Posted in ARTIKEL, PERASAANKU HARI INI

BORDIR


Minggu, 2 Februari 2014

Saya dan Bundanya anak-anak, pacaran.  Berdua saja.  Kemana Om ? Ke Thamrin City.

Sebuah pusat perbelanjaan murah meriah di pusatnya Jakarta.  Ada batik, ada pakaian muslim.  Ada mukena, kaos, sepatu pun ada.  Mau beli satuan, kodian, grosiran ? Silakan !  Pendek kata Thamrin City ini memang surganya mereka yang ingin membeli pakaian dengan harga relatif murah.

Siang itu suasana tidak begitu ramai.  Mungkin karena energi orang-orang Jakarta sudah habis tersedot sejak Kamis sore kemarin.  Ini hari terakhir libur panjang Imlek.  Orang lebih memilih istirahat di rumah, karena besok sudah masuk kerja / sekolah lagi.

Tak usahlah saya bercerita bagaimana proses “melihat-lihat” yang kami lakukan disana.  Melihat-lihat isi dompet tentunya.  Kenapa kok melihat-lihat isi dompet ? Karena kami memang sengaja membawa uang yang terbatas. Pas-pas-an saja.  Supaya tidak “kalap”.

Kami berdua sebelum berangkat sudah membatasi diri, berjanji untuk tidak berbelanja lebih dari budget, sejumlah nilai tertentu.  Setengah mati kami berusaha untuk tidak melanggarnya.  Ternyata memang nggak enak kalo belanja dibatasi ya.

Berhasilkah Om ? … TIDAK !!!  (Puasss ?)
Tetep aja belanjanya jebol … kalap … !!! (hahhahaha)(Sebentar-sebentar nyari ATM … )(dan celakanya ATM di tiap sudut adaaaa …)
.

Tapi judulnya kok BORDIR Om ?
Ada hal yang menarik kemarin.  Jadi ceritanya di satu kios sederhana, ada seorang akang-akang yang menjual topi.  Kalau kita membeli topi disana, maka si akang bersedia membordir nama kita di topi tersebut, gratis.  Saya tertarik untuk membeli topi sekalian membordir nama saya disana.  Kurang lebih jadinya seperti ini :

topi
35 rebu

Ketika si Akang asyik membordir, saya melihat-lihat suasana sekeliling kiosnya.  Agak berantakan.  Saya perhatikan ada banyak baju koko berserakan di lantai kiosnya.  Sebagian masih ada yang terbungkus dalam karung plastik. Besar-besar.  Rupanya ketika saya datang tadi si Akang tengah sibuk membordir baju-baju koko tersebut.  Membordir nama.

Saya ambil salah satu baju koko lengan pendek berwarna putih, yang tergeletak di lantai.  Tersemat di lengannya, bordiran rapi, sebuah nama.  Sebut saja : Fulanita Sufulan.  Asumsi saya adalah … wah baju koko ini tentunya milik seseorang yang bernama Fulanita Sufulan nih.  Ini pesanan rombongan umroh mungkin ? (begitu pikir saya)

Tapi tunggu … baju koko kan baju untuk laki-laki, ini kok namanya nama perempuan ?

Saya ambil baju koko yang lainnya … yang berserakan di lantai.  Satu … dua … tiga baju.  Ternyata namanya semua sama.  Di lengan kanan terbordir nama yang sama : Fulanita Sufulan.

Bertanyalah saya pada si Akang … (si Om kumat keponya)

“Kang … ini banyak bener baju kokonya … udah gitu dibordir sama semua lagi … dengan nama Fulanita Sufulan”

Apa jawab si Akang … ?

“Iya nih Pak … Alhamdulillah saya lagi dapat order membordir 200 baju koko dan 200 mukena.  Semua harus dibordir dengan nama Fulanita Sufulan”

Hhhhmmm jadi ada 200 baju koko … ada 200 mukena … dibordir dengan nama yang sama.
Ahaaa … saya rasa semua pasti sependapat dengan saya bahwa …

“Ini untuk ca-leg ya Kang ?”

Dan si akang pun menjawab diplomatis … Sepertinya sih begitu Pak …”
(si Akang tersenyum, saya pun tersenyum … )(si Akang dan si Om maen senyum-senyuman, penuh arti)(iiihhhh emangnya ekeh cowok apaan …)

Oooohhh … jadi begituuuu …
Ok deh … “balapannya” sudah dimulai rupanya ya … ! (dari tahun lalu kali Oooommm …)

.

Apapun itu …
Apakah ini cara yang cerdas atau tidak ?

Cara yang jitu atau bukan ?
Cara yang dibenarkan atau tidak ?
Mencuri start atau bukan ?

Saya tidak tau. 

Saya hanya bisa berharap, semoga kegiatan besar yang akan berlangsung tahun ini, di negeri tercinta ini, bisa membawa berkah untuk “akang-akang” yang lain.  Tukang bordir, tukang sablon, konveksi, jasa pengiriman, jasa logistik, jasa percetakan, dan sebagainya …

.

Mari kita memilih mereka-mereka yang mempunyai “kapasitas” … “cerdas” … dan “berintegritas”.
BUKAN mereka yang suka “memeras” … “nggragas” apalagi “culas”

Jangan salah pilih !!!

Salam saya

71071D338183D7765E8404E3E942AEC9.

(“nggragas” is … rakus)

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

43 thoughts on “BORDIR

  1. wah uda memasuki pra pemilu jadi begitu ya om? hehehe….saya suka kapasitas, cerdas dan integritas:
    kapasitas berarti mumpuni di bidangnya
    cerdas berarti mampu menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru
    integritas berarti mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai aturan dan hukum sekaligus berani mempertanggungjawabkan semua perbuatannya kelak di akhir masa hidupnya.

  2. Aamiin….

    Kemaren pengajian di rumah, isi materinya tentang kepemimpinan.. Singkat cerita, pokoknya jangan sampai salah memilih dan pilihlah orang yang amanah..

    Itu topinya juga nanti dibagikan Om..?? Hehe

  3. Banyak yang panen Om. Pembuat kaos, baliho, umbul-umbul, stiker, dll
    Mungkinn nantia ada yang kirim bubur ayam, kecapnya dicrut membentuk huruf AKIKA.
    Sampai segitunya ya
    Salam hangat dari Surabaya

  4. Amiiiin, paling gak si Akang-Akang yang lain juga kecipratan rejeki Om. Tapi ironis juga ya kalo rejeki yang dicipratkan itu sebenernya rejeki si Akang juga yang dikorupsi *malah suudzon*
    Semoga sih enggak Om dan semoga kita bisa memilih yang memang terbaik untuk Indonesia.🙂

  5. Politikus kan emang harus cepat kaki ringan tangan, Om..Cuma ya gitu deh sepanjang yang nguntungin buat doi doang, bukan tanggung jawabnya sebagai pemimpin..

  6. caleg juga bagi2 rezeki yah om.. hehe..

    btw, saya juga tersiksa kalau bawa uang terbatas, padahal niat nya baik mau hemat.. haha.. dan saya juga sengaja nggak bawa atm… hehehe…

  7. hahaha.. ada-ada aja cara caleg kita sekarang ya.😀
    masak kita harus make baju koko yang bertuliskan nama dia. kan gak asyik gitu ke masjid aja harus make baju koko yang ada unsur-unsur kampanye nya,

  8. saya kalau pergi ke temapt perbelanjaan biasa bawa uang cash sedikit, bahkan catat di hape apa aja yang mau di beli. godaan selalu datang dan walaupun tidak ada niat belanja kalap tetapi jika ada kesempatan, tetap aja cari atm, hahaha…

  9. topinya juga buat nyaleg juga ya Om ?🙂

    Bingung milih caleg yang cerdas berintegritas dan tidak nggragas…..mendingan milih Om NH aja… blogger keren dan eylekhan..🙂

  10. yah,,,tahun ini memang akan ada pesta rakyat Om,,semoga rakyat juga nggak salah pilih,,,dan semoga mereka juga tidak ter”iming-iming” dengan hadiah yang cuma sehari. Hadiah itu ketika kita merasakan keadilan, no korupsi. Kita butuh orang yg jujur, bisa mengemban amanah dengan benar,,,

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s