STIMULUS


Trainer manusia biasa.
Jujur akhir-akhir ini excitement menulis saya sedang berada di titik yang terendah.

Semangat menulis saya rada melempem.  Dua tiga postingan terakhir kemarin … sebetulnya adalah tulisan-tulisan lama yang belum sempat saya publikasi.  Sementara Draft tulisan yang ada di Folder File MS Word saya makin lama makin menipis.  Karena tidak ada tulisan yang baru lagi.

Rada ironis memang … karena di beberapa blog teman-teman … saya sering kali justru dengan sok taunya … menyemangati teman-teman yang sedang kehilangan semangat untuk merawat blognya. 

(Hah Trainer ini bisanya cuma ngasih nasehat doang … nggak bisa melakukannya sendiri …).  Giliran diri sendiri mati gaya … malah nggak bisa apa-apa … (hehehe)

But once again … saya manusia biasa … kadang kala saya tidak bisa menanggulangi masalah saya sendiri …  
Saya butuh orang lain.
Saya butuh bantuan anda semua.

Nah … Untuk itu …
Dengan segala kerendahan hati, Saya memohon bantuan para Pembaca sekalian untuk membantu saya agar saya bergairah lagi menulis.

Tolong beri saya Stimulus …
Tolong Rangsang saya … (haiyah …)

Caranya mudah saja (… I hope … ?)
Yaitu dengan cara … Mohon menuliskan di kolom komentar …

Kira-kira topik apa yang harus saya tulis ? … atau …
Anda ingin saya menulis tentang apa …? … atau …
Apa yang ingin anda ketahui ?

Ya pokoknya yang seperti itulah … Lebih spesifik lebih baik. 
(mudah-mudahan anda mengerti apa maksud saya).  Dengan demikian semoga saja, saya tertantang dan terpicu untuk menulis topik yang telah anda berikan tersebut.

However …
Mohon nanti dimaklumi juga bahwa … tidak semua topik akan saya tulis … karena keterbatasan dan kesanggupan yang ada pada saya … Entah kapabilitas, maupun pengetahuan… (dan juga on some cases … “Feeling” …)

Demikian …
Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih Banyak atas STIMULUS nya …

Salam saya

.

.

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

82 tanggapan untuk “STIMULUS”

  1. waaaahhhh musti nyari dulu deh topik apa yang bisa dipakai sebagai “rangsangan” hahaha…

    well. setiap blogger pasti pernah mengalami hal ini kok mas… tenang aja 😉

    EM

    1. Resensi Film / Lagu …
      OK …
      Sebenernya beberapa kali saya pernah menulis mengenai hal ini …
      But … I think worth to do it again …

      thank Ulan

  2. Oyen ingat nasehat Kakek waktu post diary, kata kakek…”Tulislah yang terlintas di kepala”

    Sebenernya, Oyen mbikin Blog hanya pengen ngarsip apa aja nyang pengen ditulis, dan gak peduli isinya bermutu apa nyablak, jadi kalo kagak ada yang bisa ditulis ya…kosong…huehheeee…..**Lah, kok jadi ceruhat 😀

    Tapi biasanya kalo lagi kosong dan pengen nulis, Oyen liatin beberapa tulisan Blogger nyang lain, trus Oyen gabung2in deh jadi cerite persi Oyen kek diary, jengkol nyuz dll

    Oyen pengen ngasi stimulus apa ya, mangap belon baca semua tulisan Kakek, tapi pernah gak Kakek nulis tentang trainer paporit, siapa sih?, yang seperti apa seh? atau seseorang yang pernah menginspirasi Kakek, atau seseorang yang terinspirasi dari Kakek…kalo Oyen dari beberapa training yang diikuti, trainingnya Jamil Azzaini dari Kubik Leadership yang paling berkesan, gara2 beliau saya selalu teringat slogan “Energi Positif”, bahwa energi tidak bisa dimusnahkan, hanya akan berubah bentuk, dan membuat yang namanya “Proposal Hidup Mulia”.

    He..he..he…Ayo Kek, tulis yang terlintas di kepala, nulis tentang Oyen juga boleh…ho..ho..ho..ho 😀

    ***sungkem lagi Kek 😀

    1. Trainer favorit ?
      mmm belum … saya belum pernah menulis mengenai hal ini …
      Namun demikian …
      Film Favorit yang mengisahkan tentang Guru / Trainer dalam bentuk lain … sudah ada di draft saya …

      menulis tentang Oyen ? atau tentang jengkol ya ? hehehe

      Thanks Oyen …

  3. Nulis tentang anak-anak Om..
    Sepengetahuan saya kayaknya akhir-akhir ini jarang banget nulis tentang anak-anak.. lebih banyak tentang musik, urunan tulisan dan tentang Om sendiri tentunya.. (ya iyalah.. hehehe.. 😀

    1. Kang Duddy memang tiada duanya …
      Pengamatannya selalu tajam …
      Bener Kang … saya sekarang jarang nulis mengenai anak-anak … Sulung-Tengah-Bungsu
      Start thinking again …

      Terima Kasih ya Kang …
      You’re the best …

    1. Terima kasih clara …
      Ada tiga Hal …
      #1. mengenai impian masa kecil sudah saya tulis disini … MIMPI SI TRAINER KECIL

      #2. hewan kesukaan … aaahhh ini … boleh juga nih

      #3. pacar pertama … ups … eng ing eng … tulis-jangan-tulis-jangan … hehehe

      Once again thanks Clara

  4. wah pengen dirangsang si papah
    yah kalo saya sih biasanya dari obrolan pah
    kalo gitu papah saya kasi peer supaya menulis tentang
    – jenis2 peserta training
    – jenis2 trainer

    salam hormat saya

    1. Mmm …
      Mengenai Peserta Training atau Trainee …
      saya pernah menulis serial mengenai …
      Trainee-trainee yang bermasalah …
      Juga Trainee-trainee yang luarbiasa dimata saya …

      Tapi ada juga beberapa kelakuan Trainee yang belum sempat saya tulis

      Mengenai Jenis-jenis Trainer ?
      mmmm … hanya ada dua … Lelaki dan Perempuan … (hahaha) (kidding)

      Julia … Thanks berat ya …

      Salam saya

  5. Hemmm ada masanya jenuh oom, wajar bgt! :p eka aja bln lalu hiatus sebulan penuh hehe.
    Mungkin nulis soal kenangan punya mobil pertama kali oom? Atau hadiah ultah pernikahan yg paling berkesan?

    Err… Yg terakhir sebenernya eka juga lg cari2 ide, sapa tau terinspirasi dari Oom hehe

    1. Eka …
      Kenangan punya mobil pertama … AAAHHHHAAAA … !!!
      cling …

      Terima Kasih Banyak EKA …
      (segera nulis mengenai hal tersebut)

      Mengenai Hadiah Pernikahan … hhhmmmm rada mikir dulu nih Ka …

      Tapi topik pertama yang kamu ajukan SIP tuh keknya …

      salam saya

  6. Pak enHa sedang terserang virus malesnulis… Bisa gawat nih dunia pengeblogan… 🙂

    Request ah… Tulis tentang ‘cari jodoh lewat ngeblog’… pasti akan jadi ternding topic.. hehe.. 🙂

    1. Cari Jodoh lewat Blog ?
      hahahaha …
      ekeh bukan ahlinya weiceh …

      Tapiiiii …. hhhmmmm … (mengerling kiri – kanan ..)(pertanda pikiran sedang distimuli …)

      hahaha

      Nuhun Kang …

  7. hmmm sama nih om, saya blm punya ide utk nulis2 lagi.. heh… jd sebel sendiri

    tulis ttg sejarah musik om… kapan dan bagaimana musik bisa “pecah” jadi jazz, rock, trus ada blues, swing, dsb…

    ato tulis ttg pengalaman om di training-i, selama ini kan selalu cerita memberi training, lha skr cerita kalo di training 😉

    ato sharing ttg sepeda (lg mikir-mikir utk beli speda neh)

    tabik,

  8. Yang jelas …
    Jika Pak De Cholik sempat membaca tulisan ini …

    Pasti beliau akan marah-marah pada saya …
    dan saya pun akan dilapori ke Guntur …

    karena beliau selalu bilang … Ide itu ada dimana-mana

  9. hehhe, sama Om.. aku juga sedang di titik terendah.. bukan minggu ini saja tapi sudah sejak dua bulan terakhir.

    Aku tetap menginginkan kisah pertemuan Trainer dengan perempuan minang tersebut.
    gak mau yang lain..!

    1. Jujur Bundo …
      Saya terbersit keinginan untuk menghadirkan penulis tamu juga …
      seperti yang dilakukan Bundo dan juga blog-blog lainnya
      dengan mengambil topik yang telah saya tentukan …
      tetapi saya belum berani

      salam saya Bundo

          1. mo tanya dong Kek, NH tu kepanjangan bukan seh, emang lengkapnya sapa, kok dimana2 NH ajah *penasaran.mode.on 😀

  10. wah, kalo saya disuruh kasih masukan/ide buat om nh itu sama artinya dengan meng-garam-i lautan.

    kalo saya sih paling suka tulisan2 om nh yang mengangkat isu atau hal-hal kecil yang luput dari perhatian orang banyak, seperti saat om nh menulis tentang seorang pelayan wanita yang bernama UJANG, dll 😀

    1. Betul Abu …
      Topik seperti itu saya juga senang menuliskannya …
      Namun entah mengapa “kepekaan” dan juga “keusilan” saya rada tumpul akhir-akhir ini …

      Tapi yang jelas mari kita gelorakan semangat ngeblog bersama-sama

      Thanks Abu …
      Apa Kabar ?
      Bagaimana perjalanannya ?

  11. wah rumit tuh pak…abis postingan2nya orisinil dan punya gaya sendiri..aku ngasih doa saja pak moga kedepannya lebih inspiratif dan tambah seru lagi tulisannya amiiin^_^

    1. Terima kasih SHB …
      yang jelas .. humor-humor khas dengan logat daerah yang kamu posting itu menarik sekali …

      Tehel ? … saya tertawa ngakak membaca humor yang itu …

      salam saya SHB

  12. Nulis tentang hasil/prestasi belajar anak-anak? rangking? liburan bersama tiga jagoan itu?

    atau mungkin Om pernah menjanjikan hadiah untuk hasil rapor yang bagus?

  13. hahaha.. si Om butuh rangsangan.. hihihi..

    hm, mungkin cerita ttg awal menjadi trainer.
    ato.. bercerita ttg Om jadi Trainee..
    ato, gaji pertama jadi Trainer dibeliin apa…

    segitu Om rangsangannya 😆

    1. Mbak Anna …
      Ada tiga hal …
      #1. cerita awal menjadi Trainer …
      ahhhaaa … boleh juga ini … I never thought about it

      #2. cerita menjadi Trainee …
      ini juga menarik … tetapi saya harus ingat-ingat dulu nih …

      #3. gaji pertama ?
      hhhmmm 110 ribu tahun 1998.
      saya belikan apa ya … ?
      tetapi saya dapat Ide … saya akan cerita benda berharga pertama yang saya beli dari hasil nabung gaji bulan-bulan pertama saya … (see … dapet banyak kan ?)

      Terima kasih Mbak Anna …

  14. mengalir lah seperti air pak, tak usah pikirkan trend dulu deh. 😀 lihat, rasakan dan nikmati then write

    😀

    saya juga sok ya… padahala 3 minggu ini akan tidak punya jaringan untuk bw. ini aja buru-buru

    cemangatttttttttttttttttttt

    1. Ibu Lely
      Terima kasih banyak telah mampir kesini ditengah perjalanannya yang padat …

      Begitu lah Bu …
      Kadang saya suka nasehatin orang … tapi giliran diri sendiri mengalami … kelimpungan sendiri
      hehehe

      salam saya bu Lely
      Have a nice and Safe Trip ya …

  15. Saya dulu juga pernah mengalaminya, yaitu pas rebranding, dari blogger provokatif (tukang sulut sumbu kompor) ke blogger sopan-santun. Rasanya kok lebih mudah menulis artikel provokatif dari pada yg sopan-santun. Tapi kini sudah menemukan jati diri, bahwa tema itu bertebaran di mana saja. Tinggal memilih mau menuliskannya secara baik atau provokatif. Hihihi…

    Jadi inget pepatah “berita buruk adalah berita baik bagi jurnalis.”

    1. Hahahaha …
      Mas Dewo perhatikan …
      Saya tau blog mas Dewo sudah lama … dan Saya sudah Hampir kurang lebih dua bulan terakhir ini … menjadi sering ke ESD … itu karena jenis tulisan akhir-akhir ini dari Mas Dewo, menurut pendapat dan selera pribadi saya … sungguh sangat sayang untuk dilewatkan …

      Ketika mas Dewo nulis mengenai tekhnis … saya cemberut …
      hahahaha …

      Salam saya Mas Dewo …
      (koleksi gitar dan assecoriesnya udah nambah belum ?)
      (sekali-sekali boleh juga nih kita jam session … siapa tau seleranya sama hahaha)

      1. @Ompakmas Trainer,

        Wah terima kasih Pak karena sering berkunjung ke blog saya. Mohon maaf kalo tulisan & temanya sering belepotan dan ngga nggenah. Hihihi…

        Kalau saya suka berkunjung ke blog Ompakmas karena pasti ada hal baru yang menarik untuk dibaca.

        Oh iya, saya nambah aksesori 1 bulan kemarin. Tapi tidak saya review. Soalnya sekarang lagi males review, padahal ada 3 gadget baru yg lain. Mungkin minat saya sekarang sudah bergeser. Hihihi…

        Ayuk kita nge-jam. Tapi saya alirannya metal loh. Beda dengan Ompakmas yang klasikal & pop. Atau bisa juga sih dipadukan antara metal dengan klasik, judulnya jadi neo-classical-metal.

        Salam.

  16. Usul lagi boleh ya Om….
    gimana kalau nulis tentang nonton bola Om? katanya Om nggak terlalu suka bola?
    Atau tentang anak-anak, mereka suka bola nggak? Kalau ada yang gibol, berlaku larangan nonton tiap malam nggak tuh Om?

    salam hangat selalu Om…
    semoga cepet dapat wangsit untuk nulis ya… 🙂

    1. Mengenai Bola …
      Cukup di permukaan saja … hehehe
      Anak-anak juga kurang begitu suka bola …

      BTW … udah banyak nih Wangsitnya … hasil “rangsangan” teman sahabat Blogger semua …

      Thanks Na …

  17. untung jadwal tulisan masih aman sampai bulan depan… kadang kalau males ya tinggalin blog begitu aja, tapi karena ada tulisan terjadwal jadi nda kentara…

  18. pak…..jangan pikirkan apa yg anda tulis…tapi tuliskan apa yg sedang anda pikirkan…semoga itu cukup membantu
    akhmad06.student.ipb.ac.id

  19. Hadiah untuk penstimulus terbaiknya apa pak’e???

    wkwkwkw…
    Hadiah melulu yang dipikirin…

    Tapi kalo dipikir-pikir… kayaknya nulis tentang HADIAH bisa juga ya…

  20. wah, bingung juga aku kalau Mas Enha sampai kehabisan ide kayak gini,
    padahal isi blog ini selalu eiylekhan sangat. 🙂

    kalau aku mungkin mengusulkan tulisan ttg pertemuan Mas Enha dgn bundanya anak2, atau hadiah apa yang pernah diterima , namun sangat berkesan, entah dr anak2, bundanya anak2, atau siapapun.
    salam

  21. Inspirasi memang mahal harganya, apalagi saat dia dibutuhkan sang individu untuk maju ke babak berikutnya dalam kehidupan.. 😀

    Mungkin sudah saatnya pergi belibur sejenak sambil terus mengamati apapun yang ada dalam sekitar di ruang/lingkup yang baru.. ide itu bisa muncul dari berbagai arah dan bahkan dari sebuah kejadian sepele sekalipun.. dicatat dan kembali di ulas di akhir hari..

    Berdiskusi dengan mereka diluar sana, bergeser dari lingkungan pergaulan satu ke selanjutnya mencari tahu ada apa dengan mereka dan lain sebagainya adalah salah satu sumber kreativitas dan inspirasi, baik itu untuk menulis dan bahkan sekedar menceritakan ulang kepada kelompok yang lain akan apa saja yang baru kita saksikan itu..

    Buat saya menulis itu ibarat mendaki gunung dan lembah, dia flktuatif sesuai iklim dalam kalbu, prioritas pada pekerjaan dan mutu interaksi diri dengan beberapa lingkungan pergaulan.. semua memberi masukan, asal kita peka dan mau mencatatnya, banyak sudah ide-ide menulis itu bisa mulai dipertajam kembali dan mulai ditulis seiring longgarnya waktu dan leganya suasana hati..

    Seneng udah bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat

  22. setiap orang pasti mengalaminya, saya malah baru aktif menulis sekitar 2 hari ini setelah vakum selama 5 bulan…hehehe 😀
    emang sih pertamanya rada kaku, tapi setelah blog walking kesana – sini saya jadi bisa menemukan ide-ide baru… 😀

    salam kenal

  23. wah… sudah banyak nih “rangsangan” yang diberi narablog buat Om Nh, itu bukti kalau mereka sangat mencintai Om, tulus dan apa adanya (halah, kayak lagu…)

    Om, saya ada beberapa usulan, tapi karena sudah banyak, takutnya Om jadi over-rangsangan, bisa gawat kan? hahaha…

    usul satu aja ya: lagu anak; dulu dan sekarang 🙂

  24. sama om en Ha..

    aku juga lagi kena virus ituh..

    tapi ..

    bagaimana tentang hutan,entah hutan apa sajah,tampaknya hutan diindonesia suda semakin meranggas..

    sesuatu yang hijau yang menyejukkan,sepertinya om belum pernah membahasnya 🙂
    [ cuma sekedar usul Loch om..]

    save the forest,bukan save saiyah yaaa :mrgreen:

    trimakasi om en Ha.. 🙂

    1. Ncing Wiend, kalo soal ini Oyen dan jajaran Puslit Karet beserta Dishutbun sekarang lagi gencar mengintroduksikan tanaman karet di lahan hutan, karena menghasilkan produk samping selain kayu (lateks) yang tidak akan ditebang selama masa sadapnya masih ada (sekitar 25 tahun), sehingga memberikan hasil samping tapi tetap mempertahankan ekosistem hutan, karena tidak akan ditebang selama lateks masih diproduksi dan hasil kayu belum maksimal 😀

  25. Menulislah Sebelum Kiamat

    Ada senja yang nyaris dijadikan berhala oleh para pujangga, ada Tuhan yang selalu saja di sangsikan keberadaanNya, ada dosa menumpuk yang tidak terlihat di pelupuk mata, ada surga yang sudah tidak terasa lagi indahnya.

    Aada dunia yang berubah menjadi neraka, ada beberapa manusia yang lebih mementingkan soal menyusun kata ketimbang sholat dan puasa, ada mereka yang lebih mencintai Filsuf Eropa ketimbang Rasulnya, ada banyak perkara lain lagi yang nasibnya sama seperti senja; menjadi berhala.

    Ada hari yang telah kita lewati dengan penuh caci maki, ada malam yang menjadi saksi tempat dimana kita merenungkan eksistensi atau malah melampiaskannya dengan hasrat birahi, ada siang tempat dimana kita berinteraksi dengan orang lain demi sebuah modal sosial yang bernama relasi, ada masa, dimana kita lemah tak berdaya, hampa, tanpa gambaran masa depan sekalipun tetap saja kita selalu pongah dan jumawa. Karena kita adalah manusia. Atau bahkan…

    ada suatu masa dimana kita menemukan penjelasan bahwa takdir sejatinya bukan lagi sebuah misteri, melainkan sebuah perjalanan hidup yang penuh dengan perjuangan dan kesabaran menjalani kebosanan.

  26. menurut Yessy tulisan tentang ketiga jagoanmu selalu menarik, om 🙂 Selalu lucu. dengan foto-foto mereka yang terbaru. Dari yang sudah meranjak dewasa, yang sudah ABG, sampe yang masih anak-anak, alias bungsu 🙂

  27. Tulis mengenai tips mendengarkan musik klasik,pak.
    Kadang saya masih bingung cara menguraikan dan mencerna yang namanya musik klasik.
    Katanya indah tapi kok kadang masih begitu njlimet di telinga saya ya..

    Salam jepret!

  28. “Kenapa harus pohon” 😀
    nulis tu aja om. kan banyak pendidikannya
    contoh kecil, ketika kampanye. Kenapa hatus pohon yang dijadikan korban. bingung? kan banyak tu spanduk2 yang maen paku di pohon… padahalkan sementara tok!

  29. Sedikit Kultum dari BlogCamp Headquarter ya Oom

    Sejak jaman Nabi Adam as hingga makhluk terakhir ciptaan Alah tak pernah ada dua orang yang persis sama lahir dan batin. Oom merupakan sesuatu yang lain daripada yang lain. Tak ada seorangpun yang menyerupai Oom dalam cacatan sejarah kehidupan ini. Belum pernah ada seorangpun yang diciptakan sama dengan Oom, dan tidak akan pernah ada orang yang akan serupa dengan Oom di kemudian hari.
    Oom berbeda dengan saya, Guskar, Pak Mars dr. Fadly, Bambang Irawan, Zaid maupun ‘Amr. Karenanya jangan meniru-niru gaya dan kepribadian orang lain.

    Hduplah sebagaimana Oom diciptakan, jangan merubah suara,mengganti intonasinya, dan jangan pula merubah cara berjalan atau melenggangkan tangan.

    Oom mempunyai corak dan warna sendiri. Dan kami menginginkan agar Oom tetap seperti itu dengan corak dan warna Oom sendiri. Sebab Oom memang diciptakan demikian adanya. Kami mengenal Oom seperti itu, maka jangan meniru-niru orang lain.

    Rangkaian kalimat diatas juga berlaku untuk sebuah blog. Tetaplah dengan gaya dan warna seperti ini. Jika blog saya agak urakan, memang itulah corak dan warna saya.

    Walaupun Oom seorang trainer (pelatih) maka jika saya minta Oom menulis tentang perkelahian sangkur atau cara membongkar senapan pada 3 bagian utama Oom tentu akan mengelami kesulitan. Mengapa ? Karena itu bukan domain Oom.

    So, tulislah apa yang Oom sukai, ingini dan kuasai. Memaksakan diri untuk menulis SEO , CSS atau php akan menjadikan Oom sukar bernafas.

    Soal ide, Masya Allah Oom, coba raba 9 lubang yang ada pada body Oom, berjuta-juta tulisan bisa keluar dari situ. Nggak pervaya oom ? Coba manfaatkan lubang telinga misalnya , apa yang bisa ditulis disitu ?
    1. Tehnik mendengar yang baik.
    2. Cara membersihkan lubang telinga yang baik dan benar
    3. Cara membeli hearing aid
    4. Kisah si Buta dan si Tuli
    5. Mengamankan telinga saat naik pesawat terbang, dll

    Begitu kira-kira Oom sekedar rangsangan dari belakang. Tapi Oom, kalau penyebabnya adalah karena malas ya memang nggak ada obatnya dan nggak bisa dipaksa. Malas kok dipaksa……..

    salam hangat dari Surabaya

  30. kalau saya pak usul yang tentang cerita cerita yang memotivasi gitu pak..pasti pak nh tau banyak lah..karena kadang saya suka down kalau ditimpa sesuatu..saya membutuhkan semangat juga pak ^^ hihi
    makasiiih

  31. Meski agak lambat akhirnya aku sampai juga di tulisan yang lampau ini. Semoga bisa membuat aku bersemangat lagi 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  32. Saya jujur suka kalo om cerita masa kecil… cerita simple suka duka masa kecil… karena bisa “merangsang” orang lain untuk ikut bercerita… 🙂

  33. setuju sama komentarnya Prima,,
    perkenalan pertama saya dengan om NH dari tulisan permainan masa kecilnya,,,
    dan itu ikut membawa saya kemasa bermain sebagai anak kampung 😀

any comments sodara-sodara ?