karsini # 13 MAKHLUK VISUAL


Karsini # 11 sudah saya buka jati dirinya … yaitu karya BIBI TITI TELITI

Karsini # 12 masih berlangsung … silahkan menebak penulisnya …

Dan kini saatnya saya tayangkan postingan karya penulis tamu #13

Simak tulisan berikut ini …

 

—————

MAKHLUK VISUAL

Makhluk apalagi ini, kok jarang dengar…
Makhluk apalagi kalau bukan kita2 ini. Yang bisa aneh2 kan cuman manusia. Dan ternyata manusia itu nggak cuma sebagai makhluk individu dan makhluk sosial seperti yang sering kita baca dan dengar tapi juga sebagai makhluk visual.

Pengertian manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial pasti sudah familiar. Dikatakan makhluk individu karena memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, dikatakan makhluk sosial karena nggak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
Manusia butuh beinteraksi, berkomunikasi dan bersosialisasi.

Nah kalau manusia sebagai makhluk visual itu didasarkan pada sifat umum manusia yang cenderung memvisualisasikan apa yang didengar, dibaca atau yang dipikirkan. Misalkan saya bilang “Meja Merah”, maka seketika itu yang mendengar akan membayangkan sebuah meja warna merah.

Dalam bervisualisasi orang bebas merdeka sesuai imajinasi masing2. Ketika baca koran dan disitu ada tulisan “Trio Macan”, maka saya pasti membayangkan tiga sosok berkostum doreng, ada yang kakinya diplangkringkan ke temannya dan temannya yang satu lagi kepalanya muter2.

Dari dua contoh tadi dapat diperkirakan bahwa sebagian orang akan bervisualisasi yang hampir sama karena meja dan trio macan adalah sesuatu yang tak asing bagi kita. Hal itu akan berbeda manakala mendengar kata “Kolor Ijo”. Apa yang saya bayangkan bisa beda jauh dengan yang orang bayangkan.

Karena sifat manusia sebagai makhluk visual inilah, kenapa buku bergambar lebih menarik dibanding yang cuma berisi tulisan, hanya mendengar ceritanya pasti akan lebih afdol jika melihat sendiri. Oleh karena itu bagi sahabat yang selama ini blognya cuma berisi tulisan, sudah saatnya sekali2 ditambahi gambar agar makin afdol. Siapa tau dengan begitu pembacanya jadi betah.

 

————-

 

KARYA SIAPA INI ???

.

.

STOP PRESS
Saatnya saya membuka jati diri dari penulis tamu ini
Ini tidak lain dan tidak bukan karya dari
BAPAK MARSUDIYANTO
Sang Koepoe Biroe yang Anti Biasa
Guru Matematika di SMA 1 Kendal
Guru HTML kesayangan kita semua
Blognya bertajuk : metaMARSphose
Salah satu Blog yang saya pujikan di Republik ini …
COOL – SMART and … ORIKHINAL !!!

 

55 thoughts on “karsini # 13 MAKHLUK VISUAL

  1. Inon gak punya bayangan ini siapa,,
    Tapi kalau nyebut trio macan,,
    Jadi kepikiran emak,,
    Inon kan nyebut
    Emak,, bunda lily,, sama pak tuo (*vyan ) itu trio macan,,
    *garuk garuk kepala*
    Jadiii apa mungkin ini adalah emakkkkk

  2. Benar sekali
    Artikel tanpa gambar ibarat nasi pecel tanpa peyek kacang
    ..kriuk..kriuknya kurang.

    Yang sering berhubungan dengan visual itu mamanya Osar alias IyHa yang pernah menjadi model BlogCamp dan EO Kopdar Cikini F-1

    Salam hangat dari Surabaya

  3. hihihi menurut insting saya…sepertinya ini tulisan pakdhe….soale ada trio macannya hahaha…dah gitu pakdhe pernah menyarankan blognya bintang timur ditambah foto supaya pengunjungnya betah….yakinn dech ngga salah lagi (mudah2an sech..)

    Pakdhe sms yach kalo ini bener tulisan pakdhe hehhe….

  4. Melihat lembaran merah dengan ciri2 khas trus yakin itu uang seratusan ribu rupiah membuktikan diri makhluk visual kah teman2? Karya pyagung Kendalkah? Salam

  5. SODARA-SODARA SEKALIAN …
    Jangan gundah … jangan galau …
    Ini adalah Karya dari BAPAK MARSUDIYANTO !!!
    Seorang Guru Matematika di SMA 1 Kendal
    Yang juga Guru HTML kesayangan kita semua
    Pemilik blog metaMARSphose
    Salah satu blog yang saya pujikan di Republik ini
    Cool – Smart and … ORIKHINAL !!!

    Pak Mars … Terima kasih ya Pak … !!!

      1. Iya TI , gaya bahasanya cuma beliau yg begini, ada tema biasa tp penjabaran ya wokeh banget
        Iya tanpa pemberitahuan komen kita diumpetin ya Tt

        Tt ini dari pertama tebakan ya betul terus , hebaaat

  6. Xixixixi…
    Keliatan kalau saya nggak biasa bohong…
    Sudah nyamar masih ketauan juga
    Padahal saya sudah beralibi lho
    Untuk Om NH, trims sudah menyediakan ruang buat saya
    Untuk semua, salam sejahtera

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s