Posted in ARTIKEL, INSPIRING PERSON, TRAINING

BOOK REVIEW : THE TRAINER’S POCKETBOOK


 .

Jika anda bertanya pada saya … apa buku acuan saya dalam melakukan pekerjaan saya sehari-hari sebagai trainer …

Maka salah satu buku yang saya rekomendasikan kepada anda semua adalah : THE TRAINER’S POCKETBOOK.  
Buku ini disusun oleh John Townsend, BA MA MCIPD.  John sudah mempunyai reputasi yang terkenal, sebagai Leading Trainer of Trainers.  Dia adalah pendiri Master Trainer Institute di Geneve.  Institut ini merupakan rujukan penting bagi para Trainer dan fasilitator dari seluruh Dunia.

Buku saku ini secara ringkas merangkum hal-hal apa saja yang harus diketahui oleh seorang trainer / fasilitator.   Mulai dari pembahasan tentang  Teori Pembelajaran Orang Dewasa, Persiapan yang harus dilakukan oleh seorang trainer,  Tehnik penyampaian/Delivery, Audio Visual Support, dan beberapa tekhnik membuat Exercise untuk mendaya gunakan pemahaman audience tentang isi training yang kita bawakan.

Menurut saya … Tiga aspek kelebihan dari Buku ini adalah

1.  Simple :
Seperti nature dari Buku Saku-buku saku lainnya,  Buku ini sangat simpel.  Sangat sederhana.  Menggunakan kalimat bahasa Inggris yang pendek-pendek sehingga amat memudahkan kita untuk mengerti artinya.  Namanya saja Pocket Book.  Ukuran buku ini juga relatif kecil, sehingga sangat mudah untuk membawanya kesana-kemari tanpa kerepotan. 
(Simple dibaca … Simple dibawa …)

.
2.  Ilustrasi
Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar illustrasi.  Ini semakin memudahkan kita untuk mempelajarinya.  Illustrasi kartun ini digambar oleh Phill Hailstone.  Kalau kita tidak mengerti artinya, tinggal lihat gambarnya.  Membaca buku ini macam membaca komik saja layaknya … 
(Ilustrasi membuat kita tidak bosan membacanya)

.
3.  Terstruktur
Buku ini disusun sangat terstruktur.  Satu persatu aspek dibahas dengan lengkap namun singkat dan padat.  Pola pikirnya (again) juga sederhana … membuat kita akan secara mengalir mengikuti alur pembahasan dari satu bab ke bab berikutnya dengan mulus sekali … tanpa terasa kita sudah sampai ke pembahasan akhir …
(Pola penulisannya terstruktur)

So … jadi demikianlah …
Bagi trainer-trainer pemula … atau mereka yang sedang atau berniat akan berkecimpung dalam seluk beluk aktifitas belajar mengajar orang dewasa (andragogi) … saya rasa buku ini layak untuk dipelajari …

Memang secara penampakan … buku ini kurang bergengsi … Karena bentuknya kecil dan ukurannya kecil … halamannya pun tidak banyak.  Sehingga kurang ”bergaya” kalau di pajang di lemari buku anda …  (kalau bukunya tebal … hard cover kan tongkrongannya lebih gaya …)(hehehe)

Tapi percayalah … Isi buku ini … sangat layak untuk disimak …!!!
(at least … saya menggunakannya)

Pada hakikatnya buku itu bukan untuk gaya-gayaan dipajang di ruang tamu kita supaya orang tau bahwa kita (seolah-olah) adalah pecinta buku.  Koleksi bukunya tebal-tebal. 

Buku itu pada hakikatnya harus kita baca – pelajari maknanya – kita ambil pembelajarannya … Entah untuk mengisi bathin kita … memperlengkap kemampuan kita … atau memperluas wawasan kita …

Dan … bukan hanya untuk pajangan semata.

Setuju ????

Salam saya

.

.

.

Book review singkat ini saya buat dalam rangka menyambut tawaran simpatik dari Pak De.

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp “.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

52 thoughts on “BOOK REVIEW : THE TRAINER’S POCKETBOOK

  1. Selamat malam, pak Enha.

    Meski kecil tapi sangat berguna. Tentunya nontrainer seperti saya tetap bisa memanfaatkan buku tersebut meski takberkesempatan menjadi trainer.

    Saya selalu suka buku yang handy, enak dibawa kemana-mana karena membaca buku adalah hak istimewa bagi saya yang termasuk IRT sok sibuk. Jadi buku adalah salah satu bawaan wajib jika bepergian. Anytime anywhere book is my very best friend.

    Semoga sukses kontesnya, pak Enha.

  2. Mas, judulnya ngga kurang kata-kata “standards”? The Trainers Standards Pocketbook? Gambarnya orang berlari? Kelihatannya dia menulis 12 buku lain yang juga canggih bagi para manager dan trainer ya.

  3. Om dapatkan buku ini di mana? Apakah ada di toko buku-toko buku di Indonesia? Saya tertarik membacanya. Sepertinya berguna untuk menghadapi mahasiswa…🙂

    Seperti bukunya, review Om ini juga simple, tapi padat.. I lkike it..🙂

  4. Waaah..review yang sangat berguna, secara hal-hal seperti inilah yang saya kawatirkan ketika terpaksa menjadi trainer. Walaupun terpaksa, tetap saja saya ingin materi yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik tanpa membuat bosan dan ngantuk.

    Akan segera mencari buku itu untuk persiapan jika terpaksa menjadi trainer lagi….

    thanks a billion..

  5. wow…ternyata pak nh punya buku acuan juga ya xixi..
    anugerah juga pak..bisa jadi seorang trainer..karena langka loh gak setiap orang bisa sih hehe..
    jadi pengen baca ni pak..boleh ga pinjem😀

  6. Sepakat Om, buku2 saya yang ‘terpaksa’ dipajang diluar, adalah buku2 yg sudah saya baca, yang belum selesai menumpuk di rak buku di kamar hihihihi…

    Ilustrasi gambar untuk belajar itu memang berguna sekali ya Om, ingin sekali belajar menggambar ilustrasi🙂

  7. Buku itu pada hakikatnya harus kita baca – pelajari maknanya – kita ambil pembelajarannya … Entah untuk mengisi bathin kita … memperlengkap kemampuan kita … atau memperluas wawasan kita …

    Sepakat dengan pendapat ini. menjadi berguna ketika buku dibaca, dipahami dan diamalkan isi positifnya, jadi nda kudu besar, tebal dan hard cover segala. Jadi inget masih ada 3 atau 4 buku yang masih terbungkus plastik, belum sempat dibaca. Insha Allah segera dibaca dan mudah2an bisa berpartisipasi di kesempatan yang Pak Dhe Cholik berikan.

  8. Om…… kalo ada lebihan satu buku itu saya mau. Ya untuk pegangan seandainya bisa jadi trainer kaya’ Om😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  9. Wah Om NH…mentang2 udah selesai, gangguin peserta yang lain hihihi……

    reviewnya singkat, padat dan jelas…khas Om Nh, selalu ada 3 hal….moga2 berjaya di kontesnya Pakdhe…..

  10. O iya Om, ini yang terlewatkan. Walaupun saya mengajar tidak setiap hari, paling hanya 3 sampai 4 kali dalam setahun, tapi saya lupa sebaiknya memang membaca buku seperti ini. Alahamdulillah, terima kasih Om diingatkan.

  11. Sepertinya buku ini harus saya beli buat referensi saya mbikin slide power point. Tapi jika om trainer ikhlas menghibahkan buku ini ke saya, saya akan mengucapkan syukur alhamdulillah.

  12. Secara nyata aku udah jarang baca buku cetak karena sudah mulai banyak ebook yang bisa hurufnya diatur sesuai dengan “kapasitas mataku” (maklum kudu disambung)
    Semoga menang kontesnya om…

  13. setuju sekali dengan paragraf terakhir… buku : untuk dibaca..diambil maknanya..belajar dari sana..untuk mengisi batin..perlengkap kemampuan…perluas wawasan… sipp

    keknya perlu juga buku ini ya…sapa tau berguna buat di pekerjaan…

    salam saya Om..

  14. Saya punya buku ini tapi dalam format eBook, dapat dari teman saya beberapa minggu lalu. Bukunya memang tipis ya. Namun isinya memang praktis dan enak dibaca, apalagi gambar-gambar di dalamnya kocak dan menarik😛

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s