Posted in BAHASA, TRAINING

MNEMONIC


Mnemonic ?
Makanan apaan itu Om ?

Simple saja … Mnemonic (atau di beberapa literatur ada yang menyebutkan juga Mnemonic Devices) adalah teknik belajar yang berguna untuk membantu meningkatkan memori jangka panjang seseorang. 

Biasanya tekhnik ini digunakan untuk menghafal sesuatu.

Salah satu tekhnik Mnemonik yang biasa ditemui adalah dengan menggunakan Singkatan.  Dan untuk lebih memudahkan lagi,  singkatan-singkatan itu biasanya dibuat selucu mungkin.

Contoh yang paling klasik adalah singkatan … MEJI KU HI BI NI U
Ini adalah singkatan dari urutan warna spektrum pelangi … Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila dan Ungu …

Selain menggunakan Singkatan … Tekhnik Mnemonic lain yang juga sering digunakan adalah dengan menggunakan Lagu.  Banyak lagu-lagu diciptakan khusus untuk anak-anak … agar mereka bisa mudah menghafal sesuatu …

.

Pengalaman pribadi nih …
Dulu saya paling ”keder” … selalu kesulitan … kalau disuruh menghafal kedelapan arah Mata Angin beserta urutannya.  Namun ada satu guru SD saya yang mengajarkan kami sebuah lagu … Lagu tentang urutan arah mata angin.

Lagunya berbunyi …

timur tenggara … selatan barat daya …
barat barat laut … utara timur laut …

(dan cara menyanyinya … biar afdol … dilakukan sambil menunjuk arah … mulai dari kanan terus kebawah … dan berputar searah jarum jam)

Asal anda tau saja … ada suatu masa dimana saya kalau ada ulangan geografi – IPS,  dimana terdapat soal yang berkaitan dengan mata angin … maka setiap kali mengerjakan soal-soal tersebut … saya selalu bersenandung lirih … Lagu jampi-jampi mata angin itu …

Satu soal … satu kali nyanyi …
Bayangkan … kalau ada lima belas soal sejenis … yang berkaitan dengan arah mata angin … maka saya pun akan menyanyikan lagu yang sama sebanyak lima belas kali juga … (baik nyanyi didalam hati … maupun nyanyi secara bisik-bisik …)

Hahahaha …
(berisik-berisik deh … )(tapi jawabannya pasti bener itu …!!! … sumpah !!! )

Dan percaya atau tidak … lagu tersebut terus menempel di benak saya, sampai sekarang.

.

Anda punya Mnemonic lainnya ?
Alat bantu untuk menghafal sesuatu ???
(menghafal tabel periodik unsur-unsur kimia misalnya ???)
(menghafal nama latin tumbuhan atau hewan mungkin ???)

🙂🙂🙂

Salam saya

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

48 thoughts on “MNEMONIC

  1. Now … You understand …
    bahwa … Singkatan atau apa saja yang bisa membantu seseorang menghafal sesuatu …
    That’s Mnemonic …

    Anda sekarang bisa gaya-gayaan menggunakan kata-kata Mnemonic ini …

    (hahaha … ajarannya Om Trainer niiiiii …)

  2. Lagu mata angin kita sama ya oom, tapi yg anak2 sekarang agak beda digit deh
    Kalau ngafal Nama Latin itu suka kuplesetin, jadi krn lucu sampai sekarang masih ingat.
    Mira dicium di Jepang, he..he.. itu caraku untuk menghafal miracidium, larva Dari parasit S. japonicum

    1. Iya kak …
      Singkatan yang dibuat lucu … or katakanlah … diplesetkan …
      itu sangat membantu mengingatkan kita
      Thanks contohnya Kak …

      Salam saya

  3. pipa londo: ping-para-lan(tambah)-suda

    Gol IIA tabel periodik: Bebek mangan cacing seret banget rasane: Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra

    dulu mbikin ‘jembatan keledai’ ini buat ngapalin 57 butir-butir Pancasila, tapi berhubung bikin sendiri, sekarang mnemonicnya masih inget tapi kepanjangannya udah gk inget. Haha… Habis buanyak dan panjang sih…

  4. Guru SD saya juga mengajari lagu ini, Om, tapi bukan dengan cara memutar tangan searah jarum jam, tapi kita disuruh berdiri sambil berputar mengikuti arah mata angin yang kita sebutkan. Untungnya, saya tidak perlu menyanyikan lagu ini untuk menjawab soal, seperti yang Om Nh lakukan, sebab jika ada lima belas soal, maka saya harus berputar sebanyak lima belas kali. puyeng! hehehe..

    Ada pengalaman lain, menghafal pelajaran tajwid, huruf-huruf qolqolah di ‘plesetin’ menjadi ‘di toko baju’ ( dal, tho, qof, ba, jim )

  5. yang lucunya di Jepang banyak sekali Mnemonic yang diajarkan oleh guru/bapak/ibu turun temurun. AKu sampai heran melihat cara mereka belajar. Bahkan untuk menghafal perkalian dari 1 sampai 10 pun ada lagunya!
    Aku waktu belajar di Jakarta tidak pernah pakai jembatan keledai begitu (kecuali mejikuhibiniu). Tapi waktu mengajar bahasa Indonesia kepada orang Jepang di sini ya harus menciptakan jembatan keledai utk mereka spy mereka semangat dan cepat hafal kata-kata bahasa Indonesia. Misalnya Kaachan wa mame ga suki (Kaachan = ibu ; mame =kacang : Ibu suka kacang). Dan tentu saja yang paling cepat dihafal jika menghubungkan dengan kata-kata tidak senonoh (shimoneta) hihihi.

  6. Ini sama dengan jembatan kedelai kan inyiak,,

    Dulu waktu kita kecil,, dipengajian,,
    Semua hafalan kan dinyanyiin,,
    Mulai dari hafalan nabi,, asmaul husna,, sampai ayat pendek,,

    Itu sama gak namnya,,,

    Bener yang inyiak bilang,,
    Kalau pas jawab soal ujian,, yg ada dikepala langsung nyanyi,,

    Jadi kalau ujian agama berisik,,
    Semuanya nyanyi soalnya

  7. Ada banyak Om kalau singkatan..
    tapi kebanyakan yg jorok2 gitu
    tapi ini singkatan lho
    justru itu yang membuat keinget terus sampai sekarang
    gak usah disebut disini wes Om,,hehehe

  8. Iya Om, waktu SMU sempet punya mnemonic tabel periodik ituh, tapi ya blass udah lupa skrg mah, paling yg msh ingat urutan huruf hiragana a-ka-sa-ta-na-ha-ya-ma-ra-wa, coz pernah ‘disetrap’ sm dosen gara2 aku lupa nginget huruf qiqiqiqi

  9. Kalau yang paling sederhana dan diajarkan oleh guru SMP tapi masih melekat sampai sekarang adalah KNAP, Katode Negatif – Anode Positif
    Selain itu saya juga bikin sendiri dan saya pakai sendiri, antara lain menghafal Zodiak…
    Yang itu saya singkat sendiri, ARTAGE CANLEVI dst dst…
    Juga untuk mengingat “angin laut” dan “angin darat”
    Saya menggunakan rumus : Angin Laut ya dari Laut… (Orang Jepang ya dari Jepang…)
    Berarti Angin Laut itu dari Laut ke Darat…

  10. nah iya om..dulu saya pake metode menghapal kaya begitu,..
    berhubung keterbatasan saya dalam hal menghapal, jadi apapun itu mau bahasa inggris, bahasa indonesia, sampe kimia saya pake singkatan gitu…kecuali sejarah, gak bisa nyingkat nama orang sama tanggal..hehehe
    baru tau kalo namanya mnemonic loh…hehehehe…

  11. SMA saya dulu kejuruan Kimia om.. Yang paling diinget untuk apal2an yaitu ketika menghapal Tabel Berkala Unsur-unsur
    Contoh..
    Hari Libur Nanti Kita Rebut Cesar Ferancis
    Beli Mangga Campur Sirop Bawa Rambutan..😀

    Atau dulu jaman SD ngapalin Dasa Dharma Pramuka : TaCiPaPaReRaHeDIBerSu.. (Cuma afal singkatannya doang yang melekat sampe sekarang… Isinya.. walah udah luppa!)

    salam,

  12. Sampe sekarang klo ngajarin Jendral G mata angin saya masih nyanyi, Om hahahaha…..
    Kalo singkatan dulu namanya “Jembatan Keledai” bukan ya? Dulu pernah menggunakan singkatan untuk menghafal tabel periodik kimia, tapi dah lupa😀

  13. Saya sih senyum-senyum sendiri, membayangkan si Om dengan 15 soal ulangan geografi – IPS, yang berkaitan dengan mata angin …berarti 15 kali bernyanyi dan bersenandung lirih…. he3x lucu aja Om🙂

  14. dulu mnemonic saya waktu SD adalah menghapal urutan KM, HM, DAM, M, dm, cm, mm
    jadi Ki Haji Daud (M) dapet calon mantu😆

    sekaligus membedakan mana yang mesti ditulis huruf besar dan huruf kecil
    hihihihihi:mrgreen:

  15. Iya dulu mengahapal daftar periodik kimia tuh Om… dulu sih udah hampir inget semua, sekarang boro2 deh, hehehe… sama gurunya juga dibikin lagunya, jadi lebih gampang. Mnemonic lain buat nama planet: Mevebumayusaurneplu, sayangnya sekarang ‘plu’nya harus hilang karena Pluto ternyata bukan planet :p

  16. Kalau yang beginian, sewaktu di pondok dulu banyak sangat, Om..
    Dan saya lumayan sering melakukannya..
    Misalnya pada pelajaran Tajwid bab Qolqolah.
    Huruf-huruf qolqolah itu adalah: ba’, jim, dal, tho’, dan qof
    Untuk memudahkan menghafalnya, maka saya baca dengan: BAJU DI THOQO

    Sekarang, teknik ini sedikit banyaknya saya ajarkan juga ke anak-anak…🙂

  17. Kalau aku ngapal nama malaikat om..

    Yg jibril mikail isroil isrofil.. Wahyu rezeki terompet cabut nyawa.. seperti itulah..

    Sama kayak om aku setiap ulangan juga pasti bersenandung.. karena aku gak kuat soal hapalan..

  18. kalau di bidangku juga banyak, bahkan emang diakui secara internasional misal vaccum mnemonic, forceps menomnic, alarmer… memang berguna banget buat mengingat prosedur tindakan yang biasanya panjang dan harus dihafalkan🙂
    Salam hangat dari Wonderland

  19. haha.. lagu mata anginnya dibilang “lagu jampi-jampi”. Kocak sangat Oom..😀
    betul, jaman sekolah sering nih bikin mnemonic gitu buat memudahkan hapalan2 penting.😉 salah satunya mejikuhibiniu itu🙂 hehe..

  20. pernah lihat di TV bagaimana org bisa menghapal daftar belanjaan dengan mengumpamakan apa yg akan dibelinya dengan bagian bagian tubuh🙂 .. jadi nggak perlu bawa catatan daftar belanja🙂

  21. betul sekali om..
    dulu waktu sma selalu menghafal tabel periodik unsur-unsur kimia sambil bernyayi ..
    masih ingat sekarang..
    hahaa..bikin keder..
    ngapalin rumus2 fisika ..

  22. Banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapatkan dari situs Anda, terutama yang saya baca saat ini tentang mnemonic, sepertinya saya harus banyak belajar, terima kasih dan salam persahabatan.

  23. kalo umar ketika belajar iqro dikasih metode mnemonic ini juga om (kepeleset saya ngomongnya, hihi), untuk huruf berfatah alif dal ro jim mim ha kaf ya menjadi ” a-da ra-ja ma-ha ka-ya”…daan itu diingat terus oleh umar. salam saya om.

  24. Saya pernah 3x keluar kelas karena tidak bisa menjelaskan angin darat dan angin laut oom. Kalau salah suruh keluar kelas sambil mendengarkan teman2 yang menjelaskan kedua angin itu. Masuk lagi, salah keluar lagi. ha ha ha ha

    Jembatan keledai yang saya miliki adalah OMAR BAKSANTU –
    -Ofensif
    -Tersamar
    -Tembakan terpusat
    – Mendalam dan ke segala jurusan
    -Saling Membantu

    Pelajaran apa ini hayoooooooooooooooo???

    Salam hangat dari Surabaya

  25. Ooh, jembatan keledai ya.
    Waktu SMA dulu diajari buat ngapalin tabel periodik unsur kimia
    H Li Na K Rb Cs Fr : Hani Lina Karo Robi Cs-e Frans

    Kemudian, ngapalin urutan susunan kata keterangan dalam bahasa Inggris
    Num Si Qu Co Na Ma No : Number Size Quality Colour Na (lupa nih Na apa ya, ☺hë•⌣•hë•⌣•hë•⌣•hë☺) Material Noun

    Ada yg msh ingat “Na”-nya apa?😀

  26. Jangan dihafal menuh-menuhin memory aja. Tabel periodik sejatinya boleh di bawa dan dilihat pada waktu ulangan. Pengertiannya yang penting dan harus dimengerti.

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s