TETANGGA MASA GITU ?


tetangga1
sekedar ilustrasi

 

Ini adalah judul acara televisi. Sebuah acara sandiwara televisi. Bahasa tingginya mungkin disebut “sit-com” : situation comedy. (atau di Indonesia kan menjadi kom-sit : komedi situasi).  Disiarkan setiap hari pada jam 18.30 di sebuah televisi swasta baru.

Menurut saya, ini adalah sandiwara televisi yang bagus. Tidak ada teriakan histeris lebay, tidak ada lelaki berlaku kewanita-wanitaan, tak ada caci maki sumpah serapah, tidak ada bullying kelewatan, tak ada pelintiran memperpanjang cerita yang ajaib khas sinetron “stripping” kejar tayang.  Cerita sandiwara televisi Tetangga Masa Gitu ? ini realistis, tidak mengada-ada.

Mengisahkan dua pasang suami-istri, bertetangga. Pasangan pertama sudah menikah selama 10 tahun, sementara pasangan yang satu lagi masih pengantin baru kinyis-kinyis. Cerita berputar pada romantika internal masing-masing keluarga dan bagaimana mereka saling berinteraksi satu sama lain sebagai tetangga.

Pasangan yang sudah menikah selama sepuluh tahun diperankan dengan baik oleh Dwi Sasono (sebagai Adi) yang berpasangan dengan Sophia Muller a.k.a Sophia Latjuba (sebagai Angel). Sebuah “kombinasi” latar belakang suami istri yang sangat bertolak belakang bukan ?.  Bayangkan saja yang satu guru seni lukis, yang satu pengacara. Yang satu Jawa asli yang satu “indo”. Yang satu suka semaunya sendiri, sementara pasangannya hidup sangat teratur.  Dari situ saja sudah terbayang bagaimana konflik-konflik berpotensi muncul. Belum lagi jika dibandingkan dengan tetangga sebelahnya, pasangan pengantin baru yang diperankan dengan “naif” oleh Deva Mahendra (sebagai Bastian) dan Chelsea Islan (sebagai Bintang).  Pengantin baru ini pun juga punya masalah-masalah sendiri, yang berkaitan dengan saling adaptasi di antara keduanya.

Konflik-konflik kecil (juga besar) yang muncul, dikemas dengan sangat menarik dan lucu. Saya bisa tersenyum (bahkan tertawa) sepanjang penayangan yang hanya 30 menit itu.  Sekali lagi … letak kekuatan sandiwara televisi ini ada pada kekuatan naskahnya. Saya memuji kemampuan penulisnya untuk menggali konflik (kelucuan) yang ada. Dan tentu saja, last but not least … akting keren aktor kawakan Dwi Sasono dan Sophia Muller, ikut serta membuat sandiwara televisi ini sangat sayang untuk di lewatkan.

.

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

 

.

(Ini bukan postingan berbayar)
(Ini bukan postingan balas budi)
(Ini bukan postingan kewajiban)

(Ini murni curahan hati … dari seorang penonton televisi … yang rindu acara layak saji)

.

94 thoughts on “TETANGGA MASA GITU ?

  1. Saya sudah pernah dengar tentang program televisi ini, tapi belum sempat sekalipun menontonnya.. In shaa Allah saya akan coba tonton..

    Setuju dengan statemen Om tentang tontonan layak saji… Saya juga sangat merindukannya…

  2. pengeeeen banget nonton om…ada di MivoTV kali ya..atau streaming? memang susah dapet tontonan menghibur yang tidak perlu mengorbankan hati nurani dan mengeluarkan kata-kata ‘mutiara’ saat nontonnya…TFS om…

  3. Aku sampe kepingin beli parabola cuma mau nonton NET lo pak.. Kalau striming internet kok males yaaa.. Kadang servernya gak lancar sih..

  4. Tadi sore saya sempat nonton sekilas. Begitu lihat langsung tampak Sophia lagi bakar sate dan…gerimis tiba. Para pemain langsung masuk ke tenda, foto bersama…selesai. Yaaaa..ketinggalan deh.
    Keluarga Kesuma juga lumayan bagus.
    Salam hangat dari Surabaya

  5. Ane juga seneng banget nontonnya om… tapi lebih sering nonton online via kamutube.com hehehe😀

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) Pujok Bumi Khatulistiwa🙂

  6. Saya juga penggemar acara satu ini.
    Benar banget, Om Trainer, kekuatan naskah dan pemainnya yang bermain apik bikin acara ini layak tonton.
    Suka gemas-gemas sebel lihat ekspresinya Adi Sasono :)))

  7. Saya jarang nonton tv sih, Om. Tapi sedikit yang saya perhatiin NET ini kemasannya lumayan oke, ya. Sedikit sebel juga sih pas ada Sule di sana,abis identik dengan kelebayannya. Sayang ya, jam tayangnya mepet ke Maghrib.

  8. Saya termasuk yg suka nonton acara ini Om, emang bagus kok. Sama dengan Mbak Injul, ekspresi Dwi Sasono itu lho, gimana gitu .. hehehe

  9. anak2 saya dari ajif sama nafis…kalau udh jam 1/2 7…udh sipa di depan tv. Apalagi kalau udh sabtu minggu…karena episode baru ditayangin sabtu minggu (katanya) sedangkan yg senin-jumat re run. Yang saya bingung tuh, anak2 udh nonton di youtube berulang kali….tapi masih mantengin tv juga…. hehehehehehe…emang top deh. Tapi bagi saya tokoh Adi itu yang kontroversial dan berhasil diperankan dengan baik oleh Adi Sasono. Seperti tokoh Joey di serial Friends…

  10. Oooh, yang pas maghrib itu yah Om…

    Duh, kalo jam segitu tipi ku dikuasai sama tontonan Phineas & Ferb sama si Ninja Hatori nih Ooom..hihihi…

    Baru bisa menguasai tipi diatas jam 8 aku mah…*nasib emak emak*

  11. Saya selalu ketinggalan nonton sitcom ini Om. Padahal pengen banget nonton. Sitcom-sitcom setengah jam gini dulu kan sering tayang di R*TI. Dan selalu menghibur. Katakanlah Gara-gara, Likaliku-Laki-laki, Tuyul dan Mbak Yul dsb

  12. teman-teman banyak juga yg bilang sit-kom ini lumayan baguslah…tapi aku sendiri belum sempat nonton om…, jadi penasaran juga dengan sit-kom ini….ntar aku bela-belain dech buat menontonnya….
    keep happy blogging always…salam dari makassar🙂

  13. hahahaha,,,sukaaaa banggets dgn acara ini…
    asli menghibur….
    ringan, nyebelin dan nggemesin….
    apalagi liat mimik nya Dwi Sasono….nyebeliiiin banget ….hahaha😀😀

    salam

  14. Serriinng banget liat iklannya di NET Tv. Sepertinya menarik tapi kok ya nggak pernah kesampean nonton. Haha.. Tapi yang harus digarisbawahi, ternyata akting chelsea islan bagus! PAs googling ternyata dia anak teater. Pantes.

  15. Dengan rekomendasi om nh, insya Allah saya akan nonton. Krn saya lihat iklan2 sitkom tsb memang bagus.

    Beberapa tahun belakangan saya tdk pernah mengikuti sinetron2 gak mutu TV kita yg kejar tayang.

  16. Saya belum pernah nonton acara ini, Om. Gak pasang tipi kabel😦
    Tapi jadi penasaran sama ceritanya, karena memang kebanyakan komedi di tempat kita … ya … gitu deh ….

  17. Sudah lama nggak nonton televisi Om.. tapi memang begitu sih..biasanya banyak teriakan,marah-marah, adegan-adegan yang over dan ngada-ngada..jadi males nontonnya.. tapi kalau ada yang beda begini jadi pengen nonton lagi deh Om..

  18. Waduh, kemarin saya pernah liat iklannya nih disalah satu televisi swasta, tapi waktu saya masih di Jakarta. Saya memang suka stasiun televisi baru ini, kemarin saya sempet selalu nonton The Comment dan X-Games. Tapi sayang dikampung tempat saya tinggal sekarang ndak bisa nangkap stasiun ini, jadi ya belum bisa nonton acara tv yang bapak sebutin itu tadi. Hehehe.

    1. For sister sweety, Apakah anda setuju tayangan yang mempertontokan kemesraan suami-istri (pelukan berkali-kali) namun kenyataanya mereka bukanlah seorang suami-istri sungguhan. Apakah di Islam hal tersebut dapat diterima. Jawabannya tentu tidak.
      Baharuddin

  19. Saya juga sukaaaa banget! Natural, dan kisahnya sangat ‘deket’ ama kehidupan kita. Sayangnya,beberapa adegan si pengantin baru itu agak2 gimanaaaa gitu pak… Kan “Tetangga Masa Gitu” tayang di jam yang lumayan sore banget, jadi anak saya juga ikutan nonton. Waduh. Piye ya? Saya pengin nonton, tapi kesiaan anak saya kalo udah kena adegan si manten anyar kuwi

  20. Ada baiknya acaranx dikaji ulang. Pemerannx bukan suami istri tapi pelukan diranjang dan sofa pakai selimut (Edisi 22 Juli). Apapun itu tidak semestinya mempertonkan adengan kemesraan suami istri jika mereka bukanlah suami istri. Dimana letak harga dirinya wanita yang berperan dalam film tersebut?
    Baharuddin

  21. hihiiiii memang bgus kok om acaranya,untungnya semua serinya udah ada di yutub jdi bisa dikoleksi.klo kangen ngakak gak jelas bisa diputer deh. apalagi sophia latjuba ama chelsa pas bgt jd karakter cewek nyeimbangin para suami mrk

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s