Posted in MASA SMA, TRAINER ABG

MASUK SIANG


.

Ini pengalaman saya waktu SMA.

To begin with … saya bertanya dulu pada para Pembaca sekalian …
Pernahkah anda Sekolah siang ??? Masuk Sekolah jam 13.00 ???

Saya pernah … !!!
Saya pernah mengalaminya waktu jaman SMA.  Kelas 1 dan kelas 2.  (tahun ajaran 1979 – 1980 dan 1980 – 1981).  Ini terjadi karena keterbatasan lokal kelas yang ada di SMA saya.  Muridnya banyak tapi lokal kelasnya sedikit.

Ini pertamakalinya saya masuk siang.  Dulu waktu zaman TK, SD, SMP … saya tidak pernah masuk siang.  Jujur ketika pertamakali menjalaninya … saya rada bingung juga … masih Jet Lag mungkin … hahahaha.

Pola belajar jadi rada sedikit membingungkan … mau belajar malam sudah agak capek.  Mau belajar pagi … nanggung.  Jika ada pekerjaan rumah … naaahhh itu paling sedih … pada awalnya kepontal-pontal saya …  Pulang malam pun akhirnya menjadi biasa.  Karena senja hari itu … saya harus berebutan Metromini di Terminal Bis Blok M dengan sesama pelajar sekolah lain … juga para Mas-mas dan mbak-mbak pekerja kantoran … belum lagi macetnya.  Sungguh melelahkan.

Kalaupun mau dilihat sedikit segi positifnya masuk sekolah siang ? … saya tidak perlu buru-buru berangkat pagi hari … bisa nyantai dulu di rumah.  Bangunpun bisa rada siangan … hahaha …  Tapi ini tidak berlangsung lama.  Saya kadang kala sering kali  harus tetap bangun dan berangkat ke sekolah pagi … khususnya kalau di sekolah ada acara kegiatan Palang Merah atau Latihan baris berbaris Tata Laksana Upacara.   Saya memang mengikuti dua ekskul itu.  Habis latihan kedua ekskul itu saya tidak pulang kerumah lagi … langsung ganti seragam di sekolah, siap mengikuti pelajaran hari itu. 

Dan ketika saya aktif di kegiatan Paduan Suara dan Vokal Group … lebih kacau lagi jadwalnya … Saya malah sering kali pulang lebih malam lagi.  So ada suatu masa dimana pattern kehidupan keseharian saya adalah … Pagi Latihan Ekskul PMR dan atau TLUP … siang sekolah … malam Latihan Vokal Group atau Paduan Suara …

Jika dipikir-pikir … sakti mandraguna juga ya saya … hehehe …

Saya tidak bisa bayangkan jika saya harus mengulang hal itu sekarang …
Bisa rontok saya …

Yang jelas … Masa Muda SMA itu adalah masa indah … yang tak akan bisa terulang kembali …
(walaupun masuk sekolah Siang)

,

SO …
Para pembaca sekalian …
Pernahkah anda masuk sekolah Siang hari ???
Bagaimana pengalaman anda sekolah siang ???

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

35 thoughts on “MASUK SIANG

  1. Saya pernah Om…
    Waktu kelas 3 dan 5 SD, dulu..
    Alasannya sama seperti Om, yakni keterbatan kelas, sehingga murid kelas 3 dan 5 harus masuk siang..
    Saya malah suka masuk siang, soalnya kalau senin tidak perlu upacara bendera, haha…😀

  2. Pernah om, pas kelas 2 sma. Sama karena keterbatasan kelas. Jd emang semua yg kelas 2 itu masuk siang. Kelas 1 ama 3 masuk pagi.

    Emang butuh adaptasi sih, tp ya akhirnya biasa juga. Walaupun kalo disuruh milih sih saya lbh prefer sekolah pagi. Lbh gampang ngatur waktunya.🙂

  3. pernah jaman SD. alasannya ya sama…
    keterbatasan kelas.

    tapi rasanya gimana… hm.. udah gak keinget om..
    kalo ngga baca postingan ini .. saya malah gak kepikir kalo pernah masuk siang…

  4. pernah juga dong Om.
    Cuma saya masa STM om, jadi yaa nggak indah-indah amat kayak masa SMA-nya Om.
    btw, emang jkt sejak 78 dah macet ya Om? … kirain baru sekarang aja macetnya …🙂

  5. Pernah … waktu kelas 1 SMP angkatan saya masuk siang dan bener gg enak banget, malem capek banget dan pagi kayaknya kurang cocok belajar pagi-pagi #alasan. Ditambah jam 14.00-14.30 tuh waktunya ngantuk banget, suka raga dikelas jiwa dikasur deh.

  6. alhamdulillah ga pernah om..dulu sih seharusnya waktu kelas 1 SMP harus masuk siang, karena ruangan yg ga cukup..tapi mungkin karena lagi lucky, aku satu angkatan ama anak kepsek, jadi ada 2 kelas yg unggulan yg masuk pagi,salah satunya kelasku..hehehehe..

  7. pernah Om… tapi nggak lama… cuman beberapa bulan karena ada perbaikan di sekolah…
    agak nggak enak sie Om kalo buat aku, karena kalo ikut kegiatan sore jadi nggak banyak waktu buat istirahat… enaknya ya… bisa bangun siang :))

  8. Bukan pernah lagi Om, malah nyaris sampai kelas 3 karena kelas saya, kelas terakir jadi kebagian sore terus.
    BTW sebetulnya kita ga beda jauh Om tahun tamat SMAnya…

  9. pernah waktu playgroup… -> ketauan bo’ongnya… aslinya sih pernah waktu kelas 1 smp…. pagi tidur, siang sekolah, pulangnya tidur lagi sampai siang, hehehe

  10. ah om Nh masak ampek rontok segala sih hehe. saya juga pernah masuk siang dulu pas SMA. enaknya bisa molor bangun, tapi susahnya kadang enggak nemu angkot kalau mau pulang karena kemalaman

  11. Pernah waktu SMP, karena bangunannya dibongkar jadi nebeng di SD kalo tidak salah. Berat untukku yang terbiasa bangun pagi dan menyediakan sarapan untuk semua anggota keluarga. Tidak bisa tidur lagi juga. Sampai di sekolah sudah capek. Jam 3-an itu jam paling berbahaya alias jam tidur di kelas. Karena itu pula, aku pernah makan permen dalam kelas (satu kelas) dan kena marah suster kepala😦 Sedih sekali melihat dia marah melihat murid kesayangannya (aku …cihuy) melanggar peraturan. Untung SMP kegiatanku cuma pramuka saja. Jadi hari Sabtu sudah pakai baju pramuka ke sekolah (ijin khusus).
    Well, masa susah sekaligus menyenangkan karena pertama kali mengenal cinta monyet😀

    EM

  12. saya pun pernah mengalami hal yang sama,karena pada saat itu ,dilakukan rutin akhirnya jadi biasa,apalagi kalau di sekolah punya teman akrab yang cantik…jadi ngak kerasa,,malah tambah semangat pergi kesekolah

  13. wah om.. waktu sma saya sering masuk siang.. bukan krn ga ada bangunan tp kami sekolah kejuruan yg jadwalnya aje gile, ditempa habis2an.. sampai kuper banget

  14. Alhamdulillah, saya tidak pernah sekolah masuk siang ( jika masuk siang dianggap tidak lebih menyenangkan dibanding masuk pagi ). Sejak SD sampai SMEA saya selalu masuk pagi, tapi bila ditempatkan di kelas cadangan, saya pernah waktu kelas 1 SMP dan 1 SMEA. Saat itu gedung baru belum selesai dibangung jadi, selama satu tahun kami ditempatkan dalam ruangan serba guna yang disekat menjadi dua. Celakanya ( tapi sekarang jadi pengalaman tak terlupakan ) saya berada di kelas yang terkenal paling heboh kalau pas pelajaran kosong ( mata pelajaran kosong adalah favorit kami saat itu , jauh lebih asyik dibanding pelajaran matematika atau bahasa Inggris, hehehe ). Pernah satu hari, saking gaduhnya kelas kami, guru yang sedang mengajar kelas sebelah marah dan menendang pembatas kelas yang terbuat dari triplek sampai jebol. Takut? tentu saja, paling tidak hari itu karena sehari kemudian kami kembali sperti tidak pernah terjadi apa-apa. Hahaha.. tapi percayalah kawan, meski terkenal bandel, kelas kami selalu menempati peringkat pertama soal prestasi. bintang-bintang sekolah bertebaran di kelas kami.

  15. Saya pernah, Om. Tapi alasannya karna paginya kelas dipakai untuk siswa kelas 6 latihan Ebtanas. Lebih beruntung dibandingkan yang alasannya karna keterbatasan kelas. Dan alasan keterbatasan kelas sehingga siswa harus sharring kelas bukan hanya terjadi di tempat kita lho Om. Beberapa waktu lalu sy mengobservasi sebuah video pembelajaran dari kelas di Kenya. Setelah selesai pembelajaran, sy menyadari durasi waktunya hanya 35 menit, padahal untuk kelas 8 (grade 2 SMP). Setelah sy tanya dosen sy, ternyata karna mereka harus sharring kelas, jadi jam pelajaran mereka disusut yang harusnya 45 menit/jpl mjd 35 menit/jpl. Dan rupanya itu umum terjadi di kelas-kelas di Kenya. Dan teman sy dari Fiji cerita di tempatnya di daerah rural, dalam satu ruang kelas ada 2 pembelajaran. 1 kelas menghadap depan, 1 kelas menghadap belakang.. Sy membayangkan, apa siswanya tidak bingung mendengar dua topik dalam 1 kelas?
    Hmm….masalah2 pendidikan seperti ini mungkin masih ada juga di tempat kita terutama di daerah2 terpencil yang minim sarana dan prasarana.
    Semoga misi Kemendiknas untuk pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa tercapai termasuk bagi mereka saudara-saudara kita di daerah terpencil.

    Salam, Om.
    (komen kepanjangan)

  16. saya pernah om bahkan masa SMP dan SMA dengan alasan klise kurang ruang kelas, SMP kelas 1 aja kalau SMA sama seperti om kelas 1 & 2…
    waktu SMA juga saya banyak ikut ekskul jadi sering pergi pagi pulang magrib, sampai papah saya marah dan bilang “kamu anak sekolah tapi udah kayak karyawan pabrik pergi jam 6 pulang jam 6…”…tapi yach itulah serunya masa-masa SMA….🙂

  17. Wah..saya belum pernah masuk siang, jadi blom mengalami njungkir njempalik bagi waktu spt itu, hehe… Tapi menurut saya lebih efektif klas pagi, ya pak…

  18. Wah, saya pernah, Om, waktu SMP.😦
    Rasanya gak enak. Ngantuk!
    Jadi, saya makan siang dulu di rumah, baru berangkat ke sekolah. Wuih, rasanya panaaas banget di jalan. Sumuk, kalo kata orang Surabaya.😆

  19. put pernah, pak..
    waktu SD…. Setiap anak kelas dua masuk kelas siang di sekolah kami.. sepertinya alasannya sama seperti pak NH.. karena kurang kelas.. he. he…
    karena hanya Put sendirian yang masuk sekolah siang… jadi belajar pergi ke sekolah sendirian… soalnya waktu masih kelas 1 SD masih diantarin…he.. he…
    Untunglah waktu itu jarak sekolah dan rumah deket, jadi bisa jalan kaki.. ^_^

  20. waktu kelas 1 smp ya alesannya biasa kurang ruangan gitu…wah ada suka duka nya deh om masuk siang,,,duka nya jam 12teng harus jalan kaki menuju sekolah tercinta lagi panas-panasnya om sambil jalan lihat teman2 pada nyengir semua saking panasnya,,,hahaha,,,,dan suka nya sama kaya om bisa bersantai-santai ria dulu gtu,,,,

  21. Wah, saya belum pernah masuk sekolah siang Om …
    Jaman sekarang apa masih ada ya sekolah yang masuk siang? Dulu, biasanya sekolah yang masuk siang adalah sekolah yang gedungnya menumpang pada gedung sekolah lain (maap Om, bukan bermaksud mengatakan sekolah Om menumpang loh …🙂 ).

  22. Saya sekolah masuk siang ketika SD kelas 2. Masuknya sekitar jam 9-10an setelah kelas 1 pulang.
    Sekolah masuk sore sering ketika sekolah di lembaga pendidikan militer.
    Aras-arasen kalau sekolah masuk sore karena harusnya tidur lho. Jadi habis makan siang leyeh-leyeh sebentar trus jam 15 masuk kelas lagi.

    Salam hangat dari Surabaya

  23. jadi inget harus masuk siang pas SD….gara2 sekolah di-rehab…

    kalo saya sih jd malas belajar…pagi lbh sering maen ama temen2 (janjian berangkat awal biar maen di sekolahnya lama).
    Suka ngantuk….dan kalo ujian/tes stresnya justru berkepanjangan, paginya gbs belajar…

  24. Ehm… saya beruntung selalu dapat kelas pagi. Eh, kayaknya sekolah kami tidak ada kelas siang. Jadi pulang sekolah bisa menikmati bobok siang sampai sore. Malamnya bisa belajar. Ups… saya jarang belajar dink…

    Salam hangat

  25. saya pernah masuk siang waktu SMA kelas 1…..kalo aku bilang enakan masuk siang, soale kalo masuk pagi susah kendaraannya…harus rebutan sm orang2 yg mau ke kntor heheh

  26. om enha….saya masuk jam 7 pagi tapi pulangnya sama2 dengan kelas 1 pulang…..yah sekitar jam 5an…abis itu sampai rumah ganti baju….jam 7an dijemput lagi sama temen2….selama satu semester…..yang ada raportnya kebakaran deh…hahahahahaha….PAs angkatan saya, yang masuk pagi itu kelas 2 dan 3, sedangkan murid kelas 1 masuk siang semuanya om…

  27. Pernah Om, kelas 2 SMp dan kelas 2 SMU😦
    Dan sama seperti Om, lebih banyak dari pagi sampai malam di sekolah, karena ikut banyak kegiatan he he..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s