Diposkan pada TRAINING

TRAINEE SPONTAN


 

(Lagi …) Ini seribu satu kisah tentang trainee-traineeku …

Kali ini aku akan bercerita mengenai traineeku yang bernama Iwan … atau Ijuliars.

Dia angkatan 2006 … Kelas LASSO … (satu batch dengan Nevo pemilik Blog Glamnation, dan Agus si Trainee Nekat).

 

Iwan berasal dari Sumatera Selatan.  Awalnya dia ditempatkan di Bandung dan sekarang di rotasi ke Cirebon.  Karakteristik anak ini adalah berani, cekatan, ringan tangan dan SPONTAN… (tanpa … Uuhhuuiiyyy)

 

Pernah suatu ketika … Aku mengirim undangan Training melalui E mail kepada seluruh calon peserta training (termasuk Iwan).   Menginformasikan mengenai hal-hal apa saja yang harus disiapkan untuk training minggu depan.  Salah satunya adalah mereka harus membawa pakaian dan sepatu olah raga … (FYI ini baru pertama kalinya aku memerintahkan mereka untuk membawa pakaian dan sepatu olah raga seperti itu, ini diluar kebiasaanku …)

 

Rupanya Iwan sangat excited !!! 

Dia berpikir … aaahhh program training seperti apa yang akan dirancang oleh Pak NH.  Spontan … Langsung tanpa pikir panjang … dia segera lari ke mobilnya … dan memeriksa apakah sepatu dan pakaian olah raganya masih tersimpan rapi disana.  Dia check semua dan masih kumplit …  (Orang-orang lapangan seperti mereka rupanya mempunyai ciri yang sama … mobil van nya mirip kos-kosan berjalan … mirip caravan). (Segala perlengkapan ada  …). (lihat saja mobil Adal dipostingan yang ini …)

 

Dia bergegas kembali ke Lap Top nya dan me reply E Mail ku … dengan kata-kata yang bersemangat … yang isinya kurang lebih adalah sbb … Alhamdulillah..kayaknya kali ini selain training kita akan ada pertandingan futsal, badminton, tennis atau apa ya Pak NH..karena kalo dibaca sekali lewat email diatas, pengelompokkan namanya sdh berdasarkan angkatan yah? bener nggak ya? kalo emang bener, lumayan berarti gw dapet 5 partner neh bisa bentuk satu tim Futsal/satu tim basket .” (Tentu dengan nada exciting, bercanda … ringan … riang dan bersemangat).

 

And you know what ???

Saking excite-nya … saking bersemangatnya … Iwan tidak mengecek lagi …

E mailku dia ”REPLY TO ALL” … Padahal aku mengirim E Mail undangan itu … selain kepada peserta training … juga aku CC kan kepada 64 Manajer Area Marketing di Seluruh Indonesia.  Akibatnya … karena Iwan me REPLY TO ALL … tentu saja … semua masyarakat per e mailan sak Endonesa … terkirim semua … hueboh. 

Hah … Pucet lah Iwan !!! (hahaha … Panik dia …!!!). 

 

Pagi harinya dia langsung sms aku … mohon petunjuk … bagaimana menanggulangi ini. Dan Aku bilang pada dia … ”Jangan Kuatir Wan … !!! Kamu minta maaf saja pada mereka yang mereply e mail kamu …  Kalau nanti masih bermasalah,  aku yang akan bilang pada mereka … (kebetulan sebagian Manajer Area itu juga bekas trainee ku juga …)(So gampang diatur lah itu).  ”E  mail kamu masih wajar kok … tidak ada kata-kata yang patut dikhawatirkan”

Setelah mendengar penjelasanku … baru kemudian Iwan bisa tenang …

 

Memang reply E Mail Iwan itu, … sama sekali tidak ada kata-kata yang melanggar peraturan perusahaan, atau tata nilai etika yang ada.  Tak ada yang perlu dikuatirkan.  Aku memang biasa bercanda ria dengan para trainee-traineeku.  Sehingga mereka pun dengan bebas bisa meng email aku kapan saja mereka mau … yang ringan-ringan sekalipun.

 

Iwan memang selalu begitu … dia selalu SPONTAN, siap, responsif dan bersemangat … excited menerima tugas apapun yang diberikan kepada dia …

Apalagi ini undangan untuk ikut Trainingku … !!!

 

Apa kabar Wan ???

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

25 tanggapan untuk “TRAINEE SPONTAN

  1. ternyata spontan itu ada gak baiknya juga ya…
    intinya, kudu waspada, meski sedang senang2nya, iya kan pak? 🙂

  2. hehee… aku baca postingan ini sambil mesem2… teringat kisah kejadian di waktu lampau.. yg harusnya aku kirim pada org tertentu eeh tak senagaja jadi re all… wuaduhh..malu tenan… btw.. itu futsalnya jadi gak? hehe

  3. haha..salam kenal buat semuanya,jadi ketawa sendiri pas ngebaca postingan ini, inget kecerobohan sekaligus kelucuan yg pernah aku lakukan itu..hahahhaa..sempat membuat heboh dunia per email-an para manajer Mkt Se-Indonesia, ada 5 Manajer yg reply dengan berbagai macam komentar, tapi alhamdulillah semuanya bersifat positif dan membangun. Pengalaman yg sangat berharga, thanks ya OM NH sdh membantu menyelesaikan problem reply all tersebut sempat ketar ketir juga neh.hehe, I’ll be waiting for the next trainning ya om.. Jangan pernah jemu dan bosan tuk selalu berbagi ilmu kepada kami para trainee mu ya om..”Semangat Pagi om”

  4. Lala pernah juga tuh, Om..
    Sampe pucet juga…
    tapi dasar aku ini emang dikenal bawel, akhirnya mereka cuman ketawa ketiwi ajah… hehehehe….

  5. Salah pencet Reply menjadi Reply to all ini memang kudu diwaspadai. Salah2 email kita bisa diterima orang yang bukan seharusnya. Berabe deh…Aku punya pengalaman tentang salah pencet ini…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s