GREETINGS FROM AREAS


.

Seperti yang saya ceritakan di postingan saya yang lalu.  22 TAHUN.  Saya per 1 Februari 2013 sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tempat saya berkarya sejak tahun 1990.  Ya … sebuah keputusan yang berat sebetulnya.  Waktu dua puluh dua tahun di satu perusahaan bukan merupakan waktu yang singkat.  Banyak sekali kenangan-kenangan dengan berjuta rasa … yang berhasil mengendap di memory saya.

Setelah pada hari Jum’at, 25 Januari 2013 kemarin, saya menyampaikan salam perpisahan disertai ucapan terima kasih dan permohonan maaf saya kepada para karyawan se kantor di Head Office, Jakarta.  Maka kini …

.

Senin, 28 Januari 2013

Giliran Saya mengirimkan e mail pemberitahuan kepada seluruh personil kami di Area.  Memberitakan hal yang sama.  Ke kantor-kantor area yang tersebar dari Banda Aceh sampai Papua.  Saya nge-blast e mail baik kepada tim Marketing maupun Sales.  Baik itu kepada Manager Area maupun para Area Supervisor dan Area Executive.  Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan juga permohonan maaf saya pada mereka.  Plus … saya katakan juga bahwa saya merasa beruntung bisa berkenalan dengan mereka, para personil area.

Mengapa saya katakan beruntung ?
Karena saya tau pasti … Jika nanti saya melakukan perjalanan ke seluruh kota di Nusantara … Saya tidak perlu takut …  Saya rasa akan selalu ada teman dan sahabat yang siap membantu saya … mana kala saya tersesat atau memerlukan bantuan di seluruh kota penting di Indonesia.

Lalu bagaimana reaksinya ?
Tak sampai dua menit … inbox e mail saya sontak dipenuhi dengan reply dari mereka.  HP saya pun berderingan … tiga empat lima kali HP saya pun menotifikasi bahwa ada sms-sms yang masuk.  Telfon meja ekstension saya pun demikian … krang-kring tiap sebentar.  Layar instant message di lap top pun terus berkedip … tanda ada notifikasi pesan singkat masuk.  Trainer bingung !!! hahaha …

Mau dijawab yang mana duluan … ???

Hal-hal tersebut sungguh membuat saya tersanjung … mereka begitu perhatian kepada saya.

Belum lagi jika dibaca satu persatu kalimat yang mereka kirimkan kepada saya … penuh berisi Doa … ucapan Motivasi dan ucapan terima kasih.  Yang jujur sangat membesarkan hati …

Perkenankan saya menyalin ke blog ini … beberapa contoh kalimat,  yang sempat mereka kirimkan kemarin :

Kalimat dibawah ini datang dari M. Daud Supervisor dari Palu, Sulawesi Tengah.

… jgn takut ke Palu yah pak, jiwa raga bapak jadi urusan saya..

Kalimat tersebut sangat simpel tapi sanggup membuat saya terharu.  Demikian dalam maknanya bagi saya.  “Jiwa-raga bapak jadi urusan saya”.  (ah Daud … )

Ada lagi kalimat dari ujung pulau Sumatera … Andri Maulana dari Banda Aceh, NAD menulis :

Terima kasih atas segala Arahan dan Marahan bapak selama Training yang saya ikuti dari bapak, membuat saya menjadi lebih baik khususnya Pekerjaan.

Mantan trainee-trainee saya memang tidak pernah merasa sungkan-sungkan untuk mengemukakan isi hatinya … Mereka terbiasa berbicara terbuka dengan saya … apa adanya … Saya tersenyum membaca kalimat ini.  terutama yang di bold itu … Ya … saya memang kadang (sering) juga suka marah bin murka disaat training.   Tapi insya ALLAH … itu semua didasari oleh rasa sayang saya kepada mereka.  Tak ada maksud lain.

Dari ujung Timur ? Papua, Kota Merauke ? Radit menulis seperti ini :

Mungkin baru sekali kita ketemu di event  ******, Bali 2012.  Tapi siapa sih yang gak bakal inget sama Bapak nyentrik dan kece satu ini

Ya … Radit ini memang personil yang relatif baru kami rekrut.  Dan baru sekali bertemu saya.  
Langsung saya ketawa membaca tulisan Radit itu … hah … nyentrik tapi kece … mungkin dalam istilah saya … inilah yang disebut sebagai … Eiylekhan !!! (qiqiqiqi)

Dari Selatan … Kupang, Nusa Tenggara TimurWindu menulis …

Yang anehnya lagi, biarpun pas training banyak becandanya, saya justru paling bisa nangkep klo suhu yang bawain trainingnya

 

Again …. saya juga ngakak membaca tulisan Windu itu.   Suhu ???.  Memang banyak dari mereka, yang memanggil saya dengan sebutan Suhu … mungkin ini sebutan yang rada “lebay membahana” … karena saya rasa kemampuan saya, belumlah seujung kuku untuk disebut sebagai Suhu.  Istilah yang betul mungkin adalah … saya hanya lebih tahu duluan dari pada mereka … 

Dari Ujung Utara ??? Maudy seorang supervisor senior dari Manado, Sulawesi Utara menulis seperti ini …

Pak Nanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaag…………………………kenapa kau meninggalkan kamiiiiiiiiiiiiiiiii……………………..!!!! kenapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….!!!!

Saya kopi plek ketiplek … persis … jumlah huruf “A” nya … jumlah titiknya maupun jumlah tanda pentungnya … Dan memang hanya kata-kata itu yang dia tuliskan di reply e-mailnya …🙂.   Brur Maudy ini memang kelihatannya sepintas memang pendiam … tapi kalau sudah ngoceh … beuh … kocak bener dia … !

Banyak lagi reply e mail yang datang dari personil-personil di kota-kota lain di Pulau Sumatera … Jawa … Bali … Nusa Tenggara … Kalimantan … Maluku … sampai Papua.  Dari kota besar maupun kota kecil … Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu … namun yang jelas … intinya semua sama … Sangat membahagiakan …

Dan kalau biasanya, dalam training yang sudah-sudah … saya yang selalu memberikan kalimat Motivasi pada mereka … Kali ini kebalikannya … disadari atau tidak disadari oleh mereka.  Justru kini giliran merekalah yang memotivasi saya.   Kalimat, doa dan harapan yang mereka ucapkan … Sungguh merupakan Motivasi semangat yang sangat dahsyat dampaknya untuk saya.

“Saya merasa berarti !”

(Saya rasa ini adalah kebahagiaan yang sejati … “merasa berarti” …).

So …
Rekan dan sahabat saya yang ada di Area … Terima kasih atas segala perhatian dan kasih sayangnya …
Sekali lagi mohon maaf jika mungkin ada perkataan – perilaku – tindakan yang kurang berkenan di hati anda semua.

Sukses untuk kita semua.

Please remember … “Integrity is a must … and … Be Positive !!!”

Salam saya,

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9

.

.

.

66 thoughts on “GREETINGS FROM AREAS

  1. Saya sangat setuju dengan respon sahabat-sahabat Om tersebut.. Meski saya tidak pernah jadi trainee-nya Om Nh, tapi dari apa yg saya rasakan melalui persahabatan kita, perasaan “kehilangan” dari mereka itu adalah sangat pantas..
    Semoga saya pun bisa meneladani ini ya Om..🙂

    salam,
    http://www.hardivizon.com

  2. Tanpa terasa saya bersama SUHU selama 22 tahun, padahal saya bergabung baru 25 tahun dengan Bangga saya banyak mendapat pencerahan dari Sang Suhu satu ini,
    Jangan lupa Malang masih tetap seperti dulu & kami selalu menunggu mu

  3. turut merasakan keharuan Om NH atas ucapan-ucapanbyang disampaikan. Terbayang bagaimana Om sudah berkontribusi luar biasa dalam hidup mereka.

    perasaan berarti dalam hidup sangat penting memang Om.

  4. Emang 22 tahun bukan waktu yg sebentar, itu mah kalo anak jaman sekarang udah pantes dikawinin *eh*😀

    Jd kerasa haru sampe kesini om hihihi apalagi yg dari Maudy ituh, serasa gk rela dia ya😀

    1. Hahahah …
      Mantan Trainee-trainee ini memang kadang suka njeplak … apa ada nya …
      tapi justru itulah yang saya suka dari mereka …

      salam saya Idang

      1. Iya Kak …
        Saya baca juga … dua tiga kali malah …

        Bro memang sahabat saya yang luar biasa …
        dia itu sangat tekun dan persisten … tetapi rendah hati …

  5. integrity.. suka deh kata itu.. menunjukan “prestasi” kita kalu kita punya integritas..
    apapun om, segala pilihan ada resikonya.. semoga iklas dan teguh kukuh lapis baja menghadapi tahun tahun yang hebat nanti..

    keren julukannya banyak:
    – nyentrik
    – kece
    – suhu

    jadi panjang aja gelarnya nih, om suhu trainer yang nyentik & kece..

    1. Banyak mbak …
      And yes Indeed … beberapa dari mereka tau alamat blog saya …
      saya pun dulu sering bercerita tentang tingkah polah mereka …

      salam saya Mbak

  6. Yang paling diinget waktu Training Parang ….

    ” Pak Saya bisa gak ya kerja kaya gini … ” … Om NH cuma bilang
    ” Kalo bukan Marketing pasti gak bisa ” …. Titik …
    dan saja cuma bisa #jleb …

    Dan kata2 itu terus teringat … Yes , kamu adalah Marketer pasti kamu bisa …

    Thanks pak Suhu ….

  7. baca message-nya Windu, saya jadi langsung mbayangin Om NH pake baju cheong sam, kumis nglinting panjang menjuntai, rambut panjang semi botak kayak wong fei hung. Cocok om! Suhu beneran, deh. *kabur sebelum dilempar henpon sama om NH

  8. Oiya, saya juga sepakat Om, kalo banyak orang bakal nangisin dan nggandolin si Om. Soalnya saya baca tulisan-tulisan Om, soale memang Om kebapakan dan mengayomi gitu deh. Apalagi bagi orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan si om, pasti lebih bijimaneeeee gitu. >.< Ciyusan, Om.
    Salam cihuy dari Malaysia, om. Hehehehe

    1. Alhamdulillah Boss Alris …
      Semoga yang diingat oleh mereka yang baik-baik saja …
      yang jelek dari saya … jangan sampai mereka tiru …

      salam saya Kang

  9. hah? Brenti dari tempat kerja om? Ketinggalan berita nih saya …

    huaaa … itu reaksi banyak orang bikin mbrebes mili gak om?
    pada gak rela ditinggal😦

    baca komentar mereka menandakan om memang seorang yang eylekhan😀

  10. Pak Na2ng,..mohon maap sejujurnya “speechless” mau ngomong apa?

    3 kali PITSTOP sy ketemu “Jakarta 2009, Karawang 2011, Bali 2012”..bny hal yg membuat sy gak ngantuk klo materinya siang “itu krn bapak”.

    Klo nanti travelling perjalanan ke padang “kebetulan lewat darat”, percayakan saya untuk bisa mengawal bapak melewati wilayah kita (Baturaja-Lahat) yang kata orang “rawan”, saya yg ada dibarisan paling depan dan insyaallah akan aman selama lewat diperjalanan,..
    Hub aja pak ya : 0812-*******

    Makasih buat bimbingan, nasehat dan ilmunya selama ini,
    “ini bukan perpisahan-hanya sedikit saja langkah berbeda dan kelak kita akan bertemu lagi karena kita adalah keluarga”.

    mohon maap jika selama ini saya ada kesalahan dan kekhilafan.

    Thx ‘n rgds
    Mukhlis Ahadi & Family @Lahat SUM-SEL

  11. 22 tahun emang bukan waktu yang sebentar Om, banyak kenangan yang tak mungkin bisa di lupakan. apapun itu.

    Itulah enaknya menjadi orang baik, ramah dan banyak teman…kemana-mana tidak perlu takut karna pasti ada saja yang akan dengan suka rela membantu.

    Apalagi kalau smsnya Bapak nyentrik dan kece…..( pasti senyum2 sendiri nich om ).

  12. Aaaahhh…kok saya jadi terharu sangat bacanya ya Om… indeed, kebahagiaan sejati itu salah satunya adalah “merasa berarti”, membayangkan jika besok2 saya resign, akankah diperlakukan sedemikian rupa atau malah teman2 bersyukur saya tidak ada ya heuheu…

  13. wah, Om… seantero Nusantara pasti terkaget-kaget bin nggak nyangka Om resign dari perusahaan.. dan mengharukan sangat reaksi mereka semua…
    semoga semua harapan baik menjadi nyata ya Om….
    suatu saat kita harus kopdar beneran ya Om…

  14. Sungguh sayapun sangat beruntung mengenal Dhimas melalui blog ini.
    Salam sapa sahabat penanda Dhimas diterima, penerimaan diri penanda Dhimaspun menjadi bagian pemberi diri.
    Selamat memberi diri melalui karya baru. salam

  15. seminggu ga blogwalking ternyata ketinggalan berita banyak….om enha itu banyak penggemarnya karena om enha begitu berarti buat mereka dan saya juga tentunya….
    sukses terus ya om….

  16. lama saya tidak mengunjungi laman ini. apa kabar pak Nh? subhanallah, menjadi orang yang bisa memberi manfaat bagi orang lain memang memberi kesan yang luar biasa dalam hidup. semoga saya juga bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama. amin

  17. artinya banyak yang sayang tuh Om..
    peduli dan terkenang dengan Om NH… sekali lagi saya pun masih mendoakan, semga di tempat yang baru pun nantinya.. Om mendapatkan sodara2 baru yang tidak kalah baik dengan dengan tempat kerja yang lama.. amin

  18. “Karena saya tau pasti … Jika nanti saya melakukan perjalanan ke seluruh kota di Nusantara … Saya tidak perlu takut … Saya rasa akan selalu ada teman dan sahabat yang siap membantu saya … mana kala saya tersesat atau memerlukan bantuan di seluruh kota penting di Indonesia.”

    ini kata yang saya suka. ^^
    seseorang bisa sukses bukan karena diri saja tapi dari teman2 juga hubungan dengan orang lain juga.

  19. Saya jadi pengen merasakan jadi trainee nya Suhu OmNh😀
    Menjadi berarti sungguh rasa yang paling membahagiakan ya, Om🙂

    Anyway, saya gak peduli Om pindah ke mana, yang penting gak brenti ngeblog and share ke kami😀

    Selamat bertugas di tempat baru, Om. Dan pasti dalam waktu singkat akan segera menjadi berarti bagi teman baru😀 Salam sukses!

  20. perasaan yang sama saya rasakan saat meninggalkan kota Lumpia untuk bertolak ke Bogor. Ditangisi dan digandoli ma anak-anak didik itu sangat ruaaarrr biasa rasanya. Saya yakin perasaan mendalam juga Om alami setelah membaca dan meresapi kesan teman2 area yg sangat menyentuh dan personal itu.

    Terus berkarya, Om. Bersama si Vaio🙂

  21. kadang, tanpa kita sadari bahwa kita ada dihati setiap temen ya om. apalagi kalau kita juga menempatkan mereka dihati, jadi pasti mereka terasa kehilangannya🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s