Posted in INSPIRING PERSON, PERTUNJUKAN HARI INI

LAMBUNG


.

Masih ingat pertanyaan saya dua hari yang lalu … Apa yang anda fikirkan jika mendengar kata Soda …?

Sebagian besar jawaban spontan para Narablog adalah … Soda Gembira atau Beberapa merk minuman bersoda.  Beberapa juga ada yang menyebut Soda untuk membuat kue … Juga Soda Api … untuk membersihkan dan sejenisnya.

Lalu … bagaimana halnya dengan Trainer …?
Apa yang terlintas dibenaknya jika mendengar kata SODA … ?
Yang terlintas dibenak saya adalah … LAMBUNG … MAAG … SAKIT dan semacamnya …
Ini mirip dengan jawaban Thia dan Achi

Bagaimana ceritanya ?

Rabu, 31 Agustus 2011 (1 Syawal 1432 H) (… versi Pemerintah … )
Ya … hari pertama lebaran …
Seperti biasa, Trainer dan keluarga berlebaran ke rumah orang tuanya di Senayan.
Kami berangkat kesana sekitar jam 9.30 pagi.

Sebetulnya pagi itu Sulung sudah mengeluh perutnya sakit.  Terus terang kami beranggapan ah ini mungkin hanya kekenyangan saja dan seterusnya dan seterusnya.  Dia pun tidak bolak-balik ke belakang waktu itu.

Di sepanjang perjalanan si Sulung muntah-muntah di mobil … dia hanya tidur saja di jok paling belakang mobil kami.  Sesampainya di rumah Eyang Kakung – Utinya pun … dia hanya bersalam-salaman sebentar … lalu minta izin untuk tiduran di kamar tidur yang biasa kami sediakan untuk tamu.  Praktis Sulung tidak ngobrol hari itu … pun tidak makan opor ketupat buatan Uti.  Masakan kesukaannya setiap lebaran.

Mukanya pucat … Kepalanya sedikit pusing.
Dan yang lebih mencemaskan kami adalah … dia kadang-kadang “menggigil” … gemetaran … macam orang bergidik … padahal badannya tidak dingin … Kepalanya kami raba … agak hangat sedikit.

Jujur kami tidak tenang.  Akhirnya kami putuskan kami akan ke dokter siang itu.

Ketika kami pamit … Tiba-tiba Keponakanku yang kebetulan siang itu juga datang berkunjung … berlebaran di rumah bersama Papa dan adiknya, bertanya … 

“Eh kenapa tu Om ?” dia bertanya kepada kami yang sudah siap-siap mau pulang.
Lalu kami ceritakanlah apa yang terjadi pada si Sulung.

“Sini Deniya pegang sebentar … siapa tau bisa meringankan”   (BTW … Sahabat Blog saya ZeeZee Damanik pasti tau siapa yang saya maksud ini )(Zee adalah teman keponakan saya ini ).  Keponakan saya ini katanya mempunyai sedikit kemampuan olah tenaga Reiki … (jujur saya  tidak begitu mengetahui mengenai hal ini).

Dan segera saja si Sulung di pegang kepala, punggung dan pundaknya oleh keponakanku itu …
Ketika dipegang … spontan beberapa kali keponakanku itu bersendawa keras dan panjang …  Katanya “angin” yang ada dalam si Sulung di transfer ke dia … Demikian juga panas tubuhnya.   Si Sulung dipegang oleh keponakanku selama kurang lebih 10 menitan.   Terlihat keponakanku itu menjadi sontak berkeringat.

Alhamdulillah … si Sulung merasa ringan … pusingnya hilang … badannya pun segar kembali.
Kami pun bernafas lega … 

Bagaimana dengan rencana ke Dokter ?
Tetap … itu tetap kami laksanakan … siang itu juga kami mampir ke klinik dekat rumah kami … (Uda Vizon pasti tau dimana letaknya klinik ini …).

Lalu apa kata Dokter ?
Dokter menduga ada gangguan pada Lambung si Sulung  … pada organ pencernaannya … Entah Maag atau apa …
Setelah diurut-urut ceritanya … ditelusuri kemungkinan penyebabnya.   Rupanya kemarin … ketika berbuka puasa … ketika perut si Sulung masih dalam keadaan yang relatif kosong … setelah minum teh sedikit … Si Sulung lantas meminum Minuman Bersoda …  (Kami sudah beli minuman bersoda dua hari yang lalu … karena mengira Lebaran akan datang hari Selasa … )(Jadi kami sudah siap minuman untuk suguhan tamu itu )

Dokter bilang … kemungkinan besar … Soda inilah pangkal masalahnya … Lambung si Sulung mungkin “kaget” …
(dan memang sejarahnya … duluuuuu sekali … sulung ini mempunyai catatan medis yang kurang baik di organ pencernaannya …)(Sampai usia 10 tahun dia tidak makan nasi … hanya roti saja …)(Susunya waktu bayi pun … Mesti susu dari Lemak nabati … Susu Soya …).

So demikianlah …
Pengalaman Lebaran kami tahun ini.  Agak sedikit diwarnai cobaan.  Lambung si Sulung yang bermasalah.
Namun insyaALLAH tidak sampai mengganggu rasa syukur kami menyongsong hari kemenangan.

Pelajarannya adalah … Jangan Minum Soda … jika perut anda sedang kosong !!!

Deniya … terima kasih atas pertolongannya ya …
Teruslah membantu mereka yang membutuhkan pertolonganmu.
Berbahagialah … tidak semua orang mempunyai kemampuan seperti yang dianugerahkan NYA pada mu.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

30 thoughts on “LAMBUNG

  1. Pelajaran memang kadang didapat dari kegagalan/pengalaman buruk.
    Sekarang jadi pengingat kan: jangan minum minuman bersoda kalau perut kosong.
    Memang paling baik habis puasa itu minum teh anget/air putih.
    Mudah2an setelah ini sulung sehat terus ya Om…

  2. yup saya kalo minum soda juga gak kuat banyak2. bisa kena lambung.
    kalo soda gembira masih mending, karena ada susunya, jadi rasa sodanya gak terlalu keras. tapi kalo minum kayak coca cola/sprite gitu sih gak bisa banyak2 dah.

  3. Saya juga pernah mengalami hal yang sama dulu, Om.. Lemas sekali rasanya.. Dan sejak itu saya agak batasi minum minuman bersoda..

    Saya tertarik dengan Reiki itu Om.. Jangan pengen mempelajarinya, hehe..🙂

  4. Alhamdulillah si Sulung udah baikan ya Om…
    Lebih baik si sulung jgn minum bersoda lg..🙂
    Lama2 terbiasa… Lama2 kena air soda setetes saja lidah sudah mengkeret.. Hehe…
    Sy udah bertahun2 stop minum soda semenjak sesak nafas krn gas lambung…
    Gas lambung sangat berbahaya…

    Salam utk keluarga, Om…
    Semoga sehat selalu…🙂

  5. Allhamdulillah ada pertolongan pertama dari keponakannya ya om. mudah-mudahan sakit lambungnya tidak kambuh lagi.
    saya pernah mengalaminya om sewaktu kuliah sampai dibawa ke rumah sakit, Allhamdulillah sekarang sudah bisa mengatasinya.
    saya ulang tulis komennya nih om, semalam di hp hilang komennya🙂

  6. Waktu kecil hanya makan roti saja karena saran dokter atau hanya doyan itu, pak?

    Alhamdulillah perut saya termasuk kebal macam badak, jadi ya enjoy saja minum minuman bersoda. Semoga sih begitu terus.

    1. Minum susu soya itu atas saran dokter …
      kalau yang makan nasi itu … dulu sejarahnya dari TK dia selalu muntah jika makan nasi …
      Seharusnya sedikit demi sedikit dilatih … tetapi kami takut-takut…
      Akhirnya ketika dia di Opname di rumah sakit ketika kelas 4 SD karena sakit Typhus …
      dokter menyarankan untuk mencoba bubur dan kemudian sedikit-demi sedikit ke nasi
      Keluar dari RS tersebut … dia sudah berani makan nasi … Alhamdulillah

      Salam saya

  7. betul sekali Pak Om NH. Perut kosong, jangan minum soda, soalnya saya pernah merasakan akibatnya dulu. Jadi kini nggak berani. Mending diisi jus alpukat atau susu putih (tanpa campuran kopi atau teh).
    Yang penting bersyukur, karena sudah pulih.

  8. Si Sulung penyakitnya sama persis sama aku deh om..
    Semoga kedepannya nggak kumat2 lagi yaaa dan nggak minum bersoda pas perut lagi kosong..
    Btw, Selamat Hari Raya om.. Mohon maaf lahir dan batin :))

  9. sepertinya jenderal kecil saya dirumah juga pencernaannya perlu perhatian khusus. Kemaren waktu pertengahan puasa, jenderal kecil saya sempet mendadak nggak fit dan muntah2 setelah minum minuman bersoda.
    *btw jadi tertarik sama reiki Om🙂

  10. Wahh…alhamdulillah ada Deniya ya Om, salut saya sama orang semcam Deniya ini🙂 Semoga sulung tidak bermasalah dengan lambung lagi besok2 ya Om, Amiin..
    Saya kurang suka minuman bersoda, paling seteguk 2 teguk aja dan itu pun jaraaaaaaaang bgt. Karena jangankan lambung, tenggorokan lgsg sakit Om kalo minum soda banyak2..

  11. wah untung ada pertolongan pertama yach om…..iya tetangga saya juga ada yg seperti itu, buka puasa belum makan apa-apa udah minum cocacola…langsung dech perutnya sakit ngga karuan….kalo saya ngga berani minum minuman bersoda….makanya lebaran ngga ada stok minuman sperti itu di rumah…takut anak2 kepengen heheh…….

  12. Wah, untung ada keponakan Om yang bisa membantu ya Om… Saya dan suami udah sejak 2007 nggak lagi minum minuman bersoda.. kalau minum pun itu karena terpaksa, misalnya kalau lagi bertamu dan disuguhi minuman soda, terpaksa minum sedikit untuk menghormati tuan rumah.. hehehe… nggak enak kalau menolak… 🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s