PURNA TUGAS


.
Kamis, 9 Juni 2011

Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh para pembaca sekalian … mulai Hari Minggu, 5 Juni 2011 sampai dengan hari Kamis kemarin ini … Saya mengikuti acara Pelatihan untuk Seratusan lebih para Marketing Supervisor Lapangan dari seluruh Indonesia.   Saya menjadi salah satu fasilitator di acara itu.

Seperti biasa acaranya adalah Workshop di kelas yang diselingi dengan kegiatan outdoor team work building.

Rangkaian pelatihan diakhiri dengan semacam Malam Keakraban yang menampilkan kreasi dari Para peserta training.  Jadi ceritanya mereka kami bagi menjadi beberapa kelompok.  Dan mereka harus tampil ke panggung membawakan penampilan dengan thema tertentu … Ada nyanyi, joget, parodi dan sebagainya.

Meriah hingar bingar penuh canda dan tawa … gembira …

Namun …
Ketika group terakhir selesai tampil …
Sekonyong-konyong mereka meminta waktu beberapa saat … suasana menjadi mendadak serius dan hening …  Dan ini diluar skenario run down acara malam itu …

.
Ada apa ini ??
Ternyata … mereka ingin memberikan kejutan yang khusus ditujukan kepada salah satu anggota tim mereka yang tiga – empat bulan kedepan akan menjalani  masa Purna Tugas … mengakhiri pengabdiannya yang sudah bekerja lebih dari Dua Puluh Tahun di perusahaan kami.

Perlu diketahui bersama … memang Profil Supervisor lapangan, para peserta training kali ini … sungguh sangat beragam … Khususnya dalam segi usia dan masa pengabdian.

Disatu sisi … ada banyak Peserta training ini yang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan sudah mengabdi lama di perusahaan kami …
Namun di sisi yang lain … ada banyak pula peserta training yang masih berusia sangat muda … baru lulus Universitas dan juga relatif baru kami rekrut 3 – 6 bulan yang lalu …

Anda bisa bayangkan bagaimana “Pelangi” nya peserta training kali ini.   Singkat kata … kalau boleh saya ibaratkan … maka Pelatihan kali ini … bagaikan pertemuan akbar Para Paman dan Para Keponakan-keponakannya … Senior bertemu dengan brondong broncis …

Ini membuat kami berfikir keras untuk membuat mereka kompak satu sama lain … Bagaimana membuat mereka “mingle” satu sama lain … walaupun mereka berbeda usia yang sangat jauh …

Dan Alhamdulillah … Para Peserta … menurut pendapat saya … berhasil menempatkan diri masing-masing dengan baik.
Yang Senior ngemong yang yunior … sementara yang Yunior pun sangat menghormati Seniornya …

Terbukti dari acara spontanitas yang tidak di skenariokan ini …
Pelepasan Purna Tugas salah satu peserta training … Dan acara ini digagas justru oleh mereka yang muda-muda …

Dan saya boleh berbangga bahwa … Salah satu Pembaca Setia Blog ini … mantan trainee saya dulu … Ijuliars atau Iwan Juliar … menjadi juru bicara mewakili teman-temannya … (Saya pernah bercerita mengenai Iwan di postingan yang ini)

Sungguh mengharukan acara tersebut …
Sebuah wujud penghormatan sejati Para Yunior kepada Seorang Seniornya

So …
Iwan …
Kata-kata kamu kemarin … berhasil membuat saya berkaca-kaca … Kata sambutan mu kemarin itu sungguh mengalir lancar … menggunakan kalimat yang efektif … tidak lebay … tetapi sangat mengena pada Esensinya …
*dan satu lagi … kini kamu lebih tenang dan matang … * (hehehe) 🙂

Pak Haji Badawi …
Semoga sukses ya Pak … kesederhanaan pribadi juga kesungguhan untuk selalu melakukan apa yang menjadi kewajibannya dengan penuh tanggung jawab … sungguh menjadi inspirasi bagi rekan-rekan lain.

For all the participants … ??? …
GOOD JJOOOOOB !!!   …  *tepuk pundak rekan sebelahnya*

Salam saya

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

37 tanggapan untuk “PURNA TUGAS”

  1. Purna tugas, jadi ingat setahun yang lalu, pelepasan saya. Eh, kalau resign, purna tugas juga nggak ya 😀
    Saya selalu merasa terharu setiap ada acara pelepasan karyawan.

    1. Hahaha …
      Percaya atau tidak … saya itu juga bisa nangis di depan Trainee-trainee lho Mbak …
      (saya pernah cerita hal itu nggak ya ???)
      check postingan lama aaahhh …

  2. so exicting ya om. prnah ngrasakan ini saat dilepas mhsswa…sgt mgharu biru

    malem om…pa kbr? lama tak jumpa kangen jg. dtg lg skali2 nitip komen msh boleh kan om 🙂

  3. pabrik saya masih berumur sangat muda, jadi belum ada acara purna tugas seperti itu om, yang ada adalah perpisahan resign.

  4. oooh kirain tadi Om Trainer yang mau purna tugas,
    terkecoh judul saya hehehe

    sepertinya klo saya, masih lama deh purna tugasnya Om hehehe

  5. kedekatan antar trainee yang membuat ‘sentuhan’ itu menjadi sangat nyata, ya, pak…

    Put juga jadi ikut terharu membaca ‘spontanitas’ pak NH menuliskan kisah ini…

  6. Sebuah spontanitas yang patut diacungi jempol, Om…
    Hubungan senior-yunior yang harmonis seperti di atas memang perlu dipupuk, sehingga tidak ada yang merasa superior di atas yang lainnya. Salut… *berharap di tempat saya juga bisa seperti itu*

  7. Saya mungkin gak purna tugas di satu perusahaan. Sampai saat ini baru tujuh perusahaan yang saya masuki untuk mengabdi yang dibayar. Cita-cita sih mau punya usaha sendiri biar gak purna tugas, hehehe….

  8. ingat tepuk pundak jadi …inget kalau buat event di kantor….
    ‘selamat….yah acaranya sukses…..”menyalami sambil menepuk pundak,,,,,,heheehe

  9. Sedih juga ya kalo “kehilangan” sosok yang baik buat kita 🙂
    Baru tau si mas bisa berkaca2 juga 😀
    Tapi wajar sih, namanya juga manusia, punya hati 😀

  10. Purna tugas memang mengharukan ya oom. demikian pula yang saya alami setelah 32 tahun mengabdi.
    Ketika acara perpisahan, para anak buah menyanyi lagu ” Ayah ” ha ha ha ha…banyak yang menangis..ada-ada saja.

    Salam hangat dari Surabaya

  11. Purna tugas…sebenarnya bisa diibaratkan pindah tugas dari satu tempat ke tempat lain.
    Namun tetap ada kesenduan, karena telah berbelas atau berpuluh tahun bekerja di perusahaan, dengan suka dukanya. Dan kadang juga ada rasa gamang, akan kemanakah nanti? Walaupun setiap orang pasti mempunyai tujuan masing-masing…dan purna tugas ternyata menjadi menyenangkan jika kita menikmatinya dengan ikhlas, malah waktu untuk keluarga relatif menjadi lebih banyak. Atau sama saja (malu juga nih……soalnya kesibukan saya tetap sama…:P)

  12. Nice Moment…,

    Salut Untuk Bang Iwan… (lo mank “temen yg asyik”)

    untuk Pak Haji Badawi tetap succes nantinya ya Pak..,

  13. senang akhirnya menjadi tamu yang bisa langsung dikenal dan diingat he…,

    palagi ma pak NH…

    Pe ketemu sept ya Pak…

any comments sodara-sodara ?