Diposkan pada BAHASA

KEPLETUS


.
Ini ungkapan bahasa Jawa …
Saya sulit mencari padanannya dalam bahasa Indonesia yang Baku …

Yang jelas situasinya kurang lebih begini …

Misalnya kita sedang Makan …
Seporsi Nasi Goreng nikmat … lengkap dengan acar yang ada Caberawit utuhnya …
Sakin lahapnya …
Tidak sadar caberawit utuh ikut tersuap masuk mulut …
Di kunyah …
Cabe Rawit Pedas pun tak sengaja tergigit …

Mak Pletus … rasa pedas merebak dengan tiba-tiba …
Itu KEPLETUS  namanya …

Makan Lontong isi atau Arem-arem …
Ternyata didalamnya ada satu cabe rawit yang masih utuh ..
Bercampur dengan oncom atau daging cincang didalamnya
Tergigit dan langsung rasa pedas merebak seketika …
Sampai kadang keluar air mata …

That’s we usually call … KEPLETUS

And sumpah ndak ada padanan satu katanya dalam bahasa Indonesia …

Atau Pembaca ada yang tau ???

Padanan kata dari KEPLETUS ini …

.

(yes indeed sodara-sodara … tadi pagi saya baru saja … KEPLETUS …)

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

32 tanggapan untuk “KEPLETUS

  1. Saya termasuk yang amat jarang kepletus, Om. Karena agak-agak teliti memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

    Nggak semua makanan yang ada cabe utuhnya saya doyan. Termasuk acar salah satunya yang saya nggak suka, hehe…

    Habis kepletus, cocok tuh minum teh tawar, hahahaha

  2. gak tau padanan kata lainnya Om T, cuma sering bilang ranjau atau jebakan saja. Tapi kalo udah kegigit gitu si cabenya langsung “ngajelengeng” di telinga plus air liur yang netes 😀

  3. Idem dengan mbak gendhis…nek aku ki nyebute “keceplus”
    or “mlethus” hehehe..yihaaa akhirnya saya bisa nyumbang istilah yg lain…ya, saya kan mulai dari lahir sampai sekarang selalu berbahasa jawa yg baik dan benar 🙂

  4. kalo kepletus kulit kepala saya serasa ditusuk-tusuk jarum kenapa ya? 😀

    saya paling doyan makan tahu pake cabe ijo bulat, tapi kalo kepletus kok rasanya ga nyaman banget ya 😀

  5. jujur Om baru kali ini lia dengar kepletus..
    biasanya kalo gigit cabe raeit ya tergigit aja namanya heheheh 😆

    lain kali kalo mengalami kejadian yg sama jawabannya langsung ” ini nih kepletus.. hikss hiksss

  6. gak mau ikutan bahas “keplethus” karena mmg tdk ada padan katanya dlm bhs indonesia…hehehe, itulah uniknya ragam bhs , budaya etnik kita.

    salam kenal boss.
    tuker link ya…

  7. saya kemarin kepletus waktu makam pagi di Jogya Oom
    pedasnya minta ampyuuuunnnnn
    lha sambal kok menyamar jadi balado ikan asin tho yaaaa
    sadis banget tuh
    airmata sampai keluar je
    Salam hangat dari BlogCamp

  8. Kalo saya tahunya “kekletus”. Hihihi… mirip ya?

    Terus belum lama ini dapat kulakan kata baru “kecangar”. Katanya artinya adalah minum tapi tanpa kita sadar ternyata airnya terlalu panas dan terkena bibir/lidah.

    Salam.

  9. hihihi.. kayaknya emang ga ada padanan katanya Om… ya sud… kepletus saja… saya malah belum nemu istilah untuk mengungkapkan kejadian itu dalam bahasa Sunda.. heheh..apaan ya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s