Posted in HEADLINE NEWS

TOMCAT


.

Rabu, 21 Maret 2012

Sudah beberapa hari ini Trainer mendengar pembicaraan dan juga pergunjingan heboh mengenai serangga yang satu ini.  Tomcat (Paederus fuscipes).   Saya tidak punya gadget talipong bimbit pipih lebar ber PIN itu … , saya dengar dari teman-teman, topik ini juga lagi hot-hotnya dibahas disana … Berpindah dari dari satu message ke message yang lain.  Forward yang satu … di forward ke yang lain.

Surabaya adalah kota, tempat pertama kalinya berita wabah ini muncul.  Sudah ada banyak kecamatan yang ditengarai mengalami kejadian luar biasa,  diserang serangga yang satu ini.

Hari ini … di acara talk show “pagi-pagi”,  di sebuah radio swasta yang hanya memutar lagu Indonesia, topik ini dibahas lagi oleh duet penyiar favorit saya M Rafiq dan Poetry Suhendro.  Disebutkan didalam talk-show tersebut bahwa … sebetulnya wabah ini bukan yang pertama kali terjadi.  Tomcat sudah muncul sejak beberapa tahun yang lalu.  Namun karena bentuk social media dan alat komunikasi belum secanggih kini,  maka beritanya menjadi tidak begitu heboh seperti sekarang.

Jika saya mencermati beritanya, melihat foto korban yang pernah terkena cairan serangga ini, memang sangat beralasan mengapa orang heboh membicarakannya.  Cairan yang dikeluarkan serangga ini (entah pipis atau liur saya kurang paham) memang sanggup membuat kulit menjadi memerah, melepuh, gatal dan yang sejenisnya.  Perlu penanganan yang segera dan cepat … supaya dampaknya bisa diminimalisir.

Saya hanya bisa berharap … semoga kita semua bisa terhindar dari serangan serangga ini.

Dan ALLAH memang maha adil … sebetulnya serangga ini … bagi para petani mempunyai keuntungan.  Tomcat, menurut beberapa pakar pertanian … berguna sebagai predator (pemangsa) hama wereng coklat yang merugikan tanaman petani.

Sehingga jalan tengahnya adalah …
Predator Tomcat ini sebaiknya tidak dibasmi secara membabi buta.  Hanya dibatasi saja penyebarannya.  Agar keseimbangan ekosistem di sawah bisa dijaga dengan baik.

Mari kita semua waspada … Menghidari diri dari bersentuhan langsung dengan serangga ini !!!

Salam Saya

 

Note :
Beberapa informasi saya dapatkan dari sumber Mass Media Online : Kompas dan Republika.
Juga informasi dari acara Pagi-pagi, I Radio FM

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

39 thoughts on “TOMCAT

  1. saya pernah kena ulahnya si semut yg nyaru belagak jadi kucing *abis namanya ada catnya sih*

    2kali, yg terakhir malah jadi ‘kado’ ultah september kemaren, pas di muka pula. buka saya jadi ada codetnya gitu. sampe sekarang bekasnya masih ada walau udah tipis banget. rasa gatel n panasnya hore banget deh om.

    *eh malah curhat*

  2. Dua bulan yang lalu saya pernah menderita perih di pipi kanan bagian atas (sekitar 2 cm dari mata). Saat itu saya merasakan gejala yang sama gatal, perih dan memerah seperti gejala herpes. Setelah seminggu mulai sembuh, tapi meninggalkan bekas bulat agak menghitam dengan diameter 1 cm.
    Sampai saat ini.
    Saya ga tau apakah ini karena ulah si Tom ini ?

  3. namanya keren “tomcat” dan tak mau kalah keren juga berita tentang dia cepat sekali menyebar kemana-mana. saya malah penasaran dengan bentuk serangga ini seperti apa. apakah ada hubungannya dengan kucing (cat)😆

  4. aku tahu tomcat juga dari komentar teman FB di sebuah foto… pas lihat foto uuuuuh mengerikan sekaliiiii. (Sekarang aja jadi gatel-gatel deh tanganku…
    Semoga tidak ada teman atau saudara yang kena ya.

    (Pengen tahu bentuk serangganya kayak gimana)

  5. Kemarin sore saya dapat kabar kalau serangga ini sudah ada di salah satu kelurahan di Jogja. Kabarnya ada 12 orang yang kena. Melihat foto orang kena memang mengerikan deh..

    Setuju dengan pendapat Om bahwa serangga ini jangan sampai dimusnahkan secara membabibuta, karena memang ada gunanya. Bukankah tidak ada yang sia-sia yang Allah ciptakan di muka bumi ini?

    Semoga kita terhindar dari serangan serangga ini ya Om..🙂

  6. jadi, ternyata serangan serangga si tom cat ini,
    masih ada hikmah dibaliknya ya Mas….

    semoga saja kita semua tak ada yg tergigit oleh tomcat….
    dan, sepakat sangat utk tdk membasminya membabi buta , seperti Mas eNHa katakan diatas …
    salam

  7. kelihatan jarang sekali ngikutin berita jadi sekali baca tomcat keren juga namannya ya Om.

    Meskipun menyerampakan ternyata bermanfaat juga, tapi ngeri juga kalau ngebayanginnya terkena.

  8. saya dah lama ga nonton tivi.. dan malas mampir ke web2 berita..
    jadi waktu heboh tomcat, saya ga ngerti itu apa.. kirain nama apa gitu (tom kucingkah?)
    baru tadi pagi saya gugling om

  9. Tomcat, sesungguhnya merupakan predator yang diciptakan oleh Tuhan untuk memerangi wereng yang suka menyerang sawah pak/bu tani.
    Berhubung lahan pertanian semakin menyempit karena digunakan untuk komplek perumahan, dll maka TomCat mencoba mengunjungi komplek perumahan penduduk. Daerah yang dijadikan pilot project oleh kelompok Tomcat adalah Surabaya.

    Bagaimana mengatasi TomCat ??
    1. Jika TomCat nemplek di lengan atau kaki jangan di jithax atau diteblek karena jika cairan pecah dan ndledek di badan kita bisa mengakibatkan gatal2, mruntus, melepuh. So, cukuplah Tomcat yang njenthit dengan genit itu ditiup hingga dia terbang.
    2. Jangan memperbesar berita soal Tomcat nanti mereka malah hijrah ke lain daerah untuk show of Force.

    Selain sebagai predator untuk melibas wereng, Tomcat juga bermanfaat bagi blogger untuk dijadikan bahan postingan.

    Salam hangat dari Surabaya

  10. Ih, saya udah pernah kena sekitar 6 tahun yang lalu pas masih kuliah. Tapi waktu itu kita gak tahu kalo namanya tomcat (kita bilang semut-nungging) satu kostan kena semua. Pergi ke klinik kampus bareng-bareng, diomelin dokter juga bareng-bareng. Maklum dokternya ya kan dosen kita jadi diomelin deh disuru kerja bakti hakhakha… Gak separah itu, kok. cuma perih sampe demam-demam juga sih..

  11. disatu sisi tomcat di perlukan bagi petani untuk memangsa hama tanaman,
    disisi lain bisa yang ditinggalkan lewat cairan yang dikeluarkannya menimbulkan luka serius pada kulit, kenapa si tomcat sampai jalan-jalan dari sawah ke pemukiman penduduk? mungkin habitatnya sudah sangat berkurang ya.
    mudahan bisa ditangani dengan bijak ya Om.

  12. namanya keren TOMCAT
    sekeren warnanya merah dan hitam
    namanya juga kyk temennya JERRY ya ?
    hihihi….

    tapi aq ogah deket2 dia…
    kalau temennya jerry kan bisa dipeluk
    lha ini….?????

  13. saya sepakat dengan pakde.. menurut saya semua karena keseimbangan alam terganggu jadi Tomcat mulai merambah pemukiman, karena persawahan sudah banyak yang hilang. Jangankan Tomcat, Banteng Jawa saja dulu bisa masuk kok di pemukiman

  14. saya juga tidak punya gadget ber PIN om🙂 kalau Pascal tau tomcat itu salah satu nama game yaitu talking tomcat hihihi beda ya itu dengan serangga tadi

  15. dulu, waktu kuliah di solo, penyakit tomcat itu sudah umum dan lazim, penyakit anak kos. layaknya herpes, penyakit karena jarang bersih2 kamar, jarang mandi, dll😀

  16. kunjungan pagi om, tavi sekarang keliatan di layar tv kayanya dah ga ada lagi yang kena yah, udah pada pulang mungkin tomcat nya, hehehehehehe

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s