KI BEKASI 2 : YANG BERBEDA KALI INI


9 April 2015

Seperti yang telah saya ceritakan di postingan sebelumnya, untuk ketiga kalinya saya mendaftar kembali menjadi relawan di program “Kelas Inspirasi”, Gerakan Indonesia Mengajar.  Setelah di Bogor dan Depok, kini saya mendapat kesempatan untuk mengajar di Bekasi.  Tepatnya di SD Negeri Jatiwaringin 1.

nh9
(photo by Romi, Deti, Glen)

Setiap kota pasti punya kenangan tersendiri.  Selalu saja ada hal yang menarik di setiap kota. Dan ceritanya selalu berbeda-beda. 

Untuk Kelas Inspirasi di Bekasi kali ini,  hal-hal menarik tersebut adalah …

1. Inspirator

Salah dua inspirator di group kami secara kebetulan ada yang mantan kontestan pemilihan Abang Jakarta.  Tentu saja mereka mempunyai keragaan fisik dan penampilan yang menarik.  Tinggi, tampan, “hensem”, rapi ditunjang dengan perilaku dan kepribadian yang santun dan menyenangkan.

Sehingga apa yang terjadi ?
Semua heboh !!!

Bukan saja murid-murid.  Bukan saja ibu-ibu guru.  Tetapi juga para emak-emak orang tua murid yang menunggui anaknya di sekolah.  Semua berebut untuk minta foto dan se-selfian dengan teman kami tersebut.  Dan mantan kontestan abang Jakarta itu dengan sabar melayani keinginan mereka.  Dan hal ini menambah kemeriahan acara Kelas Inspirasi ini.  Terasa lebih hangat dan akrab.  Murid, Guru, Relawan dan juga orang tua murid.

Kali ini Om trainer yang eiylekhan itu … benar-benar mati angin. Kalah hawa … Manyun merana … (nggak ada yang ngajak foto bersama)(apalah aku ini ?)

DSC_5756
(kesian banget deh …)(photo by Romi, Deti, Glen)

2. Ekstra Kurikuler

Pada awalnya ketika kami “sowan” ke sekolah, beberapa hari sebelum acara Kelas Inspirasi berlangsung, kami sempat agak kecut. 

Mengapa ?
Karena kami merasa (waktu itu) sambutan dari sekolah adem-adem dan dingin-dingin saja.  Tapi ternyata kami salah.  Rupanya mereka, kepala sekolah dan para guru telah mempersiapkan dan menginstruksikan murid-muridnya untuk tampil total pada saat acara penutupan program Kelas Inspirasi.  Beberapa hari sebelum tanggal 9 April mereka semangat dan giat berlatih untuk mempersiapkan persembahan mereka.  Guru-guru bilang bahwa ini sekalian untuk pelengkap mata pelajaran SBK (Seni, Budaya dan Ketrampilan)

Mereka sangat menyambut antusias acara ini. Dan murid-murid dengan kesungguhan hati menampilkan atraksi yang terbaik.  Ada drumband, qosidah dan beberapa tari-tarian.

(Hal ini tidak kami alami di dua kota sebelumnya)

nh4
(Drumband SDN Jatiwaringin 1)(photo by @nh18)
nh3
(qosidah SDN Jatiwaringin 1)(photo by @nh18)
DSC_6344
(tarian SDN Jatiwaringin 1)(photo by Romi, Deti, Glen)
nh5
(tari “Dodogeran”)(photo by @nh18)


3. Videografer

Di setiap kelompok Kelas Inspirasi, biasanya akan ada satu atau dua orang personil yang ditugaskan untuk menjadi relawan fotografer.  Tugas mereka adalah mengabadikan seluruh aktifitas yang dilakukan oleh para inspirator.  Dari awal acara sampai akhir.

Kali ini, di tim kami, selain mereka yang bertugas sebagai fotografer, ada juga yang bertugas sebagai videografer.  Videografer bertugas membuat video pendek berdurasi 10 – 15 menit untuk keperluan program kelas inspirasi.  Entah itu untuk dokumentasi atau untuk contoh dan referensi bila ada kegiatan kelas inspirasi di kota-kota lainnya.  Tidak setiap kelompok mendapatkan Videografer.  Itu sebabnya kami bersyukur kami dilengkapi dengan videografer.  Dokumentasi tim kami jadi terasa lebih komplit.

Ini adalah hasil karya videografer di tim kami

(karya : Glene Ananta)

Jadi demikianlah …

Tiga hal yang berbeda yang saya temui di Kelas Inspirasi Bekasi #2. Khususnya Kelompok 6 yang bertugas di SDN Jatiwaringin 1.

Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi anak-anak itu. Seperti juga kami, para relawan yang selalu saja mendapatkan hal-hal baru di setiap kegiatan yang kami lakukan.

“Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka.”
(Kelas Inspirasi)

Kelas Inspirasi … Bangun Mimpi Anak Indonesia
Kelas Inspirasi … Gapai Mimpi Anak Indonesia

Salam Saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

.

16 thoughts on “KI BEKASI 2 : YANG BERBEDA KALI INI

  1. Kisah KI di kota mana pun, siapa pun yang terlibat, selalu menarik. Sangat suka, terima kasih atas bocoran pengalaman Om NH. Semoga saya bisa ikut di Bogor atau di kota lain. Salam sukses selalu.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s