Diposkan pada PERTUNJUKAN HARI INI

IKLAN LEBARAN


(lagi … stock tulisan, yang aku buat saat libur lebaran …)

 

Lihat TV liburan lebaran kemarin … Banyak sekali iklan ucapan ”Selamat Idul Fitri” bertebaran diseluruh stasiun TV.  Memburu target Gross atau Target Audience Rating Point, Reach dan Frekuensi yang tinggi … Ada banyak tekhnik yang dilakukan … semua mencoba mencuri perhatian pemirsa di jagat persaingan layar kaca yang super cluttered, ketat … dan mahal … di Prime Time pula …

 

Ada Iklan yang baik, tapi banyak pula iklan yang belalu begitu saja … sia-sia tanpa kesan.

 

Lalu Iklan apakah yang dianggap menarik oleh si Trainer ini … ???
(Tanpa bermaksud untuk Iklan ) … Aku memilih sebuah Iklan Ucapan Selamat Idul Fitri.  Dari PT Telkom … Ini iklan yang bagus … dan menarik …

 

Settingnya di sebuah SD … ceritanya para murid diminta oleh gurunya untuk mengeluarkan PR menggambarnya mengenai kegiatan ”Berlebaran”

 

  • Murid pertama yang gendut … memperlihatkan gambar ketupat dan paha ayam opor.  Lebaran identik dengan makan ketupat dengan opor ayam buatan ibunya.
  • Murid kedua seorang perempuan … memperlihatkan gambar dia dan ayah ibunya … yang menelpon nenek-kakeknya di kampung halaman … Lebaran identik dengan menelpon sanak famili di kampung
  • Murid ketiga … menggambar mobil bak terbuka dengan orang-orang diatasnya … Lebaran identik dengan berkendara ke rumah kakek neneknya dan berwisata beramai-ramai … plus dapat angpau pula …

 

Lalu … the momment of truth …

  • Murid ke empat … memperlihatkan kertas gambarnya yang putih bersih … tanpa ada coretan sedikitpun … lalu dengan cerdiknya dia bilang …”Bapak bilang … lebaran itu sama dengan kembali  putih, suci dan bersih dari segala kesalahan …” (kurang lebih begitu dia ngomong … sambil nyengir-nyengir nakal … )(karena dia tidak menggambar apa-apa …)(i.e … tidak mengerjakan PR dari Gurunya …)

 

Ini iklan yang kocak … cerdas … menyentuh … memorable dan … syarat makna … !!!

Bravo bagi creative director yang membuat konsep iklannya …

 

Lalu apakah perusahaan si Trainer ini memasang iklan juga di TV …

Ohh ada pren … mau yang versi Corporate atau yang versi Brand … (dua-duanya ada …)

Tapi aku ndak mau cerita … nanti disangka Iklan …

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

18 tanggapan untuk “IKLAN LEBARAN

  1. iklan2 sekarang keren..soalnya yg bikinnya canggih.. sayang sy hanya lihat sepintas, jarang menyimak. Sering muncul pertanyaan, berapa tuh ya bikin iklanya, malah ada yg (sepertinya ) syuting di lembah sampai ngarai.. belum lagi beli jam tayangnya ..di prime time pula..wah…

    nh18 to the cat …
    oh itu mahal sangat …
    narok iklan 30 detik di prime time
    apa lagi di TV swasta favorit …
    di program top pula …
    wwuuiiihh … nol nya bererot … (a.k.a panjang)

  2. Kirain iklan telkom yang promosi pake 30 menitan bayar 6 menit saja itu.. sumpah, kalo yang itu, aku ngakak buanget!

    Tapi bener
    yang tentang tugas menggambar itu, aku ketawa ketiwi.. tapi tetep dapet pesan moralnya..

    Ada lagi..
    lupa iklan produk/instansi mana… yang jelas, tentang orang yang naik motor terus membantu membetulkan mobil mogok di jalan… Si pengendara motor menolak untuk diberi imbalan, tapi si Anak Perempuan yang duduk di dalam mobil dengan senyum, dia ngasih boneka kesayangannya… aduh.. so swit dah! 😀

    Apa lagi yaa??

    Yang jelas…

    Lala tau kok iklan perusahaan Om tuh yang mana.. hehehehe

    nh18 to lala …
    I know .. I know …
    itu settingan lapanpuluhan ..
    lagu betharia sonata pula … huahahahha (jijay bajay)
    Mengenai Iklan Pengendara motor dan hadiah Boneka nya …
    Yess … that’s touchy

  3. Sama Pak, iklan itu mengundang senyum sekaligus kena di makna-nya. Nah … iklan yg cerdas dan kreatif kayak gini ini yg ditunggu oleh khalayak yg cerdas juga … (kalau iklan politik giana Pak? ada ulasannya? hehehe … mancing.com)

    nh18 to Pak Oemar
    Ah bapak mancing nih …
    mau ngebahas iklan politik itu rada …rada …
    bagemanaaaa getoh …
    but …
    sejauh ini sih … belum ada yang “maknyus” di hati
    nanti kalo sudah ada aku tulis ya pak ..
    Untuk sementara ini …
    Kita nikmati saja dulu spanduk-spanduknya
    yang full senyum ituh …

  4. pffff…. kalo ini aku ngga bisa komentar deh… ngga nonton iklan indo sih.
    Tapi aku yang aku rasa bagusnya iklan di jepang itu adalah, lagu yang dipakai sebagai BGM itu pasti ikut populer. Jadi kalau kita mau cari lagu tsb tinggal bilang lagu iklannya mobil itu atau sabun anu. Dan langsung bisa diketahui penyanyi dan judulnya. Mereka (toko CD) punya arsipnya semua. hebat emang…
    EM

    nh18 to EM …
    Addduuhh …
    Iya ya EM … kamu ndak bisa membayangkan
    bagemana bentuk iklannya …
    hehehe …

  5. Kalau saya milih yang “Dari Nol Lagi Ya, Pak!”
    Iklan ini keren bisa menggabungkan pesan Lebaran dengan produknya.
    Salut buat pencetus ideu ini….

    *Wuiih… akhirnya si Om nampang di avatar…*

    nh18 to Ipey …
    Mengenai iklan …
    Ah itu juga keren … itu yang dari “Pasti Pas” itu kan …
    Mengenai Avatar …
    Sssttt diam-diam saja ya … hehhee

  6. hiii…..uda traineer apo kaba kiniko?

    sy suka iklan PERTAMINA….yang ia kkerja di bengkel dan mudik ketemu anak istri

    ohya da, mo ngucapin met lebaran aja;

    Gendang melayu bunyinya lantang,
    Dara di hilir menari Zapin
    Ramadhan berlalu Syawalpun datang
    Mohon maaf lahir & batin

    Berharap padi dalam lesung,
    Yang ada cuma rumpun jerami,
    Harapan hati bertatap langsung,
    Hanya bermimpi dari sini.

    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H.
    Taqobalallahu minna waminkum wataqabbal ya karim.
    Alex

    nh18 to uda Alex …
    Ahaaa … si uda apa kabar nih …
    Ada puisi ala “berbahagialah” yang khas itu …
    Samo – samo uda …
    Maaf Lahir Bathin yo …
    (once again … ini ungkapan Idul Fitri
    yang indah sangat … )

  7. Iklan ? Hoho.. yang Telkom itu memang bagus pak. Yang Pertamina sich yang pas Ramadhan.. Kalo yang Idul Fitri itu kurang menyentuh ( menurut saya sich pak.. )

    Mengenai iklan Telkom yang 30 menit itu… saya kira itu salah putar. ternyata iklan baru to.. Kalo temen saya bilang : nggilani tapi gampang diinget orang.

    Btw, iya nich. Akhirnya ada avatar orang dari pak nh..

    nh18 to dik Agyl …
    hihiiihihih …
    nggilani ?? … iya bener juga …
    itu jadul sangat …

  8. Saya juga suka iklan Telkom itu, yang pertamina juga bagus, wah banyak orang kreatif ya jaman sekarang..!
    salut bgt deh.

    nh18 to enno …
    Ya memang banyak orang yang kreatif jaman sekarang …
    hehehe …

  9. Wahh saya paling jarang memperhatikan acara TV, kecuali ingin mendengarkan berita. Masalah ini dulu sempat memusingkan kepala, pada saat saya ambil kuliah dan diantaranya ada materi marketing, yang dosennya menjelaskan iklan ini maksudnya begini…begitu…dan saya nanya ke teman sebelah…”Iklan yang mana sih?”

    Payah ya, untung saya bukan bekerja di bidang marketing, tapi lebih ke arah analisa (finance), dan dalam mengajar satu paket, tetap ada bidang marketing, hanya dilihat dari sisi kelayakan usaha….

    nh18 to ibu edratna …
    kelayakan usaha ?
    wah itu harus komplit ya bu analisanya …

  10. Wah, kalau saya ampe inget n ngikutin iklan sms Rp.0 dari provider, dengan memakai Sandra Dewi sebagai brand ambassadornya, karena:
    1. Sandra Dewi
    2. Sandra Dewi
    3. Sandra Dewi
    4. Sandra Dewi lagi,
    Sandra Dewi……Oouuuch……

    nh18 to nepho …
    neepphhooo…
    hayyooo … duduk manis …
    kerjakan soal nomer 5 sampe nomer 7
    sejam lagi dikumpulkan …
    nakal bener ini anak …

  11. setuju pak! iklan lebarannya telkom menurut saya paling menyentuh, ga dibuat2 seperti iklan lebarannya si pasti pas ato si cumi
    *sekali lg ini menurut saya loh ya 😆

    nh18 to pimbem …
    hehehe
    tiap orang pasti punya pendapat sendiri-sendiri …
    dan pendapat saya sejalan dengan pendapat Pimbem …
    Toss.com

  12. aku suka banget iklan yang Om maksud..sama sukanya dengan iklan yang mulai dari nol lagi ya ..cuma lebih ke mas mas nya yang ganteng ..dan berharap semua spbu pelayannya seganteng mas mas itu
    “Bletak!!!”

    *usap usap kepala sambil berlalu gara gara di jitak ayah*

    nh18 to yess …
    no comment …
    (dasar si yessy ratnasari…)

  13. ya om keren tuh…iklannya lho bukan om..eh, ada photonya sekarang..kaya om Sophan Sopian klo tak liat2…(jgn ge-er lho om). oh iya…om..Met Lebaran Ya..Maafin salah2 ane…maap telat, komputer di rumah rusak, jadi ga’ bisa nge Net…hiks..hiks…dan ampe sekarang belum dibetulin

    nh18 to dewi psy …
    sama-sama Wi’
    Mohon Maaf Lahir Bathin juga yaaa …
    Aku kayak Sophan Sopian …
    Salah sodara-sodara …
    Yang benar kayak … Afgan …
    (gubrak …)

  14. Hola..
    ohiya bnr,,,
    tp punya bapak lbh terperinci,,,
    Iklan telkom yg bagus ya,,
    saya suka ketawa kalo liat bagian yg terakhir,.,
    muka anak itu polossss bgttt…
    btw, salam kenal dari pengunjung baru ya…
    😀

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s