MAN’S TOOL


.

PERKAKAS LELAKI

Apa itu perkakas lelaki … atau Man’s Tool … ?

Perkakas Lelaki adalah peralatan semi wajib yang harus dipunyai oleh seorang Lelaki Dewasa.

 
Terlepas dari …
Apakah dia mempunyai kendaraan atau tidak …?
Apakah senang ngoprek atau tidak …?
Sudah berkeluarga atau belum ?

Menurut saya seorang Lelaki sejati harus selalu siap sedia di kamar kostnya atau di rumah kontrakannya atau di rumah tinggalnya … TIGA macam perkakas standart

1. OBENG
Dan kalau sudah ada rejeki … boleh ditambahkan jenis-jenisnya. 
Seperangkat Obeng berbagai ukuran …
Baik Obeng Kembang maupun Obeng yang biasa …
Gunanya tentu saja untuk menguatkan atau mengendurkan peralatan-peralatan … entah peralatan rumah tangga atau peralatan yang lainnya …
Dari panci teflon sampai kacamata …

2. TANG
Ini juga sepertinya wajib dipunyai … Pertama tentu Tang standart.
Dan kalau sudah ada rejeki boleh ditambahkan … Tang Pemotong Kabel, Catut, atau Tang untuk pengupas kabel berbagai ukuran.  Pada tahap-tahap penggunaan awal … ini biasanya berguna untuk mengendorkan sesuatu yang kencang.  atau mencabut paku.

3. PALU
Atau martil.  Ini tentu saja untuk menancapkan Paku.  Jika ingin memasang-masang sesuatu di dinding.  Palu juga berguna untuk meluruskan sesuatu atau untuk mengembalikan suatu benda ke bentuk semula.


Menurut saya … Ketiga perkakas itu merupakan perkakas standart yang harus ada pada diri seorang Lelaki sejati.  Dan seperti saya katakan … Jenis peralatan tersebut akan berkembang dengan sendirinya sesuai kebutuhan … sesuai dengan Minat – Bakat dan Pekerjaan … serta sesuai dengan isi kantong juga tentu …

Bagi yang minat nukang … tentu akan menambah dengan Gergaji, Bor dan sebagainya
Bagi yang minat elektro … tentu akan ditambah dengan solder, timah, isolasi dan teman-temannya
Bagi yang minat ledeng … akan menambah kunci Inggris, kunci pipa, dan sebagainya
Bagi yang minat Otomotif … pasti akan membeli seperangkat Kunci Pas, Pelumas dan sebagainya


Ini hanya pendapat saya pribadi …
Sekali lagi … Sebagai seorang Lelaki Sejati … saya sarankan wahai Para Lelaki … usahakan punya ketiga alat standart tersebut … OBENG … TANG … dan PALU … !!!

Kalau anda tidak punya …???  Malu-maluin !!!

Hahahaha

Pertanyaan saya ?
Untuk pembaca lelaki … Sudahkah anda punya PERKAKAS STANDART LELAKI itu ???
(Saya yakin beberapa akan ada yang menjawab … “Saya malah punya Satu Set Tool Box Om …!!!”) (That’s Good ) 🙂

Untuk Para Pembaca Wanita … Kira-kira TIGA PERKAKAS STANDART yang harus dipunyai oleh seorang wanita itu apa ya  ??? 

Boleh Sharing ?

.

.

..

31 thoughts on “MAN’S TOOL

  1. Obeng tuh setuju banget! Minimum obeng garis dan obeng kembang (ngga ngerti istilahnya) <<punya sejak gadis! Kalo ke toko hyakuen (100yen) beli obeng mulu… lengkap deh hahahaha
    Tang ngga pernah punya, soalnya kalo kepepet bisa pake gunting😀
    Palu? punya tapi kalau perlu bisa pakai perkakas dapur yaitu ulekan batu hahahaha

    perkakas wanita? waaah jangan tanya saiah…
    saya kan bukan wanita, saya itu ibu! hihihi
    (sambil ngudek-ngudek tas apa yang mutlak? lipstik? bedak? kadang ada, kadang ngga …..eh aku tau! Pembalut wanita hahahaha MUTLAK tuh)

    EM

  2. Huahahaha, betul kak Imel, pembalut tuh mutlak, meski nggak haid, uupps🙂
    Kalau saya, gunting kuku, gunting kecil, peniti, sama seperangkat kecil peralatan jahit, siapa tahu ada kancing yg lepas😀
    Pria sejati ? Taglinenya iklan rokok:D
    Suami saya cuma punya obeng dan tang.

  3. hehe berarti bapak saya lelaki sejati donk, karena semua alat yang disebutkan tadi punya dan setelah pensiun hobinya jadi tukang.. saya paling sering dibuatin sesuatu, misalnya rak buku, meja kayu dll😀
    bener deh Om, gak sia2 punya alat2 kayak gitu ya hehe..

  4. kalau 3 hal diatas perkakas lelaki, maka itu juga perkakasku Mas Enha🙂
    kenapa?
    karena suamiku membelinya lengkap sampai ke alat bor juga alat solder……..
    tapi, dia tdk pernah menggunakannya , hanya rajin belinya, dan akulah malah yg sering menggunakannya😛
    salam

  5. Kalo perkakas itu mah memang harus ada dirumah Om, apalagi bagi yang punya kendaraan pribadi.
    Saya pun memilikinya dirumah juga dengan beberapa kunci pas buat kotak katik motor.
    Salam saya Om.. .

  6. menurut saya sih, kalo obeng, palu, dan tang (termasuk temen2nya kayak meteran, dll) itu sih bukan specificly untuk pria ya, tapi termasuk yang wajib punya untuk rumah tangga. kalo di rumah itu yang tinggal wanita doang ya tetep wajib punya. sementara kalo ada orang laki yang masih tinggalnya nebeng ortu atau kos, mungkin berasa gak perlu punya tools seperti itu.

    ini pengalaman saya sendiri soalnya. lha dari dulu kan saya selalu tinggal di rumah ortu, gak pernah tinggal sendiri (sebelum married), jadi ya yang punya tools begitu ya ortu saya. sementara istri saya sejak kuliah udah tinggal sendiri, jadi dia punya tuh perkakas komplit.

    setelah kita married dan tinggal sendiri, ya saya gak perlu beli lagi perkakasnya, soalnya istri saya udah punya…😀

  7. … Pak Nanang, kalo gitu aku sudah masuk kategori pria sejati… Perkakas pria sejati aku punya semua… Dan aku seneng betul punya tu perkakas, anytime butuh selalu ada, walau si perkakas suka dipake di luar fungsi umumnya.., kaya palu buat mecah kacang pistachio yang membandel, ato kalo dikombinasiin pake palu minus, bisa dipake alat emergensi buat buka makanan kaleng…
    Dan dibandingkan dengan temen – temen kost lelaki, apalagi perempuan, peralatanku paling lengkap loowh…, segala ada…., karena aku hanya make sure, tiap kali mau benerin apa, ato mau masang apa, peralatan itu ada tanpa kudu ketok kanan kiri…
    Bahkan, saking sering dipinjem kanan kiri, punya beberapa set loh tuh perobengan, palu punya 3 juga… heheheh

  8. he….he…he
    emang dibutuhin bagian itu,,,
    kalao ada apa..apa yak..
    perkakas perempuan yakkkk
    aduh akika bengong bow,,,,
    tisu => buat lap kacamata
    sisir => buat ngebenerin rambut yng keriting
    udah itu aja yang harus aku bawa di tas,,, (^_^)
    maklum gak ribet,,,

  9. kalau perkakas itu sudah ada dirumah Om…

    yang harus dan wajib selalu ada itu… DOMPET beserta isinya wkwkwkwkwk eh, itu bukan perkakas yah hihi

    kalau wanita

    Pembalut! peniti/jarum pentul buat perlengkapan jilbab sie >.<

  10. ada yg lbh parah om…di rumahku ada tuh yg hoby macam ayahdontworry…mulai solder ampe bor…bahkan bornya segala macem bentuknya…

    Kalo sy sih perlu banget punya alat yg buat masang lampu kalo musti ganti lampu…macam buat ngambil buah gt lo..songgrokan lampu soalnya ga punya tangga.

    gunting,peniti,alat jahit…sering menjarah sewing set di hotel…
    mengiyakan mbak imel, pembalut…musti ada ke mana wae jg…

  11. Waduh pak Dhe…saya malu-maluin dong berarti, solanya saya gak punya barang keiga di atas. Yg puny ayah saya, saya paling pinjem doang. Soalya saya belum bisa beli. Belum punya uang dari hasil keringat sendiri.

  12. saya punya beberapa set oom

    – Perkakas laki2 : satu set di bagasi mobil, yang prithil2an ada di laci rumah (palu,tang,obeng)

    -Alutsista ngeBlog : satu tas, isinya : laptop, kabel2, modem, alas kursor,buku suci blogger.

    -Alutsista pangsiunan : minyak cap kampak untuk di oser-oserkan di perut kalau lagi gak enak, inheler ( orang kampung saya menyebutnya ” senggrukan’), cairan jamu tolak-angin, panadol, koyok aneka rasa (anget,puanas sedang,puanas pwol-cabe), dll.

    Sekian laporan saya

    salam hangat dari Surabaya

  13. Bapak saya punya seperangkat obeng berbagai ukuran.. dan dua palu. Tapi kalo tang, saya jagoannya.. soalnya kan saya pake bikin kalung dsb… kalo palu, jg akhirnya ibu saya yang pakai, untuk mukul garam kotakan..😀

    woman’s tool ? waah.. agak banyak om,..😳

  14. Hahahahah…dari 3 alat itu yg paling sering obeng! obeng kecil2 satu set memang berguna, terutama buat kacamata, wkakakakak…
    kalo tools lain yg sering di bawa kemana-mana, kamera, pensil gambar dan pastinya hape..😛

  15. waaa…setuju Om…
    dulu, ayahnya onit paling rajin melengapi perkakas2 itu… cukup lengkaplah perkakas yg kami punya.. obeng atau kunci ( apalah namanya) berbagai ukuran, ada dirumah.. ada juga obeng berukuran sangat kecil dengan berbagai jenis matanya… maklumlah.. beliau tukang ngoprek komputer…🙂 smp sekarang ada perkakas yg msh tersimpan di kemasannya.. dan ayah saya yg mengambil alih merawat dan menggunakannya..🙂

  16. Tiga peralatan diatas memang wajib banget ada di rumah, Om…
    Tapi kalo saya yang make,
    1. Obeng ; untuk ngencangin kaca helm
    2. Tang : untuk kerajinan tangan (kalau lagi rajin)
    3. Palu : untuk mukul es batu

  17. Wah itu saya punya semua, Om. Obeng seperangkat, tang juga banyak, palu ada. Yah bagaimana lagi wong saya tinggal serumahnya sama cewek juga. Musti ada yang ngerjain hal-hal yang harusnya dikerjain sama cowok.

    Pekakas cewe? Gak tau tapi di tas selalu sedia barang-barangnya gurunya anak-anak kecil selain yang standar alat-alat tulis, buku dan alat ibadah, ada juga berbagai macam gunting (gunting kertas, berbagai macam gunting zigzag buat prakarya, gunting khusus buat anak-anak yang berbahan plastik rada tajem, sampe gunting kuku), berbagai warna spidol, berbagai jenis penggarisan, berbagai macam stempel, stiker2, isolasi, doble tip, tisu basah (buat ngelap ngebersihin anak yang muntah, kotor, buang air besar) tisu biasa, minyak kayu putih, minyak telon, minimal 3 biji plester luka, betadin kecil. Daaaan, itulah kenapa gurunya anak kecil pada bawa tas segede gaban!

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s