GANTUNGAN KUNCI


.
Kita semua pasti punya kunci.  Kunci rumah, kunci kendaraan, kunci lemari, kunci gembok dan sebagainya. 

Kunci relatif mempunyai bentuk yang kecil.  Dan oleh sebab itu … agar kunci tidak mudah hilang dan agar kunci mudah terlihat, banyak diantara kita (termasuk saya) yang memakai gantungan yang dikaitkan pada kunci tersebut.

Let’s talk about Gantungan Kunci ! (halah iseng bener sih)

Pada hakikatnya, jika saya perhatikan sekeliling saya, model-model gantungan kunci itu bermacam-macam.  Dan bisa saya kelompokkan kedalam EMPAT kelompok besar … (maaf kali ini terpaksa Empat … bukan Tiga seperti biasa)(hehehe)

 .

1.  Berbentuk Dompet
Ini sering saya lihat untuk kunci kendaraan.  Baik motor maupun mobil.  Biasanya di dalam dompet tersebut tersimpan STNK nya sekalian.  Sepintas terlihat praktis.  Namun menurut saya, sebetulnya cara ini sama sekali tidak disarankan … karena ini sangat memudahkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk beraksi.  Jika kunci tersebut hilang … akan hilang pula STNKnya.  Dan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut akan mudah saja menemukan kendaraan kita.

.

2.  Berbentuk Tali, Rantai, Pita dan yang sejenisnya
Yang ini juga sering saya lihat.  Untuk jenis kunci apa saja.  Baik kendaraan, lemari maupun rumah.  Kadang kala tali dan rantai tersebut berfungsi juga sebagai kalung.  Sehingga si pemilik kunci akan dengan mudah membawanya tanpa takut kelupaan.  Pula kunci tersebut menjadi sulit untuk hilang, karena kadang tali atau rantainya tersebut dikaitkan di tempat ikat pinggang kita.  Tidak jarang pedagang dipasar menalikan tali rafia pada kunci laci tempat penyimpanan uang mereka.  Simpel tapi Aman !.

.

3. Berbentuk ”Peneng”
Kalau yang ini bentuknya agak berbeda.  Biasanya pada gantungan kunci tersebut terdapat sebuah emblem atau peneng label yang berguna untuk menulis sesuatu.  Entah menulis nomer mobil.  Menulis nama atau nomer loker.  Ada juga yang menulis : ”pintu depan”. ”pintu samping”. ”gudang”. ”lemari baju”.”brangkas” dan seterusnya.  Hal ini sering dilakukan oleh orang-orang yang relatif rapi dan cermat.  Mereka punya banyak kunci … dan untuk menandai satu sama lain mereka membuat peneng sendiri-sendiri.  Lebih mudah menemukannya, tidak nyobain satu-satu.

.

4.  Bentuk-bentuk Lainnya
Nah kalau ini pada hakikatnya adalah kumpulan dari bentuk-bentuk lain gantungan kunci.  Ada yang didapat dari hadiah promosi suatu barang.  Bisa pula berbentuk mainan figurin, tokoh kartun anak-anak.  Gantungan kunci berlogo Merek kendaraan tertentu juga banyak dijual dipasar.  (biarin mobilnya cuma Carry, yang penting gantungan kuncinya Mercy)(hahaha).

Ada juga Memorabilia pengantenan.  Souvenir yang didapat dari suatu tempat wisata.  Gantungan kunci kenang-kenangan yang kita dapat dari teman yang baru pulang dari luar negeri dan seterusnya.  Gantungan kunci yang bertuliskan doa dan kata-kata bijak juga ada.
Akhir-akhir ini tidak jarang pula saya melihat … Gantungan kunci yang dibuat dari kartu provider selular bekas, kartu ATM bekas, Kartu kredit bekas atau Kartu Debit bekas.

Singkat kata …
Apapun itu, … kini bisa kita jadikan sebagai Gantungan Kunci …

Dan sekali lagi … upaya ini kita lakukan agar kunci tidak mudah hilang atau terselip.
Sebab sekalipun Kunci itu barang yang kecil … namun sangat penting artinya …
So … jangan sampai hilang …

Gantungilah dia !!!  (halah bahasanya …)

Now …
Lihat kunci-kunci yang anda punya …
Apa model gantungan kuncinya ????
Boleh sharing ?

64 thoughts on “GANTUNGAN KUNCI

  1. kalau saya tidak pernah menempatkan STNK digantungan kunci om, biasanya saya simpan terpisah bukan didompet juga. kebanyakan gantungan kunci saya hadiah dari teman yg jalan-jalan🙂

  2. Pa kabar Pak Nh, semoga selalu sehat..ngomong ngomong soal gantungan kunci saya dulu koleksi banyak, tiap kali kawan dari mana mana mintas gantungan kunci untuk oleh oleh nya…tapi sayang sudah banyak tersebar kemana mana, nggak tersimpan rapi lagi…yang paling unik apa yah, gantungan kunci menara eifel miniatur oleh oleh dari mantan bos kayaknya…

  3. gantungan kunci saya ada 2, pak. Untuk pintu depan serupa tali agar mudah dibawa atau digelangkan di tangan.
    Sisanya gantungan kunci dari kain felt buatan saya. harus warna-warni agar mudah ditemukan jika ketlingsut. Hehe

  4. Gantungan kunci sepeda motor saya berbentuk dompet, Om..
    memang riskan, tapi lumayan aman dari kelupaan membawa STNK. Soalnya kami suka gantian memakai motor, sehingga tidak perlu ribet tanya-tanyi soal STNK..🙂

    Kalau kunci rumah, lemari, dsb, standar saja Om. Yakni asal ada saja. Bisa souvenir dari jalan-jalan, atau kawinan.

    Eh, Om bikin tulisan ini bukan karena lagi berencana membuat gantungan kunci dari gigi kan….? hahaha….😀

  5. dulu sih gantungan kuncinya macem2 om, tergantung dapet gratisannya dari mana😀

    tapi klo sekarang semuanya bentuk peneng, dgn alasan itu tadi, klo pas perlu, tidak usah mencobai satu per satu. tp baru2 ini ada seorang teman br pulang dari bangkok, ngoleh2in gantungan kunci, dan itu sy pakai untuk kunci serep pintu depan. kenapa serep? ya kan ditaro di tas, jadi klo mpe keliatan orang, ga norak amat, klo pake peneng gitu kan hehehehe

  6. Saya cuma pakai bulatannya saja, yg penting ga blong kunci saja. Kalau pakai pernak-pernik, malah kebesaran dan ngganjel di kantong (suami juga berpikir yg sama, jadi kunci mobil hanya nempel dengan alarm..wis gaada perik tambahan).

    Pernah sengaja beli dompet kunci seperti yg nomer satu, nyari yang kulit dan bagus, ternyata malah ga kepake sama sekali. Sekarang tersimpan rapi di laci lemari…(rugiiiii…)

  7. KUnci mobil hanya remote aja gantungannya (sama kayak mbak dewi)

    Kalau gantungan lainnya< kebanyakan oleh2 dari keluarga dan teman-teman

    Lebih suka gantungan yg bahannya karet, gatau kenapa…

  8. gantungan model dompet, memang untuk narok STNK, alasannya sama dengan Uda Vizon😀,
    Gantungan kunci untuk rumah, mulai dari miniatur bola sodok, souvenir, tapi yang tersisa cuma tali gantungan dan kuncinya aja, pernak-perniknya ga bertahan lama, pecah, lepas.
    Yang paling anyar, gantungan angry bird milik i junior😳

  9. point no 1..aku akuin Om..sangat teledornya diriku hiks…
    sudah 2 kali kejadian,kunci motor ketinggalan di motor sewaktu parkir..
    Untung saja satpam yang di BIP udah kenal,hhe..
    Jadi aja di kembaliin..
    Maksih banyak buat bapa satpam..

  10. Satu hal lagi yg saya ingat dari alm bapak ttg kunci:

    lapak bapak di pasar terdiri dari beberapa kotak, dan masing-masing kotak di grendel dengan 3-4 grendel spy aman. Maklum semua “harta” kami ditinggal begitu saja dipasar. Kebayangkan berapa kunci yang dibawa bapak setiap hari. Banyak banget… lebih dari 15 seingat saya.

    Dan Bapak tidak punya gantungan kunci, gantungan kuncinya ya segombyok kunci yang lain

    satu yg luar biasa menurut saya, bapak tidak pernah salah memasangkan kunci dan grendelnya. Hal itu krn Bapak mempunyai urutan tertentu dalam memasang gemboknya. Bapak ingat betul susunan grendel tersebut dan kuncinya pun disusun sesuai dg urutan gemboknya. Jadi bapak tinggal bergerak sesuai dg urutan kunci yg ada. dan kunci grendel pertama mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dr kunci2 yg lain

    a simple way … but it’s work well🙂

    salam,

    1. Bro …
      Ini cerita menarik Bro …
      Tulis di Blog …
      Dan jangan lupa kamu masih punya Utang … satu postingan tentang “gerobak pengangkut pasir di Punggur” itu ??? hahaha

      Salam saya

  11. Kalo di kantor gantungan kuncinya berbentuk peneng…klo dirumah…kunci motor berbentuk tali…tp biar ada talinya tetep aja suami msh suka nyari soale orangnya pelupa hehehehe…..

  12. Ganci motor miniatur v*tacimin dari plastik gitu Om, kuning ngenjreng, jd gampang dilihat, kunci rumah dan gerbang dipisahin dg ganci menara eifel oleh2 dari teman😀

  13. Gantungan kunci saya adalah bikinan sendiri. terbuat dari aluminium profil yang dipotong selebar 0.5 cm. Maklum kuli pabrik, memanfaatkan yang ada saja daripada dibuang.

  14. wkt mahasiswa dulu aku punya bermacam gantungan kunci berbentuk gigi yang terbuat dari akrilik.. Om berminat gak..? jadi gak usah pake gigi asli spt yg dikuatirkan inyiak vizon itu.😛

  15. wkt mahasiswa dulu aku punya bermacam gantungan kunci berbentuk gigi yang terbuat dari akrilik.. Om berminat gak..? jadi gak usah pake gigi asli spt yg dikuatirkan inyiak vizon itu.😛

  16. Untuk kunci sepeda motor saya sekarang menggunakan bekas gantungan hp. Sebelumnya pakai gantungan kunci yang ada kompasnya. Tapi karena kayaknya kegedean dan bikin penuh kantung celana, terpaksa diganti dengan gantungan / tali hp itu. Mudah-mudahan tidak hilang.

  17. kalau aku banyak macemnya gantungan kuncinya ,Mas Enha
    utk pager rumah, pintu samping, pintu depan segala dll dkk dsbnya…. 😀

    biasanya sih oleh2 dr teman atau souvenir pernikahan🙂
    salam

  18. Rumah di mtb banyak sekali pintunya, dan tentu saja berkunci semua. Pernah kami hitung ada 33 buah. Dulu mama selalu membawa semua kunci tanpa gantungan kunci (cuma satu ring yang menghubungkan semua) tapi akhirnya diakali cuma bawa kunci “terluar” saja.

    Aku sendiri mengoleksi gantungan kunci, dan setiap pergi ke tempat wisata pasti membeli gantungan kunci utk koleksi. Yang pasti jika ada yg berbentuk medal dengan tulisan nama dan tanggal hari itu, aku pasti beli, sebagai pengingat kapan pergi ke tempat itu. Selain utk gantungan kunci biasanya aku taruh di kepala ritsluiting supaya mudah dibuka.

  19. gantungan kuncinya si bungsu…
    kunci nya satu.. tapi gantungan nya banyak banget..

    kalau aku keluar kota..selalu beliin dia gantungan kunci..
    dari berbagai daerah..dan gendutlah si kunci dia..
    kapan kapan aku foto dah..

  20. Betul Om, kebetulan di kantor saya tinggal sendiri di ruangan karna temen yang lain udah di mutilasi…ehh salah udah pindah kantor.
    Jadi kalau saya lupa bawa kunci alamat gak bisa masuk, karna di Perusahaan kebeutlan gak nyimpen juga…entah kenapa padahal udah di suruh duplikat. Kecuali kalau saya tinggal kunci dan bos ada jadi bisa pinjem bos punya

  21. Gantungan kunci saya:

    -Mobil : dompet sekalian untuk naruh STNK
    -Pintu : ada gandul-gandulnya yang berfungsi sebagai alat buka botol limun , ada yang untuk gunting kuku.
    -koper : dari permika dengan logo/lambang kesatuan saya dulu
    -ada lagi yang bergambar rumah adat minang ( dikasih bunda Lily..)
    -ada yg dari Moskow, Roma, Singapore, Kuala Lumpur, Cina,Spanyol, Polandia, India Hawaii, dll, beli waktu njajah negara2 itu.Pameeeeer….

    Salam hangat dari Surabaya

  22. bener banget om.. kunci saya sering terselip karena gantungannya putus beberapa minggu lalu.. entah apa yang menyebabkan mereka putus, mungkin karena perbedaan prinsip #halah…

    dan sampai saat ini belum menemukan gantungan kunci yang pas.. jadi sekarang kunci rumah gantungannya ya kunci lemari dan kunci koper.. hehehe

  23. om, suami saya punya gantungan kunci yg khas berupa pisau lipat. awalnya saya agak protes kenapa dia pakai gantungan kunci itu. soalnya mahal om. tapi kemudian saya menyadari kegunaannya. kalau pas pergi2, bisa diandalkan. misalnya pas di jalan perlu gunting, ada tuh di pisau lipatnya. kecil sih, tapi penting2 semua.🙂

  24. kalo gantungan kunci motor fyrdha oleh” dr singapore😀 eh trus malah gantungannya yang ilang,,,hehe, jadi sekarang pke gntungan logo apple tapi apple ijo😀 (alias apel malang)

  25. Kunci rumah, pagar, n pintu2 lainnya di rumah belum dipasangi ganci, om ;D
    Tapi kemarin baru dapat hadiah dari teman yang tinggal di Toraja, ganci gambar rumah adat tongkonan ;))

  26. dulu sebelum memakai gantungan kunci, kunci motor saya mudah hilang, tapi setelah saya memakai gantungan kunci pita, kunci motor saya mudah ditemukan, terima kasih ….

  27. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 – 081320620692 (http://www.pinboo.org) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s