Diposkan pada MUSIK

UNPLUGGED


.

Ini tulisan tentang musik lagi … (nggak apa-apa ya ?)(mudah-mudahan tidak bosan)

– 

Unplugged bukan jenis aliran musik atau genre musik. 
Unplugged pada hakikatnya adalah salah satu cara memainkan musik.

PLUG artinya adalah ”sikring”. 
UN-PLUGGED tentu artinya adalah ”tanpa sikring”.  Yang kemudian diperlebar artinya menjadi … ”Tanpa Listrik”.

Jadi Musik Unplugged (menurut pengertian saya pribadi ) adalah jenis sajian musik yang dimainkan (sejatinya) tanpa listrik.  Tak ada raungan gitar melodi yang pakai sound effect accesories stratocaster dan semacam … Tak ada dentuman Electric Bass jedang-jedung. Pula tanpa Keyboard Elektronik … pendek kata … “zonder setrum” …

Lho kalo gitu mainnya pakai apa ?
Ya … pakai alat-alat musik akustik … Gitar akustik, Piano akustik, Bas betot, perkusi atau drum dan sejenisnya …

Dewasa ini, musik Un-plugged semakin banyak disukai.  Sebagai selingan ditengah hingar-bingar aliran musik yang ramai dan berisik.  Musik Unplugged memang menawarkan sesuatu yang agak lain nuansanya …

Musik Unplugged menawarkan nuansa yang agak lebih tenang
Musik Unplugged juga menawarkan sesuatu yang lebih … murni … tanpa acesories suara artificial tambahan apapun.  Saking terkenalnya cara memainkan musik ini … sampai-sampai ada salah satu jaringan stasiun televisi yang khusus menyajikan musik ini … bertajuk ”MTV Unplugged”

Jika dikaji lebih mendalam … sebetulnya pengertian ”tanpa listrik” ini tidak begitu sahih lagi. 
Sebab dalam memainkan musik Un-plugged kadang masih diperlukan sambungan listrik juga.  Yaitu untuk pengeras suara … baik itu untuk alat musiknya maupun microphone untuk penyanyinya.  

Nah … Jika para pembaca berkenan …
Saya punya satu contoh musik unplugged … walaupun tidak sepenuhnya benar juga.  Sebab saya memainkan dan merekamnya dengan menggunakan alat musik yang tersambung ke Listrik.

Kali ini Saya mencoba memainkan sebuah lagu daerah BATAK … Ini lagu favorit saya …

Berjudul … NASONANG DO HITA NA DUA
(menurut Rere, sekretaris saya yang orang Batak … ini berarti … ”Senangnya kita berdua)

Saya tidak tau arti bait-bait lagu ini secara keseluruhan.  Namun jika kita mendengarkannya dengan saksama, … Saya pribadi dapat merasakan jalinan indah nada-nada yang penuh kelembutan hati … dan sepertinya ini lagu cinta … syahdu sangat !!!

Setelah mencari tau sana sini … saya mendapatkan informasi bahwa Lagu ini digubah oleh Guru Siddik Sitompul (S.Dis)

So Sodara-sodara … this is it …

NASONANG_DO_HITA__unplugged_.html (cipt : S.Dis) by NH18

Saya persembahkan untuk para narablog semua … khususnya yang berasal dari suku Batak.

Apakah para pembaca ada yang kenal dengan Lagu Indah ini ?
Apakah ada yang tau arti keseluruhan lagu ini ?

.

.

 

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

45 tanggapan untuk “UNPLUGGED

    1. Ups …
      Maaf ya nDa …
      Tadi saya baru ingat … bahwa di kantor saya ini ndak bisa buka 4shared (tapi berhubung tulisan udah terlanjut saya buat … ya sudah diposting dulu … linknya belakangan )

      Sabar ya …
      Malam ini akan saya unggah …

      Sekali lagi saya mohon maaf

      1. tanya mbah gugel artinya gini pak…

        Nasonang do hita nadua => kita berdua bahagia/senang (sonang)
        Saleleng au rap dohot ho => selama aku bersamamu
        Nang rodi nasari matua Sai tong ingoton hu do ho => sampai kita tua, akan tetap ku ingat dirimu
        Reff. Hupeop sude denggan ni basam Huboto tu au do roham => segala kebaikanmu, aku tau.. di hatimu hanya ada aku
        Nasonang do hita nadua Saleleng au rap dohot ho => (diulang) kita bedua bahagia selama aku bersamamu.

        *aaahh, romantis kali…..

  1. kalo aku seh dijamin tau 100% pak, mau artinya boleh, nyanyinya apa lagi…. (dijamin rusak kuping yg dengar aku nyanyi, hahaha).

    emang berani bayar berapa om? biar aku bagi arti lagunya. hahaha

    Nasonang do hita nadua => kita berdua bahagia/senang (sonang)
    Saleleng au rap dohot ho => selama aku bersamamu
    Nang rodi nasari matua Sai tong ingoton hu do ho => sampai kita tua, akan tetap ku ingat dirimu
    Reff. Hupeop sude denggan ni basam Huboto tu au do roham => segala kebaikanmu, aku tau.. di hatimu hanya ada aku
    Nasonang do hita nadua Saleleng au rap dohot ho => (diulang) kita bedua bahagia selama aku bersamamu

    ** dapat dari hasil googling juga, dan kebetulan artinya pas 🙂

  2. lama kepengen dolan2 ke sini baru kesampaian lagi.
    musik? saya suka musik. karena hanya penyuka maka sah-sah saja kalau saya belum kenal lagu ini.
    hehehehehe

  3. Sabar menunggu link nya.. 🙂

    aku suka lagu itu, dan akan sangat istimewa bila dimainkan oleh om NH.

    Istimewa karena dimainkan oleh seseorang yang kami kenal, semua pasti setuju itu.

  4. Hai Om… kunjungan perdana nih dari blogger baru nan sudah usang, hehehe… 😀

    Seperti biasa, aransemen Om memang bagus sekali. Terima kasih atas hadiahnya ya Om

  5. Saya kenal UNPLUGGED pertama kali ketika NIRVANA tampil secara akustik.. Kerenn banget!
    Wuih.. Pak Nh selalu berjiwa muda euy…
    (musik tidak mengenal batasan usia)

  6. salam,
    Hai Sir, ney ibaratnya omnivora klo soal musik, apa aja masuk tgt moodnya aja, tp klo lg daerah sukanya saluang dan ada satu lagu judulnya “barandah hati” dari jambi, klo sundanya lagu2 Hendarso judulnya “engklak2an” ada lagi yang musik dayak apa bugis gitu ya yang kek menjerit2, wah itu keren banget tp ga tahu namanya apa, tp sekarang siy lg gandrung Mother by SEAMO dr Jepun 😀 *curcol*

  7. Manteppp pak….saya sudah dengarkan, rasanya saya pengen memetik gitar dan mengalunkan lagu itu.. 🙂

    nasonang do hita naduaaaaaaaa, yang artinya bahagianya kita berdua 🙂

  8. UnPlug.. amazing..
    besok jadi kan, Threesome dengan Kyaine.. ?
    bermain jazz ato klasik dengan lagu-lagu daerah tetap enak didengar..
    Mantap om..
    ** aku nyari ulos dulu nih..
    Horas tano Batak…

    1. aku cukup mengiringi dengan gitar seadanya, ndak berani bersaing dengan the master aku kan ndak pinter nyanyi, cukup memandang yg threesome… *jeruk makan jeruk* 😛

  9. wah…
    belum pernah tau sebelumnya lagu ini om…

    tapi emang mesuik2 akustik lebih nyaman kalo lagi pengen nyante.. bawaannya jadi asyik aja..
    nggak keburu2..

  10. lagu ini memang indah dan enak didengar walau saya ga ngerti artinya…
    *saat mendengar musik unplugged.. suasana menjadi so romantic, nyaman, empuk.. ( halah.. )

  11. oom sbg ahlinya musik cariin dong lagu o ale alogo
    jaman dulu pernah dijadiin lagu wajib bintang radio tv buat jenis seriosa
    cuma dengar sekali itu,
    bagus, jadinya masih penasaran

    1. Ah Kak Monda ini bisa saja …
      Ahli sih bukan … cuma bisa sedikit saja …
      Mengenai O Ale Alogo ?
      ya samar-samar saya pernah ingat lagu ini dijadikan lagu wajib BRTV

      Saya coba cari dulu ya Kak …

      Salam saya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s