e …)

Masalahnya adalah … kadang kita tidak bisa memilih … mau duduk di depan siapa kita … bisa perempuan … bisa pula Gorilla … (… jantan pula).

Ah BEMO memang kendaraan angkutan umum yang paling romantis … hahaha.

Dengkul ketemu dengkul …

Bagiku … paling aman adalah duduk di depan …

Atau … duduk di sisi paling luar …

Atau … tidak naik bemo sama sekali …

Dari pada adu dengkul sama Gorilla ???

(kenapa ujuk-ujuk cerita Bemo … karena Trainer sedang “Rock and Roll” di sekitar Bogor …)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

38 thoughts on “BEMO

    1. Udah deh …
      kalem sikit ngapah …
      (ah aku tau mengapa akhir-akhir ini Adal suka jingkrak – jingkrak di pertamax …)
      Serasa “lepas” ya Dal ???
      (senyum penuh arti ke adal …)

  1. Hahhahaha
    adu dengkul sama Gorilla ?!
    Om lucu bener sech😉
    ya kata og kan hidup itu kayak roda,
    sekali waktu beradu dengkul sama bidadari ya harus siap adu juga sama gorilla😉
    hahahahha… pelabelan yang kocak

  2. gw tau banget si om..kalo posting pasti ada sesuatu hihihi
    pasti punya pengalaman dengan dunia perbemoan di bogor nih…dan pastinya adu dengkul’nya dengan wanita kan
    tul gak…tul gak…

    1. Sumprit kagak Dal …
      Aku naik bemo cuma tahun pertama aja …
      tahun kedua dan seterusnya …
      naik “pecahan challenger”
      yang ndak kalah “idih” nya dengan bemo
      bedanya … cuma sopirnya lebih hensem aja

  3. aduuuuuh bemo di BOGOR…. bener-bener deh. Paling ngga mau nyetir di belakang bemo. Belum lagi kalau terpaksa muter keliling istana menuju pintu masuknya Kebun Raya. Yang ngetem…huh.

    Cuma lucunya emang kendaraan Bemo ini yang paling tahan lama ya di Bogor, udah dari tahun berapa tuh ngga dibredel juga (emangnya koran hihihi).

    Untung saya belum pernah ngerasain naik Bemo dan beradu lutut dengan penumpang bemo. Kalau beradu mulut dengan supir bemo sih sering hahaha.

    Yang lucu kata “BEMO” di daerah lain merefer ke kendaraan angkot yang lain ya dan bentuknya juga lain. Dan itu membuat pusing kalau ditanya orang Jepang.

    EM

  4. Waktu SMP di Surabaya pernah beberapa kali naik bemo. Waktu itu masih kecil, kurus kering kerontang, jadi rasanya no problem aja. Cuma suaranya itu bikin budheg, turun dari bemo ngomong jadi agak teriak … Di Bandung waktu kuliah nggak sempat naik bemo, tapi tetangga tempat kos punya bemo hampir tiap sore/malam sepulang narik pasti ada saja yg diperbaiki, dan sekali lagi kalau nge-test mesin … suara dan asepnya ke mana-mana … hehehe

  5. Kirain mak mbendunduk crita tentang bemo gara2 aku rajin naik bemo sekarang… Hehehe.

    Pernah ada kisah cinta sama gorila di bemo ga, Om? Crita ya.. Plis… Jangan disimpen aja, dung… Ya, ya, ya?

  6. wah… pengalaman masa lalu yg “manis” neh…

    memang kendaraan yg satu ini luar biasa menariknya.
    sewaktu kecil dulu, saya suka sekali naik kendaraan ini kalau pulang kampung ke bukittinggi… yg saya suka adalah bunyi knalpotnya.. duh, seperti sebuah melodi yg indah sekali…🙂

    1. Ho oh… dan cukup membuat pusing yang bacanya. Untung kalo di domain sendiri, sistem begini bisa tidak dipilih. (Balasnya pake edit jangan pakai reply)

      EM

  7. Oooommm.. jadi inget kampuang.. alat transportasi satu2nya yang lewat depan rumah yaa bemo ini.. jadinya dulu kemana2 selalu naek bemo! Tapi klo ke sekolah minta anter papa atau jalan kaki.. soalnya klo naek bemo, nyampe sekolah yang ada dari ujung kaki mpe ujung rambut bau bemo:mrgreen:

    nh18 to Unidede
    Bau Bemo ??
    Ini yang kayak apa ya …
    bedanya dengan Channel 5 apa ?

  8. Om…bemo? sumprit om aku gak pernah naik! aku tuh naiknya bus! hihih iya yang jurusan tanjung periuk penuh dengan muka serem gituh😛

    nh18 to Yessy …
    syukurlah Yess … kamu belum pernah naik Bemo
    Kalo udah …
    Aku yakin kamu pasti ketagihan ….(hehehe)

  9. maaf pertanyaan orang udik…
    bedanya bemo ama oplet apa yach??
    Kalo bajaj??

    nh18 to Bro Neo
    Bajaj itu beda … walaupun sama-sama nyebelin …
    berbeda dari segi jumlah penumpang
    bemo vs. oplet …
    Bemo sudah digeneralisir menjadi arti kendaraan umum
    sama dengan angkot
    Yang aku tau … Bemo ya yang roda tiga …

  10. iya, pertanyaan yang sama dengan bro neo, orang udik di atas ini, om.
    *sambil ngacung tinggi-tinggi*

    nh18 to mas mello
    sama dengan yang diatas penjelasannya
    hehehehe

  11. Saya inget pernah naik bemo ongkosnya masih 100 rupiah waktu di medan. tapi sekarang masih ada ga ya…..di medan…!
    kelihatannya sudah tidak layak jalan sih….melanggar HAM….suaranya itu lho….bikin budek.

  12. Betul, sengsara naik bemo itu.
    Terlebih kalau ada lobang di depan, mau menghidar ke kiri, kena ban kanan. Kalau mau menghindar ke kanan kena ban kiri, kalau lurus aja, kena ban tengah … Akhirnya ya sudah enggak usah menghindarlah …
    Sudah dengkul saling beradu, kepalapun ikut benjol …😀

  13. Dulu waktu pertama kali tinggal di Padang, ngga ada pilihan lain yg lewat depan rumah. Terpaksa naik bemo deh. Begitu nyampe sekolah, turun dari bemo, badan masih berasa gemetaran dengan sedikit sensasi kesemutan di daerah pantat dan sekitarnya…wakakaka

  14. Jaman SMP n SMA kalau ban sepeda ssedang kempes, suka naik bemo. Cuma di Denpasar angkot hanya ada dijalan2 utama dan mahal untuk ukuran anak sekolahan….jadi mending aku nggenjot sepeda ajah

  15. Bemo tuh kendaraan paling berjasa buat saya, mulai lahir sampe tamat kuliah di IPB, gara-gara bemo saya bisa pergi ke sekolah sampe selesai kuliah

  16. Yang dimaksud bemo di sini adalah angkutan umum yang rodanya 3. Istilah bemo beda2, di Bali dan Surabaya bemo adalah istilah untuk angkot, sedang di daerah lain singkatan dari becak motor

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s