Diposkan pada 1. Posting, 2. Paper Screen

SURAT LAMARAN / CV (1)


.

Your CV – Surat lamaran could be act as your TORCH, and could be act as YOUR HANG ROPE.
CV – Surat lamaran anda bisa menjadi OBOR penerang anda … bisa juga menjadi TIANG GANTUNGAN anda …

Maksudnya adalah … gara-gara CV seseorang bisa langsung didrop karena mungkin tidak menarik perhatian sang Perekrut dan informasinya tidak lengkap.  Namun gara-gara CV jugalah si Perekrut bisa tertarik dan meneruskan kandidat tersebut untuk diproses ke tahap berikutnya …

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menulis Surat Lamaran/CV

  • Tolong di Ketik … (kecuali jika disyaratkan untuk ditulis tangan )(katanya sifat orang bisa dilihat dari tulisan tangan dan tanda tangannya …)(yang ini aku nggak begitu percaya …)(tepatnya nggak begitu menguasai )
  • Jangan malas menulis PENGALAMAN ORGANISASI … ini biasanya diperhatikan juga oleh perusahaan-perusahaan tertentu …Pengalaman Organisasi menggambarkan bahwa anda sudah Selected by nature dan bisa kerja tim.
  • Beware of Copy paste syndrom !!! jangan nyontek … !!! apalagi menggunakan Form CV yang dijual di toko/ warung … !!! Aduh please deh jangan yah …
  • Kalaupun mau nyontek … plis hanya formatnya saja … jangan plek ketiplek semua di contek … Bisa-bisa nama anda “Badu” … tetapi terketik disana jadi “Susan” kan berabe … Singkat kata nyonteklah dengan “elekhan” hehehe … (a.k.a referensi …)
  • Aku sadar bahwa anda semua pasti sudah mempersiapkan File Khusus Surat Lamaran Kerja di computer / flash disk masing-masing. Jadi kita bisa langsung print dan kirim ke alamat yang kita tuju … tapi TOLONG dilihat lagi tulisan “Kepada Yth …” nya … apakah mengacu kepada perusahaan yang kita tuju …atau jangan-jangan alamatnya masih kepada perusahaan yang anda lamar sebelumnya … (ini kadang kesalahan yang konyol tapi significant akibatnya …)

BTW … Kami sering sekali membaca CV yang ditujukan untuk perusahaan kami …) tetapi kepada yth nya bukan untuk perusahaan kami … mungkin dia lupa mengganti file surat lamaran untuk perusahaan yang dia lamar sebelumnya)
Ini FATAL … tanpa melihat isi … langsung kami Buang … (karena itu tidak ditujukan kepada kami … tetapi Kepada Yth orang lain di perusahaan lain )

To be continued …

Plis ke

Tekhnik Menulis CV … jilid 2 !!!

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

Satu tanggapan untuk “SURAT LAMARAN / CV (1)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s