Posted in BAHASA

NJEGLEK


Lagi … ini ungkapan khas dari Jawa. (”e” pertama dilafalkan sepeti kata ”Jepang” … ”e” kedua dilafalkan seperti mengucapkan ”Gledek”).

Sejatinya njeglek itu artinya bisa digambarkan seperti ini …
Listrik dirumah … kelebihan beban … AC Nyala,… Setrika nyala … semua Lampu nyala Akhirnya daya tidak kuat … sikringnya langsung putus … mati … ”Njeglek” … (atau ada yang bilang juga … ”listriknya turun” …).

Njeglek … Bisa juga digunakan untuk mengungkapkan suatu ekpresi yang menggambarkan apa yang dipersepsikan sebelumnya, dibandingkan dengan realitasnya … ternyata berbeda jauh.   
Kenyataan tidak seindah yang dibayangkan.  (jiaaahhh cuma gitu doang ternyata …)

Simak contoh berikut …
Seseorang Wanita, Tinggi, Putih, Rambut tergerai panjang, Charming, wangi, pakaian up to date dari designer terkenal.  Tapi lihat kelakuannya ketika makan malam, dia mencungkil-cungkil sela giginya mencari sisa-sisa makanan yang nyangkut.  Memakai tusuk gigi tanpa menutup mulutnya.  Dan slilit hasil pancingannya itu di lepehkan begitu saja ke lantai … (ditambah suara glegean sendawa yang menggelegar … )(marem sangat wis tah).  Hahaha …  Ini namanya Njeglek sodara-sodara.  (“Kemasan” tidak mencerminkan “Isi” …)

Contoh lain …
Seorang Lelaki … putih … tegap … macho berotot … rapi … six packs … Cool … Khalant.  Sekali lirik niscaya akan banyak wanita yang kepincut … bertekuk lutut … (pada awalnya).
Tetapi ketika si Lelaki tersebut bicara … jiaaahhh … ”Ternyata Adduuhhh nee’ … melambai binti ngondek weiceh …” (Malah kadang suka ikutan Latah dan … “Jeruk makan jeruk” pula …).  Ini pun Njeglek punya cint …

Yaaa pokoknya gitu-gitu deh. 
Itu yang saya sebut sebagai Njeglek. 
(mungkin bahasa anak sekarangnya … Ilfeel … Ilang Feeling kali yaaa ???)(Atau Feeling Ill …entahlah …)

Nah pertanyaan selanjutnya adalah …
Bagaimana jika situasi kebalikannya …
Sesuatu yang kita dianggap biasa-biasa saja … namun setelah dikaji lebih lanjut, … jika kenal lebih dalam …
ternyata orang tersebut luar biasa.

Contoh … seorang pemuda lusuh, berkulit gelap terbakar sinar matahari, wajahnya biasa saja … terkesan ringkih … penampilannya ndeso … pakaiannya sederhana. 
Tapi ketika kita mengenalnya lebih dalam … ternyata Dia menguasai 4 bahasa asing … Inggris, Jepang, Belanda dan Arab …, Seorang PhD dari universitas terkenal luar negeri sana.   Plus pemegang Dan 1 Karate … Bukan itu saja … Dia adalah anak pengusaha kaya di Propinsi X …

Nah … ???
Situasi seperti ini disebut apa ya dalam Bahasa Indonesia …?  atau bahasa Jawa ??? … atau bahasa Daerah lainnya.
Adakah ungkapan spesifik yang menggambarkan situasi tersebut.
Ada yang tau …?

(ini kalau bahasa Inggrisnya … mungkin … Amazed … ? Shocked ? … Surprised ???)

(bahasa gaulnya … TimBil kali yee … ”Timbul Feeling” …)
(hahahah … ngarang kamu ner … ner)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

67 thoughts on “NJEGLEK

  1. hihihih, aku banyak mengenal istilah-istilah Jawa dari blog mu ini, om! Seperti yang satu ini😛 Ada -ada aja…hehehe

    1. Bentar-bentar…..Yessy pertamax?!!?!?

      HOREEEEEEEEEEEEEEE!!!! Udah lama banget gak pernah Pertamax di sini !🙂

  2. pak trainer kalo proses masuknya sebuah benda ke tempat aslinya ada jg yg bunyinya “jeglek”…trus disaat naek motor pas kena polisi tidur ngejeglek juga…hahahaha..🙂

  3. lah, contoh yang ini juga sering disebut njeglek di tempat saya Om: kalo ada pasangan yang ceweknya cuantik banget tapi cwonya biasa2 aja, atau sebaliknya….

  4. njeglek tuh aku tau dr mama… njowo banget yah hihihi
    nah lawannya? apa ya?
    Don’t judge a book by it’s cover?
    bukan ojo dumeh. rendah hati? wahhh mbuh deh hihihi

    EM

  5. saya tahu istiLah ‘njegLek’ seteLah saya kuLiah..
    duLu waktu di kampung, kaLo listrik padam, biasanya pake istiLah ‘anjLok’..

    kaLo lawan katanya apa ya?

  6. Kebalikan dari kondisi itu saya biasa menyebutnya “ganyangkah” alias nggak nyangka! atau EIP… everything is posibleeeeee… L nya di baca tebal.

    Baru sadar ternyata kawanku ini punya sedert vocab yang uniq. lambat laun terkumpul. lama2 jadi kamus NH18… top lah!

      1. Kabar baik🙂 miss u so… karenanya aku mampir ke blog yang monocromatic ini… cool theme… isinya makin waaaaaah… makin kesohor ya?… serasa ingin aku mencubit pipimu.. haiyah!!!😦

        Ini adalah kunjungan pertama saya, salam kenal yaaaa… Kebetulan cintaku sama blog kembali tumbuh. Aku berharap bisa aktif selamanya…🙂 I wish

  7. pak NH apa kabar?
    lama nggak bersua, rasanya langsung ‘njeglek’ ha..ha..
    untuk urusan listrik njeglek, saya kenal istilah lain yaitu oglangan
    klo utk istilah penampilan pemuda ndesit jebulnya banyak titel dr LN, apa ya? paling saya hanya berkomentar : nggak ngira babar blas.., jebul dia org hebat!🙂

    1. Kabar Baik Mas Gus …
      Alhamdulillah sudah kembali ke tanah air dengan selamat.

      Ahaaa …
      kalau gitu kita sebut saja istilahnya … Jebule …
      gemana ? oke ? oke ?

      Sehat ya Mas Gus …
      Salam saya

  8. Njeglek.. .
    dah lama gak menggunakan kata itu lagi pak.
    Kalau listrik ditempat saya turun itu suka dibilangnya njepret pak.
    Ha ha.. . Salam.

  9. Om Trainer, kata njeglek perlu di awali dengan “mak bedunduk” gak ya? he.heheheh.. srimulat banget yach..

    kalo situasi kedua yg digambarkan, istilahnya ‘nyolong pethek’ bukan ya? mungkin bu tuti or bu enny bisa memberi inputan yg lebih pas..

    salam,
    alberto

    1. Hahahah …
      Eh BTW Mas …
      Blognya Mas itu keren lho …
      kelihatannya simple saja … tetapi banyak gunanya … sumpah …
      karena menyentuh kebutuhan-kebutuhan mereka yang ingin mencari segala informasi tentang Semarang …

      Keren ini Mas …!!!
      Aku tak woro-woro ke teman/handai taulan yang mungkin memerlukan informasi tentang Semarang …
      Boleh ya Mas …

      Salam saya

  10. Hehehe..udah lama nggak dengar istilaj “jeglek”…

    Bagaimana dengan gantung kepuh..? Istilah ini dalam dunia nyata makin jarang digunakan…kalau dulu sering terjadi di kehidupan nyata.

  11. Artikel ini cocok dengan tulisan saya yg berjudul Sawang Sinawang Dalam Blogging. Faktanya memang bisa berbeda jauh, namun setidaknya kita harus menjaga imej supaya tidak jatuh dari pandangan.

    Salam buat cowok yang melambai, Pak. Hahaha…

  12. Jombangan juga bilang jengglek Oom

    ” lisrik bolak-balik njeglek”
    atau
    ” lampu kok njenglak- njeglek ae seee”,( dalam paramasastra boso Jowo disebut ” dwi linggo salin sworo : bolak-balik, wotak-watuk, gojag-gajeg, lsp)
    salam hangat dari Surabaya

    1. Hahaha …
      bener pak De …
      kalau di gabung jadi … njeglak – njeglek …

      saya baru tau istilah … dwi linggo salin sworo …
      mantap …

      Thanks Pak De

  13. *mencatat kosa kata baru😀

    sungguh blog ini telah banyak memberikan inspirasi dan pengetahuan baru
    saya suka tulisan om trener yg seperti ini, sepele bagi kebanyakan orang tapi cukup menarik untuk diangkat dan dibahas, yg pasti lebih asyik ketimbang bicara politik dsb yg berat2

    trimz om
    salam kangen

  14. Kalok saya ya, untuk fenomena diatas, tetep saya bilang njeglek jugak pak..lha wong Ph.D, Bapake sugih, minimal dari kecil kan dia sampun ketunggon sekecaning kadonyan to pak? lha kok masih milih pakek bajuk lusuh..kan ya jadi tanda tanya besar,jangan2 dia jugak nyambi jadi telik sandi…wah..nggambleh ra karuan😀

    1. Huahahahaha ….
      Nggambleh ?
      ini istilah baru nih …
      Cari artinya aaaahhh …

      (sama dengan Gomblah-gambleh nggak ya ?)

      salam saya nDaru

  15. idem ma broneo…
    *kalau konteksnya soal listrik*
    NJEGLEK tuh sekilas sih kayak “mak mbendunduk”..

    kalo konteks NJEGLEK seperti contoh2 diatas
    itu namanya “Mak mana tau aku”

  16. njeglek..

    yah kalo baca postingan dan komen di atas,
    njeglek bisa diartikan

    1. tiruan suara.. misalnya pintunya njeglek… maksudnya nutup atau kebuka gitu.
    dan soal listrik yang njeglek, itu juga karena tiruan suara Om.. makanya dibilang njeglek…

    2. tidak berimbang… cewek cakep, eh cowoknya jelek… hehe..

  17. Hihihi… kalau lihat orang njeglek yg overacting, kami seringkali menyebutnya sebagai “kurang se-ons”. Maksudnya otaknya kurang se-ons sehingga bisa njeglek gitu. Hihihi…

    Salam dari Pekanbaru.

  18. hehehe intinya jangan ngeliat penampilan terus y pak nh ^^
    lihatlah orang yang terlihat biasa biasa saja tapi talenta nya masya alloh
    ( kaya saya kah? xixixix ) ngareeepp ^^
    makasih pak nh🙂

  19. Ping-balik: Padeblogan Kyaine

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s