Posted in VOLUNTEERING

KI BEKASI 2 : KELOMPOK 6 DAN SDN JATIWARINGIN 1


April 2015

Untuk ketiga kalinya saya mendaftar kembali menjadi relawan pengajar di Gerakan Indonesia Mengajar, program “Kelas Inspirasi”.  Program Kelas Inspirasi ini memang seperti “candu”.  Jika sudah merasakan sekali, pasti ingin berbuat lagi dan lagi.  Mengulang lagi … dan lagi … 🙂

Program Kelas Inspirasi pada hakikatnya adalah suatu gerakan yang mengajak masyarakat umum, para profesional untuk turun langsung mengajar ke sekolah dasar (SD) selama satu hari.  Berbagi cerita dan pengalaman kerja, juga memberi motivasi para murid SD.  Agar para murid tersebut dapat terinspirasi dari profesi-profesi yang diceritakan oleh para inspirator.

Kota yang mengadakan program Kelas Inspirasi kali ini adalah Bekasi.  Ini kali yang kedua Bekasi mengadakan program seperti ini, itu sebabnya disebut sebagai KI Bekasi 2

Saya tergabung dalam kelompok 6 dan mendapat tugas untuk mengajar di SDN Jatiwaringin 1 :

Kelompok 6 KI Bekasi 2 :

Ini adalah kelompok terbesar yang pernah saya ikuti.  Awalnya tercatat ada 21 orang relawan.  Namun dengan berjalannya waktu, banyak yang ternyata mengundurkan diri karena ada tugas mendadak dari kantornya.  Sehingga tinggal 15 orang saja.  (tetap merupakan kelompok terbesar yang pernah saya ikuti).

kel6KIBekasi1
Kelompok 6 (sebagian) (Photo by Kel 6)

Kelompok kami ini terdiri dari berbagai macam profesi : ada penulis, travel writter, event organiser, apoteker, dokter, insinyur, karyawan pabrik otomotif, accountant, humas, karyawati perbankan dan juga trainer.  Indahnya bekerja dengan para sukarelawan adalah bahwa kita semua selalu ingin membantu satu sama lain.  Selalu ingin mengisi satu sama lain, sehingga seluruh persiapan bisa kita lakukan dengan baik.  Walaupun kita semua tidak pernah berkenalan dan bertemu sebelumnya.  Semua kita lakukan melalui fasilitas komunikasi group WA saja.   Jumlah anggota tim yang banyak juga membuat pekerjaan kami menjadi lebih mudah dan ringan.

.

SDN Jatiwaringin 1

Kali ini, saya kebetulan ditunjuk sebagai ketua tim.  Itu sebabnya saya merasa perlu untuk melakukan kunjungan pendahuluan ke sekolah dasar tempat kami akan mengajar.  Hal ini kami rasa penting untuk lebih bisa mempersiapkan acara hari inspirasi nanti dengan lebih baik.

Ini situasi sekolahnya :

crowd0
(by @nh18)
sekolah1
(by @nh18)
sekolah2
(by @nh18)
sekolah3
(by @nh18)

Sekolah ini berlokasi dikawasan yang sangat strategis.  Tepat berada di dekat atrium pusat keramaian Pondok Gede.  Ada mall ada pula pasar tradisional disana.  Lalu lintas di depan sekolah tersebut pun sangat ramai.  Tempat “ngetem” angkot pula.  Menurut pendapat saya tempat ini kurang ideal untuk sebuah institusi pendidikan sekolah dasar.  Secara lokasi mungkin mudah dijangkau, namun secara lingkungan rasanya tempat ini kurang memenuhi syarat untuk menjadi lokasi tempat pendidikan. Terlalu ramai dan riuh rendah.  Dari segi keamananpun rasanya anak-anak dan orang tua murid perlu lebih berhati-hati, terutama saat mengantar dan menjemput mereka di sekolah.

Ini kurang lebih pandangan lensanya.

crowd1
(by @nh18)
crowd2
(by @nh18)
crowd3
(by Dwi Ishak)

Jadi begitulah … Sejauh ini saya sudah pernah mengikuti Kelas Inspirasi di Bogor, Depok dan kini Bekasi.  Saya memperhatikan di setiap program tersebut pasti ada saja satu dua tiga hal yang menarik yang saya temui.  Lalu apa yang menarik yang saya temui di Kelas Inspirasi Bekasi 2 kali ini ?

Saya akan ceritakan di tulisan berikutnya … !

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

26 thoughts on “KI BEKASI 2 : KELOMPOK 6 DAN SDN JATIWARINGIN 1

  1. Melihat antusias para relawan dan murid-murid Insya Allah acara seperti ini akan terus berlanjut dan berkembang di seluruh penjuru tanah air.
    Terima kasih artikelnya yang penuh makna
    Salam hangat dari Surabaya

  2. SD ini sebelahan dgn SD saya dulu, Om. Entah msh ada atau ga SD pdk gede 3 skrg. Jd kangen SD nih hihi

    Dan saya pun jd kepengen ikutan nih melihat beberapa tmn yg udah mengikuti kegiatan ini🙂

  3. Ketika Om memberitahukan tentang KI di Bengkulu, saya sebetulnya sangat antusias ingin ikutan. Tapi, begitu melihat tanggal pelaksanaannya, saya tidak jadi mendaftar, karena bertepatan dengan kegiatan lain di kampus yang harus saya jalani.

    Saya pernah melihat video kawan-kawan yang ikut KI, termasuk kelompok Om Nh, di Youtube. Keren banget.. Saya yakin, kegiatan ini akan terus berlangsung dan terlaksana di berbagai daerah di Indonesia. Semoga suatu saat saya benar-benar bisa ikutan juga..

    Ditunggu Om kisah seru selanjutnya..🙂

  4. sangat menginspirasi sekali.. semoga sukses.
    silahkan juga kunjungi website kami, kami adalah perusahaan heater berkualitas di indonesia yang memproduksi heater “hanya kualitas terbaik” silahkan kunjungi kami untuk informasi selengkapnya Heater

  5. Kegiatan keren yang membekas bagi murid dan pengajarnya.
    Suatu saat saya ingin mengikutinya. Kalo ada KI Ambon saya mau ikut, kebetulan lagi kerja di Ambon.

  6. Berbagi inspirasi juga jadi nyandu ya Dhimas, selalu ada yang baru dan menarik. Sekian tahun lagi proses ini akan berulang sang anak didik menginspirasi anak didik pada generasinya.
    Loh seribet itu ya lalulintas dekat sekolahnya, suaranya merasuk ke kelaskah Dhimas?
    Salam

  7. Ping-balik: Rasa Bahasa | RyNaRi

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s