Diposkan pada BAHASA

KEMPROH


 

Ah sudah lama aku tidak membahas ungkapan ekspresif bahasa Jawa yang maha kaya makna itu.  Yang kadang tidak ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang pas. 

 

So … What is KEMPROH ?

(aku ngetik sambil tersenyum ini …)

Kemproh adalah suatu kondisi … suatu performa … suatu tampilan …

 

Kondisi – performa – tampilan seperti apa ?

Kemproh adalah suatu kombinasi penampilan yang …

Dekil – kotor – nggak matching – norak bin kampungan …

Pokoke … jelek sangat … (bahasa Belandanya mungkin … Slordeh …)(Slordig ???)

 

Deskripsi …

Seorang Trainee …

Datang ke Training resmi dengan memakai …

Kaos lengan panjang berwarna merah marun yang kusam dan dekil …

Agak kedodoran … lengannya dilipat tidak sama panjang …

Dipadu dengan Celana panjang dari bahan satin … bermotif kotak-kotak

berwarna hijau muda … (hah ngejreng pokoke …)

Kusut … tidak tersetrika …

Dan … asal tau saja …

Kemarin dia memakai pakaian yang persis seperti ini …

Yang artinya … wardrobe kebanggaan itu tidak dicuci semalam …

… mmm … dan jangan tanya baunya …

 

Agar lebih dramatis … aku tambah …

Tubuhnya kurus …

Rambutnya tidak disisir …

Mata rebek riyep-riyep kurang tidur …

Dan ketika cengar-cengir tersenyum …

Di giginya yang kuning keemasan

Masih telihat sisa cabe merah menyelip…

Sisa sarapan tadi pagi …

 

Huahahahha …

SO … this is what I call … KEMPROH …

 

(oh iya … jika kita intip sedikit ke bagian bawah …

Akan terlihat sepatu kulit yang tidak disemir …

Solnya sudah gumpil sedikit …

Dan kaos kaki lusuhnya … tinggi sebelah …

Kendur … Nggak kuat nanjak …

 

(and yes … ini juga kaus kaki kemarin …)

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

38 tanggapan untuk “KEMPROH

  1. Oh kemproh itu jorok sangat kan Om ya, btw pertamax kah, kalo iaya, surprise bangga nih?

    nh18 to Miko …
    Yes You Are …
    ah aku terharu sekaleeee …
    🙂

  2. Eniwei emang masih ada orang sekemproh itu sekarang, kalau dijalan suka liat anak kecil yang suka nongkrong dilampu merah ditungguin ibunya, celana sudah kena pipis berkali-kali tetep dipakai, itu yang kemproh ibunya kan ya Om…..menyedihkan

  3. kalo ngemproh gimana dunk Pak…?
    saya kalo inget kata2 itu inget dulu ndeprok (duuuch bahasa ini lagi hehehe)
    di tanah maen rumah2an tanah dibawah pohon sawo tua di rumah embah hahhaha

    thx 4 bringin the memory back pak 😉

  4. Hari libur ni yaa,, bangun pagi langsung duduk depan komputer, belom mandi, muka berminyak, rambut masih awut-awutan, masih pake daster semalem, cengar-cengir sendiri sambil chat ….
    kamar masih berantakan …

    *ada temen dateng : “huh,, cah wedhok kok kemproh …”

    1. (Nge TREAD sendiri ah berinovatif…PART TWO.)
      Hilang dari hongkong? Liat tuh…tread nya muncul!!
      Ommm Peace ooom…jangan kemproh yaaaaa

  5. kalau dalam bahasa minang disebut LATO…
    asyik, asyik… perbendaharaan bahasa jawaku nambah lagi…
    ayo anak-anak pada mandi… kemproh sangat sih, jiaaaa…. 😀

  6. Kemproh?
    Hahaha…padanannya masih nggak pas…memang susah ya…
    Lama sekali nggak mendengar kata ini
    Agak heran juga om trainer yang besar di Jakarta masih mengenal kata ini

  7. Itu tampilan Om jaman kapan yg se-kemproh itu?! hehehe
    tambah lagi perbendahraan jawa sayah 😆 *persiapan kalo2 nilah ma org jawa,, huakakakak*

  8. kemproh emang identik dengan jorok
    ga nyangka juga kalo Om yang di poto nampak begitu resikan ternyata bisa kemproh juga hehew *plak..plak*

    tapi q percaya se-resik apapun orangnya pasti pernah kemproh kok, bedanya cuman keliatan banget apa ga kemprohnya ituh…. pengalaman pribadi neh, psstt udah mandi atau belum ga ada yang tau ^_^

  9. Aku dulu pernah punya teman kemproh. Udah BB (bukan Blackberry), eh dia dengan pedenya pake baju tsb untuk dua hari. Kebayang kan harumnya. Udah gitu, dia nggak merasa kalau kita2 pada menjauh. Eh, dia cuek aja mendekat, sementara kita selalu ambil jarak. Nggak tahu, istrinya kok bisa betah ya?

  10. ya ampunnnn om trainer sekarang ganti sebutan ya??? bukan lagi om trainer tapi om kemproh…. ihhh
    *kabur ahhhh sebelum dilempar kaos kaki bauuuu*

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s